Ini Dia Cara Merawat Mata Dengan Alami

Mata adalah organ yang paling penting di tubuh ini. Mengapa? Karena mata adalah tempat kita untuk melihat, dengan mata kita bisa membedakan warna-warni yang ada di dunia ini. Bahkan juga bisa membedakan antara terang dengan gelap.

Mata adalah organ yang sensitive, kita perlu menjaganya agar kegunaan mata ini tidak menghilang dari diri kita. Sudah banyak orang yang tidak bisa lagi merasakan manfaat dari mata, karena suatu kelainan atau gangguan yang terjadi pada matanya. Seperti buta, katarak, buta warna, rabbun jauh, rabun dekat, dan masih banyak lagi kelainan yang terdapat pada mata. Baca juga cara terefektif membasmi jerawat bahkan yang membandel sekalipun dengan ramuan tradisional khas Indonesia.

Rawatlah matamu
Sumber: Google
Untuk menghindari permasalahan-permasalahan itu semua, kita perlu menjaga mata ini. Agar terus memancarkan keindahannya dan kegunaannya itupun tidak menghilang. Untuk hal itu kita perlu merawatnya mulai dari sekarang, jangan nanti. Kalau sudah terlambat, sulit untuk mengembalikannya seperti semula.

Nah, kali ini ziesehat akan memberikan cara atau tips merawat mata agar terhindar dari kelainan-kelainan tersebut. Simak baik-baik ya.

1. Jangan biasakan nonton telivisi atau menatap layar monitor terlalu dekat dan lama
Jangan biasakan nonton telivisi atau menatap layar monitor terlalu dekat dan lama
Sumber: Google
    Seperti bagian tubuh yang lainnya, mata juga memiliki keterbatasan dan harus diistirahatkan untuk tetap menjaga kesehatannya. Maka dari itu, janganlah membiasakan mata kita untuk menonton telivisi atau layar monitor terlalu lama dan juga terllau dekat. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata atau menyebabkan mata kita minus.

Hal ini disebabakan focus mata yang terlalu lama pada satu hal yang dapat menyebbakan kelelahan pada mata, memang masalah ini hanya timbul sementara saja. Tetapi kalau dilakukan terus menerus bisa menyebabkan hal yang fatal.

Untuk itu kurangilah menonton telivisi, duduklah dengan benar saat menonton telivisi atau menatap layar monitor dan juga jangan terlalu dekat, jangan biasakan menonton telivisi atau menatap layar monitor dalam keadaan gelap, kalau kita merasa mata sudah terasa berat atau lelah segeralah untuk beristirahat sebentar dan cobalah untuk melihat tanaman hijau  hanya sekedar merelaksasikan mata kita. Mungkin anda bisa melakukan hal-hal itu tadi, agar mata kita tetap aman dan terjaga.
Baca juga makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat menstruasi.

2. Hindari membaca dan menulis terlalu dekat 
 
Hindari membaca dan menulis terlalu dekat
Sumber: Google

    Membaca dan menulis memang dua hal yang seakan tak mau untuk dipisahkan. Apalagi untuk seorang pelajar, ia diharuskan untuk dapat membaca dan disertai dengan menulisnya. Nah, setujuhkah kalian jika membaca dan menulis telalu dekat bahkan sambil tiduran ini berbahaya? Kita pasti sudah sering mendengarkan kata-kata seperti ini, kalau kita melakukan hal-hal seperti itu akan berbahaya terutama pada mata yang sangat sering terjadi.

Membaca atau menulis dengan gaya atau posisi yang salah tentu akan menyebabkan permasalahan pada mata seperti mata minus atau yang juga sering dikenal dengan rabun jauh. Yang mana rabun jauh atau mata minus ini titik focus jatuh pendek dari retina sehingga penderita dapat melihat objek dekat lebih jelas, namun bjek yang jauh akan tampak kabur. Sedangkan pada mata yang normal gambar difokuskan ke retina di belakang mata.

 Kita dapat menghindarinya yaitu dengan membaca atau menulis dalam posisi ynag tegak, jangan sambil tiduran, hindari membaca di ruangan yang gelap, biasakan untuk memberi jarak pada membaca atau menulis yaitu dengan jarak sekitar 40 cm dari mata dengan sudut 40-70 derajat dari permukaan meja. Dan juga biasakanlah untuk mengistirahatkan mata bila sudah merasa lelah dengan melihat atau juga bisa berjalan-jalan sebentar untuk melihat objek-objek atau pemandangan hijau. Hal ini tentunya sanagt bagus untuk menjaga mata kita, agar tetap sehat dan bersinar.

3. Hindari terlalu lama bermain gadget atau handphone
 
Hindari terlalu lama bermain gadget atau handphone
Sumber: Google

     Jaman sekarang sangat sering kita menemukan orang-orang menggunakan gadget mereka. Tak terkecuali anak-anakpun yang sangat menyukai untuk bermain gadget. Bahkan mereka rela menghabiskan waktunya hanya untuk menatap layar gadget. Gadget banyak diminati dikarenakan gadget ini memberikan fasilitas atau fitor-fitor yang menarik dan juga ada begitu banyak permainan yang siap untuk dimainkan.

Hal inilah yang membuat mereka lupa waktu dan melupakan kesehatan mereka sendiri, khusnya mereka melupakan kesehatan mata. Mereka rela memainkan gadget mereka hingga mata mereka benar-benar tidak bisa bekerja lagi hanya untuk kesenangan semata. Ketahuilah bahwa mata kita ini pelu istirahat, perlu relaksasi.

Apabila hal itu dilakukan terus-menerus bukan tidak mungkin mata kita akan mengalami kerusakan yang permanen. Bukan pada mata saja, tetapi juga pada kesehatn tubuh kita yang lainnya. Maka dari itu jangan biasakan untuk bermain gadget terlalu lama dan apabila mata sudah terasa lelah beristirahaatlah. Hal ini tujuan yaitu untuk merelaksasikan mata agar mata kembali normal lagi.

4. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A
Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A
Sumber: Google


    Seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan yang banyak mengandung vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata kita. Biasanya vitamin A ini banyak terdapat pada wortel dan buah papaya. Tahukah kalian, mengapa vitamin A ini dikatakan sangat baik untuk kesehatan mata kita?

Hal ini dikarenakan vitamin A dapat membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang mana dapat berfungsi sebagai tempat untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Selain itu, vitamin A ini juga mempu mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa pada mata. Vitamin ini juga mampu mencegah penyakit katarak dan retina seperti degenerasi macula.

Untuk mengonsumsi vitamin A ini, kita harus memeperhatikan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita. Karena kalau kebanyakan mengonsumsi vitamin A ini daapt menyebabkan keracunan, sedangkan kalau kekurangan vitamin A juga tidak baik, seseorang yang kekurangan vitamin A ini dapat terkena penyakit xeroftalmin dimana bola mata menjadi kering, kornea mata mengeras dan adanya pembengkakan pada kelopak mata.

Apabila penyakit ini tidak segera diobati, maka akan menyebabkan kebutaan permanen pada mata. Jadi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A ini sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita ya guys. Makanan apa saja sih yang banyak mengandung vitamin A ini, mau tau? Ini dia buah yang banyak mengandung vitamin A :

a. Wortel
    Selama ini pasti sudah sering kita mendengarkan kegunaan wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata. Hal itu memang benar nyatanya, karena vitamin A yang terdapat pada wortel ini adalah nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Selain itu, wortel ini dapat mempertajam penglihatan mata kita, termasuk pada malam hari dan juga ternyata dapat mencegah berbagai gangguan yang terjadi pada mata kita seperti misalnya penyakit katarak dan lain sebagainya.

Selain mengandung vitamin A yang paling tinggi , wortel ini juga banyak mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin C yang juga tidak kalah tingginya dan juga mengandung sodium.

b. Pepaya
    Buah yang berwarna orange ke kuningan atau merah, memiliki rasa yang manis dan juga banyak mengandung air ini sanagt mudah untuk ditemukan di pekarangan rumah kita. Buah ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan untuk tubuh kita, terutama untuk kesehatan mata kita. Sama halnya seperti wortel, buah ini papaya ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata kita, yaitu dapat mempertajam penglihatan pada mata kita.

Hal ini dikarenakan buah papaya banyak mengandung vitamin A, B, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, protein, dan juga kalori. Dari semua kandungan buah papaya itu, ternyat vitamin A lah yang paling tinggi. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk mengonsumsi buah yang satu ini, agar kesehatan mata kita tetap terjaga dan tentunya penglihatan kita lebih tajam guys.

c. Alpukat
    Merupakan buah yang cukup popular sebagai jus. Rasanay yang nikmat dan warnya yang khas inilah yang membuat buah ini gampang untuk dikenali.

 Menurut sebuah penelitian, buah ini mengandung antioksidan (karetanoid) yang begitu tinggi. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, buah ini juga banyak mengandung nutrisi lainnya seperti mengandung vitamin A, B, C, E, dan K, serta juga mengandung tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potassium.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah alpokat inilah yang mampu membantu melindungi mata kita terhadap degenerasi macula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

d. Ikan salmon
    Selain buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A, ternyata vitamin A ini juga terdapat pada ikan salmon. Tentunya dapat menjaga kesehatan mata kita, kandungan ini juga dapat memelihara dan menjaga penglihatan mata kita agar terhindar dari katarak atau penyakit mata lainnya.

Selain mengandung vitamin A ikan salmon ini juga dikenal mengandung omega 3, yang tentunya juga sangat baik untuk kesehatan mata kita. Jadi vitamin A itu tidak hanya terdapat pada buah dan sayur saja, tetapi juga terdapat dalam ikan, terutama ikan salmon.

e. Telur
    Vitamin A ini juga terdapat pada telur, yang mana sudah menjadi makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Selain mengandung vitamin A telur ini dikenal memiliki nutrisi atau sumber protein yang sangat tinggi. Diantaranya yaitu mengandung 90% kalsium, mineral, zat besi yang hanya terdapat pada kuning telurnya saja, dan juga mengandung protein dan asam amino.

Selain itu telur juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi, vitamin D, E, B6, B12, dan juga ribovflafin. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam telur inilah yang membuata telur ayam begitu bermanfaat, terutama dalam masalah penglihatan. Kandungan vitamin A dan karetoroid yang terdapat di dalam  telur ini memiliki kemampuan menjaga kesehatan pada mata kita. Jadi, bagi anda yang ingin menjaga mata agar tetap sehat dan terlindungi, maka mulailah untuk  mengonsumsinya setiap hari.

5. Konsumsilah makanan yang mengandung omega 3
 
Konsumsilah makanan yang mengandung omega 3
Sumber: Google

    Untuk menjaga dan melindungi mata kita dari penyakit-penyakit tersebut, kita dapat mengonsumsi asupan makanan yang mengandung banyak omega 3 ini. Biasanya omega 3 ini banyak terkandung dalam ikan yang berasal dari laut dan juga terdapat pada sayur-sayuran. Omega 3 adalah sejenis asam lemak esensial yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita, tetapi omega 3 ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Anda harus mendapatkannya melalui makanan yang mengandung banyak omega 3. Akan tetapi, sekarang omega 3 sudah dapat ditemukan sebagai bahan aktif dalam berbagai suplemen kesehatan, makanan bayi, dan juga pada produk farmasi.

Omega 3 ini sendiri mengandung asam lemak yang terdiri dari DHA, EPA, dan juga ALA. Begitu banyak manfaat yang terdapat dalam omega 3 ini yang tentunya sangat untuk kesehatan kita seperti dapat membuat mata menjadi lebih tajam, meningkatakan kemampuan belajar dan juga mengingat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga dapat mencegah penyakit jantung.

Mengapa omega 3 ini dikatakan sangat baik untuk kesehatan mata kita? Hal ini dikarenakan di dalam omega 3 ini terkandung komponen utama dari retina. Apakah kalian tahu, makanan apa saja banyak mengandung omega 3? Ya, tentunya makanan yang mengandung ikan-ikan laut kan, tetapi bukan hanya itu saja masih banyak yang lainnya. Simak nih makanan yang mengandung omega 3 :

a. Jenis ikan di laut
   Seperti yang telah saya katakana di atas, bahwa ikan-ikan yang hidup di laut memiliki omega 3 yang sangat tinggi. Jenis ikannya itu seperti ikan tenggiri, ikan salmon, dan juga ikan tuna. Di mana ikan-ikan ini sering kita jumpai di pasar ikan. Jadi jangan ragu ya untuk mengonsumsi ikan-ikan yang berasal dari laut.

b. Jenis kerang, kepiting, tiram, rajungan, dan udang
   Selain ikan-ikan yang terdapat di laut banyak mengandung omega 3, jenis kerang, kepiting, tiram, rajungan, dan juga udang juga kaya akan omega 3. Makanan ini berasal dari laut yang memiliki rasa khas dan juga sangat digemari oleh orang-orang.

c. Buah dan sayuran
    Di dalam buah dan sayur juga terdapat kandungan omega 3, seperti yang terdapat pada buah dan sayur bayam, labu kuning, dan juga brokoli.
  •   Bayam
      Di dalam bayam juga terkandung banyak nutrisi yaitu vitamin A, C, riboflavin, magnesium, zat besi, protein,            dan juga karbohidrat. Selain itu juga mengandung karotenoid yang merupakan bentuk antioksidan, yang       sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi bayam ini dapat       membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi macula.
  •   Labu kuning
      Selain mengandung omega 3, labu kuning ini juga banyak mengandung nutrisi lainnya yaitu betakaroten,       vitamin A, C, dan juga E, serta mengandung mineral, zat besi, antioksidan, fosfor, kalium dan juga       karbohidrat. Hal inilah yang membuat labu berguna bagi kesehatan mata dan juga untuk kulit. Yaitu dapat        menangkal radikal bebas, sehingga akan mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan mata, mencegah       katarak, dan degenerasi macula yang dapat menyebabkan kebutaan.
  •  Brokoli
      Selain terdapat dalam bayam dan jug alabu kuning, omega 3 juga terdapat dalam brokoli. Selain mengandung omega 3, brokoli juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, beta-karoten, alfa-karoten, dan juga zea-xanthin. Tentunya kandungan ini sangat berguna untuk membantu dan menjaga integritas kulit dan juga selaput lender. Selain itu juga sangat penting untuk kesehatan mata kita dan dapat membantu mencegah degenerasi macula pada retina mata usia lanjut.

Jadi, mulai sekarang jangan takut untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Tentuya selain manfaat yang saya tuliskan diatas, masih banyak lagi manfaat lainnya. Mengonsumsi omega 3 ini harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita. Jika anda mengonsumsinya berlebihan, maka akan berdampak kepada kesehatan kita pula seperti terjadinya depresi, kelelahan, dan juga terjadi gatal-gatal. Sedangkan kalau kekurangan juga akan berdampak kepada kesehatan tubuh kita, yaitu seperti terjadinya pusing, mudah marah, dan juga kulit kering.

6. Istirahatkan mata
 
Istirahatkan mata
Sumber: Google

    Sama halnya seperti tubuh kita, mata juga yang butuh istirahat yang cukup. Hal ini tujuannya yaitu untuk menjaga mata kita agar tetap normal atau merelaksasikan mata. Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk melihat lingkungan yang hijau.

Nah, itu dia cara merawat mata kita agar tetap terjaga kesehatannya. Tidak inginkan kehilangan penglihatan kita? Maka dari itu, rawatlah mata kita mulai dari sekarang agar kita tetap terus melihat dunia ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Merawat Mata Dengan Alami"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....