10 Cara Efektif Mengurangi Nyeri Menstruasi

Setiap wanita yang telah memasuki masa pubertas pastilah mereka pernah mengalami menstruasi atau yang juga sering disebut dengan tamu bulanan wanita. Menstruasi ini bukanlah suatu penyakit, namun siklus alami yang terdapat dalam tubuh wanita itu sendiri. Dimana keluarnya berupa cairan darah dan juga lender keputihan yang keluar melalui lubang vagina. Biasanya menstruasi itu terjadi pada gadis remaja yang baru memasuki masa pubertas yaitu berusia sekitar 8-16 tahun. Tetapi kebanyakannya dimulai pada usia 12 tahun atau sekitar 2-3 tahun setelah payudara mulai membesar. Pasti anda bertanya-tanya, mengapa menstruasi itu dimulai pada remaja yang baru masa pubertas, bukan ? Nah, menstruasi itu terjadi pada masa remaja yang baru memasuki masa pubertas dikarenakan pada masa itulah hormone seksual pada wanita mulai bekerja. Yaitu hormone estrogen dan juga progesterone yang tentunya sangat berperan dalam terjadi menstruasi.
Nyeri saat menstruasi
Sumber: Google

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, tetapi tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang sama. Apalagi kalau masih baru menstruasi, hormonnya belum teratur sehingga sering terjadi keterlambatan menstruasi atau juga bisa menstruasinya itu datangnya lebih cepat. Nah, untuk menstuasinya itu umumnya terjadi pada rentang waktu 5-7 hari. Dimana darah akan keluar sekitar 10-80 ml per hari, tetapi umumnya dengan rata-rata 35 ml per harinya.

Pastinya setiap wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Ketika mestruasi itu datang, biasanya anda merasakan sakit atau nyeri pada bagian perut, punggung bawah, bahkan juga merasakan  kram pada bagian bawah perut. Biasanya disebabkan oleh usia yang berada di bawah 20 tahun, memiliki riwayat keluarga penderita dysmenorrhea, perokok, banyaknya darah yang keluar saat menstruasi, siklus menstruasi yang tidak teratur, terlambat datang bulan, dan juga bisa disebabkan oleh masa pubertas dini yaitu sebelum usia 11 tahun. Selain itu juga disebabkan oleh zat hormone seperti prostaglandin yang dapat memicu kontraksi otot Rahim untuk membantu proses pengeluaran darah menstruasi yang terjadi setiap bulan. Kontraksi inilah yang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit di bagian perut atau bagian lainnya saat menstruasi. Untuk wanita yang memiliki kadar zat hormone prostaglandin yang tinggi, akan mengalami sakit atau nyeri yang lebih berat dibandingkan dengan wanita yang memiliki kadar zat hormone prostaglandin yang rendah.

Meskipun nyeri saat menstruasi tersebut merupakan kondisi yang normal, tetapi jika berlebihan tentunya mengganggu aktivitas anda. Sebaiknya segeralah pergi ke dokter jika sudah mengalami nyeri atau kram yang berlebihan untuk mengetahui apa penyebabnya dan juga dapat segera ditangani lebih lanjut.

Baca juga cara efektif membasmi jerawat yang membandel dengan bahan yang alami.

Kondisi seperti ini dalam istilah medis disebut dengan dysmenorrhea yang biasanya terjadi di perut bagian bawah. Dimana dysmenorrhea yang pertama biasanya dikaitkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat terjadinya ovulasi yang berakibat dengan terjadinya rasa sakit. Sedangkan dysmenorrhea yang kedua ini menandakan adanya kelainan mendasar yang mempengaruhi wanita yang belum pernah mengalami menstruasi sebelumnya.

Setelah anda mengetahui apa itu menstruasi dan bagaimana terjadi menstruasi tersebut hingga dapat menyebabkan timbulnya nyeri pada bagian tertentu. Anda juga harus mengetahui factor apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya nyeri saat menstruasi tersebut.

Nah, setelah anda mengetahui apa itu menstruasi dan juga penyebab munculnya nyeri pada saat menstruasi. Nah, kali ini ziesehat akan berikan cara untuk mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Simak baik-baik ya….

1. Minum air hangat
 
Atasi nyeri menstruasi dengan minum air hangat
Sumber: Google

    Saat mengalami menstruasi hendaklah memperbanyak mengonsumsi cairan untuk menghindari dehidrasi. Maka minumlah air putih yang hangat sesuai dengan kebutuhan tubuh yang diperlukan, hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. Usahakanlah untuk menghindari minum-minuman yang mengandung kafein, soda, alcohol, dan juga minuman yang tinggi gula. Karena minum-minuman tersebut dapat memperparah nyeri, bukannya menghilangkan. Jadi, minuman yang hangat paling cocok untuk mengatasi nyeri menstruasi.

2. Ramuan Jahe
 
Atasi nyeri saat menstruasi dengan ramuan jahe
Sumber: Google

    Siapa sih yang tidak mengenal dengan tanaman rempah-rempah yang satu ini, yang terkenal akan manfaatnya yang begitu berlimpah. Seperti yang telah anda ketahui bahwa jahe ini sering digunakan untuk mengatasi permasalahan masuk angin dan sebagai penghangat badan. Nah, ternyata tanaman herbal yang satu ini juga dipercaya dapat meredakan nyeri pada saat menstruasi. Karena di dalam jahe ini terkandung banyak nutrisi yang tentunya sangat bagus untuk mengobati penyakit. Salah satunya yaitu mengandung kurkumin yang dipercaya dapat membantu mengangkat sel-sel asing dan juga sebagai detoksifikasi alami. Selain itu, jahe ini mampu membuat dinding Rahim tidak terlalu berkontraksi dengan berlebihan sehingga dapat membuat nyeri saat menstruasi tersebut bisa berkurang dan tidak merasakannya lagi. Untuk membuat ramuan jahe tersebut, siapkan beberapa rimpang jahe yang telah dicuci sampai bersih. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dan memarkanlah. Rebuslah hingga mendidih, saring air rebusan tersebut. barulah diminum selagi hangat, anda juga dapat menambahkan madu atau irisan gula aren ke dalam rebusan jahe tersebut untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Konsumsilah 2 kali sehari dengan rutin dan juga teratur hingga nyerinya benar-benar sudah menghilang.

3. Ramuan kunyit
 
Atasi Atasi nyeri saat menstruasi dengan minum ramuan kunyit
Sumber: Google

    Sama halnya seperti jahe, tanaman yang satu ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Selain digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu, kunyit ini dipercaya dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yaitu kurkumininoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan juga bisdesmetoksikumin, serta juga terkandung minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, dan mineral-mineral lainnya. kandungan yang terdapat dalam kunyit inilah yang dipercaya mampu meredakan nyeri saat menstruasi. Ketika mengonsumsi ramuan kunyit pada saat menstruasi, maka terjadilah peluruhan pada dinding andometrium yang membuat lebih mudah dan bersih. Hal tersebut membuat dinding rahim mengalami kontraksi yang stabil dan tidak berlebihan sehingga nyeri pada saat menstruasipun berkurang bahkan tidak terasa lagi. Untuk membuat ramuan dari kunyit tersebut, siapkanlah beberapa rimpang kunyit yang sebelumnya telah dicuci dengan bersih dan dipotong-potong. Kemudian memarkanlah potongan kunyit tersebut, barulah direbus bersama irisan gula aren dan sedikit garam hingga benar-benar mendidih. Saringlah ramuan tersebut dan minumlah selagi hangat. Konsumsilah 2 kali sehari dengan rutin dan juga teratur hingga nyeri yang dirasakan benar-benar menghilang.

4. Asam jawa
 
Atasi Atasi nyeri saat menstruasi dengan minum asam jawa
Sumber: Google

    Buah yang sangat terkenal di masyarakat ini sering digunakan sebagai bahan untuk masakan dan juga minuman. Ya, buah asam jawa yang tentunya banyak terdapat di daerah Indonesia ini memiliki rasa yang manis dan asam yang kompleks. Selain digunakan sebagai bahan untuk makanan dan minuman, asam jawa ini ternyata dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat meredakan nyeri pada saat menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam asam jawa ini terkandung potassium dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Tentunya kandungan tersebut mampu mempercepat proses peluruhan sel endometrium dan juga dapat membantu meredakan kontraksi pada otot rahim, sehingga dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Selain itu asam jawa ini juga dapat menurunkan suhu pada perut yang terjadi selama menstruasi berlangsung. Untuk menggunakan asam jawa ini sebagai obat nyeri saat menstruasi tersebut, mudah sekali. Yaitu anda tinggal merebus asam jawa tersebut, agar lebih nikmat dan menambah khasiatnya sebaiknya tambahkanlah sedikit irisan gula aren dan juga garam sesuai selera. Tunggulah hingga mendidih, baru minumlah selagi masih hangat. Konsumsilah 2 kali sehari dengan rutin dan juga teratur hingga nyeri yang dirasakan benar-benar menghilang.

5. Bawang putih
 
Atasi Atasi nyeri saat menstruasi dengan bawang putih
Sumber: Google

    Seperti yang telah diketahui bahwa bawang putih ini sering digunakan sebagai bumbu masakan yang sangat melegendaris. Selain itu bawang putih ini juga sangat terkenal akan khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi dalam masalah nyeri saat menstruasi, bumbu dapur yang satu ini dipercaya dapat cara merangsang pengeluaran darah pada saat menstruasi dan juga melancarkan siklus menstruasi. Karena di dalam bawang putih ini terkandung allicin dan juga antibakteri. Sehingga dapat meredakan nyeri saat menstruasi karena dengan lancarnya siklus mestruasi tersebut maka dapat meredakan kontraksi pada otot rahim, yang tentunya dapat menyebabkan terjadinya nyeri saat menstruasi tersebut. Anda dapat menggunakan bawang putih dalam menangani masalah nyeri saat menstruasi, tentunya dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Yaitu siapkanlah beberapa suing bawang putih yang sebelumya telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian kunyahlah bawang putih tersebut dan telanlah bersama air hangat. Namun dalam menggunakan bawang putih ini sebaiknya gunakanlah bersama campuran yang lainnya atau dibuat masakan. Lakukanlah setiap hari dengan rutin dan juga teratur hingga nyeri yang dirasakan menghilang.

6. Ramuan kencur
 
Atasi Atasi nyeri saat menstruasi dengan minum ramuan kencur
Sumber: Google

    Kencur adalah tanaman herbal alami yang sudah dikenal akan khasiatnya sejak lama. Jadi tidak heran bila anda sering menemukan tanaman herbal yang satu ini dalam berbagai produk makanan dan juga minuman. Tanaman herbal yang satu ini mengandung minyak atsiri yang tinggi dan juga alkaloid. Beberapa yang terkandung dalam minyak atsiri adalah zat paraeumarin, zat asam anisatsineol, zat pentadekaan, zat asam sinamat, zat asam metil kanil, borneol, dan juga etil ester. Hal inilah yang membuat tanaman kencur ini mampu memperlancar menstruasi dan juga tentunya dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Untuk membuat ramuan kencur ini, anda dapat menyiapkan beberapa rimpang kencur yang sebelumnya telah dicuci bersih dan juga diparut. Rebuslah parutan kencur tersebut bersama dengan beberapa daun trengguli, cengkeh, dan juga teh adas. Untuk menambah rasa, tambahkanlah sedikit garam. Rebuslah hingga mendidih dan airnya berkurang setengah dari sebelumnya. Barulah saring air ramuan tersebut dan minumlah 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur hingga nyeri yang dirasakan menghilang.

7. Pacar cina
 
Atasi Atasi nyeri saat menstruasi dengan pacar cina
Sumber: Google

    Tumbuhan yang satu ini dikenal sebagai pewarna kuku yang alami pengganti kutek. Pacar cina tumbuh melimpah di Indonesia, sehingga tak heran bila pacar cina ini sangat mudah ditemui di daerah kita ini. Tanaman ini biasanya yang dimanfaatkan adlah bagian daun yang berwarna hijau berukuran kecil-kecil. Selain digunakan sebagai pewarna kuku yang alami, pacar cina ini juga terpercaya dalam dunia pengobatan. Terutama dalam mengatasi darah yang keluar saat menstruasi terlalu berlebihan. Untuk membuat ramuan dari daun pacar cina ini cukup mudah. Anda tinggal merebus sekitar satu genggam daun pacar cina yang sebelumnya dicuci dengan bersih. rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas hingga tertinggal 1 gelas. Dinginkan sebentar dan saringlah. Baru minumlah ramuan daun pacar cina tersebut 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya.

Nah, itulah cara yang dapat anda lakukuan untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi. Tentunya dengan bahan yang alami dan sangat mudah untuk ditemukan di daerah sekitar anda. Bahkan juga banyak terdapat di dapur anda, bukan? Mulai sekarang jangan ragu ya, untuk menggunakan bahan alami atau obat herbal ini. Selain sudah terbukti akan khasiatnya juga tidak menimbulkan efek samping, tentunya pengguanannya dengan benar. Dalam menggunakan bahan yang alami seperti itu, hendaknya menggunakannya dengan rutin dan juga teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya.

Selain menggunanakan bahan yang alami atau herbal. Dalam meredakan nyeri saat menstruasi ini anda juga dapat melakukan peregangan yang terbukti mampu mengatasi hal tersebut. Berikut hal-hal yang dapat anda lakukaan untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi :

8. Kompres perut 
 
Atasi nyeri saat menstruasi dengan mengkompres perut
Sumber: Google



    Dalam mengkompres perut ini anda dapat melakukannya dengan air yang hangat. Tentunya rasa hangat yang ditimbulkan ini mampu membantu meringankan nyeri pada saat menstruasi. Selain itu juga dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks dan dapat memperlancar peredaran darah. Untuk menggunakan kompres yang hangat ini, anda dapat mengkompresnya dibagian perut bawah biasanya daerah tersebut paling sering merasakan nyeri saat menstruasi. Dalam hal ini anda menggunakan handuk yang sebelumnya telah direndam di air hangat atau bisa juga menggunakan kantong karet yang sudah berisi dengan air hangat. Kemudian tempelkanlah pada bagian bawah perut yang nyeri tersebut. Sebaiknya barengilah dengan pijatan lembut pada bagian perut tersebut. dalam melakukan kompres ini, sebaiknya lakuakanlah sekitar 30 menit jangan terlalau lama. Karena bisaa menyebabkan kematian sel pada jaringan kulit.

9. Lakukan pemijatan

Atasi nyeri saat menstruasi dengan melakukan pemijatan
Sumber: Google
    Selain menggnakan kompres air hangat anda juga dapat melakukan pemijatan yang ringan di daerah perut bagian bawah. Dalam melakukan pemijatan ini, hendaklah menggunakan minyak kayu putih atau krim yang dapat membantu pemijatan. Dengan menggunakan minyak kayu putih perut kita pun terasa lebih hangat dan aroma yang dikeluarkannya itu dapat membuat anda lebih rileks lagi. Lakukanlah pemijatan tersebut dengan lembut dan ringan tentunya.

10. Atur posisi tubuh

Atasi nyeri saat menstruasi dengan mengatur posisi tubuh
Sumber: Google
      Memang tak dapat dipungkiri bahwa disaat mengalami nyeri, bahkan nyeri yang begitu kuat. Pastinya anda mencari posisi yang enak dan tntunya nyeri tersebut tidak terasa lagi. Tetapi bagi anda yang salah dalam memposisikan tubuh, malah menambah nyeri yang dirasakan bukannya menghilangkan. Nah, cobalah anda untuk mencoba posisi tubuh yang satu ini. Yaitu dengan baringkan tubuh anda dengan memposisikan kaki sedikit diangkat atau lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain dengan menganjal bantal pada bagian kaki tersebut atau dapat juga menggunakan benda lainnya. selain itu anda juga dapat berbaring dengan posisi miring tentunya dengan lutut yang ditekuk.





Nah, cara yang dapat anda lakukan selain mengonsumsi obat herbal. Sebaiknya lakukanlah cara-cara tersebut dengan berbarengan antara mengonsumsi obat herbal dan peregangan pada tubuh. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan nyeri yang dirasakanpun cepat menghilang. Jika nyeri yang anda rasakan tidak juga berkurang, sebaiknya kunjungilah dokter untuk pemeriksaan. Sehingga anda dapat mengetahui apa saja yang menyebabkan keluhan tersebut.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Efektif Mengurangi Nyeri Menstruasi"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....