Sebaiknya Konsumsilah Makanan Ini Saat Menstruasi

Menstruasi adalah proses dimana proses keluarnya darah dari dalam rahim menuju ke vagina yang disebabkan oleh meluruhnya bagian dalam dinding rahim dimana terdapat sel telur yang tidak dibuahi sehingga terjadilah pengeluran darah tersebut atau menstruasi. Hal ini sudah menjadi hal yang alamiah bagi wanita memasuki masa pubertas atau remaja.

Baca juga artikel tentang cara mengatasi menstruasi yang tidak lancar dan teratur dengan ramuan tradisional.

Mengonsumsi makanan saat menstruasi
Sumber: Google

Menstruasi ini terjadi setiap bulan dengan siklus 3-7 hari. Wanita yang mengalami menstruasi ini terkadang tidak bisa mengontrol emosi, sehingga cepat terbawa emosi dan mudah marah-marah. Bahkan juga dapat menyebabkan wanita ini cepat tersinggung, karena saat wanita mengalami menstruasi ia mudah sekali sensitive. Selain tidak bisa mengontrol emosinya dengan baik, saat mengalami menstruasi ini wanita juga cenderung ingin memakan-makanan yang banyak. Tanpa mengetahui apakah yang ia makan tersebut baik dikonsumsi saat menstruasi ataukah sebaliknya. Selain itu, ada sebagian wanita saat mengalami menstruasi merasa tubuh lemas dan merasa tidak memiliki kekuatan untuk melakukan  aktivitas seperti biasanya. Merekapun memilih untuk berbaring seharian di tempat tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun. Hal ini tentunya tidak baik bukan untuk kesehatan tubuh karena seharian tidak melakukan aktivitas. Kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh darah yang keluar terlalu banyak sehingga menyebabkan darah di tubuh berkurang. Dan juga saat hal itu terjadi asupan nutrisi atau vitamin juga ikut berkurang.

Untuk itu, sebagai seorang wanita yang sudah memasuki masa pubertas atau yang sudah mengalami menstruasi ini sebaiknya mengetahui makanan apa saja yang sangat baik jika dikonsumsi saat mengalami menstruasi dan juga yang tidak dianjurkan dikonsumsi karena akan meyebabkan permasalahan yang baru. Hal ini tujuan agar saat menstruasi tubuh tidak kekurangan asupan nutrisi ataupun vitamin yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dan juga tentunya bebas melakukan aktivitas apapun, tanpa terhalang oleh permasalahan-permasalahan yang mungkin tidak terduga.

Nah, agar masa menstruasi anda menyenangkan. Berikut ini ziesehat akan berikan tips memilih makanan yang sangat dianjurkan saat mengalami menstruasi. simak baik-baik ya agar masa menstruasi anda tidak lagi suram.

1. Zat besi
Mengonsumsi zat besi saat menstruasi
Sumber: Google
    Mengapa sayuran hijau ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat menstruasi ? pastinya kalian bertanya-tanya seperti ini bukan? Hal ini dikarenakan di dalam sayuran hijau ini banyak sekali mengandung nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsinya saat menstruasi. Salah satunya yaitu banyak mengandung zat besi, yang seperti telah kita ketahui bahwa zat besi ini merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga kita harus mencukupinya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang banyak mengandung zat besi ini biasanya terdapat di dalam daging, kerang, ikan, sayuran hijau, buah-buahan, dan juga kacangan-kacangan. untuk lebih jelasnya saya akan menjabarkan makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi, yaitu sebagai berikut :

      a. Daging sapi

Daging sapi ini merupakan salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan daging hewan lainnya, juga mengandung banyak zat besi, protein, selenium, dan seng yang dapat menjaga produksi hemoglobin atau Hb darah dalam tubuh dan juga dapat memperkuat system kekebalan tubuh. selain itu juga banyak mengandun vitamin A, vitamin B, dan vitamin D yang juga tidak kalah berperannya dalam kesehatan tubuh terutama untuk organ mata, syaraf, dan juga jantung.

      b. Daging kambing

Tidak kalah dengan daging sapi, daging kambingpun juga kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya. dalam hal ini pilihlah daging kambing yang masih muda, karena kandungan zat besinya mudah untuk diserap oleh tubuh dan juga sebagai pendukung dalam memproduksi sel darah merah. Selain itu dengan mengonsumsi daging kambing ini juga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan proses metabolism sel. Akan tetapi dalam mengonsumsi daging kambing ini sebaiknya jangan berlebihan, karena bisa menyebabkan darah menjadi naik.

     c. Daging bebek

Daging bebek adalah salah satu bahan masakan yang sangat khas di Indonesia, sehingga kita sangat mudah untuk menemukan olahan masakan dari bebek  tersebut. selain memiliki rasa yang tidak kalah gurih dan nikmatnya dengan daging sapi maupun kambing, makanan yang satu ini juga banyak mengandung zat besi dan juga protein yang tentunya dapat mencukupi kebutuhan tubuh.

     d. Hati sapi

Nah selain dagingnya yang baik untuk dikonsumsi, hatinya pun juga sama baiknya untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Meskipun sering dianggap banyak mengandung kolestrol, ternyata hati sapi ini   mengandung protein dan juga zat besi, serta juga mengandung vitamin. Kandungan yang terdapat dalam hati ini mampu menjaga system metabolisme tubuh dan juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

     e. Kepiting

Siapa sih yang tidak mengenal dengan kepiting ini, makanan yang berbahan dasar kepiting ini sudah sangat popular di kalangan masyarakat luas. Walaupun memiliki daging yang sedikit, kepiting ini memiliki rasa yang enak dan juga tentunya memiliki nilai nutrisi yang banyak. salah satunya yaitu mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam waktu yang begitu cepat, selain itu zat besi tersebut sangat mudah untuk diserap tubuh.

     f. Tiram

Tiram ini adalah jenis kerang-kerangan yang banyak terdapat di laut Indonesia. Kerang jenis ini memiliki banyak sekali nutrisi dan juga vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. salah satunya yaitu mengandung zat besi yang tinggi hingga dapat mencukupi 80% kebutuhan zat besi yang diperlukan oleh tubuh setiap hari. Hal ini yang dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, dan juga dapat mencegah kerusakan pada organ tubuh serta mampu untuk mendukung fungsi otot tubuh. selain tinggi akan zat besi, tiram ini juga  tinggi akan protein yang tentunya mampu memenuhi kebutuhan protein harian anda.
   
     g. Telur

Pastinya anda menyukai telur, bukan? Hal ini dikarenakan telur memilki rasa yang lezat dan tentunya sangat mudah untuk diolah dalam berbagai macam olahan makanan. Selain itu, telir ini juga mampu mengatasi berbagai macam permasalahan seperti anemia dan juga kelelahan karena kekurangan zat besi. Zat besi yang terkandung di dalam telur mempu mendukung proses produksi sel darah merah dalam tubuh yang mudah untuk diserap tubuh.

     h. Ikan sarden

Ikan sarden ini merupakan salah satu jenis dari ikan laut yang kaya akan nutrisi dan juga vitamin yang sangat bagus dalam memenuhi kebutuhan tubuh harian anda. Ikan sarden ini sangat mudah untuk ditemui dalam ikan kaleng dan siap untuk dimasak saja. Kandungan zat besi yang terdapat dalam ikan sarden ini begitu tinggi, sehingga mampu mendukung system kekebalan tubuh dan juga tentunya sangat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Untuk itu, ikan sarden ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua terlebih lagi saat mengalami menstruasi.

      i. Bayam

Siapa sih yang tidak kenal dengan bayam, yaitu salah satu jenis dari sayuran hijau yang memiliki rasa yang enak ketika diolah menjadi masakan. Selain memiliki rasa yang enak, sayur bayam ini juga dikenal tinggi akan zat besi yang tentunya sangat baik dalam menjaga produksi sel darah merah dan juga mampu memdukung proses fungsi enzim serta berperan dalam system metabolisme tubuh.

      j. Sawi

Sawi ini adalah jenis sayuran yang memilki rasa yang enak dan lezat ketika diolah menjadi masakan. Selain itu sama halnya seperti bayam, sayuran sawi ini juga kaya akan zat besi dan beberapa nutrisi serta vitamin lainnya. tentunya kandungan-kandungan yang terdapat dalam sayuran sawi ini mamapu memproduksi sel darah merah dan juga mampu menjaga system kekebalan tubuh.
    
     k. Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang dikenal memilki banyak manfaat dan juga asupan nurisi serta vitamin yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh. salah satunya yaitu mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah, memelihara otot tubuh, dan juga membantu menjaga system kekebalan tubuh.
    
     l. Kacang kedelai

Kacang kedelai ini adalah kacang yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan tempe dan juga tahu yang sangat popular di Indonesia. Kandungan yang terdapat di dalam kacang kedelai ini begitu banyak, yaitu seperti mengandung protein dan juga zat besi yang begitu tinggi. tentunya kandung yang terdapat di dalam kacang kedelai ini membuat perut kita terasa kenyang jika dikonsumsi. Selain itu, juga mampu menjaga system kekebalan tubuh dan dapat mendukung proses produksi sel darah merah. Yang tentunya sangat bagus dikonsusmi saat mengalami menstruasi.

     m. Kacang merah 

Kacang merah ini sering digunakan sebagai bahan campuran dalam memasak, karena memiliki rasa yang gurih dan juga nikmat. Tekstur daging yang lembut dan lunak mampu membuat perut terasa kenyang. Kacang merah ini mengandung nutrisi dan vitamin yang tinggi, yaitu salah satunya mengandung zat besi, serat, dan juga protein. Tentunya kandungan-kandungan tersebut mampu memproduksi sel darah merah dan juga dapat menjaga system kekebalan pada tubuh.

Nah, itulah berbagai jenis makanan yang banyak megandung zat besi. Yang mana zat besi ini yang sangat penting utnuk tubuh kita dalam memelihara kesehatan tubuh dan tentunya berepran penting dalam memproduksi sel darah merah. Untuk itu, konsumsilah makanan-makanan yang telah disebutkan tadi agar kebutuhan tubuh akan zat besi bisa terpenuhi. Terlebih lagi untuk wanita yang mengalami masa menstruasi dan juga saat melahirkan, karena asupan zat besi seperti ini sangat diperlukan dalam mengganti sel-sel darah merah yang keluar atau yang disebut dengan mentruasi.

2. Karbohidrat kompleks
 
Mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks saat menstruasi
Sumber: Google

    Pada saat mengalami menstruasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan jumlah karbohidrat harian. Hal ini dikarenakan tubuh kita memerlukan karbohidrat yang diubah menjadi sumber energy yang nantinya diperlukan dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dan juga untuk menormalkan fungsi tubuh. Karbohidrat kompleks ini merupakan karbohidrat yang lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga membuat kenaikan glukosa dalam darah seseorang lebih lambat setelah dikonsumsi. Karbohidrat komplek seperti ini banyak  terkandung dalam  buah-buahan, sayuran, dan juga biji-bijian. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh makanan yang mengandung karbohidrat komplek sebagai berikut :
Baca juga artikel tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi terlambat menstruasi.

      a. Oatmeal

Oatmeal ini biasanya dibuat dari gandum ataupun biji rami yang dibuat menjadi serpihan-serpihan kecil. Makanan yang satu ini merupakan jenis karbohidrat sehat yang tentunya banyak menyediakan nutrisi yang sangat penting bagi kebutuhan tubuh.

      b. Beras merah

Beras merah ini biasanya dijadikan orang-orang sebagai pengganti beras putih yang selama ini dikenal banyak mengandung gula. Beras merah ini memiliki banyak nutrisi dan juga vitamin yang lebih tinggi serat, zat besi, dan juga tentunya mengandung karbohidrat kompleks.

      c. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, sehingga sangat baik dikonsumsi saat mengalami menstruasi. selain itu, kentang ini juga mengandung mineral seperti zat besi yang tentunya sangat baik untuk wanita yang mengalami menstruasi.

     d. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak karbohidrat kompleks. Selain itu buah pisang ini juga tinggi akan kalori dan juga serat, yang tentunya sangat baik jika dikonsumsi saat mengalami menstruasi.

     e. Alpukat

Selain buah pisang, buah alpukat juga banyak mengandung karbohidrat kompleks dan juga tinggi akan serat serta        kalori. Meskipun mesngandung kalori yang dianggap merugikan, tetapi nutrisi yang terkandung ini sangat                dibutuhkan oleh tubuh dalam membuat energy dengan jumlah yang tidak berlebihan.

     f. Kacang kedelai

Kacang kedelai ini merupakan salah satu jenis biji-bijian yang banyak mengandung karbohidrat kompleks. Kita bisa         menemukan kacang kedelai ini dalam berbagai olahan makanan yaitu seperti tempe dan juga tahu.

3. Cokelat

Mengonsumsi cokelat saat menstruasi
Sumber: Google

    Siapa sih yang tidak menyukai cokelat, makanan yang memiliki rasa manis dan sedikit pahit ini memiliki yang sangat enak dan juga cocok sekali jika dicampurkan dalam berbagai jenis makanan maupun minuman. Selain memiliki yang enak ketika dikonsumsi, cokelat ini juga dapat membuat mood kita menjadi lebih baik dan dapat menormalkan emosi kita yang biasanya melunjak ketika memasuki masa menstruasi. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung molekul psikoaktif yang tentunya dapat membuat penikmat cokelat ini merasa lebih nyaman. Beberapa kandungan coklat lainnya seperti caffeine, theobromine, monthly-xanthine, dan juga phenylenthylalanine juga dipercaya dapat membuat mood menjadi lebih baik, mengurangi rasa kelelahan, dan juga digunakan sebagai obat anti-depresi. Untuk itu konsumsilah cokelat ini, terlebih lagi saat mengalami menstruasi.

4. Vitamin
 
Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin saat menstruasi
Sumber: Google


    Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E , B6 dan C  sangat dianjurkan ketika sedang mengalami masa menstruasi. hal ini dikarenakan vitamin E dan B6 ini mampu mengurangi gejala PMS dan juga dapat membantu menghilangkan rasa kembung pada perut. Biasanya vitamin E dan B6 ini banyak ditemukan pada buah pisang, alpukat, telur, dan juga dapat ditemukan pada jenis biji-bijian. Sedangakan vitamin C ini banyak ditemukan pada buah jeruk, jambu biji, nanas, strawberry, dan masih banyak buah lainnya lagi. Dengan mengonsumsi vitamin C ini ketika menstruasi dapat menjaga kesehatan system reproduksi dan juga sel telur. Untuk itu, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin-vitamin tersebut.

5. Air mineral
 
 Perbanyaklah mengonsumsi air putih saat menstruasi
Sumber: Google

    Ketika menstruasi sebaiknya konsumsilah lebih banyak air, karena akan membantu tubuh menyimpan air sehingga tubuh mendapatkan cairan yang cukup. Ketika anda meminum air, maka air yang sebelumnya sudah berada di dalam tubuh akan keluar kemudian berganti dengan air yang baru saja diminum. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka tubuhpun akan terhindar dari dehidrasi. Untuk itu, konsumsilah air mineral ini lebih banyak agar kebutuhan tubuh kita terhadap air bisa terpenuhi. Terlebih lagi saat mengalami menstruasi, karena saat itu cairan dari tubuh kita keluar dan harus digantikan. Biasanya rata-rata mengonsumsi air mineral ini sekitar 8-10 gelas per hari atau sesuai dengan keadaan tubuh kita.

Nah, itulah makanan yang sangat dianjurkan untuk konsumsi ketika memasuki masa menstruasi. makanan-makanan tersebut dipercaya dapat melancarkan siklus menstruasi dan juga terntunya dapat membuat tubuh anda sehat serta bisa beraktivitas dengan bebas tanpa takut berbagai permasalahan yang datang tiba-tiba. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan penuh nutrisi serta vitamin ini saat menstruasi, semoga masa mentruasi anda dapat berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan yang menghampiri.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk meresponnya dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebaiknya Konsumsilah Makanan Ini Saat Menstruasi"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....