7 Arti Tanda Segitiga Pada Botol Minum Plastik

Pastinya pernah bukan, melihat tanda berbentuk segitiga di kemasan botol minum plastik? Jika pernah melihatnya, apakah Anda tahu apa maksud sebenarnya dari tanda segitiga tersebut? mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui fungsi dibuatnya tanda segitiga pada botol plastik tersebut dan ada juga yang mengangapnya hanya hiasan semata serta tidak memiliki pengaruh terhadap apapun.

Yuk, perhatikan tanda segitiga pada botol plastik!
Yuk, perhatikan tanda segitiga pada botol plastik! Sumber : Google

Yaps, simbol segitiga yang biasanya tertera di bawah botol tersebut bukan dibuat untuk penghias atau pemanis saja, lho! Gambar segitiga yang sudah dijadikan sebagai kode internasional itu dikhususkan untuk memberikan standarisasi tanda pengenal pada masing-masing botol minum yang dijual. Hayo ngaku! Yang sering mengabaikan tanda segitiga ini dan sering kali dianggap sebelah mata. sekarang sudah tahukan, bahwa tanda segitiga tersebut memiliki peranan penting dalam kualitas sebuah kemasan plastik. Untuk lebih jelasnya, lanjutkan bacanya, yuk….
Baca juga :  Manfaat yang didapatkan dari tidur, yuk baca!

Logo segitiga pada botol plastik dikeluarkan pertama kali oleh The Society of Plastic Industry Amerika Serikat pada tahun 1998. Dalam setiap segitiga terdapat pilihan angka 1 sampai 7 sebagai pembeda dari variasi jenis botol yang ada. Setiap angkanya merepresentasikan informasi tertentu terkait cara pemakaian dan perawatan botol.

Penasaran? 
Mari temukan detail informasi pada setiap tanda segitiga berangka di bawah ini!
>>> PETE atau PET (polyethylene terephthalate) dengan Angka 1


PETE atau PET
 Sumber : Google

Anda biasanya akan menemui tanda segitiga dengan angka 1 ini pada botol plastik berwarna jernih atau transparan seperti pada air mineral. Pada umumnya botol terbuat dari serat sintesis. Arti dari simbol segitiga yang berinisial PETE atau PET ini adalah bahwa botol plastik dengan tanda ini disarankan hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja. Penggunaannya secara berulang atau pengisian air isi ulang yang hangat hingga bersuhu panas dapat merusak botol. Lapisan polimer yang ada bisa ikut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh. Eh,,,,ngeri, bukan !

>>> HDPE (high density polyethylene) dengan Angka 2


HDPE
Sumber : Google

Tanda segitiga kedua sering disebut sebagai HDPE. Seperti halnya yang terdapat pada jenis botol plastik susu, deterjen, serta galon air memiliki simbol segitiga dengan angka 2 ini di bagian permukaan bawahnya. Sifat bahan ini jauh lebih kuat, keras, dan tahan terhadap panas dibandingkan jenis botol yang pertama tadi. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir karena bahan plastik ini aman digunakan dan terbebas dari bahaya reaksi kimia antara kemasan dengan minuman yang dituang.
Baca juga nih, 8 Cara agar tidak mudah stres pada pagi hari!

>>> V atau PVC (polyvinyl chloride) dengan Angka 3

PVC
Sumber : Google

V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah jenis botol dengan bahan plastik ini sulit didaur ulang. seperti yang terdapat pada jenis botol shampoo, minyak, dan juga kabel listrik. Pada saat menggunakan produk wadah dengan tanda segitiga V ini Anda harus berhati-hati, ya! Karena reaksi yang terjadi dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada organ tubuh seperti ginjal dan hati. Lebih baik Anda mengganti botol kemasan dengan yang lebih alami dan lebih aman tentunya.

>>> LDPE (low density polyethylene) dengan Angka 4


LDPE
Sumber : Google

Tanda LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai pada botol-botol yang memiliki struktur lembek. Sifat plastik yang ada pada botol ini adalah kuat, sedikit tembus cahaya, fleksibel, permukaan sedikit berlemak, dan proteksi uap air yang baik. Di sisi lain, Anda yang meneguk minuman dari jenis botol dengan angka 4 ini tak perlu cemas akan potensi terkelupasnya plastik. Minuman yang ditelan akan terbebas dari kontaminasi kimia serta senyawa berbahaya lain yang mungkin larut dalam air. Mengapa? Karena plastik LDPE memiliki daya pertahanan yang baik terhadap reaksi kimia. Keunggulan terakhir dari varian plastik ini adalah kemampuannya untuk didaur ulang sehingga tidak akan merusak lingkungan. Jadi, botol plastik dengan tanda LDPE (low density polyethylene) dengan angka 4 ini lebih aman untuk digunakan, ya!

>>> PP (polypropylene) dengan angka 5


PP
Sumber : Google

Polypropylene adalah jenis botol plastik kelima yang harus Anda ketahui. Karakteristik dari botol minum dengan plastik PP ini adalah kemasannya yang tidak transparan. Plastik yang digunakan membuat botol menjadi ringan namun memiliki daya tembus uap yang rendah. Walaupun begitu terdapat beberapa kelebihan dari PP yang patut diperhitungkan, seperti memunyai ketahanan lemak yang baik, cenderung stabil terhadap suhu tinggi, dan berwarna mengkilap. Bahkan bisa dikatakan jika botol berlabel PP ini adalah pilihan terbaik yang bisa dibeli. Bagi Anda yang memiliki bayi, lebih baik menggunakan jenis botol plastik dengan segitiga berangka 5 ini untuk menyimpan makanan Si Kecil, ya!

>>> PS (polystyrene) dengan Angka 6

PS
Sumber : Google

Apakah Anda pernah mendengar kata PS atau polystyrene? Ya, kebanyakan jenis plastik ini digunakan sebagai bahan dasar styrofoam atau tempat minum sekali pakai saja. Sebaiknya bahan plastik ini harus dihindari, ya! Karena memiliki beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja bahayanya? Plastik jenis ini, jika tak sengaja tertelan dapat menghambat pertumbuhan sistem saraf dan mengganggu system kerja otak kita. Khusus bagi Anda para kaum hawa nih, meminum larutan yang tercampur plastik ini dapat mengakibatkan masalah pada produksi hormon estrogen dan tentunya akan berpengaruh terhadap kelancaran sistem reproduksi Anda. Bisa gawat kan! Nah, sebaiknya hindarilah pemakaian plastik jenis ini, ya. bukan hanya dapat mengganggu kesehatan kita, tetapi juga akan menyebabkan tumpukan sampah nantinya. Yuk, beralih ke jenis plastik lainnya yang lebih aman untuk digunakan.

>>> Other (biasanya polycarbonate) dengan Angka 7


OTHER
Sumber : Google

Terakhir, ada tanda segitiga berangka 7 yang harus Anda perhatikan! Terdapat 4 jenis plastik yang memiliki tanda seperti itu, di antaranya adalah jenis plastik SAN (styrene acrylonitrille), ABS (acrylonitrille butadiene styrene), PC (polyarbonate), dan nylon. Masing-masing tanda tersebut terdapat pada kemasan botol yang berbeda. Misalnya, SAN dapat ditemukan pada botol minum olahraga dan termos sedangkan PC pada botol susu bayi dan minuman kemasan, termasuk kaleng susu formula. Bagaimana dengan karakteristik masing-masing jenis? Untuk SAN dan ABS, kedua bahan ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap perubahan suhu dan reaksi kimia sehingga lebih aman digunakan. Sayangnya, PC tidak begitu dianjurkan untuk dipakai karena jika bahan kimia di dalamnya masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu produksi hormon dan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Apalagi jika botol susu bayi dengan tanda ini dipanaskan untuk mendapatkan proses sterilisasi, justru sebenarnya dapat meracuni bayi Anda. Bisa gawat kan!!!
Sudah kenal dengan 7 tanda segitiga tersebut? Saatnya untuk lebih memerhatikan rambu-rambu yang dimiliki oleh setiap botol plastik dengan kemasan segitiga yang berbeda tersebut, ya! Sekarang Anda tidak menganggap remeh tanda segitiga yang ada pada botol plastik tersebut lagi, kan? Tetap cermat dalam memilih kemasan botol plastik, ya guys. Tentunya untuk menjaga kesehatan hidup yang lebih baik, ya!

Stay healty, guys!!!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Arti Tanda Segitiga Pada Botol Minum Plastik"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....