Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan Secara Alami

Mimisan atau yang lebih dikenal dengan hidung berdarah ini merupakan salah satu keadaan di mana terjadinya pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. Mimisan ini bisa terjadi dengan siapa saja, mau itu orang dewasa, remaja, bahkan juga sering ditemukan pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak ini memiliki pembuluh darah dan juga selaput lender di hidung yang terbilang sangat tipis dan gampang pecah, makanya anak-anak lebih sering mengalami mimisan ketimbang orang yang sudah dewasa. 

mimisan
Mimisan, apa? Sumber: Google
Umumnya semakin bertambahnya usia, gangguan mimisan ini akan semakin berkurang. Karena pembuluh darah dan selaput lender yang tadinya sangat tipis, tetapi seiring berjalannyawaktu an bertambahnya usia maka pembuluh darah dan juga selaput lender di hidung kita akan semakin tebal dan tentunya semakin kuat, hingga pendarahan atau mimisan itupun jarang terjadi. Itulah yang menyebabkan orang dewasa jarang mengalami mimisan dan anak-anak rentan mengalami mimisan. Baca juga: Penyebab Tulang Bungkuk yang Terjadi di Usia Dini, Berhati-hatilah!

Hidung berdarah ini akan berhenti dengan sendirinya, tetapi bagi kita yang baru mengalami hal tersebut akan merasa sangat khawatir dengan keadaan itu. Kalau anda mengalami hal seperti itu sebaiknya bersikaplah dengan tenang dan berusaha untuk membersihkan dan mengobati darah yang keluar tersebut. Harus anda ketahui juga bahwa mimisan ini bukanlah suatu penyakit, tetapi sebuah kelainan yang terjadi pada tubuh kita dan juga memiliki kemungkinan adanya gejala daari suatu penyakit. Jadi, harus tetap waspada ya guys.

Mungkin pada saat kita mengalami mimisan, keadaan tubuh kita sedang tidak normal. Misalnya kita sedang terserang flu yang mengharuskan kita mengeluarkan cairan yang ada pada hidung. Pada saat anda membuang cairan tersebut terlalu keras secara terus menerus, maka akan menyebabkan pendarahan pada hidung kita. Hal tersebut dikarenakan hidung kita mengalami trauma sehingga menyebabkan pendarahan pada hidung. Nah, selain disebabkan oleh hal tersebut mimisan atau hidung berdarah ini juga disebabkan oleh beberapa factor lainnya lho. 

penyebab terjadinya  mimisan
Apa saja ya, yang bisa menjadi penyebab terjadinya  mimisan? Sumber: Google
Ini dia factor-faktor yang dapat menyebabkan mimisan atau hidung berdarah :

1. Trauma
    Trauma bisanya terjadi pada perasaan kita, namun kali ini trauma juga dialami oleh hidung kita. Biasanya yang menyebabkan hidung kita trauma adalah adanya benturan keras pada hidung, terlalu keras mengorek lubang hidung, terlalu keras mengeluarkan cairan pada hidung, binatang masuk ke lubang hidung, terdapatnya tumor di hidung, alergi dan juga terjadinya infeksi pada lubang hidung.

2. Bawaan penyakit lain
    Biasanya mimisan ini terjadi karena suatu hal yang terjadi pada tubuh kita. Mimisan ini memberikan sebuah tanda kepada kita bahwa ada penyakit yang sedang menyerang tubuh kita. Misalnya penyakit yang diawali dengan terjadinya mimisan ini adalah penyakit deman berdarah dengue (DBD) karena trombosit di tubuh semakin berkurang yang dapat menyebabkan pendarahan pada hidung. Selain karena demam berdarah, hidung berdarah juga bisa disebabkan oleh tomur pada hidung, cikunguya, darah tinggi dan juga hemophilia (darah sukar membeku) dimana apabila kita mengalami luka atau pendarahan, maka sulit untuk menghentikannya karena darah tersebut sukar untuk membeku. Baca juga: Perbedaan antara Sakit Kepala dengan Migran.

3. Bakteri atau virus
    Bakteri atau virus juga berperan dalam penyebab mimisan itu terjadi. Biasanya bakteri ini menyerang sistem kekebalan tubuh kita lebih dahulu, sehingga kita terserang influenza yang juga menyebabkan peradangan pada hidung. Maka bila tidak segera diatasi akan menyebabkan pendarahan pada hidung, meskipun tidak akan menyebabkan kekurangan darah atau anemia.

4. Perubahan Cuaca yang ekstrim
    Cuaca juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan mimisan atau pendarahan hidung itu terjadi. Pada saat cuaca di sekitar kita berubah menjadi lebih panas dan menurunkan tingkat kelembapan yang ada di tempat itu. Karena perubahan suhu tersebutlah yang menyebabkan pendarahan pada hidung terjadi. Hal itu terjadi apabila daya tahan tubuh kita melemah atau tidak kuat sehingga mudah terken iritasi seperti itu. selain pada saat cuaca yang panas, mimisan juga sering terjadi pada cuaca yang sangat dingin. Hal itu dikarenakan tubuh kita tidak terbiasa dengan cuaca yang ekstrim seperti itu.

5. Polusi udara
    Polusi udara atau yang juga dikenal dengan udara yang tidak sehat ini karena sudah tercemar oleh berbagai bahan yang berbahaya, seperti adanya paparan asap rokok, asap pabrik, dan juga knalpot sepeda motor. Hal ini bisa menyebabkan alergi pada hidung yang  mana berpengaruh dengan permukaan selaput lender yang sangat tipis ini, yang bisa membuatnya robek atau lecet. Apabila hal itu terjadi maka terjadilah pendarahan pada hidung atau yang dikenal dengan mimisan.

6. Penggunaan AC yang berlebihan
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa AC adalah alat yang digunakan untuk melembabkan ruangan. Dengan cara kerjanya yaitu menyerap uap air yang berada di udara dan membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Saat anda menyalakan AC, suhu diruangan itupun akan berubah dengan seketika sehingga anda merasakan suhu udara yang dingin bukannya sejuk. Hal itu malah membuat udara di dalam ruangan tersebut tambah kering. Udara kering tersebut dihirup oleh anak-anak dengan waktu yang cukup lama, maka akan menyebabkan alat pernapasanya mongering. Sehingga selaput lendernya mudah pecah dan juga berdarah. Hal ini dipaparkan oleh Dr. Widodo Judarwanto SpA dalam Koran Indonesia Sehat.

Nah, itulah factor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya  mimisan atau pendarahan pada hidung yang bisa ziesehat berikan. Apabila anda mengalami hal tersebut, maka segeralah untuk menanganinya. Anda bisa mananganinya sendiri yaitu dengan cara yang sederhana. Apabila anda mengalami mimisan, hendaknya bersikap tenang. Tundukkan kepala sambil menekan hidung keduanya dengan menggunakan ibu jari dan jari tengah. Tahanlah tekanan tersebut selama kurang lebih 10-15 menit, usahakan mengambilnya nafas melalui mulut. Setelah itu kompreslah hidung dengan es yang telah dibungkus kain. Untuk menghindari tejadinya infeksi, maka gunakanlah tanaman obat yang berkhasiat antiseptic. 

Sebaiknya gunakanlah bahan-bahan yang alami untuk proses penyembuhan mimisan tersebut. Setelah mengetahui bagaimana cara menangani mimisan dengan cara yang sederhana. Kali ini saya akan memberikan tips-tips bagaimana cara menangani dan juga mengobati mimisan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. 


Cara menangani terjadinya mimisan
Cara menangani terjadinya mimisan. Sumber: Google
Berikut adalah cara untuk menangani dan juga mengobati mimisan tersebut. Mohon di simak baik-baik ya....

1. Daun sirih
    Tanaman merambat ini dikenal sejak dahulu memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu memiliki khasiat untuk menghentikan pendarahan pada saat terjadinya mimisan. Hal ini karena daun sirih ini mengandung antiseptic yang sangat tinggi, yang tentunya sanagt bagus mengobati dan juga menghentikan pendarahan pada saat mimisan. Selain itu, tanaman merambat yang satu ini juga mengadung minyak esensial,hydroxycatechol, eugenol, cadinene, fenil propane, tanin, gula, dan juga mengandung pati. Untuk mengobati atau mengatasi pendarahan pada hidung ini, anda cukup mengambil selembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Kemudian gulunglah daun tersebut dan tekanlah sampai mengeluarkan sedikit cairan atau minyak. Barulah tutup lubang hidung yang mengalami pendarahan tersebut dengan gulungan daun sirih tadi. Tunggulah selama 5-10 menit, dan bersihkan hidungnya. Walaupun agak sedikit perih, tapi bersabarlah karena hal ini akan membuat pendarahan akan cepat berhenti.

2. Daun pegagan atau antanan
    Tanaman yang satu ini banyak terdapat di tempat yang lembab atau agak ternaungi. Dalam bahasa banjar tanaman ini disebut dengan jalukap, digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Tetapi kalau masyarakat jawa biasanya menggunakan pegagan ini sebagai salah satu tanaman yang digunakan untuk lalapan. Selain digunakan sebagai obat jerawat dan juga untuk lalapan, daun pegagan ini juga berkhasiat untuk menghentikan dan juga mengobati pendarahan pada hidung atau mimisan. Karena di dalam daun pegagan ini terdapat kandungan glikosida triterpenoida atau asiaticoside yang mampu menyembuhkan luka bahkan luka yang dalam. Untuk menghentikan dan juga mengobati pendarahan pada hidung dengan menggunakan daun pegagan ini mudah sekali, yaitu anda cukup merebus daun pegagan tersebut dengan air secukupnya. Rebuslah hingga airnya tersisa setengah dari yang awal, konsumsilah 2 kali sehari.

3. Alang-alang
    Tanaman yang satu ini sangat mudah untuk ditemui di pinggiran sawah, bahkan sering kali tanaman ini dianggap tanaman yang menggagu dan disingkirkanlah. Namun, alang-alng mampu menghindari kerusakan pada tanah atau terjadinya erosi. Kalau dalam segi kesehatan, alang-alang ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya yang sering kita dengar adalah banyak digunakan untuk mengobati panas dalam. Selain untuk mengobati panas dalam, ternyata alang-alang yang dimanfaatkan adalah akarnya ini berkhasiat untuk mengobati pendarahan pada hidung atau mimisan. Hal ini dikarenakan di dalam alang-alang banyak terkandung unsur kimia seprti glokusa, asam sitrat, plofenol, dan juga taninin. Untuk mengobati mimisan dengan akar alang-alang, anda menyiapkan akar alang-alang yang sudah dicuci dengan bersih, kemudian tumbuk halus akar alang-alang tersebut hingga mengeluarkan sarinya. Peraslah ambil sarinya saja, barulah diminum. Untuk hal ini gunakanlah akar-akar alang-alang yang segar untuk mendapatkan sari dari akar alang-alang tersebut. Selain akarnya yang digunakan, anda juga dapat menggunakan bunganya untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Caranya mudah sekali yaitu dengan menghaluskan bilir bunga alang-alang beserta tangkainya, kemudian masukkanlah ke dalam lubang hidung sekitar 5-10 menit untuk menghentikan pendarahan tersebut.

4. Akar teratai
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwa teratai ini adalah tanaman air yang biasanya digunakan oleh orang-orang sebagai tanaman hias. Ternyata teratai ini menyimpan banyak khasiat utnuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat mengobati dan juga menghentikan pendarahan pada hidung atau mimisan. Yang digunakan untuk mengobati mimisan adalah bagian akar teratai, hal ini karena akarnya ini mengandung tanin dan juga asparagine yang tentunya sangat bagus untuk menghentikan dan juga mengobati mimisan tersebut. Untuk menggunakannya sebagai obat mimisan, anda cukup meghaluskan akar teratai tersebut. Dan ambil air saja, kemudian teteskan ke lubang hidung mengalami pendarahan tersebut.

5. Kangkung
    Pernah terpikir dalam benak anda tentang manfaat kangkung. Tanaman ini yang biasanya tumbuh di persawahan dan juga di kolam dengan begitu suburnya. Kangkung adalah sayuran yang enak untuk dibuat masakan. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata kangkung ini juga dapat mengobati berbagai penyakit. Salah satunya yaitu dapat mengobati pendarahan pada hidung. Hal ini dikarenakan di dalam sayur kangkung ini terdapat kandungan karoten, hentriakontan, dan juga sitosterol. Untuk mengobati pendarahan hidung dengan menggunakan sayur kangkung tersebut. Maka siapkanlah satu ikat kangkung yang masih segar dan cucilah hingga bersih. Tumbuklah kangkung tersebut sampai halus, setelah halus tambahkan gula pasir secukupnya. Barulah seduh dengan air panas, tunggulah hingga dingin dan saring. Minumlah ramuan dari sayur kangkung tersebut 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Rambut jagung
    Siapa sih yang tidak mengenal dengan jagung, selain memiliki rasa yang enak jagung ini juga biasanya digunakan masyaratkat sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Ketika anda memetik satu bungkul jagung, maka anda perlu mengupas kulinya lebih dulu untuk mengambil jagung tersebut. Nah, di dalam kulit jagung tersebut terdapat rambut jagung yang juga menutupi biji-biji jagung tersebut. Rambut jagung ini sering kita abaikan dan dibuang begitu saja, tanpa memperhatikan dan mencari tahu apa manfaat rambut jegung tersebut. Bagi kalian yang suka membuat kulit jagung akan menyesal deh, karena kandungan yang terdapat di dalam rambut jagung tersebut sangat berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu dapat mengobati pendarahan pada hidung yang biasa disebut dengan mimisan. hal ini dikarenakan di dalam rambut jagung itu terkandung minyak atsiri, antioksidan, alntoin, geraniol, mentol, limonene, dan juga viteksin. Untuk mengobati mimisan dengan rambut jagung, anda dapat menyiapkan rambut jagung sekitar 2 genggam. Rebuslah dengan air secukupnya hingga air tersebut menjadi setengah bagian. Saring air tersebut kemudian minumlah 2 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah cara mengobati pendarahan pada hidung atau mimisan dengan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tersebut saat terjadi pendarahan. Apabila anda sudah melakukan hal tadi, seperti dengan menanganinya dan juga mengobatinya. Pendarahan masih saja berlanjut dan disertai rasa panas, maka sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk penanganan yang lebih serius lagi. Bisa saja pendarahan yang terjadi itu merupakan sebuah indikasi adanya penyakit yang lebih serius. Bahkan, apabila darah yang keluar tidak mau berhenti akan menyebabkan penyakit lainnya dan komlikasi penyakit. Karena kekurangan darah yang cukup banyak, maka kemungkinan akan mengalami anemia dan juga syok.

Selain itu, juga dapat menyebabkan turunnya tekanan darah secara drastic yang dapat menimbulkan infark selebri yaitu dimana neuron pada otak mengalami kematian secara mendadak yang disebabkan kekurangan oksigen akibat dari terganggunya aliran darah ke otak. Keadaan seperti juga disebut dengan stroke. Bahkan juga bisa menyebabkan kematian. Hal seperti ini jarang terjadi, biasanya pendarahan hanya terjadi sebentar saja dan bisa sembuh dengan sendirinya. namun, jika pendarahannya disebabkan oleh arteri maksillaris yang dapat mengakibatkan pendarahan yang sangat hebat melalui hidung sehingga dapat mengalami kesulitan dalam mengambil nafas. Bila hal ini sudah terjadi, maka proses penyembuhanyapun terbilang sulit. Maka dari jangan dianggap remeh ya, bila mengalami mimisan atau pendarahan pada hidung ini. Bisa saja akan berdampak pada hal yang lebih serius, segeralah untuk menganinya serta mengobatinya.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan Secara Alami"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....