10 Tips Memilih Pembalut Menstruasi yang Benar

Bagi wanita, pembalut menstruasi memang tidak asing lagi untuk didengar. Pastinya setiap wanita menggunakan bahan yang satu ini saat mengalami menstruasi, bukan? Setiap bulannya, seorang wanita akan kedatangan tamu bulanannya yaitu menstruasi. Di mana cairan darah tersebut keluar dari vagina yang biasanya berlangsung selama 3-7 hari.

Meskipun begitu, sebagian dari wanita pernah  mengalami keterlambatan saat menstruasi. Dikarenakan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh atau permasalahan lainnya. Pada saat itulah pembalut sangat penting bagi wanita, karena dengan memakai pembalut saat menstruasi akan menampung cairan tersebut dan tentunya tetap aman.

Memilih pembalut yang benar
Sumber: Google
Tahukah anda, ternyata dari sekian banyak jenis pembalut yang beredar, hanya sedikit yang dinyatakan aman untuk digunakan. Kebanyakan dari wanita hanya mengetahui jenis merknya dan harga dari pembalut saja, tanpa mengetahui apakah pembalut yang digunakan tersebut aman atau tidak. Apalagi wanita remaja yang mudah tergiur akan produk yang bagus dan memiliki harga yang miring. Produk-produk yang bagus katanya itu belum tentunya memiliki standar aman untuk digunakan. Seharusnya sebagai seorang wanita, harus bijak untuk memilih dan jangan sembarangan dalam menggunakan pembalut. 


Nah, kali ini ziesehat akan berikan tips bagaimana cara memilih pembalut yang benar dan pastinya cocok untuk digunakan. Tanpa peru takut tembus dan bisa beraktivitas tanpa khawatir iritasi yang ditimbulkan dari pembalut tersebut. Yuk, simak baik-baik,,,ya....

1. Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap tinggi dan tidak lembab 


Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap tinggi dan tidak lembab
Sumber: Google

    Dalam memilih pembault saat menstruasi sebaiknya pilihlah pembalut yang memiliki daya serta yang tinggi. Karena jika memiliki daya serat yang tinggi akan membuat permukaan pembalut tetap kering dan tentunya terbebas dari permasalahan tembus. Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap 10 kali lipat dari berat pembalut. Jika pembalut tersebut memiliki daya serap kurang dari itu, maka bisa dikatakan pembalut tersebut tidak memenuhi standar dan sebaiknya jangan digunakan. Apabila menggunakan pembalut yang lembab, maka akan menimbulkan iritasi pada bagian kulit tersebut. Biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal disekitar area tersebut dan juga tentunya dapat tumbuh bakteri-bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Tentunya hal tersebut membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak bisa bebas untuk beraktivitas. Maka dari itu pilihlah pembalut yang memiliki daya serap yang tinggi dan tentunya tidak lembab saat digunakan.

2. Pilihlah pembalut yang lembut dan lentur

    Saat memilih pembalut, yang perlu diperhatikan juga tingkat kelembutannya dan kelenturan dari pembalut tersebut. tingkat kelembutan dan kelenturan suatu pembalut juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena menggunakan pembalut yang lembut dan lentur akan membuat kita merasa nyaman saat digunakan dan tentunya juga dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada area vagina tersebut.

3. Gunakan pembalut yang nyaman dan cocok untuk digunakan

    Memilih pembalut yang nyaman dan cocok untuk digunakan adalah yang sangat penting lho. Karena dapat membuat kita tidak takut bocor dan juga dapat beraktivitas dengan bebas. Jika menggunakan pembalut yang tidak cocok dengan keadaan kita atau tidak nyaman untuk digunakan, maka kemungkinan akan menimbulkan berbagai permasalahan pada kesehatan vagina anda. Hal yang paling sering terjadi biasanya adalah mengalami gatal-gatal bahkan timbulnya iritasi di sekitar area vagina. Tentunya hal tersebut sangat tidak mengenakkan dan membuat kita tidak menjadi tenang saat menggunakannya. Jika hal tersebut terus saja dibiarkan maka akan menyebabkan permasalahan yang lebih serius lagi. Makanya pilih dan gunakanlah pembalut yang cocok untuk anda dan tentunya anda merasa nyaman saat digunakan

4. Pilihlah pembalut yang memiliki warna putih
 
Pilihlah pembalut yang memiliki warna putih
Sumber: Google

    Kenapa harus warna putih, bukankah warna yang lain lebih menarik? Memilih pembalut warna putih itu lebih baik daripada yang memiliki corak warna lainnya. Karena warna-warna yang terdapat dalam pembalut itu nantinya akan membahayakan pada kesehatan vagina. Selain itu, pembalut berwarna putih juga lebih mengesankan higinies dan bersih. tahukah anda, kenapa pembalut itu berwarna putih? Karena bahan dasar dari pembuatan pembalut yang selama ini anda pakai adalah berasal dari olahan campuran kapas dan juga rayon, yang menghasilkan produk yang berwarna kecoklatan. Makan dari itu pemutih klorin untuk memutihkan pembalut tersebut. Sebenarnya penggunaan klorin pada pembalut untuk dapat membahayakan kesehatan organ intim. Tetapi jika digunakan sesuai dengan aturan atau dalam batas aman, maka akan tetap diperbolehkan untuk dipakai.

5. Hindarilah pembalut yang memiliki aroma wewangi-wangian

    Siapa sih yang tidak menyukai aroma yang wangi, terlebih lagi seorang wanita. Sampai-sampai memilih pembalutpun yang memiliki aroma yang wangi. Tapi tahukah anda, bahwa pembalut yang memiliki aroma wewangi-wangian begitu berbahayanya bagi kesehatan organ intim anda. Hal ini dikarenakan didalam pewangi tersebut terkandung zat-zat kimia berbahaya. Dalam jangka panjang bukan tidak mungkin akan menimbulkan berbagai macam komplikasi dan infeksi. Seperti adanya iritasi pada vagina bahkan akan menyebbakan kencing yang bernanah. Untuk itu, lebih baik memilih pembalut yang tidak mengandung wewangi-wangian.

6. Periksa tanggal kadaluarsa terlebih dahulu sebelum dipakai atau dibeli
 
Periksa tanggal kadaluarsa terlebih dahulu sebelum dipakai atau dibeli
Sumber: Google

    Memeriksa tanggal kadaluarsa pakai kemasan produk sangatlah penting, karena dari situ kita tahu bahwa produk tersebut masih layak atau tidak untuk digunakan. Bukan hanya pada produk makanan saja, tetapi anda juga harus memperhatikannya dalam produk pembalut. Hal ini memang sering diabaikan, karena sering beranggapan bahwa pembalut itu tidak akan rusak seperti makanan. Padahal memperhatikan tanggal kadaluarsa pada pembalut itu juga sangat penting dalam memilih pembalut yang baik dan aman. Untuk itu, jangan lupa memeriksa tanggal kadaluarsa pada bungkus kemasan produk pembalut tersebut, jangan diabaikan ya.

Nah, sekarang anda sudah tahukan bagaimana cara memilih pembalut yang baik dan tentunya nyaman untuk digunakan saat menstruasi. oleh karena itu, perlu ketelitian saat memilih produk pembalut yang benar-benar sudah aman dan berstandar untuk digunakan.

Setelah mengetahui cara memilih pembalut yang sesuai dengan standar kesehatan dan tentunya aman untuk digunakan. Sebaiknya anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan organ intim anda selama masa menstruasi. Berikut ini akan saya berikan tips-tips bagaimana cara menjaga kesehatan bagian terdalam tersebut. Yuk, simak baik-baik,,,ya....

7. Usahakan untuk mengganti pembalut secara rutin

    Sebaiknya gantilah pembalut sekitar 2-3 jam sekali pada saat menstruasi anda lagi banyak-banyaknya dan gantilah secara rutin. Jika anda membiarkan pembalut tersebut sampai benar-benar penuh dan dalam jangka yang panjang baru diganti. Maka hal tersebut akan menyebabkan tumbuhnya bakteri-bakteri, yang nantinya akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada bagian area vagina tersebut. Karena bekteri sangat menyukai daerah yang lembab dan cenderunng akan berkembang biak dengan sangat cepat. 

Bagaimana jika menggunakan pembalut yang mengandung antibakteri atau antiseptic?
Menggunakan pembalut yang mengandung antibakteri atau antiseptic memang lebih baik, karena dapat mencegah timbulnya bakteri atau jamur pada bagian area vagina tersebut. akan tetapi, antibakteri atau antiseptic tersebut hanya mampu mencegah atau membasmi bakteri atau jamur di bagian luar vagina dan pembalutnya saja, tidak bisa bekerja di bagian dalamnya.

8. Gunakanlah pembalut sekali pakai
 
Gunakanlah pembalut sekali pakai
Sumber: Google

    Dalam menggunakan pmbalut dianjurkan untuk memakainya sekali pakai saja, jangan dipakai berulang-ulang kali. Hal ini dikarenakan pembalut yang sudah terpakai dan dicuci bersih kemudian dipakai ulang, maka pembalut tersebut mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan organ intim anda.  Seperti halnya akan menyebabkan berbagai macam iritasi, gatal-gatal, dan juga menyebabkan kemerahan pada bagian kulit tersebut. oleh karena itu, hendaknya gunakanlah pembalut sekali pakai saja dan jangan sampai menggunakan pembalut secara berulang-ulang.

9. Basuhlah vagina dengan benar

    Membasuh vagina dengan benar adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya bakteri- bakteri atau jamur penyebab berbgaai masalah kesehatan. Biasakanlah membasuh vagina mulai bagian depan ke belakang, agar bakteri atau jamur tersbut tidak kembali lagi ke vagina. setelah dibasuh dengan bersih, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau handuk yang tidak berparfum. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya kelembapan pada area tersebut.

10. Gunakanlah celana yang tidak terlalu ketat dan dari bahan jeans

Gunakanlah celana yang tidak terlalu ketat dan dari bahan jeans
Sumber: Google
      Sebaiknya saat menstruasi dan menggunakan pembalut, gunakanlah celana yang enak dipakai. Tentunya celana tersebut tidak terlalu ketat dan tidak terbuat dari bahan jeans.  Hal ini dikarenakan, jika memakai celana yang terlalu ketat akan menyebabkan kelembapan dan mudah lecet atau iritasi pada area tersebut. Selain itu, juga saat memakainya jadi kurang nyaman dan sulit untuk melakukan aktifitas seperti biasanya.

Nah, itulah tips bagaimana cara menjaga kesehatan organ intim saat memakai pembalut menstruasi. semoga dengan informasi itu, anda lebih memperhatikan kesehatan dan lebih sadar akan pentingnya memperhatikan hal-hal kecil tersebut yang sering kali terabaikan oleh wanita. Apalagi seorang remaja yang memiliki aktivitas lebih aktif dan sering kali mengabaikan hal-hal kecil tersebut.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Tips Memilih Pembalut Menstruasi yang Benar"

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....