Penyebab Tubuh Mudah Terkena Anemia

Pernahkah Anda mengalami anemia atau kekurangan darah? Saya yakin bahwa kebanyakan orang pastinya pernah mengalami penyakit yang satu ini, bukan! Karena semua orang beresiko terkena anemia atau kekurangan darah ini. Bahkan wanita memilki resiko tertinggi untuk terserang anemia ini dibandingkan laki-laki.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan para wanita mengalami masa menstruasi, melahirkan, dan juga menyusui. Dimana hal tersebut sangat berpengaruh terhadap sirkulasi darah yang terus-menerus harus tetap stabil. Makanya jika wanita sedang menstruasi tidak heran bila mereka mudah merasa lemah, lemas, lesu, dan juga mudah lelah dalam melakukan aktivitasnya.

Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Nah, anemia ini adalah kekurangan jumlah sel darah merah yang mengandung hemoglobin (Hb). Jangan salah mengartikan ya, kekurangan darah itu bukan darah rendah tapi tingkat hemoglobin darah tersebut rendah. Apakah kalian tahu, apa peran dari hemoglobin (Hb) tersebut di dalam sehingga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh? Ya, hemoglobin (Hb) tersebut sangat berperan dalam sirkulasi darah, karena hemoglobin ini berperan sebagai pengikat oksigen dari paru-paru dan dialirkan keseluruh tubuh. Jika tubuh kita kekurangan hemoglobin dalam darah, maka sel-sel dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen dengan cukup. Akibatnya timbullah gejala-gejala dari anemia tersebut.

Anemia ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang terjadi pada tubuh kita. Dimulai dengan rasa lemas, lemah, terlihat lesu, mudah lelah dalam melakukan sesuatu, pusing, hingga nafsu makanpun berkurang. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda perlu menanganinya dengan mengetahui apa penyebab dari semua itu. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena  anemia. Apa saja sih penyebab timbulnya gangguan anemia ini?  Yuk, ketahui lebih lanjut biar penanganannya benar.

1. Kekurangan zat besi

Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Kekurangan zat besi dalam tubuh merupakan penyebab utama tubuh terserang gangguan anemia ini. karena zat besi ini merupakan nutrisi yang begitu penting dalam memproduksi hemoglobin dalam darah dan juga berperan sebagai enzim-enzim mencerna makanan dan reaksi-reaksi lainnya. jika tubuh kita kekurangan zat besi, maka tubuhpun akan mengalami gangguan anemia. Untuk itu, cukupilah asupan nutrisi berupa zat besi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh lainnya.

2. Menstruasi yang berlebihan


Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Setiap bulan para wanita yang normal akan mengalami menstruasi. ada yang memiliki pola menstruasi yang teratur begitupun juga sebaliknya tidak teratur. Selain itu volume darah yang keluar juga setiap wanita berbeda-beda, ada yang sedikit dan juga banyak. jika darah yang keluar melebihi batasan normal, maka tubuh akan kekurangan zat besi. Karena semakin banyak darah yang keluar, semakin banyak juga zat besi yang keluar. Maka dari itu, saat menstruasi sebaiknya konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi dan juga mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

3. Kekurangan vitamin B12, vitamin C, dan asam folat

Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Bukan hanya zat besi yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi sel-sel darah merah, tetapi ada beberapa nutrisi yang juga berperan penting dalam hal tersebut. Nutrisi tersebut berupa vitamin B12, vitamin C, dan juga asam folat. Sama halnya dengan zat besi, jika dalam tubuh kita kekurangan asupan nutrisi tersebut maka juga akan menyebabkan tubuh kita mudah mengalami anemia. Untuk itulah, penting sekali mencukupi asupan nutrisi tersebut jangan sampai kekurangan atau berlebihan dalam menkonsumsinya, agar terhindar dari anemia dan masalah kesehatan lainnya.

4. Pendarahan

Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Jika pendarahan terjadi, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan anemia. Pendarahan ini bisa terjadi pada saat kecelakaan, yang mana banyak mengeluarkan darah. Selain itu, pendarahan juga sering terjadi pada saat melahirkan. Pada saat itulah dibutuhkan darah yang banyak untuk mengganti darah yang sudah keluar.
Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mimisan dengan bahan alami.

5. Produksi sel darah merah berkurang


Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Pada saat tubuh kurang normal atau adanya gangguan tertentu, maka akan berpengaruh terhadap produksi sel darah merah. Di mana pembentukan sel darha merah tersebut menjadi berkurang, sehingga jumlahnya pun semakin sedikit. dalam kondisi seperti ini tubuh akan mengalami anemia.

6. Donor darah


Penyebab munculnya anemia
Sumber : Google

Biasanya orang yang selesai mendonorkan darah, akan diberikan asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung zat besi. Hal itu bermaksud agar orang habis mendonorkan darah tersebut tidak akan kekurangan darah atau anemia. Pada saat mendonorkan darah, sel darah merah tersebut akan di tranfusikan sehingga darah si pendonor ini akan berkurang. Tapi jangan takut, mendonorkan darah itu akan menyehatkan tubuh, Lho!

Nah, sekarang sudah tahukan hal-hal dapat menyebabkan seseorang terkena anemia. Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk  menangani anemia tersebut. Tentunya makanan tersebut yang banyak mengandung zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat dan juga nutrisi yang diperlukan oleh tubuh lainnya.  Makanan yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, kacang hijau, sayuran hijau, dan juga buah-buahan lainnya. Sedangkan untuk makanan yang banyak mengandung vitamin B12, vitamin C, asam folat itu seperti yang terkandung dalam telur, susu, pisang, jeruk, dan juga buah dan sayuran lainnya.

Stay healty ya, guys!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Tubuh Mudah Terkena Anemia"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....