Jangan Anggap Remeh Biang Keringat

Meski kecil dan tidak begitu terlihat, biang keringat tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele, lho! Wah kenapa begitu ya? Padahalkan cuma bintik-bintik kecil saja! 

Hal ini dikarenakan gangguan pada kulit ini bisa saja berujung pada peradangan, hingga mengakibatkan infeksi kulit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Tak hanya dapat mengganggu penampilan Anda, biang keringat yang sudah terlanjur menempel dapat membuat kulit menemui sejumlah penyakit seperti iritasi dan pembengkakan. Wah mengerikan sekali, bukan? Baca juga : Alergi udara dingin! Pernahkah Anda Mengalaminya?

Biang keringat
Sumber: Google
Bahkan yang perlu Anda ketahui bahwa biang keringat ini ternyata juga dapat menular lho. Biasanya penyakit ini menular secara fisik, udara, dan juga bisa menular melalui pakaian yang sudah terkena bakteri atau kuman penyebab permasalahan biang keringat tersebut. Biang keringat ini adalah sejenis ruam pada kulit yang berwarna merah dan menonjol. Serta memiliki rasa gatal dan juga bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit tersebut. Biasanya bagian tubuh yang sering terkena biang keringat itu terdapat pada bagian leher, dada, punggung, wajah, dan juga bisa terdapat dibagian paha.

Yuk simak baik-baik mengenai pembahasan tentang biang keringat secara tuntas mulai dari penyebab, gejala hingga cara mengatasi biang keringat yang membandel tersebut! Tenang saja, ziesehat sudah merangkumnya di sini, baca sampai tuntas ya....

Faktor apa saja yang dapat menjadi Penyebab Munculnya Biang Keringat tersebut?
Faktor penyebab terjadinya biang keringat
Sumber: Google
Pasti Anda sudah mengenal penyakit yang satu ini, bukan? Ya biang keringat atau juga bisa disebut dengan miliaria ini berbentuk seperti noda kemerahan di sekitar permukaan kulit yang terasa gatal dan membuat tubuh menjadi lebih cepat merasa gerah atau kepanasan.

Hal yang mengejutkan lagi dan harus Anda ketahui adalah seperti yang telah saya singgung sebelumnya, bahwa biang keringat ini ternyata dapat menular dari satu orang ke orang lainnya dengan melalui kontak fisik, pakaian yang dipinjamkan, hingga juga melalui udara! Tak hanya anak-anak dan balita saja yang bisa mengalami hal seperti ini, bahkan orang dewasa pun dapat terkena biang keringat sewaktu-waktu.

Baca juga: 10 Tanda Akibat dari Dehidrasi pada tubuh. Penting Anda Ketahui!

Dari mana sih munculnya biang keringat tersebut?

Kenapa biang keringat bisa terjadi
Sumber: Google
Banyak yang tidak tahu dari mana munculnya biang keringat ini. Asal usul dari biang keringat dapat dihubungkan dengan kemunculan bakteri bernama staphylococcus epidermidis yang membuat kulit sakit dan gatal seperti ditusuk-tusuk sesuatu. Ketika sehabis olahraga, berjalan kaki atau beraktivitas langsung di bawah panas matahari, tubuh Anda akan mengeluarkan banyak keringat, bukan? Nah, pada saat itulah produksi kelenjar minyak yang terlalu berlebih pada kulit dapat mendorong munculnya biang keringat.

Biang tersebut sebenarnya merupakan keringat yang ada di kulit tetapi tersumbat oleh sel kulit mati yang tidak terkelupas secara sempurna pada saluran kelenjar keringat sehingga membentuk bintik-bintik merah yang dinamakan biang keringat.

Mengapa penyumbatan pada kulit bisa terjadi, ya? 

Penyebab penyumbatan kulit terjadi
Sumber: Google
Penyumbatan pada kulit bisa terjadi dikarenakan kulit mati yang tersisa pada kulit yang dapat menyebabkan penyumbatan tersebut. Daki, debu, dan bahan kosmetik yang tertinggal juga menjadi beberapa penyebab penyumbatan keringat terjadi hingga terbentuk biang keringat. Memakai pakaian yang terlalu tebal dan ketat serta berada pada ruangan yang memiliki ventilasi buruk juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya biang keringat lho.

Selain itu kulit yang berminyakpun juga akan mempengaruhi munculnya biang keringat dan permaslahan yang baru juga. Untuk menghindari terjadinya kulit berminyak, sebaiknya hindarilah beberapa jenis kuliner ini.

Tetapi tenang saja ya guys, biang keringat tersebut ternyata tidak disebabkan karena faktor genetik atau keturunan lho. Kok bisa sih! Dikarenakan lingkunganlah yang menjadi faktor terbesar bagi seseorang untuk terkena biang keringat tersebut, bukannya karena factor genetic ataupun keturunan.

Lebih-lebih bagi Anda yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini. Kelembaban yang tinggi serta suhu yang panaslah dapat membuat kulit Anda dengan cepat terkena biang keringat. Bahkan biang keringat ini sangat suka berada dibeberapa bagian tubuh yang biasanya menjadi tempat munculnya biang keringat adalah dahi, leher, punggung, dan dada.

Yuk kenali jenis biang keringat yang sering terjadi pada tubuh kita!
Macam-macam biang keringat
Sumber: Google
Tahukah Anda jika biang keringat ini memiliki beberapa jenis atu varian? Ya, selain mengetahui penyebab munculnya biang keringat tersebut, Anda juga harus mengetahui jenis atau varian dari  biang keringat yang mungkin ada pada kulit Anda. Berikut ini adalah tiga macam biang keringat berdasarkan gejala yang muncul, yuk simak baik-baik guys:

1. Miliaria Kristalina
Terjadi pada bagian atas permukaan kulit. Biang ini berbentuk seperti gelembung tetesan air yang cair dengan ukuran 1 hingga 2 milimeter dan membuat daerah sekitarnya berubah warna menjadi merah.

2. Miliaria Rubra
Jenis miliaria yang paling umum terjadi ini terdapat pada bagian tengah kulit. Bintik merahnya bisa muncul berkelompok dalam satu daerah atau juga menyebar di sekujur tubuh. Biang keringatnya terasa gatal dan perih serta membuat kulit menjadi cepat panas dan gerah. Jenis biang keringat ini lebih banyak ditemui pada bayi dan anak-anak.

3. Liliaria Profunda
Terakhir, liliaria profunda atau miliaria profunda terletak pada bagian dalam lapisan kulit dan cenderung berukuran 1 hingga 3 milimeter. Pada jenis biang keringat ini tidak ditemui warna merah dan rasa gatal, tetapi bintik berwarna putih dan kecil. Jarang sekali orang yang mengalami jenis biang keringat ini.

Bagaimana solusi ampuh atasi biang keringat tersebut?
Cara mencegah timbulnya biang keringat
Sumber: Google
Setelah Anda mengetahui penyebab dan jenis atau varian dari biang keringat ini. Andapun juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mengobati terjadinya biang keringat tersebut. Jangan tunggu biang keringat memenuhi kulit ya! Anda dapat mencegah dan mengobatinya secara cepat dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini, yuk simak baik-baik guys:

1. Jangan terpapar langsung dengan matahari, ya! jika masih ingin keluar ruangan atau ingin bepergian, hendaknya gunakanlah payung atau berteduh di tempat yang sejuk.

2. Jika sudah merasa gatal, gantilah pakaian Anda secara rutin. Hal ini tentunya untuk mencegah berkembangnya kuman tau bakteri yang dapat menyebbakan timbulnya biang keringat tersebut.

3. Anda dapat menambahkan baking soda pada air yang digunakan untuk mandi untuk mengobati biang keringat tersebut.

4. Nyalakanlah pendingin ruangan atau kipas angin untuk mendinginkan tubuh di siang ataupun pada malam hari. Atur agar anginnya tidak langsung terarah pada badan Anda,  ya.

5. Jangan menggaruk-garuk biang keringat lho. Jika digaruk-garuk, maka menambah kulit kita mnejadi lecet bahkan sampai berdarah. Jangan sampai bagian kulit yang terkena biang menjadi lecet dan berdarah, ya. karena dapat menimbulkan permasalahan yang baru dan juga kuman atau bakterinya semakin bertambah banyak, bukannya menghilang lho.

6. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional yang terdiri dari bubuk ketumbar, cendana, dan air mawar untuk dioleskan pada bagian kulit yang terkena biang keringat.

7. Serta Anda juga bisa menaburkan bedak pada bagian kulit yang terkenan biang keringat tersebut, agar dapat menghilangkan gatal dan bakteri yang ada.

Nah, itulah guys cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan juga mengobati penyakit biang keringat ini. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, biang keringat dapat diatasi dan diobati dengan mudah lho. Maka dari itu, usahakanlah kelembapan kulit selalu terjaga dengan mengendalikan aktivitas yang dilakukan dan juga ingat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh ya guys!

Jangan tunda-tunda lagi  untuk  mengatasi biang keringat tersebut, ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jangan Anggap Remeh Biang Keringat"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....