8 Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Hayo ngaku, siapa yang pernah galau atau baper? Pasti kalian pernahkan mengalaminya deh. Memang dua hal ini seakan sudah bersahabat dengan mereka dan dianggap menjadi hal yang biasa. Apalagi anak muda sekarang, dikit-dikit baper terus galau deh!
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Kalau terus-menerus galau, nantinya bisa berujung kepada stres. Stres merupakan suatu gangguan psikologis, yang akan berdampak pada perubahan sikap seseorang yang mengalami stres tersebut. biasanya seseorang yang selalu ceria kemudian tiba-tiba berubah menjadi sosok yang suka melamun, kurang semangat. Bahkan dalam pekerjaanpun kurang efektif dan asal-asalan saja.

Saat inipun masih banyak orang yang menganggap sepele terhadap gangguan stres ini. stres ini dapat menggagu siapa saja, tak terkecuali anak-anak dan anak muda sekalipun. Memang stres ini dapat sembuh dengan sendirinya, tapi jangan diabaikan. Karena kalau terus-terusan stres dan tidak adanya upaya untuk menanganinya, maka akan berdampak pada depresi. Bukan hanya aakn berdampak kepada depresi saja, stres juga akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik kita.

Apakah masih mau mangabaikan stres, jika sudah mengetahui permasalahan yang akan muncul jika tidak segera diatasi? Nah, berikut ini permasalahan kesehatan akibat dari stres  yang berlebihan tanpa terkendali.

1. Bisa jadi stresmu itu akibat memikirkan sesuatu secara berlebihan, tak heran kamu pun akan merasa migran yang mengganggu
 
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Beban pikiran yang terlalu banyak dan sulit untuk menemukan jalan keluarnya merupakan suatu penyebab kamu merasakan stres. Kalau hal tersebut terjadi, maka tak heran jika kamu sering merasakan sakit kepala ataupun migran yang begitu mengganggu.

Coba untuk menceritakan permaslahanmu tersebut kepada keluarga atau sahabatmu. Mereka akan dengan senang hati mendengarkan coletehan-coletehan kamu, dan juga akan membantu mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang kamu hadapi tersebut. dengan begitu, perasaanmu pun akan semakin tenang dan juga dapat melegakan beban pikiran yang selama ini kau simpan sendiri.

2. Meskipun kamu sudah teratur makan, maag dapat menghampiri kamu yang stres
 
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Memang pada dasarnya, asam lambung menaik atau maag ini disebabkan oleh adanya iritasi dan bakteri pada lambung. Biasanya karena pola makan yang salah dan juga tidak teratur. Gangguan maag ini juga bisa disebabkan oleh stres dan kurangnya tidur. Jenis maag ini memang agak berbeda dengan maag pada umumnya. Bahkan maag jenis ini juga sering terjadi dibandingkan dengan gangguan maag lainnya.

Makanya, jika kamu merasa sudah teratur makan dan juga tidak salah mengonsumsi makan. Mungkin saja pada saat itu kamu sedang stres akut. Mulailah untuk menenangkan dirimu sendiri dulu, ya!

3. Saat stres otot-otot akan menegang, nyeri punggungpun tak tertahankan lagi

Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Stres bisa berarti kamu dalam masa tertekan, makanya otot-otot tubuhpun juga akan ikut menegang. Nyeri punggung dan bagian tubuh lainnya pun tak tertahankan lagi. Karena stres bisa menyerang siapa saja, maka kamu yang terbilang masih mudapun akan sering merasakan sakit pinggang.

Memang pada dasarnya, sakit pinggang itu disebabkan oleh banyak hal. Tapi jangan salah, jika terus-menerus stres tanpa adanya upaya untuk bangkit, kamupun akan lebih mudah terserang nyeri punggung dan sakit badan lainnya.

4. Jaga pikiran agar tetap tenang, agar asmamu tidak kambuh-kambuhan
 
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit asma, mending mulai sekarang jaga pola pikiran kamu deh! Biar penyakit asmamu tidak kambuh secara tiba-tiba. Yaps, menjaga pikiran agar tetap tenang dan tidak galau adalah salah satu pilihan agar kesehatanmu tetap terjaga dan terkendali lebih baik.

Meskipun stres tersebut bukanlah pemicu terjadinya gangguan asma secara langsung, tapi kalau kamu stres harus diwaspadai dan jangan dianggap remeh. Jelas sekali gangguan stres ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, sehingga mudah atau rentan untuk terkena serangan asma ini.

Maka dari itu, penderita asma ini dianjurkan untuk berada di lingkungan yang sehat dan tidak berpolusi. Selain itu juga agar menjaga pikiran agar tetap dalam keadaan yang tenang, jangan biasakan untuk panik dan memikirkan sesuatu hingga terlalu dalam. Hal tersebut tentunya agar dapat bernafas dengan lancar dan leluasa tanpa ada hambatan sedikitpun.

5. Kalau kamu tidak ingin program dietmu gagal, sebaiknya cepat-cepat deh bangkit dari stres

Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Ketika stres sedang melanda, banyak orang yang memilih untuk melampiaskannnya dengan mengonsumsi banyak makan. Bukan hanya itu saja, pola makannya pun tidak teratur lagi dan kurang sehat. Jangankan peduli akan kesehatan, untuk mengatasi stres saja kamu belum tahu mau ngapain apa!

Ditambah lagi, saat stres beban pikiran umumnya sudah hampir pecah dan kepikiran terus saat ingin tidur. Kamupun memilih untuk terus-menerus memakan cemilan dan tidur larut malam. Disaat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan juga kurangnya tidur. Hal tersebut akan menyebabkan tubuhmu tambah melar, bukannya langsing deh!

Jadi, jika kamu sedang dalam program diet, sebaiknya atur pola pemikiran kamu. Agra tetap stambil dan tenang. Agar program diet yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan, deh!

6. Jangan biarkan perawatan kecantikanmu sia-sia, cuma karena stres yang tak kunjung reda
 
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Nah, stres ini selain memiliki dampak buruk terhdap kesehatan tubuh, juga bisa membuat kulitmu keriput sebelum waktunya. Pada saat stres, kebanyakan orang memilih untuk berpikir dengan keras. Sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya keriput pada wajah dan juga kulit akan terlihat lebih kusam tak terawat.

Hal utamanya yaitu dikarenakan oleh terhambatnya produksi hormone telomeres akibat dari gangguan stres tersebut. hormone telomeres ini berperan dalam proses peremajaan sel-sel kulit. kalau produksi hormone ini terganggu, maka bukan tidak mungkin akan mengganggu kulitmu, sel-sel mudah terkelupas, dan juga dapat mempercepat proses penuaan. Makanya, jangan kebanyakan stres deh, fun aja kali!

7. Rasa tertekan dan galau yang berkepanjangan juga bisa menurunkan fungsi otakmu, perlu waspada terhadap risiko kepikunan dini, deh!
 
Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Pada dasarnya, kepikunan atau isitilah medisnya disebut dengan Alzheimer’s ini sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kepikunan ini dapat menyerang seseorang yang masih terbilang muda.

Makanya, cobalah untuk menyikapi setiap permasalahan yang datang tersebut dengan tenang, namun tetap memikirkan jalan keluar dari permasalahan tersebut, ya!

8. Bahkan penyakit jantung dan srokepun bisa saja mengintai kamu yang suka panik dan pikiran yang tidak tenang

Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan tubuh
Sumber : Google

Ketika mengalami stres, kondisi jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. di lain sisi, gangguan stres ini juga dapat memicu pembulu darah menjadi mengerut sehingga akan lebih sempit dan bisa saja menyebabkan tekanan darah meningkat. Kalau hal ini terus-menerus dibiarkan tanpa adanya upaya untuk menganinya, maka akan berisiko terkena gangguan stroke dan tentunya penyakit jantung.

Makanya, bagi orang yang sudah memiliki penyakit pada jantung, usahakan untuk menjauhi yang namanya stres dan juga jangan suka panic dan pikiran yang tidak tenang, ya!

Nah, itulah akibat yang akan ditimbulkan dari gangguan stres yang terus-menerus dibiarkan saja, tanpa adanya upaya untuk menanganinya. Kalau sudah tahu akibatnya akan begini, apakah masih mau mengabaikan yang namanya stres ini dan sering galau-galauan?

Sebaiknya overthingking aja deh, terhadap semua hal dan cemas yang berlebihan. Atur kesibukanmu dengan menekuni hobi atau hangout bareng teman-teman. Biasakanlah untuk curhat kepada keluarga maupun sahabatmu, biar pikiranmu tenang dan tidak penuh lagi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....