Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Kapan terakhir Anda menangis? Hayo, jangan malu deh untuk mengakuinya! Karena pada dasarnya menangis itu merupakan suatu hal yang wajar bagi setiap orang, mau yang anak-anak, anak muda, ataupun orang dewasa. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa menangis itu cuma anak kecil yang pantas.

Manfaat menangis
Sumber : Google

Menangis itu biasa diartikan sebagai luapan perasaan yang tak dapat tertahankan lagi dari dalam diri, yang biasanya ditandai dengan keluarnya air dari mata. Setelah meluapkan semua perasaan itu dengan menangis, maka banyak orang mengatakan mereka merasa lebih lega dan tenang. Selain itu, tanpa disadari dengan menangis juga akan membantu tubuh untuk melepaskan energi negativ.
Baca juga : Cara melembabkan wajah dengan cara alami, biar tambah segar!

Dari hal tersebut, sebenarnya apasih hubungannya menangis dengan kesehatan tubuh, baik secara fisik ataupun non fisik? Berikut ini ulasan singkat mengenai hubungan dan juga pengaruh menangis terhadap kesehatan tubuh. Yuk, simak!

1. Dengan menangis, emosi yang dimiliki dapat terluapkan dengan cara yang positif dan akan membuatmu lebih bahagia

Manfaat menangis
Sumber : Google
Menangis ketika merasa sedih taupun kesal memanglah suatu hal yang wajar dan juga penting untuk dilakukan. dengan menangis, Anda akan merasakan suatu ketenangan dan juga akan merasa lebih bahagia. Karena semua emosimu sudah terluapkan dengan menangis dan juga akan membuat otak, jantung, dan system limbic akan semakin lancar. Maka dari  itu, luapkanlah semua emosimu dengan menangis. Baca juga : Cara membersihkan wajah dengan benar, biar tambah bersinar dan sehat!

2. Nggak cuma sekedar meluapkan emosi saja, dengan menangispun tingkat stres akan menurun sehingga beban pikiranpun akan terangkat

Manfaat menangis
Sumber : Google
Pada saat menangis, tubuh akan mengeluarkan beberapa zat kimia dan juga hormone-hormone yang terbentuk akibat stres. Setelah mengeluarkan zat-zat itu semua, maka akan membuat kebanyakan orang akan merasa lebih lega dan adanya rasa lebih nyaman setelah mereka meluapkannya dengan menangis. Karena itulah dengan menangis, maka akan membuat tingkat stres menurun.

Seandainya stres tersebut tidak diluapkan dengan cara menangis dan memilih untuk menahannya saja. Maka hal tersebut akan menyebabkan suatu permasalahan baru lagi dengan terganggunya kesehatan tubuh yang lainnya. Maka dari itu, jangan takut dibilang cengeng deh karena menangis. Menangislah sepuas-puasnya, tuh itu semua akan membuatmu merasa lebih lega dan nyamankan!

3. Tanpa disadari, menangis dapat mengeluarkan racun-racun pada tubuh atau sebagai detoksifikasi alami sehingga tubuhpun akan semakin sehat


Manfaat menangis
Sumber : Google
Menurut sebuah penelitian, mengemukakan bahwa air mata yang dikeluarkan karena sebab faktor emosional. Maka air mata tersebut mengandung zat-zat yang beracun. Dengan keluarnya air mata tersebut berarti menandakan bahwa racun-racun yang ada dalam tubuh sudah keluar melalui mata tersebut, ya dengan menangis!

Tanpa disadari, menangispun juga akan membantu mengeluarkan zat-zat beracun yang ada dalam tubuh melalui air mata yang dikeluarkan saat menangis. Hal ini berarti air mata emosional dapat berperan sebagai detoksifikasi alami. Menakjubkan sekali, bukan!

4. Bukan hanya hanya sebagai detox saja, tetapi juga memberikan pelumasan pada mata

Manfaat menangis
Sumber : Google
Pada dasarnya, air yang terdapat di mata tersebut berfungsi sebagai pelumas bola mata, agar tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Bahkan air mata yang berfungsi sebagai pelumas tersebut juga dapat melindungi mata dari partikel-partikel debu dan juga serangan bakteri yang dapat menggagu mata. tanpa disadari, ternyata air mata yang sering dianggap sepele itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata.

Tahukah kalian, bahwa di dalam air mata tersebut terkandung suatu cairan yang biasa disebut dengan lisozom. Yang mana cairan lisozom tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu sekitar 5 menit. misalnya saja pada saat mata kelilipan, maka secara langsung mata kita akan mengeluarkan air. nah, air yang keluar dari mata itulah yang berfungsi sebagai pelumas dan membunuh bakteri yang masuk ke mata.

Maka dari itu, air mata tersebut sudah cukup kho untuk membersihkan bola mata. Jadi tak perlulah menggunakan obat mata segala!

5. Memang sih menangis dapat membuat mata kelihatan bengkak, tapi jangan salah! Dengan menangis justru akan membuat lender pada hidung keluar dan membuatnya lebih bersih


Manfaat menangis
Sumber : Google

Saya yakin kalian semua pasti pernah menangis, entah dikarenakan apa. Setelah selesai menangis biasa mata dan hidung akan terlihat memerah dan bengkak. Bukan hanya itu saja, hidungpun juga akan ikut menangis. Iya, ketika menangis maka juga akan berpengaruh terhadap hidung. Sehingga menyebabakan hidungpun akan mengeluarkan lender, tanpa disadari hal tersebut justru akan membuat hidung menjadi lebih bersih. Baca juga : Tips mengatasi flu yang membandel dengan cara alami.

Bahkan juga dapat mencegah pilek dan flu, karena pada saat lender keluar maka kuman dan bakteripun juga ikut keluar bersama lender tersebut. sekarang kotoran-kotoran dan juga bakteri yang ada di hidung jadi terangkat semua, jadi lebih bersih deh!

6. Pada akhirnya, menangis akan melegakan semua beban pikiran dan nggak akan cemberut lagi

Manfaat menangis
Sumber : Google

Selain dapat menghilangkan zat-zat beracun dan juga membasmi bakteri dari dalam tubuh. Menangis ternyata juga dapat menstabilkan pikiran, mood, dan juga dapat mempertahankan keseimbangan emosi kita menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut dikarenakan, pada saat menangis tubuh memproduksi zat endorphin yang tentunya dapat membuat perasaan lebih lega dan cemberutpun menghilang.

Nah, itulah manfaat yang bisa didapatkan dari menangis. Banyakkan manfaatnya? Jangan pernah anggap orang yang menangis adalah orang yang cengeng ya! Bukannya begitu, mereka hanya merasa lebih tenang jika meluapkan semua perasaannya dengan menangis.

Untuk itu, menangislah untuk memberikan ketenangan pada perasaan. Tapi jangan berlebihan juga ya, menangisnya! Nanti mata dan pipimu jadi bengkak lagi….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Menangis Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....