13 Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota setiap orang, baik laki-laki maupun wanita. Biasanya rambut menjadi pusat perhatian orang-orang. Jadi, tak heran bila mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Memiliki rambut yang sehat, subur, dan terlihat indah pastilah menjadi dambaan, bukan?

Akan tetapi, tidak semua orang bisa memiliki rambut seperti itu. Jika sudah begini, mereka rela merogoh uang yang dalam untuk melakukan perawatan dengan bahan kimia atau hanya sekedar membuat tatanan rambut yang mereka inginkan. Tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut bisa saja menyebabkan rambut mereka rusak, karena bahan yang digunakan untuk perawatan tersebut tidak cocok dengan keadaan kulit anda.

Baca juga artikel tentang cara membasmi ketombe yang membandel dengan bahan alami.

Tips atasi rambut rontok
Sumber : Google
Rambut memang menjadi aiken tersendiri bagi kita, dengan memiliki rambut yang sehat dan indah akan membuat kita lebih percaya diri tentunya. Maka dari itu apabila terjadi beberapa masalah pada rambut, misalnya saja rambut rontok yang berlebihan, rapuh, kulit kepala kering hingga berlanjut keketombe. Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu kita bukan? Ketika kita mengalami rambot rontok yang bisa dibilang sangat banyak, tentunya kita sangat takut akan mengalami kebotakan. Tentunya kalian tidak inginkan mengalami hal yang seperti ini?
Tips atasi rambut rontok
Sumber : Google
Nah, untuk itu kita perlu melakukan perawatan yang benar untuk rambut kita agar terhindar dari masalah-masalah rambut tersebut. Kali ini saya akan memberikan tips dan cara agar rambut kita kuat tidak rapuh dan tentunya tidak mengalami kerontokan. Saat ini sudah banyak beredar produk untuk merawat rambut, tetapi kita harus pandai untuk memilihnya. Karena kalau kita salah memilih bisa menyebabkan masalah yang baru lagi di rambut kita.

Makanya kali ini aku akan mengasih tau kalian bagaimana caranya agar rambut kuat tak mudah rontak dengan bahan-bahan yang sudah disediakan alam back nature deh. Bahan-bahan yang berasal dari alam ini sangat aman untuk digunakan dan tidak memiliki efek samping tentunya. Jadi, kalian tidak perlu takut untuk menggunakan bahan alami sebagai perawatan rambut.

Nah, di bawah ini akan saya jabarkan bagaimana cara merawat, melindungi, dan juga memperbaiki rambut rontok secara alami. Simak baik-baik ya tips-tipsnya agar tidak salah gunakan nanti!
Tips atasi rambut rontok dengan santan kelapa
Sumber : Google
1. Santan Kelapa   

   Seperti yang telah kita ketahui, bahwa santan ini sering digunakan untuk bahan dari masak-masakan khususnya di Indonesia. Selain sebagai bahan untuk memasak, ternyata santan juga punya manfaat untuk kesehatan rambut kita. Santan ini mampu menguatkan rambut agar tidak mudah patah ataupun rontok. Selain itu juga mampu membuat rambut lebih bersinar dan lembut. Hal ini dikarenakan santan mengandung kalsium, protein, mineral, dan juga zat besi yang mampu mempertahankan dan membangaun sel-sel baru, tentunya sangat bagus untuk perawatan rambut kita.

Caranya mudah sekali yaitu dengan kelapa diparut ambil santannya, kemudian lumurilah rambut dengan santan tersebut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dengan teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
Jangan lupa baca juga artikel tentang cara membasmi jerawat yang membandel dengan bahan alami.

2. Minyak Kelapa   

   Sama halnya dengan santan kelapa yang berguna untuk rambut, minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut kita. Minyak kelapa ini mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dengan sangat baik. Bahkan dapat memelihara setiap helai rambut dnegan menembus jauh ke dalam batang rambut.

Minyak ini sangat cocok untuk rambut yang kering dan rentan dengan kerusakan serta dapat membuat rambut tampak lebih bersinar. Hal ini dikarenakan minyak kelapa bnayak mengandung nutrisi seperti vitamin E, anti bakteri, dan juga anti jamur yang diyakini berguna untuk merawat rambut dan juga dapat mencegah rambut rontok yang berlebihan. Selain itu minyak kelapa juga mengandung asam oleat, yang mana dapat membuat rambut lebih tebal dan tentunya lebih kuat sehingga kalau rambut kuat maka tidak mudak rontok.

Caranya mudah sekali yaitu dengan mengolesi rambut dengan minyak kelapa secar merata sambil memijat-mijat dengan lembut pada kulit kepala. Anda dapat membiarkannya semalaman atau bisa juga hanya dengan 1-2 jam. Baru cucilah dengan bersih, bisa juga mencucinya menggunakan shampoo yang ringan. Jika mencucinya tidak bersih, minyak kelapa ini justru dapat menyumbat folikel pada rambut dan menghambat pertumbuhan rambut. Lakukanlah dengan teratur.
Tips atasi rambut rontok dengan minyak zaitun
Sumber : Google
3. Minyak Zaitun   

    Sejak dahalu minyak zaitun dikenal dengan khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan dan juga perawatan kecantikan tanpa adanya efek samping yang ditimbulkan. Jadi tak heran bila sekarang minyak zaitun ini banyak digunakan oleh orang-orang. Minyak zaitun atau yang juga disebut dengan olive oil ini termasuk minyak yang menyehatkan, karena di dalamnya terkandung lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, D, E, K, zat besi, asam palminat, dan juga mengandung kalsium.

Kandungannya inilah yang mampu mencegah dan mengobati rambut rontok serta dapat membatu menjaga keseimbangan kelembapan pada bagian kulit kepala. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengolesi rambut dengan minyak zaitun sambil dipijat-pijat, kemudian diamkan selama 15 menit. Lakukanlah dengan teratur untuk hasil yang lebih baik.
4. Tomat   

    Seperti yang kita ketahui tomat adalah buah-buahan yang memiliki rasa sedikit asam, biasanya tomat ini digunakan sebagi bahan untuk masakan. Tidak hanya itu saja, tomat ternyata juga dipercaya memberikan  manfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Hal ini dikarenakan tomat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A,C, K, B6, folat, kalium, mineral, magnesium, fosfor, dan juga mengandung tembaga. 

Dengan kandungan gizi yang banyak inilah tomat dapat membantu mengatasi dan memperbaiki kerontokan pada rambut. Caranya adalah dengan tomat dibuat jus, kemudian olekan kebagian rambut tunggu sekitar 15 menit. cucilah hingga benar-benar bersih.
Tips atasi rambut rontok dengan lidah buaya
Sumber : Google
5. Lidah Buaya   
    Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, yaitu lidah buaya. Lidah buaya sering dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan juga untuk kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi dan memperbaiki rambut yang rusak atau rontok. Hal ini dikarenakan lidah buaya banyak mengandung nutrisi yaitu memiliki kadar air yang banyak, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A dan C, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, dan juga mengandung zat besi. Tentunya nutrisi-nutrisi seperti itulah yang sangat dibutuhkan oleh rambut kita.

Caranya mudah sekali yaitu dengan ambil daun lidah buaya secukupnya kemudian ambil lendir atau getah yang ada di dalam daun tersebut. Lalu usapkanlah lender tersebut kebagian rambut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Ratakanlah lender-lendir tersebut sampil dipijat-pijat kulit kepalanya. Diamkanlah selama kurang lebih 15 menit. bilaslah dengan air hingga bersih.
6. Minyak Kemiri

    Kemiri adalah salah satu bahan rempah yang banyak digunakan di Indonesia. Selain sebagai bahan rempah-rempah kemiri juga digunakan sebagai bahan untuk penumbuh dan penyubur rambut yaitu dengan dibuat menjadi minyak. Penggunaan minyak kemiri pada rambut dapat membuat rambut menjadi sehat tebal dan semakin berkilau lagi.

Hal ini dikarenakan minyak kemiri banyak mengandung nutrisi seperti asam minyak, protein, karbohidrat, vitamin B1 dan E, zat lemak, zat besi, mineral magnesium dan tembaga, dan juga banyak mengandung serat. Tentunya kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk rambut kita, karena mampu membuat rambut menjadi lebih kuat, tebal, subur, sehingga rambut rontokpun dapat dihindarkan. Caranya mudah sekali yaitu dengan mengolesi rambut dengan minyak kemiri secara teratur tanpa perlu dibilas. 

Tips atasi rambut rontok dengan jeruk nipis
Sumber : Google
7. Jeruk Nipis

    Seperti yang telah kita ketahui bahwa jeruk nipis ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, yang telah terbukti khasiatnya. Buah yang kaya akan vitamin C ini banyak digunakan oleh orang-orang sebagai bahan untuk membuat minuman dan juga penyedapa masakan, hal itu dikarenakan buah ini memiliki aroma yang menyegarkan. Selain itu juga dapat digunakan untuk merawat rambut kita yaitu dapat mengatasi masalah rambut berketombe, rontok, bercabang, dan juga rambut tambah berkilauan.

Caranya adalah dengan jeruk nipis diperas ambil airnya, kemudian campurkan dengan madu. Aduk hingga rata, baru dioleskan dengan rambut sambil kulit kepala dipijat-pijat. Diamkan sekitar 6 jam, lalu bilas hingga bersih. Selain dengan madu , bisa juga menggunakan jeruk nipis yang sudah dibelah-belah. Kemudian dioles-oleskan kebagian rambut secara merata, bungkuslah rambut tersebut dengan handuk. Diamkan selama 6 jam, baru dibilas dengan air bersih.

Lebih disarankan lagi untuk melakukannya pada malam hari untuk lebih memaksimalkan hasilnya. Lakukanlah dengan teratur satu minggu sekali dan janganlah digunakan secara berlebihan secukupnya saja, ingat jangan dilakukan setiap hari. Nanti kulit kepala bisa menjadi kering dan malah tidak mendapatkan manfaat dari jeruk nipis tersebut.
8. Minyak Kayu Putih   

    Minyak kayu putih adalah minyak esensial alami berasal dari pohon eucalyptus dan juga memiliki aroma yang menyegarkan. Bahkan sudah dikenal orang-orang sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu dapat menyembuhkan, merawat, dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Bahkan masalah kerontokan rambut yang berlebihan berdampak pada kebotakanpun bisa diatasi dengan minyak kayu putih.

Caranya adalah dengan menjadikan minyak kayu putih sebagai bahan untuk memijat dan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya kita dapat mengkombinasikan minyak kayu putih dnegan bunga kembang sepatu. Yaitu dengan merebus bunga kembang sepatu, kemudian saring ambil sarinya saja. Campurkanlah sari bunga kembang sepatu itu dengan minyak kayu putih beberapa tetes, gunakanlah pada bagian rambut dengan mengoleskan kerambut. Tunggulah hingga 15 menit, bilaslah dengan menggunakan air rebusan bunga kembang sepatu tadi hingga bersih.

Selain dengan bunga kembang sepatu, minyak kayu putih juga bisa dikombinasikan dengan minyak rosemary, almond, dan juga jeruk nipis. Caranya sama saja tinggal dicampur lalu dioleskan ke bagian rambut.
Tips atasi rambut rontok dengan putih telur
Sumber : Google
9. Putih Telur   

    Kita sering menganggap remeh putih telur, padahal putih telur sangat berguna untuk kesehatan kita. Jadi tidak kalah dengan kegunaan dari kuning telurnya. Hal ini dikarenakan putih telur mengandung nilai nutrisi yang sangat tinggi, yaitu terdapat protein yang tinggi dan juga tidak mengandung kolestrol.

Putih telur ini sendiri sering digunakan sebagai masakan, selain itu juga terkenal sebagai bahan untuk kecantikan. Salah satunya yaitu kita dapat memanfaatkan putih telur ini sebagai masker rambut, yang mana dapat membantu dan memelihara bentuk dan kelembutan rambut yang anda miliki. Bahkan juga bisa memperlambat dan mengobati rambut rontok, asalkan digunakan dengan teratur dan tidak mengganti bahannya.

 Caranya adalah dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudian kocok putih telur tersebut sehingga membentuk seperti pasta. Lalu oleskan kerambut seperti maskeran, tunggu sekitar 5 menit. Bilaslah rambut dengan air bersih atau bisa juga membilasnya menggunakan shampho agar tidak meninggalkan bau telur di rambut.
 
10. Bawang Merah

      Siapa sih yang tidak mengenal bawang merah, tanaman yang sangat terkenal di dunia kuliner ini. Selain terkenal di dunia kuliner, ternyata bawang merah ini juga terkenal ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu dapat menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan.

Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium, zat besi, dan juga tinggi akan belerang yang dapat memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala.

Caranya adalah dengan bawang merah diparut kemudian disaring, ambil air atau sari dari bawang merah tersebut. Lalu oleskanlah pada rambut hingga rata sambil diberi pijatan untuk merelaksasikan kepala kita. Diamkanlah sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.
Tips atasi rambut rontok dengan daun seledri
Sumber : Google
11. Daun Seledri      

      Selain sebagai bahan masakan, daun seledri ini juga dipercaya orang-orang memiliki khasiat yang sangat banyak. Terutama banyak manfaatnya untuk rambut, daun ini mampu mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti rambut rontok dan rusak. Hal ini dikarenakan daun seledri ini mengandung anti bakteri, vitamin, mineral, protein, dan juga antioksidan. Kandungan protein nabati pada daun seledri inilah yang mampu merangsang atau membuat rambut kita bisa tumbuh dan mencegah kerontokan.

Caranya gampang sekali hanya tinggal menyiapakan satu genggam daun seledri yang masih segar, dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil. Rebuslah potongan daun seledri itu bersama air hingga mendidih. Diamkan hingga benar-benar tidak panas lagi lalu disaring. Jangan lupa untuk menambah satu sendok air cuka kedalam rebusan tadi. Basahilah rambut terlebih dahulu baru ramuan tadi dioleskan kerambut hingga merata. Tunggulah sampai benar-benar kering baru dibilas dengan air bersih.

Selain itu bisa juga dengan hanya daun seledri ditumbuk halus atau lebih mudahnya diblender hingga seperti jus, kemudian dioleskan kebagian rambut hingga merata. Diamkanlah  sekitar sejam baru dibilas dengan air bersih.
12. Minyak Jahe      

     Seperti yang telah kita ketahui bahwa jahe ini adalah bumbu masakan, selain itu juga dikenal orang sebagai obat yang telah terbukti khasiatnya. Jahe mampu mengobati penyakit lambung, stroke, gangguan pernapasan, masalah menstruasi, dan juga peradangan. Bahkan jahe ini juga dipercaya dan merupakan bahan yang efektif untuk digunakan dalam  merawat dan memperbaiki rambut yang rusak atau rontok yang berlebihan , dengan meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam kulit kepala. Hal ini dikarenakan jahe mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, zinc, fosfor, dan juga anti septik yang tentunya sangat bagus untuk perawatan rambut kita.

Untuk menggunakan minyak jehe ini tidak jauh berbeda dnegan cara penggunaan minyak kelapa dan minyak zaitun, yaitu anda tinggal mengolesi rambut dengan minyak jehe secara merata sambil dipijat-pijat dengan lembut. Kemudian tunggulah sekitar 2 jam, lalu cucilah dengan bersih. Atau bisa juga dengan cara minyak jahe dikombinasikan dengan minyak wijen, oleskan pada rambut dengan rata. Tunggulah sekitar 15 menit, kemudian cuci dengan bersih.
Tips atasi rambut rontok dengan teh hijau
Sumber : Google

13. Teh Hijau

      Teh hijau memanng dikenal sebgai sumber antioksidan alami yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Seperti yang telah kita ketahui bahwa teh hijau ini berkhasiat untuk melangsingkan tubuh dan sudah banyak digunakan dalam berbagai perawatan kulit. Namun bukan hanya itu saja manfaatnya, teh hijau ini juga mampu merawat dan memperbaiki rambut rontok yang berlebihan.

Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau terkandung antioksidan, vitamin C dan E, yang mana sangat berperan penting dalam mengatasi masalah kerontokan rambut yang dialami oleh siapa saja. Selain itu, ternyata the hijau ini juga mampu melawan DHT (Dihydrotestosterone) yaitu penyebab utama kerontokan pada rambut terutama pria, makanya pria lebih sering botak dibandingkan dengan wanita. Hal ini karena folikel rambut pria lebih sensate terhadap DHT daripada wanita.

Caranya mudah sekali yaitu dengan teh hijau diseduh dengan air panas agak kental. Diamkanlah selama satu malam hingga dingin dan basi. Gunakanlah air seduhan teh ini setelah memakai shampoo pada saat keramas. Dengan hanya mengolesi ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dibarengi dengan pijatan yang lembut. Tunggulah sekitar 15 menit, lalu bilas sebersih mungkin dengan air bersih. Cara ini dapt dilakukan seminggu dua kali agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat anda lakukan agar rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok pastinya. Selain tips-tips yang telah saya jabarkan diatas tadi, anda juga harus membarenginya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin B12, yang banyak terdapat pada daging, ikan, dan makanan berfermentasi yang berasal dari kacang kedelai. Pokoknya konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan anda.

Banyakkan bahan alami yang dapat merawat, mengatasi, dan juga dapat mengobati masalah kerontokan pada rambut yang berlebihan. Jangan takut untuk menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, karena bahan-bahan tersebut tidak memiliki efek samping.

Gunakanlah bahan-bahan tersebut secara konsisten, kalau belum merasakan hasilnya jangan langsung pindah ke bahan yang lain. Hal ini tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Memang menggunakan bahan alami seperti ini butuh waktu, tidak langsung kelihatan efeknya.

Jadi, untuk pemakaian harus teratur dan juga harus sabar ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok "

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....