Alergi Udara Dingin! Pernahkah Anda mengalaminya?

Alergi selalu identik dengan ketidakmampuan tubuh menerima jenis makanan atau minuman tertentu. Tetapi, ada jenis variasi alergi lain yang mungkin saja Anda hadapi. Salah satunya adalah alergi terhadap udara dingin, memang alergi seperti ini dianggap masih asing dan kurang banyak orang yang mengetahui hal ini.

Pasti Anda bertanya-tanya apasih alergi udara dingin itu?
 
Alergi udara dingin
Sumber: Google
Apasih alergi udara dingin itu, mungkinkah tubuhnya tidak tahan terhadap keadaan yang dingin. Memang benar, bahwa alergi udara dingin ini di mana tubuh tidak tahan terhadap suhu dan udara yang terbilang dingin. Bukan hanya tidak tahan berada di daerah yang memiliki suhu minus derajat saja, tetapi alergi yang satu ini juga akan menyerang seseorang pada saat meminum-minuman yang dingin dalam jumlah yang banyak, berada di ruangan yang ber-AC, dan juga bisa terjadi pada pagi hari di pegunungan yang terbilang dingin. Jika tubuh Anda melakukan hal-hal tersebut dan merasakan cepat kedinginan, maka sebaiknya hindarilah hal-hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang disebut dengan alergi terhadap udara dingin. 

Baca juga 10 tanda yang terjadi pada tubuh Anda jika terkena dehidrasi pada tubuh.

Biasanya seseorang dengan keadaan ini, jika terlalu banyak terpapar atau menelan benda yang dingin, maka tubuhnya akan langsung bereaksi. Mungkin sedikit berbeda dengan alergi lain yang membuat kulit menjadi warna kemerahan atau berbintik merah. Dalam kasus ini, gejala alergi yang diterima biasanya adalah hidung menjadi tersumbat dan mengeluarkan cairan. Tak jarang juga akan menjadi bersin-bersin dan merasakan gatal parah di bagian sekitar hidung. Padahal tidak berada dalam kondisi flu atau tubuh yang sakit pada saat merasakan udara dingin tersebut. Tetapi gejala pilek tersebut akan selalu muncul dengan alami ketika merasakan kedinginan. 

Baca juga 18 bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D, E, dan juga vitamin K pada tubuh.

Jelas sekali bukan? Bahwa alergi yang satu ini sangat menggangu aktivitas Anda. Badan menjadi sangat tidak nyaman ketika terpapar udara dingin, hidungpun juga tak berhenti mengeluarkan cairan secara tiba-tiba. Bersin-bersin juga tidak dapat dihindari, terlebih lagi saat pagi hari. Tentunya sangat melelahkan jika mengalami alergi udara dingin tersebut.

Terus bagaimana alergi udara dingin ini menurut dunia medis?
 
Menurut dunia medis tentang alergi udara dingin
Sumber: Google
Alergi dingin dalam dunia medis dikenal sebagai reaksi hipersensitifitas (sensitif berlebihan) tubuh pada benda atau lingkungan yang dingin. Alergi dapat dipicu dari berbagai hal, seperti paparan suhu yang dingin akibat musim hujan atau di pagi hari dan terlalu lama di dalam air yang dingin. Jika mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin, kemungkinan untuk terkena alergi juga dapat terjadi.

Benar jika alergi dingin dapat diawali dengan gejala pilek dan flu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, dalam beberapa kasus alergi dingin ini juga dapat memicu biduran pada kulit atau berubah warna menjadi kemerahan serta diikuti dengan rasa gatal-gatal. Dalam kondisi yang parah, penderita alergi dingin juga dapat terkena sesak napas, jantung berdebar-debar, pembengkakan bagian tubuh tertentu, hingga pingsan karena kesulitan pernapasan.

Dokter menyarankan agar mengonsumsi berbagai obat alergi untuk mengurangi gejala pada kulit. Beberapa obat yang direkomendasikan adalah antihistamin (seperti loratadin dan cetirizine yang dapat mencegah timbulnya gejala), steroid (seperti dexamethason dan prednison metilprednisolon untuk menekan alergi dan imunitas tubuh) serta doxepin (mengatasi depresi atau kecemasan akibat alergi). Ada juga omalizumab yang dipercaya dapat mengobati gejala alergi dingin yang sampai membuat penderitanya sesak napas dan mengalami asma.

Terus Bagaimana Caranya Mencegah Alergi Dingin Tersebut?
 
Cara mengatasi alergi udara dingin
Sumber: Google
Ketika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan kepada Dokter untuk mengetahui hal itu lebih lanjut dan bisa segera diobati dengan benar. Sebelum hal tersebut terjadi pada tubuh Anda yang alergi terhadap udar dingin tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan terhadap permasalahan tersebut. lebih baik mencegahkan daripada harus mengobatinya. Untuk itu langsung aja deh disimak dengan baik-baik hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya laergi udara dingin tersebut.

Berikut adalah beberapa saran dari ziesehat yang bisa dilakukan bagi Anda dan mereka yang juga memiliki tubuh yang rentan terhadap kedinginan. Yuk, simak baik-baik, ya....

1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin terlalu banyak dan dengan tergesa-gesa akan menyebabkan alergi tersebut yang muncul secara tiba-tiba. Maka dari itu sebaiknya hindarilah terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan yang dingin. Jika masih ingin mengonsumsinya, maka konsumsilah dalam batasan yang masih terbilang aman dan tetap tenang dalam mengonsumsi makanan atau minuman dingin tersebut. untuk itu, usahakanlah untuk mengonsumsi minuman dan makanan yang memiliki suhu sedang atau hangat saja untuk menghindari terjadinya alergi udara dingin tersebut.

2. Jangan terus-menerus menyalakan pendingin ruangan ya! Jika Anda tetap ingin menghidupkan AC atau kipas angina saat tidur, maka nyalakanlah beberapa menit saja sebelum Anda hendak tidur. Jangan biarkan AC tau kipas angina tersebut terus-menerus  menyala selama Anda belum tidur atau masih beraktivitas di dalam kamar. Karena hal ini nantinya akan dapat memperparah keadaan tubuh Anda.

3. Ingat! Selalu membawa tisu atau sapu tangan di dalam tas ya. Kita tak pernah tahu kapan hidung menjadi bersin atau tersumbat saat beraktivitas sepanjang hari.

4. Untuk membuat Anda merasa nyaman saat tidur meskipun berada dalam ruangan AC atau suhu dingin, bersihkan cairan di dalam hidung sebelum beranjak tidur, ya.

5. Saat hendak berpergian ke tempat yang dingin seperti daerah pegunungan atau negara yang tengah berada dalam musim dingin, hendaknya bawalah jaket tebal dan minyak penghangat.

6. Aturlah AC atau kipas angin agar tidak langsung mengarah ke tubuh atau kepala Anda.

7. Saat merasakan kedinginan, hendaknya konsumsilah makanan atau minuman yang hangat dan juga dapat membuat badan terasa hangat. Seperti halnya minuman wedang jahe, susu hangat, dan juga coklat hangat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan selimut atau baju yang tebal saat merasa kedinginan. Dan juga dekatkanlah tubuh Anda disekitar api, kalau misalnya Anda berada diperkemahan.

8. Oleskanlah minyak kayu putih atau minyak penghangat pada bagian-bagian tubuh Anda yang rentan paling cepat merasakan kedinginan. Sperti pada bagian kaki, tangan, leher, dan disekitar perut.

Nah, itulah guys cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya alergi udara dingin yang dapat mengganggu aktivitas Anda dan juga membuat sebel karena hal itu. Anda memang bisa terkena alergi karena udara dingin. Tetapi Anda juga bisa mencegah dan mengatasinya dengan cepat! maka dari itu, kenali diri Anda lebih dalam untuk menemukan penyebab serta gejala yang seringkali terjadi pada diri sendiri. Tetap jaga kesehatan untuk hari yang lebih sehat, ya guys! Tetap semangat ya untuk menjalani hari-hari tersebut….yuk sehat!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Alergi Udara Dingin! Pernahkah Anda mengalaminya?"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....