7 Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kebugaran Tubuh

Capek nih, jalan terus!

Kata-kata tersebut sering dilontarkan kebanyakan orang yang tua ataupun yang masih muda sekalipun. Mengapa demikian, kan menyehatkan ? Banyak yang mengaku setelah jalan kaki agak jauh merasakan capek. Hal itulah yang membuat sebagian orang malas untuk melakukan olah yang satu ini.

Olahraga itu memang melelahkan dan membuat tubuh kita capak. Tetapi dengan melakukan olahraga secra rutin, tubuh kita akan meraskan manfaat yang diberikan dari olahraga tersebut. Kan Anda sudah tahu, bahwa olahraga itu memiliki banyak sekali manfaat yang etrsembunyi dan sudah taka sing lagi untuk didengar. Kalau sudah begini kenapa masih malas untuk berolahraga! Yuk, berolahraga dan raihlah manfaatnya!

Jalan kaki menyehatkan
Sumber : Google

Coba dulu Anda lakukan dari hal yang sederhanan, seperti dengan melakukan rutin jalan kaki setiap hari, setiap minggu, pokoknya dilakukan dengan teratur ya! Untuk melakukan hal tersebut demi mendapatkan kesehatan tubuh memang terkadang sulit utnukdilakukan, lagi–lagi musuh terbesarnya adalah rasa malas. Hayo ngaku Kenapa ya pertama kali memulai berolahraga pasti malas banget! Apalagi kalau harus rutin melakukannya, ya paling bertahan 1 minggu di awal.
Baca juga : Manfaat tidur yang sangat baik untuk kesehatan, penting Anda ketahui!

Namun untuk kegiatan jalan kaki tanpa disadari Anda sudah melakukannya dalam kegiatan sehari–hari. Coba saja perhatikan, segala kegiatan yang Anda lakukan kebanyakan membutuhkan gerakan dan jalan kaki kan! Nah, kalau tahu jika jalan kaki ternyata dapat bermanfaat untuk kebugaran tubuh pasti Anda akan lebih bersemangat dan senang hati untuk memperbanyak jalan kaki dalam melakukan berbagai kegiatan. Jalan kaki ini merupakan salah satu olahraga yang sangat praktis dan juga murah untuk dilakukan.

Hanya bermodalkan tubuh dan kemauan Anda sudah bisa melakukannya dan mendapatkan manfaat dari berjalan kaki. Dalam beberapa fakta yang saya tahu mengenai manfaat rutin jalan kaki yang dilakukan kurang lebih 20 menit dalam sehari akan membakar setidaknya 3,5 kg lemak lho per tahun. Lumayan bukan kalau Anda dapat menambah waktu berjalan dan dikombinasikan dengan jalan cepat? Selain itu juga jalan kaki selama 40 menit merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan dapat menjaga kesehatan jantung dan paru–paru. Selain itu, dengan melakukan jalan kaki terutama pada pagi hari dapat mencegah stres dan juga dapat meringankan beban pikiran Anda, tentunya.

Sejauh ini saya sudah merasakan beberapa manfaat dari rutin berjalan kaki. Sekarang Andapun juga harus merasakannya! Berikut ini sedikit dari manfaat rutin jalan kaki yang bisa membuat Anda bisa semangat untuk melakukannya juga. Yuk, simak baik-baik….

1. Menurunkan berat badan


Jalan kaki dapat menurunkan berat badan
Sumber : Google

Nah ini salah satu manfaat yang mungkin sangat  dinginkan oleh sebagian orang dari jalan kaki yaitu dapat menurunkan berat badan dan membuat badan menjadi lebih ideal. Bagaimana tidak? Setelah Anda berjalan kaki, keringat dalam tubuh akan keluar lebih banyak dari biasanya dan badan pun menjadi terasa lebih ringan. Kesegaranpun juga akan sangat dirasakan, bahkan jika melakukan jalan kaki ini pada pagi hari. Selain mendapatkan tubuh yang ideal, juga akan mendapatkan manfaat yang lainnya, bukan? Lanjut bacanya, ya!

Dalam hal ini Anda dapat mengatur banyaknya kalori yang terbakar dengan keinginan atau keperluan tubuh kita, ya! Kalau Anda menginginkan lebih banyak kalori yang terbakar cukup tambahkan jarak tempuh atau mempercepat sedikit langkah berjalannya saja. Dengan kata lain berjalan cepatlah dan dengan jarak tempuh yang lebih panjang tentunya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka usahakanlah untuk melakukannya dengan rutin dan teratur, ya! jangan menunggu saat Anda rajin untuk berolahraga saja, ya. Anda harus melawan rasa mala situ, tetap sehat!

2. Menyehatkan jantung dan paru–paru

Menyehatkan jantung dan paru–paru
Sumber : Google

Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru itu menurut aku hal tersebut penting sekali. Karena organ-organ tubuh tersebut sangatlah berperan penting dalam tubuh kita. Jantung sendiri merupakan inti dari sistem tubuh yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. bila jantung ataupun paru-paru kita terkena masalah, siapa yang nantinya akan memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Jadi, memang produktivitas jantung sangat penting untuk dilatih dan dirawat agar tetap lancar dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Untuk itulah, kita harus mempedulikan kesehatan jantung dan paru-paru agar terbebas dari permasalahan-permasalahan yang mungkin saja dapat menggangu organ-organ penting tersebut. Salah satunya yaitu Anda dapat melakukan kegiatan jalan kaki dengan rutin dan juga teratur, yang diklaim mampu menyehatkan jantung dan juga paru-paru kita.

3. Mengencangkan otot tubuh

Mengencangkan otot tubuh
Sumber : Google

Banyak yang berpendapat bahwa kalau ingin membuat otot-otot tubuh menjadi kencang, maka harus melakukan latihan secara fisik, seperti rutin fitness dan juga gym. Memang benar dengan melakukan latihan tersebut secara rutin dapat membuat otot semakin kencang. Tetapi, apakah Anda menyadari bahwa dengan melakukan kegiatan yang ringan seperti halnya jalan kaki juga dapat membuat otot tubuh Anda semakin kencang, terutama otot pada bagian kaki. Bukan hanya dapat membuat otot-otot terlihat lebih kencang juga dapat membuat tubuh menjadi lebih indah.

Hal ini dikarenakan pada saat melakukan jalan kaki dengan jarak yang lumayan lama, tubuh akan mengeluarkan keringat dan juga membakar lemak pada tubuh. Sehingga membuat struktur otot–otot tubuh akan lebih terlihat menonjol dan lemak yang menutupinya juga akan perlahan menghilang. Badan pun jauh lebih ringan bila dilakukan secara rutin setiap hari. Sehingga tubuh kita pun akan terlihat lebih kencang dan lebih indah, tentunya!

Yang tidak kalah pentingnya dari jalan kaki yaitu tubuh kita pun juga kan semakin ideal. Cocok sekali buat Anda yang ingin memiliki tubuh ideal dan terlihat indah.

4. Merasa lebih bahagia


Jalan kaki membuat lebih bahagia
Sumber : Google

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan melakukan jalan kaki dapat membuat perasaan kita manjadi lebih bahagia. Perasaan kaku dan stres pun perlahan akan menghilang, senyumpun terpancar di wajah Anda.

Terlebih lagi jika Anda melakukannya pada pagi hari. Di mana saat udara masih segar dan sejuk, mulailah untuk menikmati suasana seperti itu dengan menarik nafas yang agak panjang dan hembuskan. Baru mulailah untuk melakukan lari-lari kecil atau jalan kaki dengan agak cepat. Dan rasakanlah Anda pun mulai merasakan kebahagiaan dan ketenangan.

Hal ini dikarenakan pada saat Anda melakukan kegiatan tersebut, tanpa kita sadari hal itu mampu membantu otak untuk mengeluarkan hormone endorphin. Yaitu hormone yang mampu membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan menambahkan energi kembali.
Baca juga : 8 Cara agar terhindar dari stres di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi

Jalan kaki meningkatkan konsentrasi
Sumber : Google

Selain dapat membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia dan berenergi lagi. Melakukan aktivitas jalan kaki ini juga dapat meningkatkan konsentarasi Anda lho! Iya, pada saat berjalan Anda butuh konsentrasi agar tidak tersandung oleh batu atau benda lainnya yang mungkin saja berada di jalan yang Anda lalui.

Dari hal itulah, tingkat konsentrasi Anda perlahan namun pasti akan terus bertambah. Dan tentunya bila melakukan jalan kaki di pagi hari, maka nanti saat berada di sekolah atau tempat kerja akan bisa berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.

6. Dapat membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari jerawat


Jalan kaki dapat membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari jerawat
Sumber : Google

Hayo ngaku, siapa yang ingin memiliki kulit yang sehat, bercahaya, dan juga terbebas dari jerawat? 

Pastinya semua orang inginlah memilikinya, namun hanya sebagian orang yang berhasil memilikinya. Nah, jika Anda salah satunya! Yuk coba olahraga jalan kaki atau lari kecil ini. Dengan melakukannya secara rutin dan teratur, maka tubuh dan kulit Anda pun akan terlihat lebih sehat. pada saat Anda melakukan olahraga yang satu ini, bukan hanya keringat yang keluar. Tetapi pori-pori kulit juga kan terbuka.

Dari situlah kulit akan bernapas, apalagi dengan berkeringat membuat pori–pori dibersihkan secara alami dari kotoran, untuk keluar dari debu, atau komedo yang menyumbat. Tapi selesai melakukannya harus tetap cuci muka dengan rutin, ya!
Baca juga : 10 Cara terefektif basmi jerawat hingga ke akar bahkan terbilang membandel dengan bahan alami.

7. Mencegah pikun atau pelupa

Jalan kaki dapat mencegah pikun atau pelupa
Sumber : Google

Permasalahan sering lupa sesuatu sekarang ini banyak sekali. Biasanya orang yang mudah lupa sesuatu atau bisa juga disebut dengan pikun ini kebanyakan dialami oelh orang yang sudah berumur atau tua. Ternyata anak muda pun juga banyak yang mengalami hal tersebut. Mungkin disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Nah, dengan melakukan kegiatan jalan kaki terutama pada pagi hari mampu mencegah kepikunan atau pelupa ini. Tentunya dengan melakukannya secara rutin dan juga teratur, ya! menurut sebuah penelitian, dengan melakukan jalan kaki secra rutin dan teratur maka akan melindungi fungsi otak dan juga dapat menurunkan tingkat kepikunan atau pelupa ini hingga 40%  lho! Untuk itulah, yuk jalan kaki agar lebih sehat tentunya.
Baca juga : Faktor yang dapat menyebabkan Anda mudah pelupa!

Nah, itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berjalan kaki. Banyak bangetkan manfaat! Bisa dibilang manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh sebenarnya memang sangat banyak dan yang paling utama bagi saya sendiri yaitu ke tujuh hal di atas.

Selain yang telah saya sebutkan di atas tadi, masih banyak manfaat dari jalan kaki ya! kalau sudah mengetahui manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, kenapa masih malas untuk melakukan kegiatan yang murah meriah ini?

Yuk, mulailah untuk biasakanlah diri Anda untuk berjalan kaki terutama pada pagi hari ya! mulailah dari hal yang kecil dulu, baru yang besar. Bagi saya dengan melakukan jalan kaki dengan rutin setiap hari dijamin bisa merasakan manfaat jalan kaki untuk kesehatan secara langsung. Jangan malas ya!

Stay healty, ya guys!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kebugaran Tubuh"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....