Manfaat Kacamata Hitam

Siapa sih yang  tidak kenal dengan kacamata hitam! Kacamata seperti ini sudah populer di kalangan masyarakat, biasanya digunakan di luar ruangan dan juga sangat dibutuhkan ketika saat cuaca yang panas. Apakah Anda juga salah satunya yang suka memakai kacamata hitam ini saat diluar ruangan? Hayo, ngaku aja deh? Siapapun itu mau yang anak muda ataupun yang sudah dewasa, pastinya pernah memakai aksesoris yang satu ini, bukan? Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa sekarang ini menggunakan kacamata hitam adalah suatu hal yang dinggap nilai tersendiri bagi seseorang tersebut. Meskipun begitu,  tidak semua kalangan masyarakat sadar akan penggunaan kacamata hitam ini.

Bukan cuma memperhatikan soal penampilan saja, manfaatnya juga penting untuk diketahui, Lho!

Bukan cuma memperhatikan soal penampilan saja, manfaatnya juga penting untuk diketahui, Lho!
Bukan cuma memperhatikan soal penampilan saja, manfaatnya juga penting untuk diketahui, Lho! Sumber : Google

Kacamata hitam merupakan salah satu aksesori yang umum digunakan oleh para dewasa muda, pria maupun wanita, bahkan tak jarang anak-anakpun juga memakai aksesori yang stau ini. Aksesori ini sering digunakan pada berbagai situasi, antara lain saat berlibur di daerah tropis, saat berkendara mobil, ataupun hanya sebagai pelengkap mode. Sering kali orang yang memakai kacamata hitam ini hanya untuk pelengkap mode dan ingin dianggap keren saja. Tanpa sebelumnya mengetahui manfaat dari aksesori yang satu ini. Hal seperti inilah yang mengakibatkan salah pemilihan kacamata, karena lebih mementingkan penampilan saja dibandingkan untuk memperhatikan manfaat dari kacamata tersebut. Baca juga : Cara perawatan mata dengan hal yang sederhana dan alami.

Nah, jangan sembarangan ya, dalam memilih kacamata hitam. Sebaiknya pilihlah kacamata hitam yang memiliki kemampuan untuk menangkal sinar UV (ultraviolet) sebanyak 100%, tentunya untuk kesehatan mata kita. Padahal banyak sekali di luar sana yang menjual kacamata hitam yang hanya diperuntukkan untuk aksesori, tanpa kemampuan menangkal sinar UV. Sebenarnya, mengapa kita perlu cerdas dalam memilih kacamata hitam, ya? Yuk lanjut bacanya, biar ilmu mu nambah dan tentunya lebih tahu, bukan?

Sebelum melangkah lebih lanjut, apakah Anda sudah tahu apa itu sinar ultraviolet (UV)?

Kacamata hitam dapat menangkal  sinar UV
Kacamata hitam dapat menangkal  sinar UV, benarkah? Sumber : Google


Nah, kalau belum, simak dulu deh info yang satu ini. Biar ilmunya nambah….

The sun is shining and radiates its warmth. Sayangnya, ia juga memancarkan sinar berupa sinar UV lho! Yang tidak dapat terlihat oleh mata kita. Sinar UV terdiri dari sinar UV A, UV B, dan UV C. Sinar UV C sebagian besar tidak akan sampai ke bumi, so it’s no problem. Sebaliknya, sinar UV A dan UV B lah yang bisa sampai ke bumi dan memberikan beberapa efek kepada kita. Sebagian besar orang mungkin sudah peduli dengan efek sinar ini terhadap kulit. Tahukah kalian bahwa sinar UV tersebut bukan hanya berefek terhadap kulit saja, tetapi juga dapat memiliki efek terhadap mata, Lho guys?

The good thing is, our eyes are smart! Mereka punya mekanisme mengecil dan membesar layaknya kamera autofocus saat menangkap cahaya yang berlebihan ataupun juga redup. Namun pada beberapa keadaan, mata juga dapat menjadi lelah. Begitupun juga pada keadaan paparan yang berkepanjangan, maka mata pun membutuhkan bantuan untuk melindunginya dari sinar UV tersebut. untuk itu, gunakanlah kacamata hitam ya, dan jangan lupa juga untuk memilih kacahitam yang memiliki anti UV 100%. Of course!

Masih bingung kenapa harus memakai kacamata hitam dengan 100% anti UV?
Yuk simak alasan dari semua itu, dengan mengetahui manfaat dari memakai kacamata hitam tersebut. inilah manfaat yang mungkin belum orang-orang ketahui tentang kacamata hitam, cek it out…. 

Dapat menurunkan risiko katarak, Lho!
kacamata hitam dapat menurunkan resiko terkena katarak
Yang benar, kacamata hitam dapat menurunkan resiko terkena katarak? Sumber : Google

Siapa Cuma yang belum kenal dengan yang namanya katarak ini? Pastinya kalian sudah kenal bukan, karena kata katarak ini sangat sering ditemukan dan bukan hal yang asing lagi untuk kita dengar. Ya, katarak ini merupakan suatu gangguan pada mata. Di mana seseorang yang menderita katarak ini tidak dapat melihat dengan jelas atau buram yang semakin lama makin meluas. Dikarenakan terjadinya cidera pada mata yang mengubah jaringan mata, sehingga berdampak dengan lensa mata tersebut berubah menjadi keruh. Biasanya penderita katarak ini disarankan untuk melakukan operasi pada mata yang terkena katarak tersebut. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa katarak ini merupakan salah satu penyakit degeneratif yang kemungkinan besar akan selalu terjadi pada mata lansia. Namun, bukan tidak mungkin juga bisa terjadi pada usia yang tidak terbilang tua, Lho!

Memang kebanyakan disebabkan oleh faktor usia, tetapi faktor terlalu sering terpapar sinar matahari yang mengandung UV pun juga salah satu penyebab katarak tersebut. Nah, itulah sebabnya kita perlu memakai kacamata hitam saat di luar ruangan. Agar dapat terhindar dari yang namanya katarak tersebut.

Bye-bye, pterygium!
Ptrygium
Bye-bye Ptrygium! Sumber : Google

Udah kenal belum dengan “Pterygium”? Kalau belum tahu, yuk kenalan dulu biar lebih akrab nantinya! Mungkin hal ini adalah hal yang terdengar asing, namun tahukah kalian, ternyata pterygium merupakan salah satu penyebab umum seseorang untuk datang ke dokter mata, Lho! Biasa pterygium ini terjadi pada seseorang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Sehingga membuat paparan sianr matahari tersebut menjadi lebih lama. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan tersebut, ditambah lagi dengan udara yang kotor penuh debu, apalagi di kota besar. Karena terlalu sering berada dalam keadaan seperti itu, maka nantinya dapat menyebabkan ‘penumpukkan selaput’ yang pada akhirnya akan menyebabkan adanya rasa mengganjal pada mata.

Memang pada awalnya pterygium ini tidak akan memberikan gejala, namun lama-kelamaan dapat memberikan rasa tidak nyaman. Biasanya gangguan pterygium ini ditandai dengan munculnya jaringan berwarna putih yang tumbuh pada bagian mata hingga bisa samapai ke kornea mata. seseorang yang menderita gangguan ini akan merasakan penglihatan mulai kabur, adanya rasa perih, mata kemerahan, gatal-gatal, dan juga menimbulkan iritasi pada mata. tentunya hal ini sangat menggangu aktivitas, bukan? Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi saja untuk mengatasi keadaan tersebut.

Jika Anda belum mengalami permaslaahan yang satu ini, sebaiknya jagalah mata Anda mulai sekarang ya! Mulailah untuk menggunakan kacamata hitamyang memiliki anti UV 100% , jika ingin pergi ke luar ruangan, tentunya.Dengan menjaga mata Anda dari sinar UV tersebut, maka Andapun bisa bilang “Bye-bye, Pterygium!”
Photokeratitis, Apa itu ya?
Photokeratitis
Sumber : Google

Siapa yang tahu apa itu Photokeratitis? Memang sih kedengarannya agak asing, tapi Anda perlu tahu bahwa gangguan Photokeratitis ini bisa saja mengganggu Anda, Lho! Photokeratitis ini merupakan peradangan pada kornea mata yang bersifat ringan dan reversible. Namun tentu saja rasa yang ditimbulkan membuat penderitanya merasakan tidak nyaman, apalagi dalam masa akut. Biasanya seseorang yang matanya mengalami gangguan Ptotokeratitis ini ditandai dengan mata merah, terasa perih, mata terus berair, kelopak mata agak sedikit bengkak, terasa pusing, hingga menyebabkan hilangkan penglihatan untuk sementara. Keadaan ini dapat diatasi dengan pemberian antibiotik pada mata. Baca juga : Perbedaan antara sakit kepala dengan migrain.
Namun perlu diperhatikan pada kalian yang akan berlibur di daerah bersalju, karena salju dapat memantulkan sinar matahari lebih tajam dan dapat meningkatkan risiko untuk mengalami photokeratitis. Jadi, jangan lupa pakai kacamata hitammu ya, guys!
Pinguekula? Kayanya belum pernah dengar deh kata itu!
Pinguekula
Pinguekula Sumber : Google

Namanya Pinguekula, agak asing sih kedengarannya! Apakah kalian tahu, apa Pinguela itu? Ya, Pinguela merupakan salah satu gangguan yang dapat terjadi pada mata yang sering terpapar oleh sinar matahari. Di mana gangguan ini berupa benjolan kuning yang terdapat di bagian konjungtiva dekat kornea mata. benjolan tersebut adalah selaput bening dan tipis yang melapisi putih bola mata di bagian permukaannya. Untuk itulah, sangat penting Anda perhatikan ketika ingin berlibur atau pergi ke luar ruangan, agar memakai kacamata hitamnya, ya!
Kanker mata? Ih seram....

Kanker mata
Kanker mata Sumber : Google

Bukan hanya bisa terjadi pada kulit saja, akibat dari sinar UV ini juga akan menyebabkan kanker pada mata. Mungkin gangguan yang satu ini merupakan hal yang paling menyeramkan, bukan? Meskipun kanker mata ini jarang terjadi, namun pada beberapa orang paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker mata. Kanker mata dapat terjadi pada bola mata itu sendiri yang biasanay diserang oleh melanoma, yaitu sejenis kanker yang terbilang ganas akibat dari sinar UV tersebut. Sedangkan untuk kelopak mata beriseko terkena karsinoma sel basal. Biasanya seseorang yang menderita gangguan kanker mata seperti ini harus menjalani operasi.

Jadi, sudah tahu kan mengapa kita harus memakai kacamata hitam dan juga cerdas dalam memilih kacamata hitam? Selain sebagai aksesoris, perlu dipertimbangkan kemampuannya untuk melindungi mata kita dari sinar UV untuk menghidari beberapa keadaan mata di atas. Dan juga yang terpenting Anda harus memperhatikan kesehatan mata agar tetap selalu sehat. jika Anda mengalami permasalahan yang seperti di atas tadi, sebaiknya langung periksa ke dokter mata, ya. Agar permasalahan Anda tersebut bisa tertangani dengan cepat.

Jangan lupa pakai kacamata hitam Anda, ya!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kacamata Hitam"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....