Benarkah Makanan ini dapat Menurunkan Resiko Kanker Payudara?

Kanker payudara! Siapa sih yang tidak kenal dengan permasalahan yang satu ini? Pastinya kalian semua sudah mengenal kanker payudara, bukan? Ya, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak meyerang wanita dibandingkan pria dan kanker ini terbilang kanker yang paling mengerikan. 

Kanker payudara
Kanker payudara dapat mengintai siapa saja! Sumber : Google

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan juga menurunkan resiko terkena kanker payudara ini. Ya, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus membiaskan diri untuk melakukan olahraga dengan rutin dan yang juga penting sekali Anda melakukan pendeteksian dini yang tentunya hal tersebut dapat mengurai resiko kanker payudara.

Menurut sejumlah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa makanan-makanan tertentu  dapat menurunkan resiko kanker payudara dan juga dapat mencegahnya. Makanan tersebut berupa sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, dan tentunya rendah akan karbohidrat tepung.

Mau tahu apa saja makanan yang dapat menurunkan resiko kanker payudara? Yuk next read, ya…

Meskipun sering digunakan untuk memasak, jangan salah! Bumbu dapur yang satu ini ampuh untuk mencegah kanker payudara, Lho! 
 
Kunyit untuk menurunkan resiko kanker payudara
Bumbu dapur ini, juga mampu untuk menurunkan resiko kanker payudara, Lho! Sumber : Google

Hayu siapa yang tahu apa namanya, bumbu dapur ini?  Saya yakin, kalian semua pastinya sudah akrab dengan bumbu dapur yang satu ini, bukan? Ya, kunyit namanya. Merupakan bumbu dapur khas Indonesia yang begitu banyak manfaatnya. Bukan hanya sebagai bumbu untuk memasak saja, tapi jangan salah kunyit ini ini juga ampuh lho untuk mencegah dan juga menurunkan resiko kanker payudara.

Anda tahu gak kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan dalam kunyit ini terkandung zat kurkumin berperan sebagai antioksidan yang mempunyai sifat antiproliferatif dan menimbulkan efek apoptotik (berhubungan dengan kematian sel). Selain itu kurkumin tersebut juga disinyalir memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan efek antitumor. Perlu Anda ketahui bahwa kurkumin tersebut tidak larut dan tidak stabil dalam air, Lho!

Nah, sudah tahukan kenapa kunyit dapat mencegah dan juga menurukan resiko kanker payudara! Sekarang jangan malas lagi ya untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang ada kunyitnya ini.

Bagi Anda yang tidak suka sayuran ini, pikir lima kali deh untuk tidak memakannya! 

Brokoli
Aku tak mau makan sayur hijau itu! Sumber : Google

Mungkin sebagian orang tidak menyukai jenis sayuran yang satu ini, tapi perlu diketahui bahwa sayuran ini memiliki banyak manfaatnya lho untuk kesehatan tubuh! Saya yakin, kalian pasti sudah kenal dengan sayuran yang satu ini. Karena kalian bisa menemukan sayuran ini dalam berbagai jenis masakan. Namanya brokoli, agak kembaranlah dengan kembang kol dan sedikit bersaudara dengan kubis. Weh, kenapa jadi ongomongin keluarga brokoli ya!

Nih biar saya lanjutin penjelasannya! 

Brokoli itu merupakan sayuran hijau yang bisa dikonsumsi masak ataupun masih mentah. Menurut sebuah penelitian, mengemukakan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam brokoli yaitu senyawa sulforaphane dan juga indole-3-carbinol yang berperan sebagai antioksidan, sehingga membuat brokoli ini mampu membunuh sel kanker pada tubuh. Sehingga hal itulah yang membuat sayuran yang satu ini dapat mencegah dan juga menurunkan resiko kanker payudara. Namun, penelitian yang berhubungan dengan sulforaphane ini berada di tahap yang awal, dan tidak ada implikasi langsung untuk pengobatan kanker payudara atau pencegahannya. Hal ini tidak dapat diasumsikan bahwa makan brokoli memiliki efek yang sama seperti menerapkan sulforaphane langsung ke sel-sel kanker di laboratorium. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kan untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Memangnya benar ya, kalau bumbu masakan sehari-hari ini dapat menyembuhkan kanker juga? 

Bawang putih dapat menurunkan resiko kanker payudara
Meskipun sering digunakan untuk memasak, bawang putih juga daapt menurunkan resiko kanker payudar, Lho! Sumber : Google

Bumbu masakan sehari-hari ini pasti menjadi bumbu yang paling penting dalam memasak, bukan? Nah, kalau begitu pastinya kalian sudah akrab dengan bumbu dapur yang satu ini. Ya, bawang putih namanya. Tahukah kalian, bahwa bawang putih ini bukan hanya berperan penting dalam dunia masakan tetapi juga berperan dalam dunia kesehatan. Berbagai studi pun juga telah membuktikan kemampuan bawang putih ini dalam dunia kesehatan, terutama dalam mencegah dan juga mengobati penyakit kanker ini.

Hal ini dikarenakan dalam bawang putih ini terkandung zat-zat yang dapat memerangi sel-sel kanker. Komponen-komponen senyawa tersebut yaitu senyawa diallyl sulfide, diallyl disulfide, dially trisulfide, S-allyl cysteine, S-allylmercaptocysteine, allicin, dan juga senyawa ajoene. Zat-zat yang terkandung tersebutlah yang dapat mencegah pembentukan, pengaktifan, dan juga pemblokiran zat karsinogen yaitu zat pemicu timbulnya kanker. Di sisi yang lainnya juga, bumbu dapur yang satu inin berperan sebagai antioksidan dan juga antibakteri, Lho!

Nah, setelah mengetahui alasan kenapa bawang putih tersebut mampu mencegah dan juga menyembuhkan kanker. Penting sekali Anda ketahui bagaimana cara mengonsumsinya. Mengonsumsi bawang putih ini cukuplah mudah yaitu dengan menghancurkan bawang putih tersebut kemudian diamkanlah selama 15 menit sebelum dimasak. Kenapa harus didiamkan terlebihdahulu sebelum dimasak? Karena kalau setelah dihancurkan tidak didiamkan terlebih dahulu, maka reaksi kimia tidak akan terjadi sehingga membuat khasiat anti kanker tersebut tidak berfungsi lagi atau sudah menghilang. Dalam mengonsumsi bawang putih ini sebaiknya sesuai dengan ukurannya, ya!

Jangan salah! Buah yang bulat merah ini, juga mampu menangkal kanker payudara, Lho! 

Buah tomat
Yuk, mulai makan buah tomat ini! Enak lho....Sumber : Google

Buah apa yang berbentuk bulat dan berwarna merah ketika sudah matang? Hayu, udah tahu belum? Saya yakin kalian semua pasti sudah tahu buah yang satu ini, yaitu buah tomat namanya. Buah yang satu ini pastinya memiliki banyak penggemar, karena memiliki rasa yang asam dan agak manis. Di balik kepepolerannya itu, banyak yang tidak tahu bahwa buah ini juga memiliki manfaat yang sangta banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Terutama dalam hal untuk mencegah kanker payudara. Dikarenakan di dalam buah tomat ini terkandung banyak nutrisi dan juga vitamin yang dapat memerangi sel-sel kanker pada tubuh. buah ini kaya akan antioksidan dan juga lycopene yang berperan sebagai pencegah masuknya sel-sel yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Berdasarkan penelitian para ahli, menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam buah tomat tersebut tidak akan mudah larut dan hancur saat dilakukan olahan-olahan tertentu. Tentunya hal ini akan mempermudahkan Anda dalam mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Nah, dalam mengonsumsi buah tomat ini, ada beragam cara yang dapat anda lakukan, Lho! Yang paling umum adalah dengan dibuat menjadi jus tomat, salad, dan juga dapat menjadi olahan masakan lainnya. Sekarang tidak ragu lagikan untuk mengonsumsi buah bulat merah ini!

Bahan dasar pembuatan tempe dan tahu ini ternyata juga mampu menurunkan resiko kanker payudara, benarkah? 

Gorengan tempe
Siapa mau tempe kremes ini! Pada ngelerkan liatnya....Sumber : Google

Kalau kalian orang Indonesia, pastinya sudah tahu dong, bahan dasar yang sering digunakan dalam pembuatan tempe dan tahu ini? Nah, kalau sudah tahu, apa cuba namanya? Tahu bulat! Itu mah olahan dari tahu kali, bukan bahan dasar. Nih, biar saya sebutkan saja, bahan dasarnya yaitu kacang kedelai. Tahukah kalian, bahwa kacang kedelai ini selain enak dibuat dalam olahan masakan juga baik untuk kesehatan tubuh, Lho! Nah, salah satunya yaitu dapat menurunkan resiko kanker payudara. Hal ini berdasarkan pengamatan yang dilakaukan oleh para ilmuan terhadap wanita Asia dengan wanita Amerika, yang umumnya wanita Asia tersebut memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara ini dibandingkan dengan wanita Amerika. Dikarenakan wanita Asia lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai ini dibandingkan dengan wanita Amerika.

Aan tetapi, para ahli belum menyimpulkan sepenuhnya apakah kedelai tersebut mampu menurunkan resiko kanker payudara ataukah tidak. Meskipun begitu, kandungan yang terdapat dalam kacang kedelai ini seperti kandungan fitoestrogen dan juga nutrisi lainnya begitu baik untuk kesehatan tubuh kita. Nah, tidak ada salahnya kan rajin utnuk mengonsumsi kacang kedelai ini!

Bukan hanya teman untuk santai, tetapi juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya, Lho!

kacang tanah
Siapa coba yang tidak suka dengan cemilan yang satu ini? Sumber : Google

Ayo coba tebak, teman apa yang satu ini? Cuma teman atau adakah yang berbeda? Sudah-sudah! Jangan berpikiran yang macam-macam deh. Ini cuma teman biasa kho, iya temannya itu adalah cemilan yang penting banget ketika lagi santai. Biar kita kenalan dulu nih, namanya adalah kacang tanah, mau digoreng, direbus, atau dibuat apalah, pastinya enak aja.

Kalau ngomongin soal kacang nih, jujur saja saya paling doyan deh! Ets, jangnan suka memakannya saja, kalian juga harus tahu apa manfaat yang tersembunyi dari cemilan yang satu ini guys. Mau tahu apa manfaatnya? Iya deh biar saya kasih tahu nih, kacang tanah inikan kaya akan nutrisi, vitamin, zat besi, beta-sitosterol, dan juga kaya akan pitosterol. Yang mana kandungan-kandungan tersebut berperan sebagai anti kanker, terutama dalam melindungi tubuh dari terkenanya kanker payudara. Tapi bukan hanya itu saja, kacang tanah ini juga dapat melindungi kulit dari bhaya radikal bebas, Lho! Nah, sekarang makin rajinkan makan kacang tanahnya!

Selain makanan diatas, diperkirakan bahwa makanan yang tinggi serat, mengandung esterogen nabati , omega 3,  flavon atau flavonol dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Bahkan dengan melakukan pembatasan terhadap jumlah lemak jenuh dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh juga mampu membantu menurunkan risiko tersebut, Lho! Meskipun dengan mengatur pola makan yang sehat, tetapi tidak dibarengi dengan gaya hidup yang sehta dan juga olahraga yang teratur. Maka saya rasa kurang efektiflah untuk menurunkan ressiko tersebut. Untuk itulah, ketika Anda ingin hidup dengan sehat, maka lakukanlah dengan sepenuhnya. Karena hal-hal tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Makanan ini dapat Menurunkan Resiko Kanker Payudara?"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....