Inilah Akibat dari Kekurangan Zat Besi

Kenapa ya hari ini aku merasa lemas dan kurang bersemangatlah rasanya? Ah, gak apa-apa deh lanjutin aja belajarnya!

Kalian pasti pernah mengalami hal yang saya alami seperti itukan! Dan juga seringkali mengabaikan hal tersebut, karena sering terjadi sehingga tidak mempedulikan permasalahan tersebut. “ Ah, gak apa-apa deh, bisa aja terjadi seperti ini!” Ets, permasalahan seperti itu jangan diabaikan atau bahkan menganggapnya hal yang biasa saja, ya!

Bisa jadi permasalahan tersebut akan membahayakan kesehatan kita yang lainnya. Makanya, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab muncul rasa lemas dan kurang bersemangat itu! Biar penanganannya lebih tepat dan permaslaahan tersebutpun dapat segera teratasi.

Akibat dari kekurangan zat besi
Akibat dari kekurangan zat besi! Sumber : Google
Nah, tubuh terasa lemas dan kurang bersemangat itu merupakan ciri-ciri dari tubuh akibat kekurangan zat besi. Zat besi itu sendiri sangat berperan untuk menstabilkan jumlah sel darah setiap harinya dan juga merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi ini juga berperan menjadi enzim-enzim dalam tubuh yang membantu mencerna makanan dan juga reaksi-reaksi penting lainnya. Kebutuhan setiap orang akan zat besi ini berbeda-beda tergantung usia masing-masing. Jika kekurangan ataupun kelebihan zat besi ini dalam tubuh maka akan menimbulkan berbagi permasalahan. Maka dari itu kebutuhan akan zat besi ini harus tercukupi setiap harinya, biar permasalahan tersebut tidak menghampiri Anda.

Biasanya kekurangan zat besi ini akan mempengaruhi munculnya gangguan kesehatan seperti anemia. Namun bukan hanya itu saja, masih banyaka lagi gangguan yang akan muncul jika kekurangan zat besi. Berikut adalah akibat yang ditimbulkan dari kekurangan zat besi yang penting sekali kalian ketahui.

1. Anemia (kekurangan darah)

Akibat dari kekurangan zat besi
Anemia Sumber : Google
Siapa yang pernah mengalami lemas, mudah lelah, dan kurangnya semangat dalam melakukan aktivitas? Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa saja mengalami anemia (kekurangan darah). Untuk lebih yakin, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan darah. Biasanya anemia ini sering dialami oleh para wanita dan juga anak-anak dibandingkan para laki-laki. Karena wanita itu setiap bulannya mengalami menstruasi, artinya pada saat itulah wanita kerap kali mengalami kekurangan darah. Sedangkan anak-anak itu juga rentan kekurangan darah, dikarenakan pada masa anak-anak sangat diperlukan nutrisi yang banyak untuk pertumbuhannya. Untuk itulah, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, ya kan?

2. Kelihatan lesu dan kurang bertenaga


Akibat dari kekurangan zat besi
Kurangnya semangat kerja dan terasa tak memiliki tenaga! Sumber : Google
Ketika seseorang mengalami kekurangan zat besi dalam tubuhnya, maka ia akan lebih mudah untuk merasa lelah karena kurangnya tenaga dan juga akan terlihat lesu kurang bersemangat. Meskipun sudah beristirahat dengan cukup, tetapi tetap saja merasa lesu dan seakan tidak memiliki tenaga. Jika hal itu terjadi, maka cepatlah untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Biar dapat melakukan aktivitas seperti biasanya, tanpa terhalangi oleh rasa lesu dan letih.

3. Suasana hatipun tidak menentu

Akibat dari kekurangan zat besi
Suasana hatipun berubah-ubah! Sumber : Google
Disaat kekurangan zat besi, maka juga akan berdampak kepada suasana hati. Memang suasana hati seseorang itu dapat berubah-ubah, tapi jika kekurangan zat besi ini maka akan lebih suasana hatipun akan lebih sensitive. Hingga akan berujung kepada depresi jika terus saja dibiarkan. Depresi tersebut akan menyebabkan seseorang tersebut mudah marah, emosi, mudah lelah, bahkan untuk tidurpun sulit. Biar suasana hati kita tetap normal dan terarah, mulailah untuk mencukupi asupan nutrisi berupa zat besi tersebut, ya! Dan jaga hati!


4. Dapat menurunkan kecerdasan dan daya ingat 


Akibat dari kekurangan zat besi
Sumber : Google
Siapa sih yang tidak ingin cerdas dan memiliki daya ingat? Pasti semua orang menginginkan hal tersebut, karena dapat memudahakan untuk menuju masa depan yang lebih baik. Namun tidak semua orang memiliki kecerdasan dan juga daya ingat yang bagus. Banyak orang yang berpendapat bahwa kecerdasan itu adalah keturunan dari orang tuanya. Memang benar seperti, namun kecerdasan itu juga dapat dibentuk melalui belajar dan juga asupan nutrisi sangat penting untuk menunjang kecerdasan dan juga daya ingat seseorang. Nah, salah satunya yaitu zat besi yang sangat berperan dalam memaksimalkan kerja otak kita. Zat besi ini adalah unsur penting dalam memproduksi dan juga memelihara myelin serta mempengaruhi aktivitas saraf kita. Jika kekurangan zat besi ini, maka bukan tidak mungkin kecerdasan dan juga daya ingatpun akan menurun. Makanya, memperhatikan aupan nutrisi yang cukup untuk tubuh itu penting sekali, bukan!

5. Tubuh terasa gemeteran

Akibat dari kekurangan zat besi
Sumber : Google

Pernahkah Anda merasakan tubuh gemetar? Bukan karena menggigil kedinginan, ya! Tapi gemetar tersebut karena lapar! Memang  sih jika tubuh kita merasa lapar, bagi sebagian orang akan merasakan bagian tubuh tertentu akan gemeteran. Nah, begitupun juga dengan kekuranganzat besi ini, tubuhpun juga akan terasa gemeteran. Hal tersebut terjadi karena pada saat tubuh kita kekurangan zat besi, maka peredaran darah tidak lancar. Sehingga bagian-bagian tertentu saja yang dapat teraliri oleh darah, dan mengakibatkan bagian tubuh tubuh yang terairi darah akan merasa gemetar. Biasanya bagian tubuh yang sering gemetar itu pada kaki dan juga tangan. Apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya langsung aja deh makan biar gak gemeteran lagi!

6. Bahkan kulitpun mulai pucat

Akibat dari kekurangan zat besi
Bahkan kulitpun terlihat pucat! Sumber : Google

Ketika kita kekurangan zat besi ini, maka secara tidak langsungpun kulit kita akan kelihtan berubah warna seperti pucat. Hal ini terjadi karena suplai darah ketubuh kita kurang maksimal, sehingga hemoglobin (Hb) tubuh kitapun juga akan menurun. Itulah sebabnya kulit akan tampak pucat.

7. Akan gampang sakit

Akibat dari kekurangan zat besi
Sumber : Google
Tidak dapat dipungkiri bahwa jika seseorang yang kekurangan zat besi, dia akan mudah lelah, lemas, dan kurang bertenaga. Bahkan daya tahan tubuh pun akan menurun, sehingga menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

Nah, itulah akibat yang ditimbulkan jika tubuh kita kekurang zat besi dalam tubuh. jadi zat besi itu sangat berperan penting dalam tubuh kita, bukan? Makanya, mulai sekarang jangan mengabaikan peranan zat besi lagi, ya! Meskipun cuma berupa zat besi, tapi berperan dalam tubuh kita. Nah, mulai sekarang cukupilah asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, ya! karena jika kurang satu saja akan menimbulkan permasalahan baru lagi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Inilah Akibat dari Kekurangan Zat Besi"

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....