8 Cara Agar Tidak Stres di Pagi Hari

Stres di pagi hari adalah sesuatu yang sulit dihindari. Bayangkan, begitu banyak kegiatan yang harus kita lakukan dalam waktu yang terbilang singkat. Ditambah lagi masih ada saja hal-hal yang membuat kondisi yang sudah tidak ideal ini makin terasa jauh dari nyaman, mulai dari anak rewel saat akan ke sekolah sampai jalanan yang lebih macet dari biasanya. Menghadapi itu, tanpa disadari detak jantung kita jadi lebih cepat dan tarikan napas pun pendek-pendek. Ya, baru bangun tidur ternyata kita sudah bisa dilanda stres!

Aduh pusing nih kepala aku!!!
Aduh pusing nih kepala aku!!! Sumber : Google
Selama ini kita selalu menganggap stres sebagai musuh. Saya pun awalnya begitu. Tapi, siapa sangka ternyata stres pun memiliki sisi baik lho! Gak percaya? Yakni mampu melatih kita agar menjadi lebih fleksibel saat menghadapi stresor (hal-hal yang membuat kita stres). Saya pribadi merasa bahwa sedikit stres membuat otak tetap bekerja dan hidup jadi tidak membosankan. Tidak merasa stres berarti kurang atau tidak ada tantangan dalam hidup dan itu akan membuat hari-hari kita jadi kurang berarti, bukan? BAca juga: Perbedaan antara Sakit Kepala dengan Migran!!!

Lantas, seperti apa sih stres yang membahayakan itu?
Stres yang terjadi secara terus-menerus, tak hanya di pagi hari saja, namun juga akan sudah berlangsung lebih dari seminggu adalah sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih, ya. Saat kita mulai merasakan hal seperti ini, perlu kita sadari bahwa banyak sekali dampak buruk yang muncul akibatnya, mulai dari yang ringan seperti common cold sampai penyakit jantung yang menyebabkan kematian. Weh, jadi semakin takutkan mendengarnya bahaya dari stres yang sering kali kita abaikan itu. maka dari itu, sebaiknya kendalikan emosi dan stres Anda ya, dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan tentunya tidak membosankan. Tapi bagaimana caranya bila kita terpaksa harus mengerjakan sesuatu hal yang tidak kita sukai dan sangat membosankan? Pastinya jika melakukan hal tersebut, akan membuat stres Anda muncul lagi. 


Stres!!!
Stres!!! Sumber : Google

Nah, untuk mengatasi hal yang seperti ini ziesehat akan berikan tipsnya agar terhindar atau tidak stres terutama pada pagi hari. Yuk simak baik-baik tips-tips berikut ini, ya….

• Tidur lebih awal di malam hari
Tidur malam selama 7-8 jam adalah hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Cukup tidur di malam hari tak hanya memberikan energi keesokan harinya, tetapi juga menjadi regulator mood kita sepanjang hari berikutnya. Selain itu, tidur yang cukup juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Gak percaya? Yuk cek mengenai manfaat dari tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh. setelah mengetahui semua manfaat dari tidur tersebut, tidak ada alasan lagikan untuk tidak mencukupi tidur Anda setiap harinya. Yuk mulai sekarang atur pola tidur Anda dan cukupilah, ya!

• Kerjakanlah shalat
Sebagai orang muslim, kita diwajibkan untuk mengerjakan yang namanya shalat lima waktu dalam sehari semalam. Dengan mengerjakan shalat tersebut, kita senantiasa selalu dekat dengan Allah SWT. dan juga ketika mengerjakan pekerjaan tersebut secara tidak sadar kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Maka dari itu, jangan tinggalkanlah shalat, ya.

• Dengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an atau musik kesukaan

Dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dapat membuat mood atau stres Anda kembali menjadi lebih baik lagi. Ketika mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, kita akan merasakan kedamaian dan rasa tenang yang ada pada diri kita. Ketika mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, usahakanlah untuk menghayatinya dan menikmatinya, ya. Selain itu, mendengarkan musik favorit di pagi hari bisa mengurangi stres dan anxiety yang kadang merayapi pikiran Anda tanpa mampu kita deskripsikan dalam kata-kata, seperti apa bentuk stresnya.

• Singkirkan smartphone

Hayo ngaku! Siapa yang bangun tidur langsung mencari handphone atau smartphonenya? Jika Anda termasuk yang seseorang yang seperti ini, maka sebaiknya hentikanlah pekerjaan yang satu ini, ya. dikarenakan ketika Anda bangun tidur langsung membuka smartphone, maka secara tidak langsung mata Anda akan segera merasakan responnya dengan cepat. Yang nantinya lama-kelamaan akan menyebabkan timbulnya sakit kepala, hingga berujung pada stres. Ditambah lagi saat membuka sosmed banyak hal yang sudah menunggu anda dan membuat stres Anda semakin parah lagi. Yuk singkirkan dulu ya, smartphone Anda saat bangun tidur. Agar terhindar dari stres pada pagi hari.

• Minum yang hangat 

Minum yang hangat, biar gak gampang stres!
Minum yang hangat, biar gak gampang stres! Sumber : Google

Saat pagi hari hendaklah untuk mengonsumsi minuman yang hangat disertai makanan yang dapat menambah energy Anda pada pagi hari. Menurut sebuah penelitian, minum-minuman yang hangat pada saat pagi hari diklaim mampu membuat hari-hari Anda menjadi lebih semangat dan strespun akan menjauh dari diri Anda. Seperti halnya minum the, kopi, dan minuman-minuman hangat lainnya yang dapat menyegarkan dan menambah semnagat pagi Anda, bukan? Yuk biasakan untuk mengonsumsi minuman dan makanan yang hangat pada pagi hari, ya. agar masalah stres dapat dihindari tentunya. Baca juga: 10 Bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan air dalam tubuh atau dehidrasi, penting sekali Anda ketahui.

• Sempatkan berolahraga
Sesibuk apa pun Anda, jangan lupa untuk tetap “berkeringat” di pagi hari, ya. Walaupun hanya 5 menit saja, tetapi memiliki banyak manfaat lho! Selain sehat buat tubuh, olahraga juga sehat buat jiwa kita. Tahu kan setelah berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, the feel good hormone, yang membuat kita merasa nyaman dan happy tentunya! Karena stres ternyata juga menimbulkan obesitas lho jika hormon endorfin tidak dikeluarkan! Maka dari itu, dengan membiasakan berolahraga secara rutin dan teratur, selain mendapatkan manfaat yang banyak juga akan terhindar dari yang namanya stres. Yuk rutin berolahraga, agar tubuh kita selalu sehat dan tetap bersemangat untuk menjalani hari-hari terbebas dari stres. Semangat ya, berolahraganya! 
Baca juga: Olahraga yang cocok dilakukan untuk para Ladies, wajib coba deh!!!

• Sarapan sehat adalah sebuah kewajiban
Ini juga hal yang sudah tak bisa ditawar-tawar lagi. Waktu yang singkat di pagi hari sering kali membuat kita tidak bisa menyiapkan makanan sehat. Padahal, sarapan yang sehat membuat tubuh memiliki cadangan energi memadai untuk aktivitas seharian dan kondisi ini memicu tubuh mengirimkan sinyal puas ke otak, bukannya sinyal stres. Cara simpel yang dapat Anda lakukan untuk sarapan sehat pada pagi hari adalah dengan selalu menyediakan apel, pir, pisang, selada, timun, dan tomat dalam lemari es. Dengan begitu, Anda tinggal pilih, mau sarapan club sandwich atau salad.

• Ikhlas

Ini adalah cara terakhir yang paling ampuh untuk menjadikan pagi kita bebas stres. Makna ikhlas bukannya kita pasrah begitu saja terhadap keadaan, melainkan “rela menerima hasil akhir setelah sebelumnya sudah berusaha dengan sungguh-sungguh”. Ikhlas bisa juga berarti menerima yang tak dapat kita ubah. Pola pikir seperti ini yang akhirnya membuat kita mampu berdamai dengan stres, menjadikan tubuh sehat, dan tentunya jiwa yang lebih matang lagi. Lantas bagaimana cara melatih diri agar ikhlas? Pertama, ingat baik-baik yang menjadi penyemangatmu untuk memulai hari. Dan yang kedua adalah ajak diri melihat sisi baik kehidupan. Bukan fokus terhadap hal-hal yang tidak enak saja. Yuk mulai sekarang, latihlah diri kita ini untuk melakukan segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, ya. Agar stres dapat dihindari dan tentunya tidak emnggau aktivitas Anda, bukan?

Cara bebas stres di pagi hari cuma dengan tujuh langkah ini? Tentu saja tidak. Pasti ada cara kesembilan, kesepuluh dan seterusnya. Kalau kalian tahu, jangan lupa bagi tipsnya di sini dengan cara memberi komentar pada kolom di bawah ini. Ditunggu ya!!!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Cara Agar Tidak Stres di Pagi Hari"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....