6 Faktor Penyebab Sering Lupa

Anda merasa ada sesuatu yang terlupakan? Ayo ingat-ingat kembali! Bisa jadi ada hal penting yang Anda lewatkan!

Anda mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri, mengapa saya sering pikun atau melupakan sesuatu dalam waktu yang cepat, ya! Padahal baru saja melakukan hal tersebut sudah lupa. Jadi bingungkan, kenapa bisa terjadi seperti itu? Lupa dapat dikategorikan menjadi sebuah penyakit, loh! Sebab penyakit lupa dapat menyebabkan alzheimer, yaitu merupakan jenis penyakit yang pada umumnya diawali dengan melemahnya daya ingat  hingga berujung pada gangguan otak. Biasanya gejala penyakit ini akan dirasakan secara perlahan-lahan sering dengan berjalannya waktu. 


Sering lupa sesuatu
Apa ya? Aku lupa nih! Sumber : Google

Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini, semakin banyak orang yang mengalami penyakit pelupa ini. Yang entah disebabkan oleh factor-faktor yang belum diketahui oleh sipenderita pelupa tersebut. Begitu pula dengan kerabat atau pasangan Anda sendiri yang dengan mudahnya melupakan tugas yang harus dilakukan atau barang yang seharusnya dibawa. Kalau sudah begini, Anda perlu mengetahui factor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan munculnya penyakit pelupa ini. Untuk itu, kali ini ziesehat akan berikan info mengenai factor yang menjadi penyebab seseorang mudah pelupa.

Apa saja penyebab seseorang mudah lupa? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!!!

1. Istirahat yang Kurang

kurang tidur juga mudah pelupa lho!
kurang tidur juga mudah pelupa lho! Sumber : Google
Jadwal tidur yang berantakan dan waktu istirahat yang sedikit dapat menyebabkan Anda sering terkena penyakit pikun lho! Kurang mengistirahatkan tubuh yang lelah, akibat rutinitas sehari-hari yang padat dapat membuat kinerja otak menjadi tidak terlalu maksimal. Termasuk bagian otak yang seharusnya menyimpan memori dengan baik, justru tidak mendapatkan istirahat yang cukup pula. Hal ini yang akan menyebabkan otak kita menjadi tidak rileks lagi, bahkan cenderung menjadi lebih merasa cemas, takut, dan timbulnya rasa tertekan.
Maka tak heran jika Anda yang terlalu sering begadang di malam hari dapat menjadi cepat merasakan lelah dan sering kali tidak fokus pada keesokan harinya. Konsentrasi yang terbatas turut membawa Anda pada masalah seperti lupa untuk mengerjakan tugas atau menelepon seseorang. Kalau sudah istirahat tetapi Anda tetap saja masih memaksakan diri untuk bekerja lebih, juga akan menyebabkan penyakit lupa menjadi kambuh lagi. Sebab kelebihan informasi yang diterima juga turut membuat otak Anda semakin lelah dan rentan lupa. Untuk itu, sebaiknya aturlah waktu untuk beristirahat yang cukup agar Anda tidak mudah pelupa! Baca juga : Manfaat tidur bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui!

2. Perubahan Hormon Tiroid
Gangguan hormon tiroid
Tenggorokanku sakit nih! Sumber : Google

Bukan hanya dikarenakan kurangnya istirahat, tetapi perubahan hormon dalam tubuh dapat juga menjadi salah satu penyebab seseorang sering lupa. Hormon yang dimaksud adalah yang dihasilkan dari kelenjar tiroid, yang pada mulanya berfungsi untuk mengatur kapan Anda akan merasa membutuhkan tidur dan istirahat. Berkaitan dengan penyebab sebelumnya, perubahan jumlah hormon yang dihasilkan bisa memicu masalah seperti kesulitan tidur. Hormon dari kelenjar tiroid yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak diproduksi tubuh dapat membuat penyakit lupa Anda semakin bertambah pula.

3. Gangguan Kesehatan
Gangguan kesehatan pengaruhi penakit lupa
Aduh,,,aku pusing nih! Sumber : Google

Pastinya Anda pernah, bukan? Berada dalam kondisi tidak fit atau dalam keadaan tidak sehat. Seseorang yang dalam kondisi tidak fit memiliki kemungkinan lebih besar untuk terjangkit penyakit lupa lho! Kenapa bisa begitu, ya? Gangguan pada kesehatan yang disebabkan karena benturan keras di kepala juga dapat memengaruhi kestabilan fungsi otak. Pernah mendengar kasus amnesia akibat kecelakaan yang menimpa seseorang? Ya, amnesia atau kondisi kehilangan sejumlah memori dapat berkaitan langsung dengan cedera yang dialami seseorang secara fisik.
Untuk itulah Anda perlu mewaspadai kebiasaan lupa yang sudah diambang berlebihan! Bisa jadi hal tersebut berulah tanda awal dari penyakit Alzheimer. Walaupun gangguan ini biasanya menyerang orang lanjut usia, tak ada salahnya untuk memperhatikan kesehatan diri terlebih jika gejala Alzheimer lain seperti sensitif pikiran kacau dan kecemasan berlebihan sudah menyerang Anda.

4. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Minum Alkohol pengaruhi pelupa
Sumber : Google
Satu lagi fakta yang harus Anda ketahui berkaitan dengan asal muasal penyebab penyakit lupa ini. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok ternyata dapat memperlemah kerja otak secara perlahan-lahan. Beberapa sel di dalamnya mungkin saja tidak berfungsi dengan baik bahkan rusak ataupun mati. Memang, mengonsumsi alkohol akan membuat tubuh sejenak bisa dibilang seperti linglung dan kesadaran diripun juga ikut menurun. Hal tersebut sangatlah wajar! Tetapi, efek jangka panjang selanjutnya yang mungkin Anda terima adalah kebiasaan pikun yang semakin parah, yang bisa terjadi sekalipun Anda tidak berada dalam keadaan mabok. Parahnya lagi nantinya akan bisa menyebabkan Anda terlihat seperti orang yang tidak normal. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi minuman yang beralkohol atau sejenis minuman yang memabukkan lainnya. 
Depresi mudah pelupa
Sering depresi mudah pelupa lho! Sumber : Google

Jangan terlalu sedih ya, Ladies! Kesedihan yang terlalu berlebihan dapat berujung pada depresi atau stres lho! Kalau sudah begitu, perasaan-perasaan negatif seperti cemas, takut, rendah diri, hingga iri hati dapat membutakan hari-hari Anda dan justru mengganggu kesehatan tentunya. Salah satunya adalah membuat Anda semakin mudah untuk lupa akan suatu hal. Dalam keadaan tersebut, otak akan terlalu sering menegang sehingga harus lebih bekerja keras termasuk dalam menyimpan informasi yang diterima. Anda pun akan kesulitan mencerna pesan dari orang lain karena otak tidak dapat fokus dengan baik lagi. Jika tidak segera ditangani, Anda akan semakin mudah untuk lupa dan bahkan juga dapat berujung pada gangguan memori yang sudah parah. Yuk, hiasi hari-hari Anda dengan senyuman dan bebaskan diri Anda dari depresi yang berlebihan, ya!!! Baca juga : 8 Cara agar tidak mudah stres di pagi hari.

6. Konsumsi yang Salah

Salah mengonsumsi makanan
Hati-hati! Salah makan juga dapat menyebabkan pelupa lho! Sumber : Google

Konsumsi yang dimaksud dapat dibedakan menjadi dual ho! Pertama adalah konsumsi makanan sehari-hari. Anda yang tengah menjalani diet harus lebih berhati-hati, ya! Cara diet yang salah dapat menurunkan kandungan vitamin dan zat penting yang bisa membantu penyimpanan memori dalam otak. Kedua, konsumsi obat-obatan penenang juga dapat menyumbangkan risiko keadaan otak yang sering pelupa lho. Efek tenang dan santai yang dirasakan dari obat-obatan tersebut, ternyata dapat menyebabkan masalah memori yang berkelanjutan. Berhati-hatilah ya, dalam mengonsumsi makanan ataupun obat-obatan!!!

Catat 6 penyebab tersebut ya! Penyakit lupa harus diminimalisasi sedini mungkin oleh Anda sendiri. Yang pasti, Anda harus menjauhi keenam penyebab di atas! Jangan lupa untuk istirahatlah yang cukup di tengah kesibukan Anda. Rajinlah mengonsumsi makanan bergizi, terutama vitamin E dan makanan yang mengandung choline seperti ayam dan telur yang dapat meningkatkan kinerja otak. Serta lakukanlah Olahraga yang teratur, yang juga mampu mempelancar peredaran oksigen ke arah otak lho. Sehingga system peredaran darah menjadi lancar dan tetap sehat tentunya.

Jika Anda sadar, bahwa diri Anda suka melupakan segala sesuatu. Maka alangkah baiknya untuk membuat catatan pribadi sebagai rekaman untuk semua aktivitas dan pesan penting yang harus Anda lakukan. Anda juga bisa membantu diri sendiri, lho! Dengan meletakkan kembali barang yang diambil ke tempat semula. Jika dirasa sudah keterlaluan, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk melakukan tes gelombang otak. Jangan cepat lupa lagi ya! yakinkan pada diri Anda bahwa bisa kok menjadi tidak pelupa lagi. Mulai sekarang ya!

Stay healty ya guys!!!
Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 6 Faktor Penyebab Sering Lupa"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....