Atasi Menstruasi Tidak Lancar dengan 10 Ramuan Herbal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap wanita yang sudah memasuki masa pubertas, pasti akan mengalami masa menstruasi. Pada saat itu hormone-hormon kewanitaannya mulai bekerja seperti hormone estrogen dan progesterone. Dan juga mulai memproduksi sel telur yang nantinya jika dibuahi dengan sel sperma akan menghasilkan janin, maka terjadilah kehamilan.

Saat mengalami menstruasi, pastinya setiap wanita akan mengeluhkan berbagai macam masalah yang mengganggu terjadinya menstruasi tersebut. Seperti halnya mengalami permasalahan terhadap menstruasi yang tidak teratur, baik siklusnya maupun darah yang keluar tidak konsisten.


Menstruasi tidak lancar dan teratur
Sumber: Google

Ketika mendapati permasalahan seperti ini, pastinya kalian merasa sebel dan khawatir bukan ? Ya iyalah siapa sih yang ingin menstruasinya tidak lancar. Ketika mendapati masa menstruasi kita sudah terlewat tanpa adanya tanda-tanda dari menstruasi tersebut. Pastinya anda bertanya-tanya bukan? Apa  ya yang terjadi dengan diriku ini, kenapa aku belum menstruasi juga? Pertanyaan-pertanayan tersebut pastinya sanagt mengganggu pikiran anda. Dan salah satu penyebab dari menstruasi tidak teratur adalah kebanyakan pemikiran yang berujung kepada kepala menjadi penuh dan tidak bisa berpikir lagi atau dengan kata lain stres.

Setelah anda mengetahui penyebab terjadinya menstruasi yang tidak teratur atau terlambat menstruasi dan juga tidak konsisten tersebut. Pastinya anda bertanya-tanya apakah ada obat yang dapat melancarkan menstruasi ? anda tenang saja, kali ini ziesehat akan berikan cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur dengan bahan alami. Tentunya bahan alami ini sangat mudah untuk didapatkan disekitar anda dan tentunya tidak memiliki efek samping terhadap tubuh anda. Dalam menggunakan bahan alami seperti ini diperlukan konsestansi dalam meracik ramuan herbal tersebut. Untuk itu simaklah baik-baik.

1. Ramuan jeruk nipis

Ramuan jeruk nipis atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google
     Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu, buah yang memiliki rasa asam dan tinggi akan vitamin C ini sangat digemari oleh masyarakat sebagai bahan campuran dalam berbagai masakan maupun minuman. Jeruk nipis ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat yang tentunya sangat bagus untuk menjaga tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat melancarkan menstruasi. Caranya mudah sekali, yaitu anda tinggal mengambil air jeruk nipis tersebut dengan cara diperas. Kemudian campurkan dengan rata perasan air jeruk nipis tersebut dengan madu dan segelas air putih sesuai selera. Barulah ramuan tersebut diminum 3 kali sehari. Lakukanlah dengan teratur dan rutin, agar menstruasi anda menjadi lancar. 


2. Ramuan kunyit
Ramuan kunyit atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google
    Kunyit adalah rempah-rempah khas Indonesia, yang memiliki rasa sedikit pahit dan biasanya digunakan sebagai pewarna alami dalam berbagai macam masakan maupun minuman. Selain digunakan sebagai bahan untuk masakan ataupun minuman, kunyit ini biasanya digunakan sebagai obat herbal yang sudah terbukti akan khasiatnya. Jadi, tidak heran bila kita dengan mudah menemukan obat herbal atau jamu yang berbahan dasar kunyit ini. Kunyit ini juga dipercaya sejak dahulu mampu melancarkan menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam kunyit ini terkandung curcuminoid yang mampu melancarkan siklus menstruasi dan juga mampu menglangsingkan tubuh serta dapat menghaluskan kulit. Nah, dengan mengonsumsi ramuan kunyit ini bukan hanya mendapatkan satu manfaat, tetapi mendapatkan banyak manfaat yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda duga. Untuk itu ayo kita buat ramuan kunyit tersebut, cara mudah sekali yaitu parut kunyit yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian tambahkan air panas secukupnya ke dalam parutan kunyit tersebut, peraslah ambil air kunyit tersebut. Barulah campurkan air kunyit tersebut dengan madu sesuai selera, aduk dengan rata. Konsumsilah ramuan kunyit tersebut sehari sekali dengan teratur dan juga rutin. Selain itu, anda juga dapat membuat ramuan kunyit lainnya. yaitu dengan cara mengambil air perasan kunyit tersebut yang sebelumnya telah disebersihkan dan diparut. Kemudian air tersebut direbus bersama dengan asam jawa dan parutan gula aren secukupnya. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam ke dalam rebusan tadi. Tunggulah hingga mendidih dan angkat. Dinginkanlah terlebih dahulu sebelum diminum. Sebaiknya konsumsilah ramuan kunyit tersebut 3 hari sebelum memasuki masa menstruasi. lakukanlah sesuai aturan dengan rutin dan teratur, agar menstruasi anda berjalan dengan lancar.

3. Ramuan daun srigading
Ramuan daun srigading atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google
    Srigading adalah tanaman yang bersahabat dengan Bunga melati, karena itu sering disebut oleh orang-orang sebagai melati malam. Tanaman srigading ini mengandung senyawa-senyawa yang dapat berhasiat sebagai obat dari akar, batang, daun , hingga bunga, semua bagian tanaman ini memiliki khasiat yang berbeda-beda. Misalnya khasiat yang terdapat pada daun srigading ini mampu melancarkan menstruasi, sebagai antibakteri, anthelmintic, anti-inflammatory, anti-pyretic, anti-funga, dan tentunya juga memilki khasiat sebagai antioksidan. Untuk membuat ramuan daun srigading ini, anda cukup menyiapkan berbagai bahan alami lannya. Yang paling utama adalah 11 lembar daun srigading itu sendiri beserta 5 kuntum bunganya, ¾ sendok the jintan hitam, 2 kuntum bunga kesumba kering, ½ jari plosari, ½ sendok teh adas, 2 buah jeruk nipis, gula batu sesuai selera, dan jangan lupa tambahkan sedikit garam untuk menambahkan cita rasa suatu ramuan. Setelah semua bahan di siapkan dan dicuci bersih, barulah semua bahan tersebut direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Setelah mendidih saringlah air ramuan tersebut dan dinginkan. Barulah ramuan srigading tersebut diminum sebanyak 3 kali sehari dengan ukuran ¾ gelas. Lakukanlah dengan rutin dan juga secara teratur sebelum memasuki masa menstruasi.

4. Lidah buaya


Lidah buaya atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal oleh masyarakat sebagai bahan dari perawatan kecantikan, terutama pada rambut. Sehingga tidak heran bila produk-produk shampoo banyak yang menggunakan lidaj buaya ini sebagai bahan utamanya. Akan tetapi, bukan hanya untuk rambut saja lidah buaya ini dimanfaat. Lidah buaya ini juga dimanfaatkan dan dipercaya dalam mengobati menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Hal ini dikarenakan di dalam lidah buaya ini banyak terkandung nutrisi, yaitu seperti memiliki kadar air yang banyak, mengandung karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A dan C, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, dan zat besi serta juga mengandung anti peradangan. Kandungan-kandungannya inilah yang mampu membuat lidah buaya ini kaya akan manfaat, terutama dalam mengobati menstruasi yang tidak lancar ataupun teratur. Caranya mudah sekali yaitu anda tinggal membuat lidah buaya ini menjadi jus. kemudian konsumsilah sehari sekali dengan ukuran satu gelas kecil. Sebaiknya dikonsumsi sebelum masa menstruasi datang. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur, agar menstruasi anda berjalan dengan lancar dan teratur.

5. Buah Papaya
 
Buah pepaya atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Buah yang memilki rasa manis dan menyegarkan ini, siapa sih yang tidak menyukainya? Selain memiliki rasa yang manis dan enak, buah yang memiliki warna kuning keorangean ini juga dikenal kaya akan manfaat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah ini sangat bagus untuk melancarkan pencernaan tubuh, karena buah ini kaya banget akan serat. Etts, bukan hanya itu saja. Buah papaya ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada saat menstruasi, sehingga membuat menstruasi jadi lebih lancar dan teratur tentunya. Untuk membuat buah papaya ini sebagai obat pelancar menstruasi, caranya mudah sekali. Yaitu anda tinggal memakan langsung buah papaya tersebut atau bisa juga dibuat menjadi jus papaya yang tentunya lebih nikmat. Konsumsilah satu gelas sehari sekali, tentunya dengan rutin dan teratur. Ingat mengonsumsinya sebelum masa mentruasi datang ya guys.

6. Daun pepaya
 
Daun pepaya atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Sama halnya seperti buah pepaya, daunnya pun juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Meskipun daun papaya ini memiliki rasa yang pahit, tapi jangan salah lho. Dibalik itu semua daun pepaya ini menyimpan jutaan manfaat yang tentunya untuk kesehatan tubuh. salah satunya yaitu dapat melancarkan menstruasi dan juga dapat menghilangkan nyeri yang dirasakan saat menstruasi. Karena dalam daun papaya ini terkandung kalsium dan juga vitamin A, B, C, D, dan E, serta juga terkandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Untuk membuat daun papaya ini sebagai obat herbal menstruasi yang tidak lancar, caranya mudah sekali. Siapkkan saja daun papaya yang masih muda dan segar lalu dibersihkan, kemudian rebuslah daun tersebut dengan ukuran satu gelas air bersama dua lembar daun papaya. Rebuslah sampai mendidih, jangan lupa tambahkan asam jawa dan garam sesuai dengan selera. Setelah benar-benar mendidih, saringlah air rebusan daun papaya tersebut dan dinginkan sebentar. Barulah diminum selagi masih hangat setiap hari dengan rutin dan juga lakukanlah dengan teratur, agar menstruasi anda berjalan dengan lancar.

7. Buah anggur
 
Buah anggur atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini, buah yang memiliki rasa manis sedikit asam ini merupakan buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Jadi tidak heran bila buah anggur ini sering dicampurkan ke dalam berbagai makanan maupun minuman, karena dapat menambah cita rasa suatu masakan maupun minuman. Di balik rasanya yang manis ini, ternyata buah yang satu ini juga menyimpan jutaan khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Menurut para ahli, adanya senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid dan antosianin yang terkandung dalam buah anggur. Diklaim mampu membantu mengopitimalkan fungsi sel endoteilal dalam melancarkan aliran darah arteri yang terhubung dengan tindakan terhadap sel-sel otot halus. Sementara itu senyawa kimia flavonoid berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah anggur ini juga mampu melancarkan menstruasi dan juga mampu merawat kulit kita. Untuk itulah saya sarankan agar mengonsumsi buah anggur ini setiap hari dengan rutin dan teratur, karena sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

8. Biji wijen
 
Biji wijen atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Biji wijen ini sangat mudah untuk ditemukan dalam berbagai makanan. Biasanya dijadikan toping atau campuran dari berbagai macam makanan, seperti kue, roti, onde-onde, dan masih banyak lagi. Dibalik kegunaannya yang beragam, biji wijen ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. salah satunya yaitu dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan di dalam biji-biji wijen tersebut terkandung berbagai macam nutrisi yang tentuya sangat baik dalam melancarkan menstruasi anda. Nah, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi biji wijen ini, selain memiliki rasa yang gurih juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. untuk mengatasi mentruasi yang tidak teratur dengan biji wijen ini sangatlah mudah. Cukup siapkan biji wijen sekitar seperempat gelas yang sebelumnya telah dicuci bersih, kemudian rendamlah biji  wijen tersebu dengan air hangat selama semalaman. Minumlah air tersebut saat anda bangun tidur di pagi hari selagi perut masih kosong. Lakukanlah hal ini secara rutin dan teratur selama seminggu, ingat sebelum memasuki masa menstruasi ya.

9. Mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi
 
makanan yang banyak mengandung serat atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

    Memang tidak dapat dipungkiri bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi akan serat sangat baik untuk dikonsumsi. Karena tubuh kita memerlukan serat yang banyak dalam mencerna suatu makanan. Bayangkan saja kalau asupan makanan yang kita makan rendah akan serat dicerna oleh tubuh, maka akan mengakibatkan berbagai permasalahan yang tentunya sangat mengganggu. Maka dari itu, kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung serat utnuk mencukupi kebutuhan tubuh. buah dan sayuran yang mengandung banyak serat itu seperti yang terkandung dalam buah papaya, pisang, dan nanas. Sedangkan untuk sayuran yang tinggi akan serat seperti sayur kangkung, brokoli, dan sawi. Nah, itu hanya sebagian dari jenis buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi, masih banyak lagi jenisnya. untuk itu konsumsilah jenis buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi, minimal 20-30 gram dalam sehari.  Terlebih lagi jika anda memasuki masa menstruasi, jangan malas untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi.

10. Kembang sepatu
 
Kembang sepatu atasi menstruasi tidak teratur dan lancar
Sumber: Google

      Selain memiliki bunga yang indah dan sering dijadikan sebagai tanaman hias, bunga kembang sepatu ini juga menyimpan banyak manfaat untuk mengobati berbagai permasalahan pada tubuh. salah satunya yaitu dapat melancarkan siklus menstruasi, karena di dalam kembang sepatu itu terkandung berbagai senyawa seperti flavonoida, cyaniding diglucosid, taraxerly acetat, saponin, polifenol, tanin, dan peroxidase. Untuk membuat ramuan kembang sepatu sebagai obat pelancar siklus menstruasi, caranya mudah sekali. Siapkan 3 kuntum kembang sepatu yang telah dicuci bersih, kemudian dihaluskan. Barulah masukkan air sebanyak 1 gelas dan berisi sedikit cuka beras. Campurkanlah dengan rata, kemudian minumlah ramuan kembang sepatu tersebut 3 kali sehari hingga menstruasi anda benar-benar lancar. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur.

Nah, itu ramuan obat herbal yang dapat membantu melancarkan siklus menstruasi anda. Tentunya dengan menggunakan bahan yang alami seperti itu aman untuk digunakan dan tidak perlu takut akan efek samping yang ditimbulkan. Untuk itu, lakukanlah hal-hal tersebut dengan rutin dan juga teratur. Dan ingat konsisten dengan bahan yang satu terlebih dahulu hingga mendapatkan hasilnya. Jangan menggunakan obat-abatan herbal tersebut secara bersamaan. Dengan menggunakan bahan yang alami seperti ini memang membutuhkan waktu, jadi bersabarlah.

Selain dengan ramuan-ramuan herbal tersebut, anda juga harus membarenginya dengan mengonsumsi asupan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. disamping itu juga lakukanlah aktivitas atau berolahraga minimal 15 menit dalam sehari. Dan ingat konsumsilah air mineral yang cukup untuk tubuh, karena sangat membantu dalam proses sirkulasi darah.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Atasi Menstruasi Tidak Lancar dengan 10 Ramuan Herbal "

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....