Inilah Bahaya Mengonsumsi Makanan Terlalu Pedas

Siapa yang suka makan makanan pedas, hayo ngaku? Pasti banyak deh yang menggemari makanan pedas, terlebih lagi orang Indonesia. Tanpa sambal makanan terasa hambar deh, itulah yang sering kali dirasakan ketika makanan tidak ada pedasnya. Karena cabai itu sudah menjadi suatu hal yang wajib ada di meja makan untuk mendampingi sarapan. Meskipun saat ini harga cabai sedang melunjak tinggi.
Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google
Baca juga : Cara mengatasi maag dengan alami.
Memang sih rasa pedas dari cabai itu memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. karena cabai ini mengandung sumber vitamin A, B, C, dan E, serta berbagai nutrisi lainnya, yang mampu melancarkan system pencernaan dan juga dapat menyehatkan jantung, Lho! Akan tetapi, jika mengonsumsi makanan yang terlalu pedas kebanyakan, justru akan membuat kesehatanmu terganggu. Makanya mengonsumsi makanan pedas itu sewajarnya saja, jangan berlebihan. Kalau tidak mau terkena permasalahan-permasalahan berikut ini.

1. Akibat makanan yang terlalu pedas, gangguan gastritis atau maag akut bisa saja menghampirimu
 
Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google


Gastritis atau sering disebut dengan maag akut ini merupakan suatu peradangan yang terjadi di bagian lambung. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh bakteri dan juga tentunya akibat dari makanan yang terlalu pedas. Jika mengonsumsi makanan yang terlalu pedas ini, bahkan terbilang sering. Maka nantinya akan menyebabkan kemampuan pada lapisan pelindung lambung menurun.

Jika hal ini sampai terjadi, maka akan menimbulkan berbagai gejala, yaitu seperti merasakan mual, muntah, perut kembung, bahkan diarepun tak tertahankan lagi. Kalau gejala-gejala seperti ini sudah Anda alami, sebaiknya langsung saja pergi ke doketr untuk memeriksakan kondisimu dan menanganinya.

2. Perut mulas dan diarepun tak terhindarkan lagi, duhai bagi kamu yang hobi makanan pedas

Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google

Bahkan ketika kebanyakan mengonsumsi makanan yang terlalu pedaspun, perutmu akan terasa mulas-mulas dan sakit sekali. Tidak jarang akan berujung pada diare yang tak tertahankan lagi, deh! kalau sudah begini, toiletpun jadi sahabatmu.

Meskipun gangguan tersebut tidak bersifat akut, namun perlu kamu ketahui bahwa hal tersebut bisa saja diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas. Sehingga organ pencernaanmu pun akan mengalami iritasi, yang berujung pada rasa mulas dan diare tersebut.

Jika hal seperti ini menimpa kamu, cobalah untuk mengatasinya dengan memakan-makanan yang bersifat menyerap seperti roti. Bisa juga mengonsumsi daun jambu biji, karena sifatnya tersebut dapat menghentikan diare dan juga dapat menurunkan asam lambung, Lho!

3. Bahkan asam lambungmu pun akan akan menaik, tanpa permisi terlebih dahulu

Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google
Saya yakin, kalian atau Andapun pastinya pernah mengalami permsalahan pada lambungkan? Entah itu dikarenakan apa, yang pasti kamu merasakan perut yang kurang nyaman. Nah, asam lambung ini bisa saja meningkat tanpa permisi terlebih dahulu. Biasanya dikarenakan salah dalam mengonsumsi makanan.

Yaps, makanan yang terlalu pedas dan terlalu sering mengonsumsinya merupakan salah satu penyebab meningkatnya asam lambung. Jika asam lambungmu naik dalam jumlah drastis, maka hal tersebut akan membuat lapisan dindingmu akan menjadi iritasi. Kalau sudah begini sih, harus tahu cara mengatasi asam lambungmu agar kembali menjadi normal seperti sebelumnya.

4. Cobalah untuk mengurangi makanan yang pedas, kalau tidak ingin merasakan sakit kepala

Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google

Bukan hanya dapat menimbulkan permasalahan pada lambung, makan makanan yang terlalu pedaspun juga akan mengakibatkan sakit kepala. Jika Anda sering merasakan sakit kepala secara tiba-tiba, coba deh untuk mengurangi porsi makanan pedasmu terlebih dahulu, ya!Baca juga : Perbedaan antara sakit kepala dengan migran.

Biasanya sakit kepala yang ditimbulkan karena terlalu banyak makan makanan yang pedas, itu merupakan efek dari gangguan maag yang lebih dahulu menyerang Anda. Memakan makanan yang pedas memang sah-sah saja sih, namun penting juga untuk tetap memperhatikan masalah kesehatan tubuh, ya!

5. Ketika terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas, lidahmu pun juga ikut-ikut mengalami penurunan kepekaaan, Lho!

Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google

Ketika mengonsumsi makanan yang pedas, setiap orang pastinya memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Misalnya saja, ketika kamu akan merasa kepedasan setelah memakan satu sendok sambal. Sedangkan menurut temanmu itu sambal tidak ada rasa pedasnya.

Pernahkah kamu menyadarinya, bahwa ketika lidah tidak peka lagi terhadap rasa yang pedas tersebut padahal menurut orang lain sambal itu sambal tersebut terasa pedasnya. Nah, hal tersebut berarti lidah kamu sudah menurun tingkat kepekaannya.

Karena semakin lama seseorang terbiasa mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, maka lama kelamaan lidahmu pun akan menurun tingkat kepekaannya. Bukan hanya berlaku pada rasa pedas saja, juga berlaku untuk semua pengecapan rasa. Meskipun cabai memiliki banyak manfaat, tetapi tetap harus dalam batasan yang normal dalam mengonsumsinya.

6. Kalau kamu sering mengalami sulit tidur, bisa jadi akibat dari terlalu banyak makan makanan yang pedas
 
Akibat dari mengonsumsi makanan terlalu pedas
Sumber : Google

Ketika kamu kesulitan untuk tidur pada malam hari, memanglah sangat mengganggu. Bahkan untuk harus melakukan berbagai cara agar tertidur lebih awal, seringkali juga tak berhasil. Nah, bagi kamu yang sulit untuk tidur, coba deh untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas akan berpengaruh terhadap pola tidur. Jika Anda sulit untuk tidur, coba 5 cara mudah ini agar cepat tidur.

Hal ini bisa saja terjadi, karena disebabkan oleh suhu tubuh akan naik setelah mengonsumsi makanan yang pedas. Sedangkan sebelum tidur tubuh juga perlu memperlambatkan kerja metabolismenya. Kamupun akan merasakan kepanasan dan tentunya sulit untuk tidur. Duh, kalau begini sih mending hindari saja untuk mengonsumsi makanan yang pedas saat ingin tidur!

Nah, itulah akibat yang dapat ditimbulkan bagi pencinta makanan yang pedas. Setelah mengetahui permasalahan yang bisa saja muncul itu, apa masih mau mengganggu kenyamanan yang cuma nikmat sesaat?

Memang mengonsumsi makanan yang pedas itu sah-sah saja, tapi tetap harus memperhatikan kesehatanmu, ya! yuk, mulai sekarang perbaiki pola makanmu agar kamupun bisa jauh lebih sehat lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah Bahaya Mengonsumsi Makanan Terlalu Pedas "

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....