10 Cara Ampuh Basmi Ketombe yang Membandel

Ketombe adalah satu satu dari sekian macam masalah rambut, yang tentunya sangat mengganggu bukan? Rasa gatal di kulit kepala yang sangat tak mengenakkan dan tentunya sangat mengganggu dalam beraktivitas. Apalagi kalau pakai hijab seharian di bawah terik matahari, wah gatalnya itu teramat sangat.  Jadi ingin lepas hijab dan digaruk sepuasnya.

Baca juga artikel tentang cara membasmi jerawat yang membandel dengan bahan alami.

Cara ampuh basmi ketombe yang membandel
Sumber : Google
Nah, itu adalah sedikit gambaran dari ketidakenakan yang dirasakan saat kulit kepala berkerombe. Keadaan yang seperti itu jangan dikecilkan, karena munculnya ketobe bisa meyebabkan cikal bakal maslah rambut yang baru seperti masalah kerontokan pada rambut, rambut mudah rapuh, rusak, kering, bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebotakan, kalau tidak segera anda tangani masalah ketombe tersebut. Sebelum anda menangani maslah ketombe, ada baiknya anda tahu lebih dulu apa itu ketombe dan apa yang menyebabkan ketombe itu bermunculan di permukaan kulit kepala.

Untuk menambah pengetahuan anda tentang kesehatan, silahkan kunjungi www.ziesehat.com. Disana memberikan informasi dan juga tips-tips tentang dunia kesehatan.

Ketombe ini sebenarnya adalah sebuah keadaan kulit kepala yang mati dan mongering yang membentuk serpihan-serpihan ketombe yang terlihat jelas. Yang dimulai dengan adanya minyak pada kulit kepala dan organisme yang sangat kecil yang hidup atau tinggal di kulit kepala setiap orang. Bagi yang sensitive terhadap organisme ini, maka akan menimbulkan ketombe yang berbentuk serpihan-serpihan kecil di kulit kepala. Kulit kepala yang terkelupas ini biasanya tidak terlihat,namun apabila kulit kepala ini terganggu maka tubuhpun bereaks dengan mempercepat reaksi siklus sel kulit kepala. Sel-sel inipun mnegumpul di permukaan kulit kepala, sehingga terbentuklah serpihan-serpihan ketombe yang terlihat dengan jelas.


Cara ampuh basmi ketombe yang membandel
Sumber : Google
Ketombe ini bisa muncul di permukaan kulit kepala disebabkan beberapa factor yaitu karena kulit kepala sensitive dan mudah alergi, terlalu sering keramas denngan shampoo anti ketombe, salah menggunakan produk perawatan rambut sehingga menyebabkan ketidakcocokan pada rambut, diikat pada saat basah, berhijab saat rambut belum kering, dan juga cuaca yang panas atau rambut terpapar langsung oleh sinar matahari.

Jangan lupa baca juga artikel tentang cara terampuh mengatasi kulit kering dan bersisik.

Nah, sekarang sudah tahukan pengertian itu ketombe dan juga hal-hal yang dapat menyebabkan masalah ketombe. Tentunya dengan mengetahui penyebab dari ketombe, anda bisa menghindarinya. Selain menghindari masalah-masalah yang dapat menyebabkan rambut berketombe, anda juga bisa melakukan perawatan pada rambut berketombe. Tentunya tips-tips yang saya berikan ini aman untuk digunakan dan tidak ada efek samping yang ditimbulkan, hanya saja butuh kesabaran untuk melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tips-tips yang saya berikan ini berasal dari bahan-bahan alami, yang banyak terdapat dilingkungan sekitar kita. Jadi lebih mudah untuk mendapatkannya.  Nah, inilah tips-tips untuk mengatasi rambut berketombe. Simak baik-baik ya, agar tidak salah gunakan nantinya.

Cara ampuh basmi ketombe yang membandel dengan minyak zaitun
Sumber : Google
1. Minyak Zaitun
    Siapa sih yang tidak mengenal dengan minyak zaitun ini, yang sudah terkenal dari dulu hingga sekarang akan khasiatnya untuk kesehatan dan juga perawatan kecantikan. Bahkan juga bisa memperbaiki, menutrisi, dan merawat rambut yang bermasalah, apalagi maslah rambut ketombe. Hal ini dikarenkan minyak zaitun atau juga disebut olive oil ini mengandung banyak nutrisi yang tentunya sangat dibutuhkan untuk perawatan rambut rusak dan juga berketombe. Yaitu mengandung banyak vitamin A, C, D, E, dan K, serta asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam palminat, asam oleat, polifenol, zat besi, dan juga kalsium yang tinggi. Selain itu kandungan fenol yang terdapat dalam minyak zaitun mengandung flavonoid yang dapat  berperan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik. Untuk menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun caranya mudah sekali yaitu tinggal oleskan saja minyak zaitun ke bagian kulit kepala, diamkan selama semalam. Kemudian bilas dengan air sebersih mungkin. Lakukanlah secara teratur.

2. Minyak Kelapa
    Sama halnya seperti minyak zaitun minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Apalagi untuk kesehatan rambut, minyak kelapa ini sudah terbukti manfaatnya. Minyak kelapa ini mampu mengatasi, merawat, dan juga mengobati permasalahan yang ada pada rambut dan kulit kepala. Salah satunya yaitu dapat mengatasi dan juga menghilangkan ketombe, bahkan ketombe yang membandel sekalipun. Hal ini dikarenakan minyak kelapa banyak mengnadung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Caranya mudah sekali yaitu minyak kelapa dioleskan ke bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan dan juga bagian rambut hingga benar-benar merata, diamkan selama semalam. Kemudian bilas dengan air sebersih mungkin.

3. Jeruk Nipis
    Siapa sih yang tidak mengenal dengan jeruk nipis ini, buah yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan juga perawatan kecantikan dan sudah  terbukti khasiatnya. Buah yang kaya akan vitamin C ini banyak digunakan oleh orang-orang sebagai bahan untuk membuat minuman dan juga penyedapa masakan, hal itu dikarenakan buah ini dapat mengeluarkan aroma yang khas, sehingga mampu menciptakan perasaan yang menyegarkan. Selain itu dapat dibuat untuk bahan makanan dan juga minuman, buah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut kita yaitu dapat mengatasi masalah rambut berketombe, rontok, bercabang, dan juga rambut tambah berkilauan. Caranya adalah dengan jeruk nipis diperas ambil airnya, kemudian campurkan dengan madu. Aduk hingga rata, baru dioleskan dengan rambut sambil kulit kepala dipijat-pijat. Diamkan sekitar 6 jam, lalu bilas hingga bersih. Selain dicampurkan dengan madu , bisa juga menggunakan jeruk nipis yang sudah dibelah-belah. Kemudian dioles-oleskan kebagian rambut secara merata, bungkuslah rambut tersebut dengan handuk. Diamkan selama 6 jam, baru dibilas dengan air bersih. Lebih disarankan lagi untuk melakukannya pada malam hari untuk lebih memaksimalkan hasilnya. Lakukanlah dengan teratur satu minggu sekali dan janganlah digunakan secara berlebihan secukupnya saja, ingat jangan dilakukan setiap hari. Nanti kulit kepala bisa menjadi kering dan malah tidak mendapatkan manfaat dari jeruk nipis tersebut.

4. Santan Kelapa
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwa santan ini sering digunakan untuk bahan dari masak-masakan khususnya di Indonesia. Selain sebagai bahan untuk memasak, ternyata santan juga dipercaya mempunyai manfaat untuk kesehatan rambut kita. Santan ini mampu memperbaiki, merawat, dan juga mampu menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Selain itu juga mampu membuat rambut lebih bersinar dan lembut. Hal ini dikarenakan santan mengandung kalsium, protein, mineral, dan juga zat besi yang mampu mempertahankan dan membangaun sel-sel baru, tentunya sangat bagus untuk perawatan rambut kita. Caranya mudah sekali yaitu dengan kelapa diparut ambil santannya, kemudian lumurilah rambut dan kulit kepala dengan santan tersebut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dengan teratur dan jangan berpindah ke bahan yang lain, hal ini tentunya agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara ampuh basmi ketombe yang membandel dengan lidah buaya
Sumber : Google
5. Lidah Buaya
    Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, yaitu lidah buaya. Lidah buaya sering dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan juga untuk kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi dan memperbaiki rambut yang rusak atau rontok. Hal ini dikarenakan lidah buaya banyak mengandung nutrisi yaitu memiliki kadar air yang banyak, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A dan C, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, dan juga mengandung zat besi. Tentunya nutrisi-nutrisi seperti itulah yang sangat dibutuhkan oleh rambut kita. Selain itu lidah buaya juga mengandung aloe vera yang dapat digunakan sebagai kondisioner alami yang dapat mendinginkan kulit kepala. Untuk membuat ramuan dari lidah buaya, caranya mudah sekali yaitu dengan ambil daun lidah buaya secukupnya kemudian ambil lendir atau getah yang ada di dalam daun tersebut. Lalu usapkanlah lender tersebut kebagian rambut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Ratakanlah lender-lendir tersebut sampil dipijat-pijat kulit kepalanya. Diamkanlah selama 40-60 menit. Bilaslah dengan air hingga sebersih mungkin. Lakukanlah dengan teratur dan hingga ketombenya menghilang.

6. Cuka Putih
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa cuka putih sering digunakan untuk pemberi rasa asam dan aroma yang khas pada masakan. Tetapi tahukah kalian, bahwa cuka putih bisa digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya yaitu dapat merawat dan memperbaiki masalah kerusakan pada rambut, bahkan ketombe sekalipun.cuka dibuat dengan cara penyulingan dari alcohol, sehingga memiliki tingkat keasaman sebesar 5 %. Hal ini yang menyebabkan cuka putih memiliki rasa yang keras dan juga tajam. Cuka putih ini mengandung asam asetat atau asam cuka, asam amino, dan juga mengandung vitamin B1 dan B2. Selain itu cuka putih juga mengandung antiseptic dan anti jamur yang tentunya dapat menghilangkan ketombe di rambut. Caranya mudah sekali yaitu tinggal mencampurkan cuka putih dan juga air yang ukurannya lebih dari ukuran cuka. Gunakanlah campuran tersebut sebagai shampoo saat keramas, usahakan diratakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkanlah selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat sebersih mungkin. Lakukanlah seminggu sekali hingga ketombenya tidak terlihat lagi.

7. Daun Seledri
    Selain sebagai bahan masakan, daun seledri ini juga dipercaya orang-orang memiliki khasiat yang sangat banyak. Terutama banyak manfaatnya untuk rambut, daun ini mampu mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti rambut rontok dan rusak. Hal ini dikarenakan daun seledri ini mengandung anti bakteri, vitamin, mineral, protein, dan juga antioksidan. Kandungan protein nabati pada daun seledri inilah yang mampu merangsang atau membuat rambut kita bisa tumbuh dan mencegah kerontokan. Caranya gampang sekali hanya tinggal menyiapakan satu genggam daun seledri yang masih segar, dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil. Rebuslah potongan daun seledri itu bersama air hingga mendidih. Diamkan hingga benar-benar tidak panas lagi lalu disaring. Jangan lupa untuk menambah satu sendok air cuka kedalam rebusan tadi. Basahilah rambut terlebih dahulu baru ramuan tadi dioleskan kerambut hingga merata. Tunggulah sampai benar-benar kering baru dibilas dengan air bersih. Selain itu bisa juga dengan hanya daun seledri ditumbuk halus atau lebih mudahny diblender hingga seperti jus, kemudian dioleskan kebagian rambut hingga merata. Diamkanlah  sekitar sejam baru dibilas dengan air bersih.

8. Daun Pandan Wangi
    Daun pandan wangi sering digunakan orang sebagai pewangi alami untuk masakan dan juga minuman khususnya di Indonesia. Bukan hanya itu saja, ternyata daun pandan wangi itu dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan dan juga dapat digunakan dalam dunia kecantikan. Tentunya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut, yaitu dapat menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok hingga dapat menghilangkannya. Hal ini dikarenakan daun pandan wangi ini mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tannin, polifenol, dan juga mengandung zat pewarna. Caranya yaitu dengan daun pandan sebanyak 7 lembar dicuci bersih. Potong kecil-kecil kemudian diblender dengan segelas air. Saringlah airnya dan ambil sarinya saja. Barulah sarinya tersebut dioleskan ke rambut dan kulit kepalanya, tunggulah hingga kering. Lalu bilaslah dengan air sebersih mungkin. Lakukanlah secara rutin hingga ketombenya benar-benar menghilang.

9. Air Garam
    Garam adalah bumbu masakan yang selalu tersedia di dapur. Tapi tahukah kalian, bahwa garam ini juga berguna untuk kesehatan rambut terutama dalam menangani masalah ketombe. Garam yang sejenis dengan mineral ini memiliki rasa asin, hal ini dikarenakan garam mengandung natrium klorida (NaCl) yang berasal dari laut. Selain memiliki rasa yang asin, garam juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan juga mengandung kristal abrasive yang tentunya sangat berguna untuk membasmi atau menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya mudah sekali yang dengan membasi rambut terlebih dahulu, kemudian gosokkan garam yang telah menjadi scrub pada kulit kepala secara merata dan sambil dipijat secara lembut. Tunggulah selama 10-15 menit agar garam meresap ke kulit kepala. Baru cucilah sebersih mungkin dengan air dan juga membersihkan bisa memakai shampoo. Lakukanlah dengan teratur.



Cara ampuh basmi ketombe yang membandel dengan buah mengkudu
Sumber : Google

10. Buah Mengkudu
      Buah yang memiliki bau khas dan unik juga sering disebut dengan buah pace. Karena baunya yang khas inilah membuat orang-orang menghindari buah ini. Ternyata buah yang memiliki bau khas ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu mampu mematikan kuman yang menjadi penyebab ketombe dan juga mampu menggantikan sel kulit baru. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung banyak nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, dan juga scopoletin. Caranya yaitu dengan buah mengkudu yang sudah bersih lalu diparut, kemudian gunakanlah parutannya tadi untuk mengolesi rambut dan kulit kepala dengan merata. Tunggulah 5-10 menit atau sampai mongering, bilas sebersih mungkin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah secara rutin 3 kali seminggu. Lakukanlah hingga ketombenya benar-benar tidak ada lagi. Biasanya menggunakan bahan alami butuh waktu, jadi bersabarlah untuk menunggunya. Namun, jika dalam pemakaian anda merasa kulit kepala panas atau tidak nyaman, sebaiknya dihentikan pemakaiannya. Itulah adalah efek samping yang ditimbulkan karena iritasi atau elergi yang menyebabkan anda tidak cocok menggunakan buah mengkudu. Maka sebaiknya carilah alternative lainnya. Namun jika anda tidak mengalami hal tersebut atau cocok memakai buah mengkudu maka teruskanlah pemakaiannya.

Demikianlah tips atau cara untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Ada banyak cara alamikan untuk merawat kulit kepala kita dari ketombe. Gunakanlah bahan-bahan alami tersebut secara tersebut secara teratur dan jangan pula untuk berpindah ke bahan yang lain kalau belum mendapatkan hasilnya. Menggunakan bahan-bahan alami seperti ini membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, jangan mudah menyerah ketika belum mnedapatkan hasil yang diidnginkan. Untuk melakukan hal ini butuh waktu dan kesabaran.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Ampuh Basmi Ketombe yang Membandel"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....