Makanan Penyebab Kulit Berminyak

Hayo siapa yang pernah mengalami kulit wajah yang berminyak? Pasti menyebalkan sekali bukan jika mengalami hal yang satu ini. Banyak yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan minyak yang bahkan sangat membandel ini. Mulai dari perawatan dengan bahan alami hingga melakukan perawatan yang terbilang menguras kantong, bukan?

kulit wajah berminyak
Sumber: Google
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kulit wajah yang berminyak ini dapat membuat penampilan anda menjadi kurang maksimal. Bahkan minyak pada wajah ini jika menumpuk dan tersumbat pada pori-pori kulit, maka nantinya akan menyebabkan timbulnya jerawat. Wah, tambah gawat nih. Jika tidak segera dilakukan pencegahan dan tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan permasalahan baru lagi, bukan? Untuk yuk simak artikel tentang cara membasmi jerawat bahkan yang sudah membandel sekalipun dengan bahan yang natural lho.

Berdasarkan Dr. Oz, ada lima jenis kulit wajah Jika dipandang berasal ciri-ciri serta kondisi eksternal yang terlihat secara kasat mata. Normal, kering, berminyak, kombinasi serta sensitif adalah kelima jenis tadi. Kulit berminyak merupakan salah satu permasalahan yang sangat sering dialami oleh wanita Indonesia, pria juga rentan lho mengalami kulit berminyak tersebut. 

Baca juga cara mengatasi dan memperbaiki rambut yang rontok bahkan berlebihan dengan bahan yang natural.

Sebelum terjadinya kulit berminyak atau masalah ini sudah menghampiri Anda. Anda perlu melakukan pencegahan dan penanganan khusus terhadap kulit wajah yang berminyak. Untuk melakukan pencegahan dan penanganan tersebut, sebaiknya Anda mengetahui makanan apa saja yang dapat mempengaruhi timbulnya minyak pada wajah.

Pasti Anda bertanya-tanya, apa pentingnya sih mengetahui makanan penyebab timbulnya minyak berlebih pada wajah, bukankah makanan yang dikonsumsi itu tidak ada pengaruhnya terhadap permasalahan tersebut?

Kulit wajah berminyak
Sumber: Google
Mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya permasalahan tersebut memanglah penting. Karena dengan Anda mengetahui hal tersebut, maka Andapun dapat menghindari makanan-makanan itu. seringkali banyak yang mengabaikan penyebab dari permasalahan kulit berminyak tersebut, bahkan terlupakan dan kurangnya memperhatikan hal itu. Banyak sekali yang tidak menyangka akan dampak buruk yang ditimbulkan setelah selesai mengonsumsi makanan tertentu penyebab produksi minyak berlebih di kulit wajah yang tidak dapat terkendali, sebagai akibatnya wajah dengan mudah akan berjerawat, timbulnya komedo, bahkan juga akan terlihat kusam.

Nah, agar terhindar dari kulit wajah yang berminyak bahkan terbilang sangat membandel. Jangan khawatir, kali ini ziesehat akan memberikan informasi tentang makanan-makanan yang dapat mempengaruhi timbulnya minyak berlebih pada wajah. Langsung aja deh, simak baik-baik informasinya berikut ini:

Inilah jenis makanan yg mampu mengakibatkan paras berminyak, yuk simak....
Makanan yang dapat menyebabakan timbulnya minyak pada wajah
Sumber: Google
Sejatinya minyak yg diproduksi oleh tubuh berguna buat menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dengan menjaga kelembaban kulit serta mencegah kulit menjadi kering. Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous terlalu aktif menghasilkan minyak sehingga membuat lebih poly minyak berasal yang dibutuhkan. Efeknya, kulit wajah sebagai licin, kusam dan  sangat rentan untuk berjerawat.

Biasanya orang yang memiliki kulit berminyak yang membandel juga akan berpengaruh terhadappori-pori mengembang, terlihat tebal, kusam, licin dan  seperti mengkilat, serta sangat rentan akan timbulnya komedo dan jerawat.

Adapun pemicu seseorang memiliki kulit berminyak, biasanya disebabkan oleh factor diet, makanan eksklusif, faktor keturunan, kelembaban udara, pil KB serta produk kosmetik. Bahkan juga bisa disebabkan oleh perubahan hormonal selama masa remaja pula bisa menyebabkan kulit berminyak pada para remaja.
Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan vitamin dalam tubuh juga merupakan salah satu penyebab timbulnya minyak pada bagian tubuh. Untuk itulah penting sekali untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan yang mengandung vitamin lho. Nih, baca artikel tentang bahaya akibat kekurangan vitamin D, E, dan vitamin K.

Ajaib! Memiliki kulit berminyak ternyata terdapat manfaat serta manfaatnya lho....

Meskipun rentan terhadap masalah jerawat, seorang dengan jenis kulit berminyak cenderung lebih awet muda dibandingkan mereka yang memiiki kulit kering. Hal ini berkaitan menggunakan proses munculnya keriput yg diperlambat sang minyak alami yang diproduksi kelenjar sebaceous.

Tetapi tetap saja apabila produksinya hiperbola akan mengakibatkan persoalan kulit yang bisa merusak penampilan mengagumkan anda. Oleh karena itulah, membatasi asupan makanan berikut ini ialah langkah cerdas buat merawat kecantikan paras dari dalam.

Jenis kuliner apa saja yang dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak?

Makanan yang dapat menyebabakan timbulnya minyak pada wajah
Sumber: Google

1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mirip gula, roti tawar, biskuit, beragam jenis kue dan  makanan penutup (dessert) yang cepat dicerna serta diserap ke dalam sirkulasi darah pada tubuh kita. Sehabis anda mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat olahan, maka kadar insulin pada tubuh akan melonjak. Lonjakan atau kenaikan ini nantinya akan meningkatkan taraf androgen, yg merangsang produksi sebum yang hiperbola, sehingga berdampak pada kulit berminyak dan  berjerawat. Maka dari itu, usahakan batasi untuk konsumsi makanan tersebut sebab tidak hanya berdampak pada kulit paras, tetapi juga berdampak buruk  di kesehatan,  dan juga akan berdampak terhadap kenaikan berat badan.

2. Makanan cepat saji

Hayo siapa yang suka dengan makanan yang cepat saji? Bagi Anda yang suka dengan makanan cepat saji ini, maka berhati-hatilah. Karena makanan cepat saji ini dikalim kurang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu makanan ini dapat memproduksi minyak berlebih, terutama pada bagian wajah.

Biasanya kuliner cepat saji ini seperti pizza, kentang goreng, dan  burger, nyatanya tinggi akan kandungan lemak dan  sodium. Sebagian dari kuliner cepat saji yang dijual mengandung lemak terhidrogenasi (Lemak trans) yang mempengaruhi aliran darah sebagai akibatnya menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat di paras lebih mudah timbul, dan  kulit menjadi lebih berminyak. Maka dari itu, sebaiknya kurangilah untuk mengonsumsi makanan yang cepat saji agar dapat terhindar dari permasalahan-permasalahan  tersebut.

3. Produk olahan susu

Siapa sih yang tidak menyukai olahan susu seperti ini , selain memiliki rasa yang kental manis ini juga bagus untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi makanan yang berasal dari olahan susu (Dairy Products) mengandung dua jenis protein yang nantinya bisa menaikkan produksi minyak yaitu kasein serta whey protein. Sejatinya whey protein memiliki nilai gizi yg tinggi serta poly dimanfaatkan buat membangun massa otot.

Apa sih whey protein itu? memang kata ini kurang dikenal oleh masyarakat pada umumnya, tetapi bagi Anda para binaragawan atau penggila olahraga. Pastinya sudah mengenal produk yang satu ini. Nah, whey protein atau yang juga sering disebut engan weight gainer adalah salah satu sumber asupan nutrisi dan gizi sehari-hari yang sehat dan alami untuk dikonsumsi. Tahukah Anda, bahwa whey protein ini berasala dari protein susu sapi dengan kandungan nutrisi dan gizi yang sangat tinggi dan tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Setelah mengetahui itu semua, pasti Anda bertanya-tanya apa sih hubungannya dengan kesehatan kulit wajah, bukankah minum susu seperti itu menyehatkan? Hal ini dikarenakan whey protein yang dapat memicu produksi minyak secara berlebihan. Sedangkan kasein  yang terdapat dalam produk susu tersebut dapat mempertinggi level pertumbuhan hormon-1 (IGF-1) dan  mengaktifkan reseptor androgen insulin yang nantinya akan menyebabkan munculnya jerawat. Untuk itu, konsumsilah produk olahan susu tersebut dengan batasan umum dan janganlah mengonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari permasalahan kulit berminyak yang dapat mempengaruhi penampilan anda, bukan?

4. Asam lemak omega-6

Omega 6 ini merupakan asam lemak  tak jenuh esensial yang berperan terhadap kesehatan tubuh kita. Untuk memperoleh omega 6 ini, Andapun harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 6 ini karena tubuh tidak bisa memproduksinya. Anda dapat menemukan lemak omega 6 ini pada jenis minyak sayur, telur, dan berbagai jenis ikan lainnya. tahukah Anda, lemak Lemak omega-6 yang ditemukan dalam minyak sayur memicu inflamasi yang terkait dengan terbentuknya peradangan jerawat dan  produksi sebum yg hiperbola.

Akan tetapi, pada sisi lain lemak omega 6 ini yang ditemukan pada kacang kenari, biji rami, ikan salmon, serta ikan tuna ialah penawarnya sebab dapat mengobati peradangan serta mencegah terbentuknya jerawat.

5. Daging merah

Jenis daging hewan yg berwarna merah nyatanya dapat menaikkan hormon testosteron pada laki-laki  yang memicu peningkatan produksi sebum, mengakibatkan pori-pori tersumbat dan  terbentuknya jerawat. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung sejumlah besar  lemak jenuh, jika mengonsumsinya daging merah ini secara berlebihan maka bukan tidak mungkin nantinya akan menyebabkan peradangan yang akan munculnya permasalahan-permasalahan baru.
Nah, untuk itu sebaiknya kurangilah mengonsumsi daging merah. Anda dapat mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar dan jangan berlebihan.

Setelah Anda mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kulit, terutama pada wajah. Kali ini ziesehat juga akan berikan tips-tips bagaimana caranya agar dapat menghilangkan dan mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk itu pehatikanlah tipsnya berikut ini:

Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah ya?
Cara mengatasi minyak berlebih pada wajah
Sumber: Google
Jangan malas guys untuk mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan karena jenis makanan tersebut kaya akan serat, sehingga sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa macet. Beberapa jenis buah serta sayuran mempunyai nutrisi, vitamin, dan zat gizi tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit.

1. Buah-buahan yang kaya akan antioksidan
Adapun jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi yaitu seperti jenis tomat, stroberi, pepaya, buah naga, dan  butir delima. Buah yang memiliki rasa yang manis dan sedikit asam ini merupakan buah yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Selain enak dimakan langsung, juga sangat enak jika dibuat dalam varian makanan dan kue. Dibalik semua itu, ternyata buah-buahan ini menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh dikarenakan banyak terkandung nutrisi serta vitamin. Salah satunya yaitu mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan, anti inflamasi atau anti peradangan. Anda dapat mengonsumsi jenis buah-buahan ini secara langsung ataupun juga bisa dibuat menjadi olahan-olahan makanan yang enak. Selain melakukan perawatan dari dalam Anda juga bisa melakukan perawatan dari luar yaitu dengan membuat buah-buahan tersebut menjadi seperti masker.  

2. Masker air garam dan lemon

Jika perlu, lakukan perawatan sederhana menggunakan masker air garam dan sedikit perasaan air lemon atu bisa juga menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi kulit berminyak secara alami. Gunakanlah masker ini selama 10-15 menit atau hingga mongering, kemudian bilaslah dengan air sebersih mungkin. Sebaiknya lakukanlah sehari sekali secara rutin dan teratur.

3. Perbanyak minum air putih

Perbanyaklah minum air putih karena berguna buat mengatur produksi minyak dan juga dapat mengatur system produksi dalam tubuh. utnuk itu, konsumsilah air putih ini sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Biasanya tubuh memerlukan asupan air mineral ini sebanyak 8-10 gelas perhari, tetapi semua tergantung terhadap kondisi tubuh kita masing-masing.

4. Makanan yang kaya akan vitamin A
Perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti sayuran hijau, pepaya, wortel, mangga, ubi jalar dan  telur. Gunanya buat membantu menurunkan kelenjar sebaceous dalam menghasilkan minyak dan juga tentunya untuk kesehatn tubuh kita, bukan?

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan? Makanan yang dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kulit dan juga cara mencegah serta menghilngkan minyak berlebih pada kulit terutama wajah. Melakukan perawatan wajah mampu dimulai berasal hal yang sederhana seperti memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Penggunaan produk kecantikan baik yang alami maupun terbaru tidak akan menyampaikan yang akan terjadi aporisma, bila pola makan yang anda jalankan asal-asalan. Untuk itu, sebaiknya hindari dan kurangilah hal-hal tersebut dan rawatlah kulit wajah kita mulai dari sekarang. Agar terhindar dari permaslaahan kulit berminyak yang tentunya dapat mengurangi kepercayaan diri, bukan?

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Makanan Penyebab Kulit Berminyak"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung....

      Delete
  2. Trimakasih banyak, Saya yang berkulit berminyak merasa sangat terbantu degan artikel yang Anda buat ini. 😉

    ReplyDelete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....