8 Cara Efektif Merawat Kuku dengan Bahan Alami

Kuku adalah bagian dari organ tubuh kita yang setiap hari mengalami pertumbuhan, sehingga tak heran bila kuku kita bertambah panjang. Kuku ini berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut di mana ujung-ujung syarat itu berada, serta juga mempertinggi daya sentuh. Maka dari itu, janganlah meyepelekan kesehatan kuku. Sama halnya dengan kesehatan kulit kita, juga harus di jaga agar terhindar dari kulit kering ataupun seperti bersisik.

perawatan kuku
Sumber: Google

Setiap orang pasti mendambakan kuku yang sehat dan juga indah. Namun, tidak semua orang dapat mendapatkan kuku yang seperti karena suatu hal. Mungkin saja kukunya terkena infeksi yang menjadikan kukunya tidak indah dan sehat lagi. Apalagi kalau kukunya kemasukan tanah hingga membuat daerah disekitar kuku tersebut bernanah dan mengeluarkan yang busuk, bahkan bukan tidak mungkin kuku tersebut akan terlepas. Biasanya keadaan seperti ini banyak terjadi di bagian kuku kaki. Bila hal ini terjadi, maka segeralah untuk mendapatkan perawatan dari dokter.

Nah, pastinya kalian tidak inginkan mengalami kuku yang memiliki masalah seperti itu. makanya mulailah dari sekarang untuk melakukan perawatan pada kuku dan bagi yang kuku sudah mengalami masalah, maka segeralah untuk melakukan pengobatan agar tidak tambah parah dan bisa sembuh.

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk melakukan perawatan pada kuku. Mereka ingin kuku yang mereka miliki itu menjadi indah dan juga sehat tentunya. Bahkan tidak jarang mereka menghias kukunya dengan berbagai macam cat kuku, tujuannya yaitu agar terlihat lebih indah. 

perawatan kuku
Sumber: Google

Kuku memang dapat membuat penampilan mejadi lebih cantik dan menarik. Apalagi kalau ditambah dengan warna dan juga desain kuku yang cantik-cantik. Tambah menarik tuh  penampilan anda, jadi semakin percaya diri kan.

Tapi, tahukah kalian bahwa terlalu sering mempercantik atau mencat kuku akan berdampak dengan kesehatan kuku itu sendiri. Biasanya kuku tersebut akan cepat rapuh dan juga patah dibandingkan kuku yang tidak pernah memakai cat kuku tersebut atau kuteks. Apalagi kalau suka bergonta-ganti warna dan juga menggunakan penghapus cat kuku lebih dari dua kali dalam sebulan, kukupun akan lebih mudah rapuh dan juga patah.

Hal ini dikarenakan cairan yang digunakan untuk menghapus cat kuku mengandung aseton yang membuat kuku menjadi dan akan berdampak dengan kerapuhan dan juga kepatahan pada kuku. Sebaiknya, pilihlah penghapus cat kuku yang mengandung asam asetat karena lebih aman dibandingkan dengan yang mengandung aseton.

Makanya kurangilah untuk menggunakan cat kuku atau kuteks tersebut. Dan mulailah untuk memperhatikan kondisi kesehatan kuku itu sendiri, jangan hanya mempercantiknya saja ya guys tanpa memperhatikan kesehatan kuku tersebut.

Ingat ya guys, kuku yang terlihat sehat itu terdapat rona pinkies dan juga permukaan kuku yang jernih serta bersinar. Kondisi kuku yang sehat itu adalah cerminan kesehatan tubuh anda. Jadi, rawatlah kuku anda dan juga jangan lupa untuk mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan tentunya bagus untuk kesehatan kuku ya.


Nah, kali ini saya akan berikan tips-tips bagaimana merawat kuku yang benar tanpa harus melakukannya di salon. Tentunya menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam dan tidak memiliki efek samping terhadap kuku anda. Ini dia tips-tips bagaimana merawat kuku yang benar dengan bahan-bahan yang alami. Simak baik-baik, agar tidak salah menggunakannya nanti.

Cara merawat kuku dengan lemon
Sumber: Google

1. Jeruk nipis
   Siapa sih yang tahu dengan buah yang satu ini, ya jeruk nipis. Buah yang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga dalam melakukan perawatan kecantikan. Jadi tak heran bila banyak orang menggunakan buah yang satu ini untuk merawat kecantikan dirinya. Buah yang kaya akan vitamin C ini dan memiliki rasa yang asam inilah mampu membersihkan dan merawat kuku anda.

Jeruk nipis ini mampu menghilangkan noda-noda dan juga warna kuning pada kuku, sehingga membuat kuku lebih bersinar dan tentunya lebih terlihat indah. Untuk merawat dan membersihkan kuku dengan jeruk nipis ini, caranya mudah sekali. Anda cukup membelah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Kemudian gosok-gosokkanlah ke kuku anda, setelah kelihatan bersih. Baru cucilah dengan air sebersih mungkin. Lakukalah 2 kali seminggu dengan rutin dan juga teratur, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Lemon
    Lemon adalah buah yang bersahabat dengan jeruk nipis, bahkan bisa dibilang kembar. Selain memiliki bentuk buah yang serupa, juga memiliki manfaat yang sama. Buah ini banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan dan juga sangat enak ditambahkan untuk minuman, jadi lebih segar. Selain itu, buah yang satu ini juga sangat baik untuk merawat dan sebagai pembersih kuku yang alami. Menjadikan kuku lebih bersinar, indah, dan lebih sehat tentunya. Dan juga dapat membuat kuku lebih keras sehingga tidak mudah patah atau rapuh dengan mudah.

Hal ini dikarenakan lemon mengandung banyak vitamin C dan juga memiliki rasa yang asam, sama halnya dengan jeruk nipis. Nah, untuk menggunakan buah yang satu ini sebagai perawatan kuku. Sama halnya dengan cara menggunakan jeruk nipis tadi, yaitu anda cukup membelah lemon menjadi beberapa bagian. Kemudian gosok-gosokkanlah ke bagian kuku yang ingin dirawat hingga kelihatan bersih. Baru cucilah dengan air sebersih mungkin.

Selain itu, anda juga dapat mencampurkan lemon dengan minyak zaitun agar manfaatnya lebih banyak lagi. Caranya yaitu dengan mengambil air perasan lemon, kemudian campurkanlah air tersebut dengan beberapa tetes minyak zaitun. Barulah dioleskan ke bagian kuku, tunggulah sekitar 10-15 menit. cucilah dengan bersih, lakukanlah 2 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan tentunya kuku tetap sehat dan terawat.

3. Belimbing wuluh
    Belimbing wuluh ini adalah buah yang memiliki rasa yang asam. Buah ini sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan. Dibalik rasanya yang asam ternyata buah ini menyimpan khasiat tubuh kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat menjaga kesehatan kuku dan juga dapat merawatnya agar terlihat lebih cantik.

Buah ini mampu menguatkan kuku dari kerapuhan dan mudah patah, bahkan juga mampu menghilangkan warna kuning yang terdapat di kuku. Untuk menggunakan belimbing wuluh ini, anda cukup membelah belimbing wuluh ini menjadi dua bagian. Kemudian gosok-gosokkanlah belimbing wuluh tersebut ke kuku sekitar 5 menit. Baru cucilah dengan air sebersih mungkin. Lakukanlah 2 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan tentunya kuku tetap sehat dan terawat. 

Merawat kuku dengan minyk zaitun
Sumber: Google

4. Minyak zaitun
    Siapa sih yang tidak kenal dengan minyak yang satu ini, ya minyak zaitun. Minyak yang sangat terkenal akan khasiatnya yang begitu berlimpah untuk kesehatan dan juga tentunya dalam perawatan kecantikan. Jadi, tak heran bila sering menemui minyak zaitun ini di salon-salon kecantikan.

Nah, kali ini minyak zaitun digunakan untuk merawat kuku sebagai salah satu alternative perawatan kuku dengan bahan alami yang murah dan tentunya sangat efektif. Minyak zaitun ini mampu menguatkan kuku yang rapuh atau patah, melembutkan kuku yang kering, dan juga tentunya akan membuat kuku menjadi lebih lebih bersinar dan juga lebih indah.

Selain itu bagi anda yang ingin mempercepat pertumbuhan kuku, campuran minyak zaitun dan buah tomat adalah solusinya untuk pertumbuhan kuku tumbuh lebih cepat. Dalam melakukan perawatan ini, sebaiknya konsumsilah air putih yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Nah, untuk melakukan perawatan kuku dengan minyak zaitun ini. Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ini pada kuku, biarkanlah selama satu malam. Usahakan digunakan pada saat tidur, jadi saat bangun tinggal membersihkannya saja. Lakukanlah 3 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu, anda juga dapat mencapurkannya dengan madu. Yaitu dengan campurkan beberapa tetes madu kedalam minyak zaitun sesuai kebutuhan. Campurkanlah dengan rata, barulah dioleskan ke kuku. Tunggulah sekitar 10-15 menit, cucilah dengan air yang dingin. Untuk cara yang ini lakukanlah 2 kali seminggu untuk merawat kuku dan membuat kuku lebih lembut.

5. Minyak kelapa
    Sama halnya dengan minyak zaitun yang sangat terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan dan juga dalam perawatan kecantikan, minyak kelapa ini juga terkenal akan manfaatnya. Minyak kelapa ini mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dengan sangat baik. Bahkan dapat memelihara dan juga merawat kuku, agar tidak mudah patah dan juga rapuh.

Minyak ini sangat cocok kuku yang kering dan rentan akan kerapuhannya dan membuat kuku tampak lebih bersinar dan kuat tentunya. Hal ini dikarenakan minyak kelapa bnayak mengandung nutrisi seperti vitamin E, anti bakteri, dan juga anti jamur yang diyakini berguna untuk merawat rambut dan juga membasmi bakteri yang ada di kuku.

Untuk menggunakan minyak kelapa ini sebagai perawatan kuku, anda tinggal mengoleskan minyak ini ke bagian kuku. Tunggulah sekitar 10-15 menit, baru cucilah dengan bersih. lakukanlah 3 kali seminggu untuk mendapatkan kuku yang terawatt dan tentunya sehat bersinar. Jangan lupa untuk dibarengi dengan minum air putih yang cukup dan juga asupan nutrisi yang sesuai.

6. Bawang putih
    Bumbu dapur yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat, memiliki aroma yang khas jadi sangat cocok bumbu dapur. Selain itu, bawang putih ini juga dipercaya akan memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat merawat dan juga membasmi bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku. Karena di dalam bawang putih mengandung antibakteri, antioksidan, dan juga antivirus.

Jadi, tidak salah jika menggunakan bawang putih untuk merawat sekaligus juga dapat mengobati kuku yang bermasalah, misalnya kuku berjamur bahkan bernanah. Untuk menggunakan bawang putih ini sebagai obat dan juga merawat kuku, caranya gampang sekali. Yaitu anda tinggal menggosok-gosokkan bawang putih tersebut ke kuku, atau bisa juga dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Kemudian dioleskan ke kuku, diamkanlah sekitar 10-15 menit. Lakukanlah 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Merawat kuku dengan kunyit
Sumber: Google

7. Kunyit
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwa rempah-rempah yang satu ini sudah sangat melegendaris. Kunyit yang dikenal sebagai bumbu dapur dan bahan dasar dari pembuatan jamu tradisional. Nah, dibalik warnanya yang kuning ke jinggaan, memiliki rasa yang agak pahit dengan sedikit pedas, dan juga memiliki bau khas aromatic sehingga mudah membedakannya.

Kunyit ini terkenal menyimpan jutaan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat merawat dan juga mengobati permasalahan yang ada pada kuku. Kunyit ini mampu menghilangkan bau pada kuku, membasmi bakteri-bakteri yang meneybabkan berbagai permasahalan pada kuku. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yaitu kurkumininoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan juga bisdesmetoksikumin, serta juga terkandung minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, dan mineral-mineral lainnya.

Nah untuk mengobati maag menggunakan kunyit ini, anda cukup mengambil kunyit beberapa rimpang. Kemudian parutlah kunyit tersebut, campurkanlah dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskanlah campuran tersebut ke kuku yang ingin dirawat atau diobati. Tunggulah sekitar 10-15 menit, baru cucilah dengan air sebersih mungkin. Lakukanlah 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

8. Lidah buaya
    Tentu anda sudah mengenal tanaman yang satu ini bukan? Lidah buaya ini sangat dikenal oleh masyarakat luas sebagai tumbuhan yang dapat menutrisi rambut. Namun, tahukah anda bahwa lidah buaya ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kuku. Lidah buaya ini dapat membuat kuku tidak mudah rapuh dan juga patah, sehingga kuku akan menjadi lebih kuat serta juga mampu membuat kuku lebih terlihat bening.

Untuk memanfaatkan lidah buaya ini sebagai perawatan kuku, anda cukup membelah lidah buaya menjadi dua bagian yang sebelumnya sudah dicuci bersih. kemudian oleskanlah pada kuku secara merata, tunggulah sekitar 10-15 menit. baru cucilah hingga bersih, lakukanlah 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Ingat ya guys, ketika melakukan perawatan kuku tersebut harus dibarenginya juga dengan mengonsumsi air putih atau mineral yang cukup untuk kebutuhan tubuh anda. Dan juga asupan makanan harus mencukupi kebutuhan tubuh anda, tentunya asupan yang diperlukan dalam perawatan kuku. Asupan makanan atau nutrisi yang perlukan dalam memenuhi kembali kesehatan kuku sekaligus tubuh adalah seperti berikut : 

Merawata kuku dengan berbagai asupan nutrisi
Sumber: Google
  •  Zat besi
           Kalau kekurang zat besi biasanya ditandai dengan kuku mudah rapuh dan juga patah,        tentunya  kuku tersebut tidak kuat. Zat besi ini banyak terkandung di dalam jenis kacang-kacangan, sayuran, dan daging merah.
  •  Seng
         Kalau kekurangan zat seng biasanya ditandai dengan adanya bintik putih pada permukaan kuku. Untuk mengatasi   kekurangan zat seng ini, anda dapat mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan juga terdapat pada   daging.
  •  Vitamin
         Kalau kekurangan vitamin biasanya ditandai dengan kuku kering dan berwarna gelap. Agar tidak kekurangan vitamin, maka cukupilah untuk mengkonsumsi vitamin-vitamin tesebut. Biasanya vitamin itu banyak terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran, telur, dan juga terdapat pada daging.

Nah, itulah cara yang dapat anda lakukan untuk merawat kuku dengan bahan-bahan yang alami. Dengan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti itu selain harganya murah, tentunya juga aman untuk digunakan dan tidak akan berdampak terhadap apapun. Jadi, jangan ragu dan juga takut ya untuk menggunakan bahan-bahan yang alami.

Sekarang memiliki kuku yang sehat dan indah bukanlah mimpi lagikan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah, tentunya anda tidak perlu membayar mahal untuk melakukan perawatan. Jadi, uangnya bisa ditabung deh untuk keperluan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Cara Efektif Merawat Kuku dengan Bahan Alami"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....