16 Cara Alami Tuntaskan Gangguan Maag

Pastinya anda sudah kenal dengan yang satu ini, bahakan sering melanda anda. Maag adalah penyakit yang bisa menyerang semua orang, baik anak-anak, remaja, dan juga dewasa. Maag ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung atau asam HCl secara berlebihan. Penyakit ini muncul disebabkan oleh pola makan kita yana tidak teratur dan juga disebabkan makanan yang tidak cocok dengan keadaan perut kit, misalnya makanan yang terlalu pedas. Maag adalah penyakit yang sangat mengganggu aktivitas kita, bahkan juga merasakan sakit yang teramat hebat. Hal ini harus segera diobati karena lama-kelamaan akan menyebabkan maag yang kronis atau akut. Tentunya butuh waktu untuh mengobatinya. Tidak inginkan maag yang kita miliki yang akut, maka obati dari sekarang. Cara-cara alami sudah bermunculan untuk mengatasi maag ini, jadi kalau anda tidak berani untuk minum obat. Bahan-bahan alamilah yang jadi solusinya.



Sakit maag
Sumber: Google

Kali ini saya akan berikan tips-tips bagaimana mengatasi dan juga mengobati penyakit maag dengan bahan-bahan yang terdapat disekitar kita. Tetapi sebelum saya paparkan tipsnya itu, saya akan memberikan cara agar maag tidak mudah menyerang. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur, hindarilah makanan yang terlalu pedas dan juga makanan yang bersantan, jangan biasakan perut dalam keadaan kosong, hindari stres, dan juga anda dapat menghindari jenis makanan atau minuman yang mengandung alcohol, gas, dan juga kafein. Nah, itu adalah cara agar tidak mudah terserang penyakit maag. Kali ini simak baik-baik ya, cara mengobati penyakit maag ini dengan bahan-bahan yang alami berasal dari alam.
Untuk menambah pengetahuan anda tentang kesehatan, silahkan kunjungi www.ziesehat.com. Disana memberikan informasi dan juga tips-tips tentang dunia kesehatan.

Atasi sakit maag dengan ramuan kunyit
Sumber: Google
1. Kunyit
    Siapa sih yang tidak mengenal dengan bumbu dapur yang satu ini ? Ya, kunyit yang dikenal sebagai bumbu dapur dan bahan dari jamu yang sudah melegendaris. Dibalik warnanya yang kuning ke jinggaan, memiliki rasa yang agak pahit dengan sedikit pedas, dan juga memiliki bau khas aromatic sehingga mudah membedakannya. Kunyit ini terkenal menyimpan jutaan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit maag, baik yang belum paham maupun yang sudah akut. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yaitu kurkumininoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan juga bisdesmetoksikumin, serta juga terkandung minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, dan mineral-mineral lainnya. Nah, untuk mengobati maag menggunakan kunyit ini anda bisa mengambil kunyit beberapa rimpang. Bersihkanlah kulitnya, parut lalu peras ambil airnya atau sari pati kunyit tersebut. Barulah air tersebut diminum 2 kali sehari secara teratur. Anda juga bisa membuat ramuan kunyit tersebut dengan cara direbus, kemudian minum air rebusan tersebut 2 kali sehari secara teratur.
Jangan lupa tambah wawasan anda dengan membaca artikel tentang 16 bakteri penghuni mulut yang mengerikan yang perlu anda ketahui.
2. Daun jambu biji
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwa daun jambu biji ini sering digunakan oleh orang-orang untuk mengobati diare. Bukan hanya itu saja, daun jambu biji juga sangat berguna bagi penderita penyakit maag. Daun jambu biji ini dapat mengobati penyakit diare dan juga maag, dikarenakan di dalam daun jambu biji terdapat antibakteri yang mampu menghambat bahkan membunuh virus dan juga bakteri penyebab penyakit tersebut. Yaitu seperti Staphylococcus, Shigella, Salmonella, Bacillus, E. coli, Clostridium, dan Pseudomonas. Anda dapat menggunakan daun jambu biji sebagai obat penyakit maag yaitu dengan ambil beberapa lembar daun jambu biji, besihkan kemudian rebus hingga tersisa setengah airnya dari yang awal tadi. Minumlah ramuan obat tersebut 3 kali sehari dengan teratur.
Atasi sakit maag dengan bawang putih
Sumber: Google


3. Madu
    Madu sudah dikenal sejak dulu sebagai obat yang dapat mengobati banyak penyakit. Salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit maag, bahkan yang sudah dibilang akut atau kronis. Menurut sebuah penelitian, madu ini dapat bekerja untuk menenangkan lapisan lambung dan juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghancurkan bakteri-bakteri yang terdapat dalam lambung kita. Selain itu, madu juga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh sebagai pelindung lambung dan saluran pencernaan dari serangan bakteri-bakteri. Hal ini dikarenakan madu mengandung bayak nutrisi yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, apalagi untuk penyakit diare dan maag. Nutrisi yang terkandung di dalam madu itu seperti fruktosa, glukosa, magnesium, sodium, besi, dan juga mengandung belerang. Anda bisa mengunakan madu ini sebagai obat atau mengatasi penyakit maag yaitu dengan meminum satu sendok makan setelah selesai makan. Lakukanlah hal tersebut secara rutin, agar penyakit maag yang anda derita tidak muncul dan mengganggu lagi.

4. Bawang putih
    Bawang putih ini sering kita temui di dapur, karena murapakan bahan penyedap makanan yang memiliki aroma yang khas. Bumbu dapur yang satu ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu mampu mengatasi dan juga mengobati asam lambung yang meningkat atau maag. Hal ini dikarenakan di dalam bawang putih itu mengandung antibakeri dan juga antioksidan yang meyembuhkan dan juga mengatasi permasalahan tersebut. Caranya mudah sekali yaitu anda tinggal mengambil beberap siung bawang  putih, kemudian diparut dan tambahkan sedikit air. Ambillah air yang sudah disaring tersebut, barulah diminum setiap hari dengan rutin dan juga secara teratur. Maka asam lambung yang diderita pun berangsur-angsur pulih.
5. Pisang kepok    Pisang adalah buah yang memiliki rasa yang manis dan juga enak. Buah ini banyak dijadikan sebagai bahan makanan, dimakan langsung ataupun diolah terlebih dahulu sama enaknya. Selain dijadikan sebagai bahan makanan, pisang juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit maag, karena buah ini mampu mencegah kelebihan asam dan juga dapat mengurangi produksi asam lambung. Pisang adalah buah yang mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, kalium,magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B, C, B6, dan vitamin B12, serta pisang juga mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah pisang itulah yang mampu menyeimbangkan ph di dalam lambung. Jadi, anda dapat menggunakan buah pisang untuk mengobati penyakit maag. Anda cukup mengonsumsi buah pisang setiap hari, secara teratur.
6. Daun salam
    Daun yang satu ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu pelezat makanan. Aromanya khas yang dimiliki daun salam inilah yang membuat banyak orang menggunakannya sebagai pelezat makanan. Selain itu, daun salam juga dipercaya mampu mengobati penyakit maag. Daun salam ini mengandung vitamin A, B kompleks,kalsium, zat besi, minyak atsiri, dan juga flavonoida, tentunya sangat baik untuk mengatasi penyakit maag. Untuk mengobati penyakit maag ini, anda dapat membuat ramuan obat dari daun salam yaitu dengan ambil beberapa daun salam. Cucilah dengan bersih, kemudian rebus samapi bebar-benar mendidih. Barulah minum ramuan obat tersebut secara rutin dan juga teratur.

Atasi sakit maag dengan ramuan air tebu
Sumber: Google

7. Air tebu    Tebu banyak terdapat di Indonesia, digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Tumbuhan ini memiliki batang seperti bambu yang mengnadung sukrosa, seng, kalsium, magnesium, vitamin A, C, B1, B2, B5, B6, besi, protein, dan juga mengandung antioksidan yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Kehadiran kalium dan beberapa nutrisi lainnya inilah yang dapat membantu dalam mencegah infeksi pada lambung yang disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan juga virus atau bakteri yang menjadi penyebab asam lambung kita naik, sehingga maagpun kambuh. Nah, anda dapat menggunakan air tebu ini sebagai obat penyakit maag. Mudah saja yaitu anda tinggal membuat tebu menjadi jus, minumlah jus air tebu tersebut secara rutin dan juga teratur.
8. Susu kedelai    Susu kedelai ini berasal dari kacang keledai yang dibuat menjadi sari pati tanpa tambahan gula. Susu kedelai ini sangat kaya akan protein dan juga bebas lemak. Susu rendah lemak dan tanpa laktosa ini memiliki banyak sekali kandungan gizinya dibandingkan dengan kandungan gizi yang terdapat dalam susu sapi. Jadi, susu kedelai ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, baik anak-anak maupun dewasa. Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai ini adalah protein, asam amino, lemak nabati, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, E, kalsium, dan juga mengandung isoflavon. Dimana isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai ini mmapu meningkatkan metabolism dalam tubuh, merupakan sumber nutirisi yang diperlukan oleh tubuh, dan juga tentunya mampu menghilangkan penyakit maag. Anda dapat meminum susu kedelai ini setiap hari secara rutin dan teratur untuk menghilangkan penyakit maag.
9. Kacang hijau    Kacang hijau adalh sejenis polong-polongan yang sudah terkenal di Indonesia sebagai bahan masakan. Kacang jenis ini juga terkenal akan khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit maag. Hal ini dikarenakan kacang hijau ini banyak mengandung nutrisi yaitu seperti mengandung mineral essensial, kalium, zat besi, antioksidan, san juga banayk mengandung serat. Tentunya kandungan-kandunagan tersebut terbukti mampu mengontrol kadar asam lambung yang berlebihan, mencegah peradanagn pada lambung, dan juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat mencegah terjadinya kerusakan  pada sel-sel lambung. Anda bisa membuat kacang hijau ini menjadi berbagai masakan atau menjadi sari kacang hijau untuk mengobati penyakit maag. Minumlah sari kacang hijau tersebut setiap hari, dengan rutin dan juga secara teratur.

Atasi sakit maag dengan jambu biji merah
Sumber: Google

10. Jambu biji merah     Selain daun jambu biji, ternyata buah jambu bijipun juga dapat mengatasi permasalahan lambung kita. Hal ini dikarenakan jambu biji ini mampu meredakan kenaikan asam lambung dan juga dapat membunuh bakteri-bakteri pada lambung penyebab maag. Selain itu, kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah jambu biji seperti potassium dan juga mengandung serat yang tinggi ini mampu menetralisir asam lambung yang tinggi dan juga dapat menghentikan pendarahan pada lambung. Jadi, anda dapat memanfaatkan jambu biji ini sebagi obat penyakit maag, yaitu dengan cara membuat jambu biji ini menjadi jus jambu biji, kemudian minumlah setiap hari secara rutin dan juga teratur.
11. Jahe     Seperti yang telah kita ketahui bahawa jahe ini  banyak digunakan oleh orang-orang sebagai bumbu masakan karena memiliki aroma yang khas dan rasa yang tentunya dapat membuat masakan menjadi lebih lezat. Selain itu, jahe juga terkenal sebagai obat herbal yang sudah terbukti khasiat dari dulu hingga sekarang. Salah satunya yaitu mampu mencegah dan juga mengobati penyakit maag, bahkan yang sudah terbilang sangat parah atau akut dan kronis. Banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam tanaman herbal yang satu ini, seperti terdaapt anti-inflamasi, anti-oksidan, dan juga mengandung anti-microba. Tentunya kandungan-kandungan tersebut mampu meningkatkan sekresi pada lambung dan juga mampu membunuh virus yang menjadi penyebab utama timbulnya permasalahan pada lambung kita atau penyakit maag. Untuk meracik jehe sebagai obat pereda maag mudah sekali. Anda tinggal mengambil beberapa rimpang jahe yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus hingga menyisakan setengah dari awal tadi merebus. Saring dan ambil airnya, minumlah dengan rutin dan juga teratur.
12. Gula aren
      Gula aren atau yang juga dikenal dengan gula merah ini banyak digunakan dalam membuat makanan atau minuman. Tahukah kalian, gula aren ini menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat mengobati asam lambung tinggi atau sering disebut dengan maag, yang disebabkan oleh bakteri pada lambung dan juga makanan yang tidak cocok dengan keadaan lambung kita. Hal ini dikarenakn di dalam gula aren terkandung banyak vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12. Untuk meracik gula aren sebagai obat maag mudah sekali. Anda tinggal menyiapkan gula aren secukupnya, kemudian seduh dengan air hangat. Larutkan gulanya, barulah diminum. Atau anda juga bisa mencobanya dengan langdung memakan gula aren tersebut seperti memakan permen. Lakukanlah dengan rutin dan konsumsilah secara teratur. Nah, dengan mengonsumsi gula aren ini andapun terjaga dari sakit lambung, menghambat pertumbuhan bakteri atau virus penyerang lambung anda, dan juga dapat mengatasi serta menatralisir asam lambung yang tinggi.

Atasi sakit maag dengan pepaya
Sumber: Google

 13. Pepaya
      Buah yang berwarna kuning kejingga-jinggaan ini memiliki rasa yang manis dan daging lembut, sehingga enak untuk dimakan saat sudah matang. Papaya ini adalah buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Terutama dipercaya dapat mengobati dan juga mengatasi penyakit maag. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini memiliki banyak nutisi dan juga vitamin seperti mengandung serat yang tinggi, folat, kalium, mineral, asam lemak, asam amino, vitamin A, C, E, dan juga mengandung vitamin K. Untuk mengobati penyakit maag dengan buah papaya mudah saja, anda tinggal memakan buah pepaya yang sudah matang atau  bisa juga dibuat jus. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur. Selain menggunakan daging buah papaya, anda juga bisa menggunakan bijinya. Yaitu dengan biji pepaya dijemur hingga kering, kemudian haluskanlah biji papaya tersebut. Seduhlah biji yang sudah menjadi bubuk tadi dengan air hangat, minumlah secara teratur.
14. Semangka      Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang rasanya manis dan menyegarkan. Buah ini berkeluarga dengan buah melon, timun, dan juga labu-labuan. Semangka itulah namanya, 91% mengandung air. Selain itu, semangka juga banyak mengandung nutrisi dan vitamin lainnya seperti mengandung asam amino, potalium, kalium, magnesium, antioksidan, serat, dan juga banyak mengandung vitamin A, B1, B6, E, dan juga vitamin C yang paling tinggi dari vitamin yang lainnya. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu mampu mereda luka pada lambung atau penyakit maag. Anda tinggal memakan buah semangka ini atau bisa juga dibuat jus. Konsumsilah dengan ruti dan juga teratur.
15. Temulawak
      Temulawak adalah obat herbal yang sudah terkenal sejak dahulu. Tanaman yang berkeluarga dengan jahe-jahean ini banyak digunakan oleh orang-orang sebagai jamu tradisional. Temulawak ini dipercaya dapat mengobati penyakit maag atau asam lambung meningkat. Di dalam temulawak ini terkandung banyk nutrisi seperti zat tepung, kurkumin, dan juga mengandung minyak atsiri. Untuk membuat ramua obat dari temulawak ini anda cukup menjemur temulawak yang udah dipotong kecil-kecil dan tentunya sudah dicuci bersih hingga tidak terlalu kering. Seduhlah temulawak tersebut dengan air panas. Dinginkan dan minumlah dengan rutin dan juga teratur.

Atasi sakit maag dengan buah alvukat
Sumber: Google

16. Alpukat
      Selain memiliki rasa yang nikmat, buah yang satu ini juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya yaitu dapat mengatasi dan juga mengobati penyakit maag. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah inilah yang mampu mengatasi dan juga mengobati penyakit maag ini. Seperti mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, dan juga vitamin E. Anda tinggal memakan langsung buah ini atau juga bisa dibuat jus agar rasanya lebih nikmat. Konsumsilah secara rutin dan juga dengan teratur.
Nah, itu dia cara mengatasi maupun mengobati asam lambung yang meningkat atau lebih akrab dengan penyakit maag. Anda dapat mengobati dan juga mengatsi penyakit maag ini dengan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam kita. Memanfaatkan bahan-bahan yang alami ini, memang butuh waktu untuk merasakan khasiatnya itu. Karena tidak seperti obat kimia yang langsung merasakan reaksinya.

Waktu kesembuhan penyakit maag ini sangat bergantung dengan kondisi fisik masing-masing orang, jadi bisa dalam hitungan hari, minggu ataupun bulan. Jadi, dalam mengkonsumsi obat herbal seperti ini anda harus sabar dalam menunggu hasilnya. Dalam mengkonsumsi obat herbal sebaiknya dilakukan dengan rutin dan juga secara teratur, jangan ganti bahan yang lainnya. Tunggu reaksi satu bahan terlebih dahulu, kalau tidak cocok baru berpindah ke bahan yang lainnya.

Ingat, semuanya butuh waktu, maka bersabarlah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 16 Cara Alami Tuntaskan Gangguan Maag"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....