Manfaat Tidur bagi Kesehatan Tubuh

Berapa lama Anda tidur setiap malam, hayo ngaku? Tahukah Anda, ternyata manfaat tidur bagi kesehatan tubuh itu sangat banyak lho! Baik tidurnya itu lama atau hanya sebentar saja dengan tidur yang berkualitas, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kesehatan tubuh Anda esok harinya. Selama tidur, tubuh akan bekerja untuk mendukung fungsi otak yang sehat dan menjaga kesehatan fisik Anda. Selain itu, tidur juga dapat membantu otak Anda bekerja dengan lebih baik tentunya.

Studi menunjukkan bahwa tidur malam yang cukup meningkatkan kualitas belajar dan berpikir, meningkatkan fokus, dan juga dapat menjadikan seseorang lebih kreatif tentunya. Anak-anak dan remaja yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah dan impulsif, memiliki suasana hati yang buruk, merasa sedih atau tertekan, serta kekurangan motivasi untuk melakukan sesuatu terutama dalam meraih mimpi-mimpinya. Mereka juga seringkali memiliki masalah untuk memusatkan perhatian, sehingga mendapatkan nilai yang lebih rendah dan mudah merasa stress. Penting Anda ketahui cara agar tidak stres, terutama pada pagi hari.

Tidur Terlalu Sebentar Berbahayakah!

Manfaat tidur yang tersembunyi, penting diketahui!
Manfaat tidur yang tersembunyi, penting diketahui!!! Sumber: Google
Selain itu, kurang tidur dikaitkan juga dengan meningkatnya risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan meningkatkan risiko obesitas. Dengan tidur yang cukup, maka akan membantu tubuh untuk tetap menjaga keseimbangan hormon yang membuat Anda merasa lapar (ghrelin) atau penuh (leptin). Sebagian orang beranggapan bahwa banyak tidur membuat gemuk, namun sebenarnya dengan tidur yang cukup justru membantu menstabilkan berat badan Anda lho. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan apabila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, maka akan terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuh. Kadar ghrelin akan naik sementara kadar leptin akan turun. Hal ini nantinya akan membuat Anda merasa lapar daripada ketika Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

Jadi, bagi mereka yang ingin diet diharapkan untuk menata waktu istirahatnya, jangan sampai sering begadang atau kurang tidur ya. Karena ketika tidak tidur cukup maka tubuh Anda akan meningkatkan hormon-hormon yang akan meningkatkan rasa lapar. Sehingga ketika begadang dan menuruti keinginan untuk makan, maka diet Andapun menjadi tidak akan berhasil atau bisa dibilang gagal. Selain itu, tidur juga memengaruhi bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap insulin, hormon yang mengontrol kadar gula darah Anda. Kadar gula darah orang yang kurang tidur cenderung lebih tinggi dibandikan dengan mereka yang cukup tidur. Jadi dapat disimpulkan bahwa seseorang yang kurang tidur atau tidurnya hanya sebentar saja tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan pada tubuh, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai permaslahan tersebut, yuk lakukanlah hal sederhana ini dengan mencukupi tidur yang berkualitas ya!

Manfaat Apa Saja yang Bisa Didapatkan dari Cukup Tidur Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh?

Tubuh menjadi bugar kembali setelah tidur dengan cukup
Tubuh menjadi bugar kembali setelah tidur dengan cukup! Sumber: Google

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cukup tidur juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dan remaja lho. Dikarenakan hal tersebut dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang kemudian akan meningkatkan massa otot dan juga dapat membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan pada anak-anak, remaja, dan juga pada orang dewasa. Tidur yang cukup dan berkualitas tentunya akan sangat membantu Anda dalam beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Orang yang cukup tidur akan menjadi lebih produktif di tempat kerja dan juga di sekolah dibandingkan dengan orang yang kurang tidur atau tidurnya tidak cukup. Orang yang kurang tidur juga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas-tugas, memiliki waktu reaksi yang lebih lambat, dan juga membuat lebih banyak kesalahan. 
Baca juga : Tulang bungkuk bisa terjadi di usia dini lho, jangan dianggap sepele ya!

Tidur cukup ternyata juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki suasana hati atau emosi Anda, meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan daya ingat, dan memperbaiki kehidupan seksual Anda tentunya. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang cukup tidur lebih berpotensi dalam meraih prestasi baik itu di sekolah ataupun di tempat kerja.

Beberapa orang yang terbiasa tidur hanya beberapa jam saja, tidak menyadari akan risiko yang ditimbulkan dari kekurangan tidur tersebut. Bahkan, mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka kekurangan tidur, karena terlalu asik dengan suatu pekerjaan atau kegiatan lainnya. Bahkan dengan kualitas tidur yang rendahpun, mereka mungkin saja masih berpikir bahwa fungsi tubuhnya masih dalam keadaan dengan baik. Misalnya, pengemudi yang mengantuk mungkin merasa mampu mengemudi. Namun, studi menunjukkan bahwa kekurangan tidur merugikan kemampuan mengemudi Anda bahkan lebih buruk dari seseorang yang mabuk. Diperkirakan sekitar 100.000 kecelakaan mobil, dan sekitar 1.500 kematian setiap tahun disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Sampai separah itu ya, akibatnya dari kurang tidur.

Lalu Berapa Lama Anda Harus Tidur?
Berapa lama tidur yang baik ya?
Berapa lama tidur yang baik ya? Sumber : Google

Jumlah tidur yang Anda butuhkan setiap hari akan berubah selama hidup Anda. Untuk bayi yang baru lahir membutuhkan tidur selama 16-18 jam sehari, sementara  anak-anak prasekolah membutuhkan tidur selama 11-12 jam sehari, anak usia sekolah membutuhkan sekitar 10 jam sehari, remaja membutuhkan 9-10 jam sehari, dan orang dewasa (termasuk orang tua) membutuhkan 7-8 jam sehari.

Beberapa orang tidur siang sebagai cara untuk mengurangi rasa kantuk. Memang tidur siang dapat memberikan dorongan jangka pendek kewaspadaan dan dalam kinerja Anda tentunya , namun tidur siang tidak memberikan semua manfaat lain dari tidur di malam hari. Beberapa orang akan tidur lebih lama pada hari libur, dengan anggapan untuk mengganti jam tidur  di hari kerja. Meskipun ekstra tidur di hari libur dapat membantu Anda merasa lebih baik, itu bisa mengganggu ritme tubuh Anda lho. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah kurang tidur dan cukupilah tidur Anda setiap harinya. Agar tubuh Anda selalu sehat dan tidak gampang sakit serta juga mendapatkan semua manfaat dari tidur tersebut lho. Akibat terlalu lama tidur ternyata juga akan menyebabkan sakit kepala. Inilah perbedaan antara sakit kepala biasa dan migran yang penting sekali diketahui!

Apakah Ada Perbedaannya, Tidur Dalam Keadaan Gelap atau Terang?

Tidur dalam gelap atau terang
Tidur dalam gelap atau terang ya? Sumber: Google
Beberapa dari Anda seringkali takut tidur dalam gelap. Namun sebenarnya tidur yang benar adalah dalam keadaan gelap. Mengapa bisa seperti itu ya? Karena pada keadaan yang gelap akan mempermudah Anda untuk tidur karena mata tidak terganggu oleh hal lain di sekitar, sehingga pikiran Anda hanya terfokus untuk menutup mata dan tidur saja tentunya.

Selain itu, tidur dalam keadaan yang gelap juga akan meningkatkan produksi melatonin. Adapun melatonin adalah hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal, yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda. Melatonin dalam jumlah sangat kecil ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Keadaan gelap akan merangsang terbentuknya hormon melatonin tersebut. Hormon ini diyakini dapat menghentikan atau memperlambat penyebaran kanker, membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, atau memperlambat proses penuaan. Tapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran dari dampaknya tersebut.

Berdasarakan artikel di atas ternyata tidur cukup sangat banyak manfaatnya ya bagi kesehatan tubuh Anda! Sudahkah Anda tidur cukup tadi malam? Kalau belum, yuk lakukanlah mulai sekarang ya. dengan melakukan tidur yang cukup dan berkualitas, maka tubuh kita akan mendapatkan berbagai macam manfaatnya lho, seprti yang telah dijelaskan di atas tadi ya. Yuk cukupilah tidur Anda ya, dan ayo sehat. Mulailah dari hal yang kecil ya, baru yang besar….ok!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Manfaat Tidur bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....