Inilah 25 Cara Terampuh Basmi Bakteri di Mulut

Mulut adalah bagian organ yang sangat penting bagi makhluk hidup terutama manusia. Di bagian mulut inilah kita selalu menggunakannya untuk berkomunikasi, makan  dan minum. Jadi begitu banyak manfaat dari mulut. Terlebih dari semua itu, tahukah kalian bahwa mulut menyimpan berjuta-juta bakteri atau kuman yang bisa menguntungkan dan juga merugikan kita. Namun, tidak terdapat bakteri yang sangat membahayakan karena bakteri-bakteri tersebut ikut larut dalam proses makan atau minum bersama dengan air liur. Bakteri apa saja yang berada dalam mulut ya? Mau tahu, silahkan baca tentang bakteri yang  terdapat dalam mulut.
Cara menghilangkan bakteri di mulut
Sumber: Google
Meskipun bakteri-bakteri tersebut tidak terlalu berbahaya, kita pun perlu membersihkan bakteri-bakteri itu. karena bakteri-bakteri itu nantinya akan berkembang lebih banyak lagi dan menyebabkan masalah yang terbilang serius kalau tidak ditangani mulai dari sekarang. Nah, sudah kita ketahui bersama bahwa ada begitu banyak masalah yang mengganggu mulut kita, seperti bau mulut, sakit tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, gigi berlubang, karies pada gigi dan masih banyak lagi masalah lainnya. Di mana masalah tersebut tentunya sangat mengganggu segala aktivitas kita, terutama dalam berbicara atau berkomunikasi. Misalnya, saat kita berbicara kita harus mempunyai percaya diri, tapi ketika bau mulut menyerang kita. Kitapun rasa minder dan tidak percaya diri lagi dalam berbicara. Wah, jangan sampai hal iini terjadi karena bisa sangat menggagu pekerjaan ya kita tentunya.
Untuk menambah pengetahuan anda tentang kesehatan, silahkan kunjungi www.ziesehat.com. Disana memberikan informasi dan juga tips-tips tentang dunia kesehatan.
Tentunya kalian tidak inginkan mengalami masalah-masalah tersebut. Nah, agar kesehatan mulut kita selalu terjaga dan bakteri-bakteri itu tidak berkembang biak menjadi lebih banyak. Makanya kita harus rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Bukan hanya itu saja untuk menjaga kesehatan mulut kita, tapi masih banyak lagi bahkan dengan bahan yang ada disekitar kita. Mau tahu caranya, mohon disimak baik-baik ya, agar gak salah cara nantinya:


Menggosok gigi
Sumber: Google
1.   Rutin menggosok gigi      Menggosok gigi merupakan suatu hal yang tak asing lagi di telinga kita dan sudah menjadi kewajiban yang harus kita lakukan. Menggosok gigi dengan benar dan jangan terlalu keras sangat disarankan, agar bakteri-bakteri dan plak pada gigi bisa hilang dan tidak menghilangkan enamil-enamil pada gigi. Biasakanlah menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan, minimal dua kali sehari. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride kompleks. Dan jangan lupa lakukanlah secara rutin dan teratur.
2.   Gunakanlah obat kumur     
  Bau mulut sangat sering mengganggu kita,apalagi saat beraktivitas dan mengobrol dengan orang lain. Nah, salah satu untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur-kumur dengan obat kumur anti-bakteri. Di mana dengan berkumur-kumur mulut kita kembali menjadi lebih segar dan terhindar dari masalah mulut tentunya.
Air putih
Sumber: Google
3.   Perbanyak minum air putih
      Seperti yang sudah kita ketahui bersama air putih sangat diperlukan oleh tubuh kita, akibatnya kalu kekurangan air kita bisa dihedrasi dan menyebabkan mulut kita rasa kering dan timbullah bau mulut dan masalah mulut lainnya. Tentunya sangat menggangu aktivitas kita. Dengan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan kita, bisa mencegah permasalahan tersebut. Sebaiknya konsumsilah air putih 8-10 gelas perhari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, karena setiap orang membutuhkan air putih yang berbeda-beda.

4.   Air garam     
     Dimana kita ketahui bahwa garam adalah bumbu dapur yang selalu tersedia di dapur manapun. Tak banyak yang kita ketahui tentang manfaat dari garam itu sendiri. Yang kita tahu bahwa garam ini digunakan untuk bumbu masakan saja. Akan tetapi, sudah ditemukan bahwa garam dapat digunakan untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Salah satunya yaitu mampu mengatasi sakit gigi, gusi berdarah, gigi berlubang. Caranya adalah dengan garam diseduh dengan air hangat, kemudian dikumur-kumurkan atau bisa juga dengan ditambahkan air perasan jeruk nipis untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ternyata air garam ini juga dapat mengantikan obat kumur yang dijual di apotek.
.
5.   Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C     
     Seperti yang kita ketahui vitamin c ini sangat baik untuk daya tahan tubuh kita, begitu juga dengan mulut kita. Mulut kita membutuhkan vitamin C, gunanya untuk mencegah bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, dan juga bagus untuk gigi kita. Hal ini dikarenakan vitamin C ini dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab masalah tersebut.
6.   Jeruk nipis     
    Jeruk nipis adalah buah yang bersahabat dengan lemon dan memiliki rasa yang sangat asam. Banyak terdapat di daerah Indonesia, jadi kita dengan mudah menemukan jeruk nipis. Jeruk nipis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kita. Salah satunya yaitu dapat mengobati berbagai permasalahan yang ada pada mulut kita, seperti dapat mencegah bau mulut, mengobati sakit gigi, dan juga gusi berdarah. Selain itu juga kita dapat merasakan kesegaran yang di dapat dari jeruk nipis tersebut. Hal ini dikarenakan jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan aroma yang menyegarkan, sehingga mampu mengatasi masalah-maslaah tersebut. Untuk mengobati permasalah      tersebut yaitu dengan cara jeruk nipis diperas ambil airnya kemudian beri sedikit garam dan air hangat secukupnya, kemudian berkumur-kumurlah. Atau bisa juga dengan campuran jeruk nipis dengan madu kemudian diminum. Lakukanlah dengan teratur pastinya.
Lemon
Sumber: Google
7.  Lemon     
     Sama seperti jeruk nipis lemon juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau yang tak sedap di mulut kita. Rasanya yang asam inilah mampu menetralisir bakteri yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri-bekteri penyebab bau mulut. Caranya sama seperti jeruk nipis yaitu peras airnya lalu kumur-kumurkan atau bisa juga beri sedikir garam dan air hangat sesuai selera.

8.  Buah jambu biji
     Jambu biji adalah buah yang memiliki banyak biji dan memiliki rasa yang tidak asam. Jambu bii merupakan buah yang paling umum di negara kita, jadi tak mengherankan kita bisa menemukan buah ini dimana-mana. Menurut sebuah penelitian, jambu biji ini mengandung vitamin c yang paling tinggi dari buah yang lainnya. Apalagi bagian kulit luarnya yang tebal mengandung vitamin c yang lebih tinggi dari daripada bagian daging buahnya. Mengonsumsi rutin buah-buahan yang kaya akan vitamin c akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap infeksi dan serangan virus yang dapat menyababkan flu, bau mulut, batuk, dan juga demam. Untuk mengobati batuk, flu, dan demam menggunakan jambu biji yaitu dengan jambu biji di buat jus atau bisa juga dengan rebusan daun jambu biji.

Makan apel
Sumber: Google
9.  Buah pir
   Buah yang memiliki rasa sedikit asam dan manis ini banyak terdapat di daerah yang tropis. Buah pir ini mengandung vitamin C yang dapat memenuhi 10 % asupan kebutuhan harian kita.oleh sebab itu vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan melawan bakteri-bakteri yang masuk ketubuh kita. Sehingga dapat mengobati sakit tenggorokan, memang sering kita abaikan penyakit ini namun kalau tidak diobati dapat mengganggu aktivitas kita tentunya kita merasa tidak nyaman dengan tenggorokan yang sakit. Untuk mengatasinya yaitu dengan buah pir dibuat jus ditambahkan sedikit madu dimana madu juga sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Buah pir ini juga mampu menghilangkan plak-plak pada gigi, sifatnya yang keras inilah yang menghilangkan itu semua.
10.Buah apel    
    Siapa sih yang gak kenal dengan buah yang satu ini, ya hingga populernya buah ini sering kita temui dimana-mana. Buah apel merupakan buah yang bersahabat dengan buah pir. Sangat suka tumbuh dipegunungan tropis terutama di Indonesia. Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini mampu menyegarkan kita karena mengandung 25% air dan juga kaya akan vitamin dan protein yang bagus untuk tubuh kita. Biasanya kita memakan buah apel ini dengan menggigit, tanpa kita sadari bahwa hal tersebut mampu membuat membersihkan gigi kita.
11.Mentimun
    Mentimun adalah buah yang sering kita dengar bahkan sudah akrab ditelinga kita. Buah yang sering dijadikan lalapan atau masker wajah. Timun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan juga untuk kecantikan. Timun ini banyak mengandung air dan juga bermacam-macam vitamin. Tahukah kalian selain sebagai lalapan dan juga masker , ternyata timun sangat baik untuk mengibati sakit gigi, gusi dan sakit tenggorokan, yaitu dengan cara timun dibuat jus. Timun ini juga mampu menghilangkan bau tak sedap di mulut kita yaitu dengan cara tekan seiris mentimun ke langit-langit mulut dengan lidah selama kurang lebih 30 detik. Mengonsumsi mentimun mentah dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.
Menghilangkan bakteri di mulut dengan stroberi
Sumber: Google
12.Buah stroberi
    Buah stroberi buah yang sudah akrab ditelinga kita dan sangat enak kalau dibuat olahan makanan dan minuman. Buah yang tumbuh merambat ini dan sangat suka di daerah lembab atau daerah pegunungan ini memiliki rasa yang asam dan sedikit rasa manis. Menurut sebuah penelitian, buah ini padat akan nutrisi dan lengkap dengan vitamin dan mineral. Yang dapat membantu mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Bahkan buah ini juga mampu membuat gigi kita menjadi putih, karena kandungan asamnya. Caranya adalah dengan stroberi dibuat pasta kemudian tambahkan pasta stoberi tersebut ke sikat gigi, lalu sikatlah seperti biasa. Dan bilas sampai bersih.
13.Cengkeh
     Merupakan salah satu bumbu yang terdapat di dapur juga. Dimana kita ketahui bahwa cengkeh berguna untuk bumbu masakan, selain itu juga sangat baik untuk menghilangkan aroma tak sedap dalam mulut sehingga membuat mulut segar kembali dan juga dapat mengobati sakit gigi. Caranya yaitu dengan cengkeh dan garam direbus dengan air 2 gelas kemudian jadikan air tersebut hingga ½ gelas. Lalu berkumur-kumurlah dengan rebusan air cengkeh tersebut, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
14.Ketumbar
   Sama halnya dengan cengkeh, ketumbar merupakan keluarga rempah-rempah yang selalu menemani masakan. Ketumbar banyak tumbuh di daerah kita, bahkan bisa dibilang berlimpah. Tak heran kalau kita bisa menemukan rempah yang satu ini dimana-mana. Bentuknya yang kecil-kecil dan memiliki aroma yang khas inilah mampu membuat masakan menjadi lebih nikmat bahkan juga bisa menghilangkan bau mulut. Yaitu dengan cara ketumbar direbus kemudian disaring ambil airnya kemudian diminum.
Menghilangkan bakteri di mulut dengan jahe
Sumber: Google
15.Jahe
     Jahe juga merupakan keluarga rempah-rempah yang banyak terdapat di daerah kita. Jahe memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Pemakaian jahe sebagai tanaman obat semakin berkembang pesat dan maju , seiring dengan berkembangnya pemakaian atau pemanfaatn bahan-bahan alami untuk pengobatan. Ada begitu banyak manfaat jahe untuk kesehatan salah satunya yaitu sebagai obat batuk dan mengobati sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan jahe direbus sebanyak 2 ruas dalam 2 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Saring dan tunggu hingga tidak terlalu panas. Dapat juga anda campurkan dengan madu dan jus lemon atau jeruk nipis untuk menambah cita rasanya. Serta juga dapat menambah daya tahan tubuh kita, sehingga tak mudah penyakit menyerang tubuh kita.
16.Daun sirih   
    Sirih yang tumbuhnya merambat dan sudah diakui sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama di Indonesia. Daun sirih ini banyak mengandung minyak asiri, cineole, fenil propada, tannin, dan masih banyak lagi kandungannya. Karena terdapat banyak kandungan maka tidak heran kalau daun sirih ini banyak digunakan dalam dunia obat-obatan. Bahkan daun sirih ini sudah digunakan sejak dahulu. Daun sirih ini dapat mengobati bau mulut, sakit gigi, sariawan, menghentikan pendarahan pada gusi, dan juga dapat memperkuat kedudukan gigi kita. Caranya adalah dengan daun sirih yang sudah tua direbus sebanyak 5-10 lembar dengan 2-4 gelas air sampai mendidih kemudian dinginkan. Berkumur-kumurlah dengan rebusan daun sirih tersebut 2-3 kali, lakukanlah dengan teratur.
17.Daun mint    
    Tanaman ini merupakan salah satu tanaman banyk digunakan untuk bahan masakan dan juga terkenal sebagai tanaman herbal, yang banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia dan sudah terbukti khasiatnya. Hal ini dikarenakan daun mint memiliki aroma yang dapat  menyegarkan dan sensasi yang dingin setelah memakannya. Sensasi inilah yang dapat mengurangi gangguan pada pernapasan, bau mulut,, dan juga dapat mengobati batuk dan gatal pada tenggorokan. Caranya adalah dengan mengonsumsi daun mint yang dicampur dengan teh atau bisa juga dengan minuman lainnya. Lakukanlah dengan teratur untuk mendapatkan sensasi yang berbeda dan mengobati masalah mulut kita.
Menghilangkan bakteri di mulut dengan madu
Sumber: Google
18.Madu
     Seperti yang telah kita ketahui bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu dapat menjaga kesehatan mulut kita. Madu yang dihasilkan oleh lebah-lebah pengisap nectar-nektar bunga, yang memiliki rasa manis seperti gula. Sebagian besar madu mengandung gula dan vitamin serta mineral yang lebih sedikit, hal inilah yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Selain itu, madu ini juga dapat digunakan sebagai penyembuhkan berbagai permasalahan yang ada pada mulut, yaitu sakit tenggorokan dan batuk. Caranya adalah dengan mengonsumsi teh madu yang dicampur dengan lemon atau jeruk nipis serta air hangat.

19.Hindari makanan yang berbau menyengat
     Mendengar kata makanan yang memiliki bau yang menyengat, pasti kita langsung terpikir dengan jengkol. Ya, jengkol ini memiliki bau yang sangat menyengat kalau kita makan bisa menyebabkan bauyang tak sedap. Bukan hanya jengkol, akan tetapi jenis bawang-bawangan juga memiliki aroma yang khas dan menyengat. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi jenis dari makan-makanan tersebut kalau tidak ingin terserang bau mulut yang dapat mengganggu aktivitas kita. Dan setelah selesai makan-makanan tersebut segera untuk bersikat gigi dan berkumur-kumur untuk mengurangi bau tersebut.
20.Minum teh
     Siapa sih yang tidak kenal dengan teh yaitu minuman favorit semua orang dalam jamuan makan ataupun sebagai teman di saat santai. Teh mengandung kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi, polifenol atau anti oksidan, dan juga mengandung essential oil yaitu aroma yang yang terdapat pada membuat perasaan lebih baik. Dibalik kesederhanaannya ternyata teh ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.  Salah satunya yaitu dapat mengurangi bau pada mulut kita. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa essential oil yang mengurangi bau pada mulut kita. Selain dapat mengurangi bau mulut, ternyata kandungan senyawa polifenol yang terdapat dalam teh mampu membunuh bakteri yang terdapat pada gigi akibat plak-plak yang menempel yang menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah pada gusi.
21.Yakult
     Yakult adalah minuman prebiotic atau minuman kesehatan yang sudah dikenal orang sejak lama. Yakult berasal dari proses fermentasi dari gula dan susu krim, sehingga menghasilkan minuman yang berasa asam, namun manis dan mirip seperti yoghurt. Minuman yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita slah satunya yaitu dapat menghilangkan bau mulut Karena yakult mampu membunuh bakteri-bakteri pada mulut yang menyebabkan masalah bau pada mulut. Maka konsumsilah yakult 2 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari yakult.
Menghilangkan bakteri di mulut dengan air kelapa
Sumber: Google
22.Air kelapa     Air kelapa merupakan minuman yang sangat diminati oleh orang Indonesia, karena rasanya yang dapat menyegarkan tenggorokan yang meminumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa air kelapa ini dapat mencegah dehedrasi atau kekurangan ION, tenyata selain dapat mencegah dehidrasi air kelapa ini juga memiliki banyak manfaat, yaitu mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan di dalam buah kelapa terdapat kandungan vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat yang sangat baik untuk tubuh kita. Anda dapat mengonsumsinya 1-2 gelas perhari untuk dewasa, tetapi untuk bayi atau balita sebaiknya ikuti saran dokter.
23.Kurangilah mengonsumsi makan yang manis atau mengandung gula    
     Makan-makanan yang manis memang sangat enak, apalagi kalau ditambah dengan tampilan yang menggugah selera. Siapa sih yang gak kepengin. Nah, disini kita harus menyeimbangkan kebutuhan gula kita jangan berlebihan. Makan-makanan yang manis ini dapat membuat gigi kita rusak kalau tidak sering menyikatnya. Makanya, kita harus mengurangi mengonsumsi gula dan makanan yang manis.
24.Konsumsi makanan yang seimbang    
    Makanan yang seimbang artinya makanan yang diperlukan oleh tubuh kita harus mencukupi antara yang dibutuhkan dan yang diperlukan, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, kalsium, vitamin, dan juga zat besi. Mengonsumsinya jangan berlebihan sesuaikanlah dengan kebutuhan kita, karena apabila mengonsumsinya berlebihan bisa menyebabkan masalah-masalah lainnya.
25.Hindarilah merokok
     Merokok dapat menyebabkan masalah pada mulut kita,terutama masalah bau mulut dan juga gigi tidak putih. Seperti yang kita tahu rokok ini sangat berbahaya bagi tubuh kita, bukan hanya pada mulut saja tapi seluruh tubuh kita bermasalah. Orang yang sudah kecanduan merokok memang sulit untuk disembuhkan total, tapi setidaknya kurangilah merokok.
Nah, itu dia tips dan trik dalam menjaga kesehatan mulut kita. Ada begitu banyak cara untuk menjaga kesehatan mulut kita dengan cara alami. Sebaiknya lakukanlah tips-tips tersebut secara teratur dan jangan mengubah bahan yang digunakan sebelum ada hasilnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya. Rawatlah kesehatan mulut kita mulai dari sekarang, karena kalau sudah terlambat sulit untuk mengobatinya. Untuk lebih lanjut, berkonsultasilah dengan dokter dan lakukanlah pemiriksaan minimal 6 bulan sekali, agar mulut dan gigi kita selalu terjaga kesehatannya dan terhindar dari semua masalah-masalah mulut tersebut.
Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa di like, follow, dan komentarnya ya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 25 Cara Terampuh Basmi Bakteri di Mulut"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....