Waspadai Tulang Bungkuk Di Usia Dini

Jangan salah sangka dulu, Ladies! Tubuh bungkuk tidak hanya dapat terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut lho. Bahkan Anda yang masih mudapun juga dapat mengalami kondisi tulang punggung yang bungkuk dan condong mengarah ke depan.

Bagaimana bisa ya, bentuk punggung yang semula tegak perlahan-lahan menjadi merunduk dan tak bisa lurus kembali?
Tulang bungkuk bisa terjadi di usa dini lho!
Tulang bungkuk bisa terjadi di usa dini lho! Sumber: Google

Secara tidak disadari, kebiasaan sejak kecil dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan memberikan kontribusi besar pada pembentukan tulang punggung Anda lho. Tidak percaya? Coba bayangkan  saja dulu pada saat sekolah tubuh kita terbiasa memakai tas ransel di bagian punggung yang memiliki berat berlebihan. Mengingat tas semacam ini memiliki banyak ruang untuk membawa barang yang cukup banyak, sehingga jika tas tersebut diisi dengan barang yang banyak dan tetap berada di punggung kita dalam jangka waktu yang panjang. Maka secara tidak sadar tubuh kita akan sedikit membungkuk karena menahan bebab yang ada dipunggung tersebut, bahkan hal tersebutlah yang nantinya akan menyebabkan tubuh kita menjadi bungkuk. Baca juga: Apa bedanya sakit kepala dan migran ya?

Bukan hanya itu saja lho factor yang dapat menyebabkan tulang kita menjadi bungkuk. Ada beberapa kesalahan yang mungkin saja terabaikan oleh kita dan tak kita sadari hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap timbulnya permasalahan tersebut. Yaitu seperti pada saat kita menulis atau bekerja di kantor dengan posisi tubuh yang menunduk dalam jangka waktu yang lama, tanpa melakukan relaksasi terhadap bagian tubuh dan terus saja menunduk. Maka hal tersebut jika terus dilakukan akan berdampak kepada tulang menjadi bungkuk.

Setelah melihat gambaran yang dapat menyebabkan tulang menjadi bungkuk tadi, mungkin Anda akan langsung berhati-hati dan yakin bahwa salah satu faktor dan penyebab tulang bungkuk adalah pola kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari.
Selain hal-hal yang telah digambarkan di atas tadi, ternyata ada banyak factor lagi yang dapat mempengaruhi tulang menjadi bungkuk. Untuk itulah kali ini ziesehat akan berikan infomasi mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan tulang menjadi bungkuk. Berikut ini adalaha ulasannya, simak baik-baik ya:

Inilah Factor Penyebab Tulang Bungkuk Lainnya, yuk simak….
Hal-hal yang dapat mempengaruhi tulang belakang bungkuk
Hal-hal yang dapat mempengaruhi tulang belakang bungkuk. Sumber: Google

Hal-hal di atas mungkin baru menunjukkan sebagian kecil dari kebiasaan sehari-hari yang dapat menambahkan potensi terkena tulang yang bungkuk. Tetapi, mungkin hampir sebagian besar dari Anda pernah mengalami hal yang sama dengan hal tersebut, bukan? Nah, kali ini akan ziesehat berikan beberapa aktivitas lain yang semakin membuat punggung terlihat bungkuk, baik yang Anda sadari atau tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Berikut ini adalah ulasannya, yuk,,,, simak baik-baik, ya.....

1. Cara berjalan yang cenderung condong ke arah depan. Mungkin bagi sebagian orang menganggap cara berjalan seperti ini adalah hal yang biasa saja dan tidak mempengaruhi bentuk tulang punggung kita. Padahal kenyataannya hal tersebutlah yang menjadi factor penyebab tulang menjadi bungkuk. Hayo siapa yang pernah berjalan seperti itu, yuk mulai sekarng ubah cara berjalan Anda dengan cara berjalan yang tegap atau tidak condong ke depan.

2. Terlalu lama duduk juga akan menyebabkan tulang menjadi bungkuk lho. Kenapa demikian? Karena pada saat duduk di bangku, posisi kepala dan punggung yang semakin maju ke depan karena melihat laptop atau komputer. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan tulang menjadi bungkuk. Hayo ngaku siapa yang sering melakukn hal tersebut? Yuk ubah cara duduk Anda mulai sekarang agar bentuk tubuh kita tetap terjaga dan tetap baik.

3. Hey Ladies, ternyata terlalu sering memakai sepatu hak tinggi itu juga akan menyebabkan tulang menjadi bungkuk lho. Wah kenapa bisa begitu ya, padahalkan jika memakai sepatu hak tinggi tubuh kita akan terlihat lebih jenjang dan terkesan lebih indah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat Anda memakai sepatu hak tinggi tersebut, tanpa disadari tubuh Anda akan sedikit condong ke depan. Seperti yang telah dijelaskn sebelumnya, hal tersebut akan menyebabkan tulang menjadi bungkuk. Apabila hal ini dilakukan terus-menerus atau terlalu sering. Memakai sepatu hak tinggi sih sah-sah saja, tetapi harus tetap jaga kesehatan dan keselamatan Anda ya Ladies.

4. Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mendorong tubuh untuk menjadi lebih bungkuk. Pasti Anda kagetkan mendengar pernytaan yang satu ini? Andapun bertanya-tanya, kok bisa ya sih hal tersebut menyebabkan tulang menjadi bungkuk. Memangnya juga berpengaruh ya? iya memang benar adanya hal tersebut juga berpengaruh terhadap tulang menjadi bungkuk. Hal ini dikarenakan pada saat Anda memakai pakaian yang terlalu ketat, pada saat itu tanpa Anda sadari tubuh Anda tidak leluasa untuk bergerak sehingga akan berpengaruh terhadap tulang, terutama tulang punggung Anda. Jika hal ini Anda lakukan terlalu sering, maka bukan tidak mungkin tulang punggung Anda akan menjadi bungkuk.

5. Banyak yang tidak menyadari akan kesalahan yang satu ini dalam penggunaan bra yang tidak benar pada wanita (seperti kekecilan atau terlalu longgar), ternyata juga dapat mengubah titik berat tubuh sehingga lebih condong ke depan. Jika hal ini terus-menerus dilakukan, maka bentuk tulang punggungpun juga akan bungkuk. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah ukuran bra yang sesuai dengan tubuh Anda dan nyaman untuk dipakai.

6. Bahkan terlalu sering menunduk ketika mengalami sakit perut dan nyeri di punggung juga akan berpengaruh terhadap bentuk tulang pungggung lho.

7. Makan atau mengerjakan sesuatu di atas kasur sembari telungkup dalam waktu yang lama juga akan mengakibatkan tulang punggung menjadi bungkuk. Baca juga: Ketahuilah 10 Tanda Akibat Dehidrasi, yuk simak.

Bagaimana Caranya Memperbaiki Bentuk Tubuh yang Seperti itu ya?

Cobalah kebiasan-kebiasan ini untuk mencegah tulang bungkuk
Cobalah kebiasan-kebiasan ini untuk mencegah tulang bungkuk. Sumber: Google

Tubuh bungkuk yang dimiliki orang-orang berusia lanjut mungkin sulit diatasi. Karena sebagian besar penyebab seperti osteoporosis, tergerusnya disk pada tulang punggung, atau faktor genetik memang cenderung memberikan dampak permanen pada kondisi bungkuk di bagian punggung. Sebaliknya, Anda yang masih muda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh yang lurus dan tegak.

Wah, kabar gembira nih bagi Anda dan mereka yang masih muda tetapi memiliki bentuk tubuh yang kurang lurus dan tegak. Karena penyebab terbesarnya berasal dari kebiasaan sehari-hari, maka pencegahan pun bisa dilakukan melalui kebiasaan-kebiasaan Anda setiap hari lho. Tidak percaya? Berikut ini adalah tips dan saran dari ziesehat bagi Anda yang memiliki punggung yang bungkuk dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Yuk, simak baik-baik, ya....

1. Seperti yang telah dipaparkan di atas, jika mengenakan pakaina yang tidak nyaman atau terlalu ketat akan berpengaruh terhadap hal tersebut. Maka dari itu kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat atau yang longar, termasuk bra yang sesuai ukuran Anda dan diatur sehingga tidak longgar ya Ladies.

2. Letakan bantal di belakang punggung ketika Anda harus bekerja di depan laptop atau komputer dalam waktu yang lama. Anda juga bisa memilih kursi yang mempunyai sandaran tinggi agar punggung tidak cepat merasa lelah dan sakit.

3. Jauhkan diri Anda dari tas ransel yang berbeban berat ya guys. Gunakanlah tas tangan untuk muatan kecil dan jika Anda hendak berpergian, lebih baik menggunakan koper dibandingkan tas punggung yang besar dan berat.

4. Saat sakit perut atau punggung terasa nyeri, rebahkanlah diri di atas kasur dibandingkan menundukkan punggung untuk menahan sakit.

5. Gunakan sepatu yang nyaman ya Ladies. Jika harus menggunakan sepatu hak tinggi, usahakanlah utnuk mengistirahatkan kaki setiap 30 menit.

6. Walaupun tidak nyaman dan sakit, latihlah untuk selalu duduk dan berdiri serta berjalan dengan posisi yang tegak. Mintalah bantuan kerabat atau sahabat dekat untuk selalu mengingatkan Anda jika punggung kembali bungkuk.

7. Lakukan beberapa olahraga atau stretching yang dapat membantu Anda memperoleh bentuk tubuh yang sehat, bugar, dan tegak kembali. Seperti yoga, berenang, atau pilates. Jangan malas ya untuk melakukan olahraga tersebut.

8. Siapkan meja kecil agar Anda dapat makan atau menggunakan laptop dengan sandaran. Hindari posisi telungkup di atas kasur dalam waktu yang lama.

Nah, itulah guys cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki dan mencegah tulang punggung menjadi bungkuk. Ada banyak carakan untuk memperbaiki bahkan mencegahnya terjadinya permasalahan tulang seperti hal tersebut.

Selain itu, bertanyalah pada diri sendiri untuk mengetahui apakah Anda salah satu orang yang memiliki masalah punggung yang bungkuk ataukah tidak. Kenalilah tanda-tanda dan penyebab tulang bungkuk sejak dini ya guys. Tentunya untuk menjauhi diri dari tulang yang semakin bungkuk dan dapat segera diperbaiki! Maka dari itu sayangilah dirimu, jaga kesehatan tulang Anda ya guys!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Tulang Bungkuk Di Usia Dini"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....