10 Cara Atasi Flu dengan Cepat

Pernahkah Anda mengalami flu? Saya yakin Anda dan kita semua pastinya pernah terserang virus influenza ini atau flu ini, ya kan! Tapi apakah kalian tahu, apa yang dapat menyebabkan seseorang bisa terserang virus influenza sehingga terkena gangguan flu ini?

Hayu ngaku, sudah tahu atau belum? Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari muncul flu ini. saya yakin, kalian semua pastinya sudah akrab dengan gangguan ini. ya, flu! Flu adalah ganguan pada rongga hidung yang mengeluarkan cairan atau berupa lender, karena tubuh sudah terserang virus influenza. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang beresiko terserang flu. Apakah itu dewasa, remaja, anak-anak, pria, maupun wanita, semua beresiko terserang virus ini.

Cara mengatasi flu dengan cepat
Duh, aku flu nih! Ganggu banget deh.... Sumber : Google

Biasanya virus flu ini menyerang tubuh yang memeliki daya atahn tubuh yang lemah. Ditambah lagi jika musim penghujan tiba. Ya, seperti sekarang ini banyak kan menemui orang-orang yang terkena flu, bahkan juga disertai dengan demam dan juga batuk. Karena pada musim penghujan ini, daya tahan tubuh seseorang akan berkurang. Apalagi dengan cuaca sebentar hujan sebentar lagi panas, sehingga pada saat itu mudah sekali terserang virus ini. Baca juga : Dibalik nikmatnya kerokan saat masuk angin!

Untuk itulah, kita penting sekali menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap stabil. Sehingga tubuh kita tidak mudah terserang virus flu, demam, dan juga batuk. Biasanya sih gangguan seperti itu, sepaket datangnya. Jika hal itu terjadi, sulit rasanya untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, apalagi hingga berhari-hari dan berminggu-minggu, jadi terganggukan?  Tidak inginkan virus-virus tersebut menyerang Anda! Ya, sebelum terjadi ada baiknya mencegah terlebih dahulu. Meskipun gangguan flu tidak berbahaya, tapi juga perlukan penanganannyaa. Seperti yang telah saya katakana tadi dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil, maka tubuh tidak mudah terserang virus. Biasanya untuk menjaga daya tahan tubuh tersebut dengan mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga yang teratur, dan juga minum vitamin. Memang sih dipasaran atau diapotik sudah tersedia obat-obatan yang mampu meredakan flu. Nah, kali ini saya ingin berikan cara menyembuhkan flu dengan bahan-bahan tradisional. Hasilnya tidak kalah deh dengan obat-obatan sekarang, dan tetap ampuh atasi flu.

Meskipun dianggap tradisional, jangan salah! Minuman hangat jahe + madu ini sangat mujarab untuk atasi flu

Atasi flu dengan ramuan jahe dan madu
Minum ramuan jahe + madu dulu deh, biar cepat sembuh flunya! Sumber : Google

Hayu siapa yang tidak kenal dengan jahe dan madu ini? Pastinya kalian semua sudah kenal bukan! Nah, jahe itu sendiri mengandung suatu zat yang dapat membuat tubuh menjadi hangat dan juga sebagai antibakteri. Tentunya kandungan tersebut mampu membasmi bakteri atau virus penyebab flu tersebut. Kalau madu sih pastinya kalian sudah tahu akan manfaatnya yang begitu banyak, ya kan!  Dikarenakan dalam madu terkandung berbagai nutrisi dan juga vitamin yang salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga sebagai antioksidan yang sangat baik. Makanya, campuran antara madu dan jahe ini cocok sekali untuk mengatasi flu, sama-sama memiliki manfaat gitu! Untuk membuat minuman ini mudah sekali, yaitu cukup sediakan air putih dan yang pasti harus tersedia bahan utamanya, jahe dan madu. setelah itu, resbuslah satu rimpang jahe yang sebelumnya telah dipotong-potong dengan air putih sekitar dua gelas sampai mendidih. Barulah masukkan madu sekitar 3 sendok makan, aduk dengan merata. Nah, minuman hangat jahe + madu sudah siap, minum selagi hangat, ya! Biar makin segar dan dapat merasakan nikmatnya. Konsumsilah 3 kali sehari ya, biar cepat sembuhnya. Baca juga : Alergi udara dingin! Pernahkah Anda mengalaminya?

Selain dengan jahe, madu juga bisa diaplikasikan dengan jeruk nipis. Bahkan tidak kalah mujarabnya, Lho! 


Atasi flu dengan campuran jeruk nipis dan madu
Jeruk nipis + madu, duh enaknya! Sumber : Google

Pastinya Anda seringkan mendengar campuran madu dengan jeruk nipis ini, ya kan! ya, karena campuran keduanya ini cukup terkenal di masyarakat. Banyak yang menggunakan campuran ini sebagai obat batuk, nah begitu pula juga dapat mengobati flu. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa madu ini mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan juga berperan sebagai antioksidan. Tentunya kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap sehat. Sedangkan untuk jeruk nipis itu sendiri, juga mengandung antioksidan, antibakteri, dan juga kaya akan vitamin C. Sehingga jika kedua bahan tersebut dicampurkan, maka akan menghasilkan perpaduan yang sangat baik terutama untuk tubuh kita. Untuk mencapurkan obat inipun juga sangatlah mudah, siapkan semua bahan. Ambillah air dari perasaan jeruk nipis ini, kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu. campurkanlah dengan merata. Tada,,,,ramuan obatnya sudah siap! Sebaiknya konsumsilah ramuan ini 3 kali sehari, pagi, siang, dan juga pada malam hari sebelum tidur. Lakukanlah dengan teratur ya, biar cepat sembuhnya!


Tidak dapat dipungkiri lagi deh, vitamin C ini memang sangat membantu dalam menangani masalah flu

Atasi flu dengan vitamin C
Yuk makan buah, enak tau! Sumber : Google

Vitamin C adalah vitamin yang paling popular dibandingkan dengan vitamin yang lainnya. Bahkan banyak beredar suplemen vitamin C yang memiliki beragam bentuk. Juga dengan mudahnya menemukan buah yang mengandung vitamin C yang ini. Vitamin C ini akan menjadi antioksidan alami yang mmapu menangkal dan melawan infeksi, virus, kuman, dan juga radikal bebas. Makanya ketika flu menyerang, sebaiknya konsumsilah buah-buahan atau suplemen vitamin C yang tinggi. Bukan hanya dapat mengatasi flu saja, tetapi juga dapat menurunkan panas, batuk, dan juga dapat mengurangi sakit kepala. Pastinya kalian sudah akrab deh dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C ini, yaitu seperti jeruk, nanas, jambu, stroberi, dan buah-buahan lainnya.

Saat flu menyerang, semangkok sop hangat bisa menjadi penyelamat sekaligus lezat


Sop hangat bisa mengatasi flu
Siapa yang ingiler lihat sop hangat ini? Sumber : Google

Siapa yang suka dengan sop yang hangat? Pasti tidak ada yang mengelak, bukan! Memakan sop yang masih hangat saat flu, ternyata dapat menyelamatkan Anda untuk bernafas lebih segar. Saat memakannya, sop yang hangat tersebut mampu melegakan hidung tersumbat, mencairkan lender, dan juga membuat tenggorokan lebih segar. Hal inipun diperjelas oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para Ahli, bahwa dengan meminum cairan hangat dapat meredakan gejala-gejala seperti flu, sakit tenggorokan, bersin-bersin, dan juga dapat membangkitkan nafsu makan. Anda dapat memakan segala jenis sop, namun pilihlah makanan yang memiliki nutrisi dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh. selain mendapatkan manfaatnya, juga ketubuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin juga terpenuhi. Nah, semangkok sop hangat dapat menyelamatkan Anda kan dari flu dan hidung tersumbat sekaligus nan lezat juga kan!

Secangkir teh hangat, bisa menjadi pilihan ketika gejala flu sudah menghampiri


Minum teh hangat mampu mengatasi flu dengan baik
Secangkir teh hangat, bisa menjadi pilihan terbaik saat flu! Sumber : Google

Minum teh hangat sambil menikmati suasana yang sejuk dan damai memang sangatlah nikmat. Tapi jika flu sudah menghampiri, maka terganggulah suasana itu. Jangan takut, ketika Anda minum teh maka gangguan tersebut tidak akan bertahan dengan lama. Karena dengan minimum-minuman yang hangat seperti teh hangat tersebut, maka akan membuat tubuh kita lebih segar, lender-lender akan mencair sehingga hidung tersumbatpun akan lega, dan juga dapat membuat tenggorokan Anda lebih segar. Selain itu, kandungan polifenol dan senyawa lainnya yang terdapat dalam the tersebut mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga dapat melawan virus penyebab flu terjadi. Dalam hal ini Anda dapat memilih teh herbal yang mengandung kamomil atau pepermin, juga memilih teh hijau yang kaya akan antioksidan. Nah, agar lebih nikmat dan segar, Anda bisa menambahkan madu, lemon, ataupun jeruk nipis ke dalam teh tersebut. selain dapat membuat nikmat dan segar, juga akan membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Sekarang Anda tidak ragu lagikan, untuk memilih secangkir teh hangat ketika flu sudah menghampiri! Baca juga : Perbedaan antara sakit kepala dengan migrain.

Kalau sudah kepepet banget dan gak ada apa-apa, minum air putih hangat aja deh!

Minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang
Kalau sudah kepepet banget dan gak ada apa-apa, minum air putih hangat aja deh! Sumber : Google

Iya, dengan minum air putih hangat juga dapat lho, untuk melegakan hidung tersumbat! Karenakan yang hangat-hangat mampu melumerkan lender-lender. Tapi, bukan hanya itu saja, Lho! Nah, ketika kita sedang menglami flu, maka tubuh pun akan mengeluarkan cairan yang lebih banyak dari biasanya. sehingga tubuhpun perlu cairan dan asupan mineral. Makanya saat flu menyerang, perbanyaklah untuk mengonsumsi air putih, terlebih lagi yang hangat-hangat ya! Biar dobel manfaatnya. Jadi, jangan dianggap sepele ya, air putih itu. Memang sih murah dan tidak perlu ribet, tapikan manfaatnya untuk tubuh penting banget. Yuk cukupi asupan mineral harian kita!

Membersihkan hidung dengan air garam? Emangnya bisa!


Atasi flu dengan air garam
Membersihkan hidung dengan air garam! Sumber : Google

Banyak yang meragukan akan manfaat dari membersihkan hidung dengan air garam tersebut. memang sih awalnya akan merasa tidak nyaman, tapi cara  ini mampu untuk mengeluarkan cairan yang ada dalam hidung. Jangan salah ya, air garam ini mampu membunuh kuman dan juga bakteri-bakteri penyebab hidung terinfeksi oleh virus flu tersebut. Anda tinggal membersihkan lubang hidung dengan air garam, atau bisa juga aditambahkan sedikit air perasan jeruk nipis yang memiliki manfaat tidak kalah pentingnya. Mudah sajakan caranya, lakukanlah dengan teratur, ya! Yuk, coba bersihkan hidung Anda dengan air garam. Semoga cepat sembuh ya, flunya!

Cobalah untuk menggunakan aromaterapi, hidungpun akan lebih lega dan segar juga rileks kembali


Atasi flu dengan aromaterapi
Terasa lebih segar dan rileks nih, hidungku! Sumber : Google

Saya yakin kalian semua pastinya sudah kenal dengan aromaterapi, ya kan? Aromaterapi merupakan sejenis bau-bauan yang dapat membuat seseorang merasa lebih tenang, segar, dan juga reliks ketika menciumnya. Biasanya aromaterapi ini menggunakan minyak essemsial yang telah melalui proses ekstraksi dari berbagai bagian tanaman tersebut. setelah melalui proses ekstraksi yang panjang, maka akan menjadi konsentrat. Dan barulah aromaterapi tersebut bisa digunakan dalam jumlah yang sedikit. Ada banyak varian dari aromaterapi ini, yaitu minyak kayu putih (eucalyptus), lemon balm, lavender, jasmine, papermint, dan juga seperti kamomil. Selain dengan menghirup aroma yang dikeluarkan dari minyak essensial tersebut, juga dapat digunakan untuk mandi, Lho! Cukup menambahkan sekitar 10-15 tetes minyak essensial tersebut ke dalam bak mandi ang sebelumnya telah berisi air, ya! Mudah sajakan untuk mengggunakan aromaterapi ini, selamat mencoba!

Biasakanlah untuk mandi pada pagi hari, ya!

Mandi di pagi hari atasi flu
Mandi di pagi hari itu, segar banget! Sumber : Google

Duh dingin nih, malas ah mandi. Nanti siang aja deh mandinya! Hayu ngaku, siapa yang malas mandi pada pagi hari? Kalau Anda salah satunya, piker lagi deh untuk tidak mandi! Selain mendapatkan udara yang segar, tubuhpun akan terasa lebih segar juga. Tambah semangat deh untuk mengalawali hari! Bukan hanya itu saja, madi di pagi hari juga memiliki manfaat yang segudang. Ya, mandi di pagi hari itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, system imunitas juga akan meningkat, menjaga kesehatan kulit, mengurangi stres, dan yang paling utamanya yaitu dapat mengatasi flu. Pada saat kita mandi di pagi hari, maka terjadilah suatu rangsangan yang dapat menghasilkan sel darah putih. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sel darah putih tersebut berperan untuk melawan berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh kita. Semakin banyak tubuh memproduksi sel darah putih ini, maka system imunitas tubuhpun akan semakin kuat. Maka dari itu, mandi di pagi hari dapat mengatasi flu dan juga mempercepat kesembuhannya. Sebaiknya gunakanlah air yang dingin, jangan yang hangat. Kecuali jika flunya disertai dengan demam dan menggigil, boleh memakai air hangat tapi jangan terlalu panas, ya! nah, setelah mengetahui manfaat yang tersembunyi dari mandi di pagi hari itu, masih malas mandinya? Piker lagi deh!

Kalau sudah begini, banyak-banyaklah beristirahat

Beristirahatlah dengan cukup
Duh, enaknya tiduran! Sumber : Google

Setelah melakukan berbgaai cara untuk menangani flu ini, Andapun juga harus menyertainya dengan melakukan istirahat yang cukup, Lho! Agar Anda dapat pulih dengan lebih cepat. jangan memaksakan diri dalam kondisi yang lemah, nantinya daya tahan tubuh Andapun akan semakin lemah. Jadi lebih lama deh proses penyembuhannya. Jika Anda merasa sulit untuk bernafas ketika berbaring tersebut, maka tinggikan kepala Anda dengan menggunakan bantal agar bernafas Anda lebih mudah. Baca juga : Manfaat yang didapatkan dari tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh.

Nah, itulah tips-tips yang dapat saya berikan untuk kalian semua. Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah dan juga mengatasi gangguan hidung atau flu ini. Semoga flunya cepat sembuh, ya! Dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa ada gangguan!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 10 Cara Atasi Flu dengan Cepat "

  1. mudah mudahan infonya bisa maknyos
    thanks infonya
    http://idblackwalet.com/

    ReplyDelete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....