10 Tanda Dehidrasi yang Harus Diwaspadai

Pasti Anda sering mendengar kata dehedrasi, bukan? Mungkin sebagian berpendapat bahwa dehedrasi ini sering menghubungkan dengan keadaan di gurun pasir. Padahal, pada kenyataannya dehidrasi ini juga dapat terjadi dalam aktivitas Anda sehari-hari lho. Misalnya saja dehedrasi itu dapat menghampiri Anda pada saat mengerjakan tugas, menemani anak bermain atau hanya sekadar berlibur saja. Dehidrasi ini sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda lho. Tapi tak perlu khawatir deh, karena dalam artikel ini ziesehat akan membahas mengenai tanda-tanda dehidrasi serta dampak negatif yang mungkin saja dapat terjadi pada kesehatan tubuh Anda.

Dehidrasi
Sumber: Google
Meskipun Anda tidak merasakan haus yang teramat sangat, tetapi kenyataannya tubuh Anda kekurangan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sedikit saja tubuh kita kekurangan air mineral ini, maka tubuhpun akan bereaksi. Jika hal itu sampai terjadi, maka risiko terkena dehidrasi pun juga dapat meningkat.

Hal ini dikarenakan air mineral sangat berperan penting bagi tubuh kita, yaitu sebagai pengatur suhu tubuh, melindungi persendian dan organ-organ penting lainnya, serta yang tidak kalah pentingnya adalah untuk membantu peredaran oksigen ke sel-sel tubuh.

Pada umumnya rata-rata orang dewasa memiliki persentase air dalam tubuh sekitar 50 hingga 75 persenan. Jika kurang dari itu, Anda bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka dari itu, yuk tetap jaga air mineral di dalam tubuh kita agar tetap tercukupi atau terpenuhi. Agar tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan baru nantinya, ok!

Hal-hal Apa Saja yang Katanya Merupakan Tanda dari Terkena Dehidrasi, ya?

Berikut ini ziesehat akan berikan 10 tanda yang bisa menegaskan bahwa tubuh Anda masih kekurangan H20 atau air yang sangat penting bagi tubuh. Yuk simak baik-baik, ya….

1. Anda Merasa Sangat Lapar
Merasa Sangat lapar dan haus
Sumber: Google
Kadang, tubuh akan mengartikan kekurangan cairan atau minum dengan merasakan rasa lapar ataupun merasa kehausan. Begitupun saat terkena dehidrasi, kita akan merasakan haus yang sangat. Akibatnya, saat dehidrasi nafsu makan Anda menjadi meningkat dan tidak wajar dari biasanya.
2. Warna Urin Anda Menjadi Lebih Gelap
Urine berwarna gelap
Sumber: Google
Perhatikan hal ini ya guys! Jika Anda menemui warna urin menjadi lebih gelap dari biasanya, maka bisa jadi Anda tengah mengalami dehedrasi lho. Warnanya yang berubah menjadi kuning kegelapan dapat menjadi rambu merah bagi Anda untuk berhati-hati dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini terjadi karena pada saat tubuh kekurangan cairan atau sering disebut dengan dehedrasi, maka pada saat itulah ginjal kita akan mencoba untuk menghemat pengeluaran atau menghentikan memproduksi cairan urine sehingga terjadilah hal seperti itu.

3
. Anda Merasa Sangat Lelah Tanpa Sebab yang Jelas 
Sangat mudah lelah
Sumber: Google

Jika tubuh kekurangan cairan, baik organ atau pikiran tidak akan berfungsi dengan baik dan normal seperti biasanya. dikarenakan pada saat mengalami dehedrasi tersebut, volume darah dan juga tekanan darah akan menurun sehingga akan berakibat kepada menurunnya pasokan oksigen ke darah.

Jika tubuh kita kekurangan oksigen, maka fungsi otot dan saraf pun akan melambat dan menurun. Akibatnya, energi Anda juga sedikit demi sedikit menurun dan menyebabkan malas untuk melakukan sesuatu dan juga menyebabkan kelelahan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa merasa pusing dan pening ketika tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup pada tubuh Anda. Tentunya jika hal ini terjadi, maka sangat mengganggu aktivitas Anda, bukan?

4. Anda Jarang Buang Air Kecil
Jarang buang air kecil
Sumber: Google
Tanda dehidrasi pada orang dewasa lainnya adalah frekuensi Anda untuk pergi ke toilet menjadi lebih jarang dari hari-hari biasanya. Pada intinya, ketika Anda tidak mengonsumsi banyak air, maka tidak banyak pula air yang keluar pada tubuh kita.

5. Sembelit atau sukar buang air besar
Sembelit
Sumber: Google

Selain jarang buang air kecil, ternyata sembelit atau sukar buang air besar ini juga merupakan tanda-tanda dari tubuh terkena dehidrasi. Karena pada dasarnya air diperlukan oleh tubuh sebagai pelarut asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh hingga proses akhir dari makanan tersebut. 

Jika tubuh kita kekurangan air mineral, maka usus besar akan menyerap air yang terdapat pada makanan sehingga akan meyebabakn feses menjadi lebih keras dari biasanya. dan hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya sembelit atau sulit buang air besar.

6. Napas Anda Bau
Mulut berbau
Sumber: Google
Ketika mengalami dehidrasi, mulut akan menjadi lebih kering dan produksi lendir menjadi lebih meningkat dari biasanya. Hal ini dapat berujung pada pertumbuhan bakteri dalam mulut yang cepat sehingga menyebabkan napas Anda menjadi lebih bau. Maka dari itu, jika Anda merasakan tanda yang satu ini hendaklah untuk meminum air mineral yang cukup untuk kebutuhan tubuh Anda.

7. Kulit Anda Menjadi Tidak Elastis
Berkurangnya kelenturan kulit saat terkena dehidrasi
Sumber: Google
Lakukanlah tes kecil ini, ya! Cubit kulit di bagian belakang tangan Anda dan lepaskan dengan cepat. Jika kulit memantul dan kembali lagi dalam keadaannya, maka Anda tidak sedang mengalami dehidrasi. Tetapi jika kulit masih tetap berada dalam kondisi saat dicubit, bisa jadi Anda tengah terjangkit dehidrasi. Meskipun tes semacam ini kurang efektif untuk mentes terken dehdrasi, tetapi ketidakelastisan kulit itu merupakan akibat yang terjadi jika terkena dehedrasi.

8. Emosi Anda Meningkat 
Emosi meningkat
Sumber: Google
Tak hanya tubuh, otak pun bisa terkena dampak dari dehidrasi. Dehidrasi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat Anda menjadi tidak fokus dan merasa lebih emosi dari biasanya. Dehidrasi di pagi hari dapat menghancurkan mood Anda sepanjang hari! Tidak inginkan mengalami badmood terutama pada pagi hari. Yuk, cukupi asupan mineral tubuh kita setiap harinya.

9. Badan selalu merasa kepanasan
Badan selalu merasa kepanasan
Sumber: Google
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa peranan air mineral sangatlah penting bagi tubuh kita. Jika kekurangan air mineral atau yang sering disebut dengan dehidrasi ini, maka akan menyebabkan permasalahan-permaslahan tertentu. Biasanya pada saat tubuh kita mulai merasakan kepanasan dan baru saja selesai berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, maka tubuh kita akan mengeluarkan jenis cairan dari tubuh yang biasa disebut dengan keringat untuk tubuh yang normal.

Akan tetapi, jika tubuh kita tidak dalam keadaan yang normal atau terkena dehidrasi ini maka tubuh kita tidak akan mengeluarkan keringat. Apabila tubuh kita tidak mengeluarkan keringat, maka hal tersebut akan membuat tubuh kita menjadi kepanasan. Untuk itu, cukupilah asupan air mineral dalam tubuh ya! agar tidak terkena dehidrasi dan permasalahan-permasalahan tersebut tentunya.

10. Air mata kering
Air mata kering
Sumber: Google
Tentunya Anda tahu, bukan? Bahwa air mata itu memiliki fungsi sebagai pembersih dan pelumas pada mata. jika mata kita kering dan sulit untuk mengeluarkan air, maka mata kita akan merasakan hal yang tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal pada mata kita.

Tahukah Anda? Ternyata air mata kering juga merupakan tanda bahwa tubuh kita sekarang ini terkena dehidrasi atau kekurangan air mineral pada tubuh. jika cairan pada tubuh kita berkurang, maka produksi air matapun juga akan ikut berkurang bahkan berhenti untuk memproduksinya. Maka dari itu, yuk kita cukupi asupan air mineral dalam tubuh kita setiap harinya.

Agar tubuh kita tidak dehidrasi lagi dan dapat terhindar dari permaslaahan-permasalahan nantinya dapat menghampiri Anda tersebut tentunya. Yuk hidup sehat mulai dari sekarang! Mulailah dari mencukupi asupan air mineralnya, ya. Ingat itu lho, jangan dilupakan!

Dehidrasi Bisa Membuat Anda Gemuk dan Sakit lho! Kenapa bisa begitu, ya?
Bahaya dehidrasi
Sumber: Google
Mungkin kabar ini tidak mengenakan, bukan? Tetapi Anda perlu tahu tentang hal ini tentunya! Ya, dehidrasi dapat menyebabkan Anda menjadi lebih gemuk dan sakit lho. Tidak percaya? Beberapa poin ini menjadi alasan mengapa tubuh menjadi lebih rentan sakit dan mengalami kegemukan. Mohon untuk disimak baik-baik ya….

1. Ketika tubuh mengalami kelelahan dan fungsi organ tidak dapat berjalan optimal, sistem ketahanan tubuhpun nantinya juga akan menurun dan dapat memperbesar risiko munculnya alergi serta asma.

2. Tekanan darah juga akan meningkat sehingga dapat mendorong sejumlah penyakit untuk muncul ketika Anda mengalami dehidrasi.


3. Gangguan kulit seperti dermatitis, psoriasis, kerutan, penuaan, dan diskolorasi (warna kulit menjadi tidak rata) dapat terjadi pada tubuh yang sedang menderita dehidrasi ini. Wah mengerikan sekali, bukan?

4. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa kekuranagn air mineral pada tubuh atau yang sering disebut dengan dehidrasi ini dapat mengakibatkan proses pencernaan kita terganggu. Proses pencernaan menjadi terhambat atau terganggu ini sehingga dapat memicu gangguan seperti tukak lambung, peradangan, sembelit, masalah pada ginjal, dan asam lambung. Proses pengolahan makanan yang tidak optimal inilah yang nantinya dapat menyebabkan tubuh kita tidak dapat lagi untuk mencerna asupan dengan baik dan berujung pada kegemukan.

5. Nyeri dan sakit pada tulang akibat tulang rawan menjadi lebih lemah karena kekurangan cairan atau sering disebut dengan dehidrasi lho.

Nah, kalau sudah tahu begini, segeralah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dehidrasi ini dengan cepat dan tepat, ya! Untuk itu, perbanyaklah untuk mengonsumsi air mineral dalam sehari-hari, terlebih jika Anda tengah sibuk melakukan aktivitas yang berat dan di luar ruangan, seperti berpikir atau berolahraga misalnya. Ketika sudah dirasa melelahkan, segera isi kembali cairan dalam tubuh Anda, ya! Agar Anda dapat kembali lagi bersemangat dan berenergi! Semangat guys!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tanda Dehidrasi yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....