10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Sudah kenal belum dengan buah yang satu ini? Buah yang memiliki rasa asam manis nan menyegarkan ini! Ya, buah sirsak namanya. Pasti kalian semua sudah mengenalnyakan! Karena beberapa tahun belakangan ini, buah sirsak menjad sangat populer, seperti halnya buah manggis.

Buah yang memiliki nama latin Annona muricat L. atau sirsak ini memang sangat populer sekali di Indonesia akan manfaatnya yang begitu banyak. Terutama semenjak adanya penelitian yang telah membuktikan bahwa daun sirsak tersebut dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya. Akan tetapi buahnya pun juga tidak kalah dengan daunnya yang memiliki banyak manfaat.

Terkadang dalam kehidupan sehari hari kita tidak menyadari akan hebatnya kasiat dari daun sirsak ini. Jika anda belum mengetahui manfaat yang tersembunyi dari daun ini, maka simak pembahasan kali ini mengenai manfaat yang tersembunyi dari daun sirsak. Nah, sebelum melangkah kepembahasan yang lebih mendetil, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana daun sirsak tersebut dapat menjadi senjata ampuh, yuk kita bahas kandungan gizi yang terdapat didalamnya.


Manfaat daun sirsak
Sumber : Google

Bukannya tanpa alasan, jika buah dan daun sirsak tersebut dijadikan sebagai bahan untuk
pengobatan alternatif. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa yang terkandung di
dalamnyalah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, inilah kandungan yang terdapat dalam daun sirsak, sehingga membuatnya menjadi  senjata ampuh dalam pengobatan. Yaitu terkandung senyawa lactones, Annohexocina, Annomuricina A, B, C dan E, Annomutacina, Annopentocinas A, B dan C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, Javoricina, Isoquinoline, Anonaine, Anoniine, Atherospermine, Coreximine, Lipid, Asam Gentisic, Asam Lignoceric, CLA, dan juga mengandung senyawa asam stearate.

Banyakkan senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirsak tersebut.
Setelah mengetahui itu semua, sekarang yuk ketahui manfaat yang tersembunyi dari daun sirsak ini. cek it out….

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google

Seperti yang telah saya sakatakan di atas tadi, bahwa daun sirsak ini dapat mencegah tubuh kita terserang dari sel-sel yang berbahaya, yaitu kanker. Inilah yang membuat daun sirsak ini menjadi  sangat fenomenal di dunia termasuk di Indonesia yang kaya tumbuhan herbal.

Bagaimana cara kerjanya agar dapat membasmi dan fight terhadap kanker ? Pastinya bingungkan! Nah, perlu kalian ketahui bahwa daun sirsak itu sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai pernyakit. Maka dari itu, daun sirsak ini pun juga bisa mencegah dan membunuh sel-sel kanker lebih cepat dan tentunya aman. Daripada harus melakukan kemoterapi yang memiliki banyak efek samping dan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit atau sangat mahal. Dengan begitu, daun sirsak ini dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan juga kanker payudara.

Nah, untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai alternative pengobatan sangatlah mudah, tak perlu repot-repotlah. Langsung saja deh rebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air hingga menjadi satu gelas saja. Ingat ya, sebaiknya gunakanlah daun sirsak yang sudah tua dengan kondisi yang baik dan cuci terlebih dahulu sebelum direbus. Kemudian saringlah air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin, barulah diminum setiap pagi hari selama 3-4 minggu untuk melihat efek yang dirasakan oleh tubuh Anda. Bila memiliki efek yang baik, maka Anda dapat melanjutkan meminum air rebusan tersebut. Lakukanlah dengan teratur, ya!

2. Menghilangkan Kutu dan Ketombe Pada Rambut

Daun sirsak ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang sering  tumbuh dikulit kepala, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti kutu dan juga ketombe.

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, cukup merebus daun sirsak beberapa lembar selama 10-20 menit. kemudian gunakanlah air rebusan daun sirsak tersebut untuk keramas. Lakukanlah dengan rutin dan juga teratur, agar parasit termasuk kutu dan ketombe yang menempel di rambut bisa menghilang.


3. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google
Batasan kadar gula normal dalam darah kita yaitu berkisar antara 70 mg sampai dengan 120 mg. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak tersebut diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam batasan normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif obat herbal diabetes secara alami.

Untuk membuat ramuan herbal sebagai obat diabetes ini, cukuplah mudah. Siapkanlah 2 lembar daun sirsak yang sebelumnya telah dibersihkan, agar kuman dan bakteri yang menempel menghilang. Setelah itu barulah daun sirsak tersebut direbus dalam 3 gelas air putih, hingga menyisakan 1 gelas. Minumlah secara rutin dan juga teratur pada pagi hari. Lakukanlah selama 3-4 hari, barulah cek kadar gula darah Anda.

4. Pengobatan Eksim

Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah kata yang sering digunakan untuk kelainan pada kulit. Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit misalanya saja kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak ini dapat mengobati eksim dengan cara yang alami.

Anda pun dapat menggunakan daun sirsak ini sebagai masker, yaitu dengan cara menghaluskan daun sirsak tersebut terlebih dahulu dan mengoleskannya pada daerah yang terkena kelainan kulit tersebut. Lakukanlah dua kali sehari secara rutin dan juga teratur. Hal ini juga akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

5. Pengobatan Asam Urat

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google
Bukan hanya dapat mencegah kanker dan diabetes saja, daun sirsak ini juga dapat membantu dalam mengobati dan menuntaskan masalah asam urat yang sering diderita oleh kebnayakan orang. Bahkan sekarang ini sudah banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat ini.

Caranya mudah sekali untuk membuat ramuan herbal tersebut. Cukup siapkan 6 sampai dengan 10 lembar daun sirsak yang tua, namun tetap berwarna hijau. Bersihkanlah daun sirsak tersebut, baru rebuslah dengan 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Minumlah ramuan herbal tersebut 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Mengobati Bisul

Ternyata daun sirsak ini tidak hanya berperan sebagai pengobatan secara internal saja, tetapi juga dapat mengobati permasalahn yang sering terjadi pada kulit. salah satunya, yaitu dapat mengobati bisul.

Cara penggunaannya cukuplah mudah, ambil beberapa daun sirsak
yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 lembar. Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu, barulah dihaluskan. Setelah itu, tempelkan di bagian tubuh yang terkena bisul, lakukanlah pengobatan tersebut sampai  bisulnya mongering.

7. Pengobatan Sakit Punggung dan Pinggang

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google

Seiring bertambahnya usia, sakit di bagian punggung ataupun pinggang semakin sering dialami. Biasanya sakit pinggang ataupun punggung tersebut baru terasa setelah melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Sekarang ini memang sudah banyak obat-obatan kimia untuk sakit punggung ataupun pinggang, namun dapat menimbulkan efek samping. Nah, sekarang Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai alternative pengobatan herbal sakit punggung ataupun pinggang, yang pastinya tanpa menimbulkan efek samping. Jadi aman untuk digunakan!

Untuk membuat ramuan herbal tersebut, mudah sekali. Anda tinggal menyiapkan 20 lembar daun sirsak bersama dengan 5 gelas air, rebuslah hingga tersisa 3 gelas air. jangan lupa disaring terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk mengobati sakit punggung dan pinggang ini, minumlah ramuan herbal tersebut sebanyak ¾ gelas dalam sehari. lakukanlah dengan rutin dan juga teratur, ya! Biar sakitnya cepat sembuh dan bebas beraktivitas tanpa rasa sakit lagi.

8. Melawan Bakteri/Virus/Parasit dan Mencegah Perkembangan Tumor

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas tadi, daun sirsak ternyata juga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit maupun perkembangan tumor. Hal ini dikarenakan, dalam daun sirsak tersebut terkandung sifat penyembuhan yang mampu digunakan sebagai obat anti-kejang.

Bahkan daun sirsak ini juga dapat mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki yang bengkak. Selain itu, daun sirsak ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan juga meningkatkan nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak ini secara rutin dan juga teratur, maka dapat membantu dalam meningkatkan stamina dan mempercepat pemulihan dari berbagai macam penyakit.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Terjadinya Infeksi

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google
Nutrisi yang terkandung di dalam daun sirsak tersebut diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Selain itu, senyawa antioksidan yang terdapat dalam daun sirsak itu juga berperan sebagai penjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, untuk membuat ramuan herbal tersebut mudah sekali. Rebuslah daun sirsak sebanyak 4-5 lembar bersama dengan 4 gelas air putih sampai tersisa satu gelas air. Barulah minum ramuan herbal ini secara rutin dan juga teratur sekali dalam sehari, tentunya untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat dan lebih maksimal.

10. Mengatasi rematik

Manfaat daun sirsak
Sumber : Google
Penderita gangguan rematik ini biasanya banyak dialami oleh orang tua, rematik ini bisa saja menyebabkan rasa sakit yang hebat. Nah, untuk itulah gangguan tersebut perlu ditangani dengan cepat. Anda dapat mengatasi gangguan rematik tersebut dengan menggunakan ramuan herbal dari daun sirsak. Karena daun sirsak ini mampu mengatasi dan juga mengobati nyeri yang diakibatkan oleh gangguan remati tersebut. 

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, meskipun sedikit berbeda dengan cara pengobatan lainnya. siapkanlah beberapa lembar daun sirsak yang sebelumnya sudah dicuci dengan bersih. haluskanlah daun sirsak tersebut, kemudian oleskanlah pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat dari gangguan rematik. Diamkanlah beberapa menit sampai daunnya tersebut agak mongering, baru cuci dengan bersih. Lakukanlah secara rutin dan juga teratur sebanyak 2 kali sehari, agar gangguan rematik bisa cepat teratasi dan menghilang secara maksimal.

Itulah manfaat tersembunyi dari daun sirsak yang bisa Anda dapatkan. Bahkan sirsak ini bisa kita katakan sebagai tumbuhan super, mengapa ? Hal ini dikarenakan telah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak tersebut mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya dapat dijadikan sebagai herbal tradisional yang ampuh untuk tubuh manusia, kesehatan, atau pun bagian luarnya.

Nah, sekarang tidak ragu lagikan akan manfaat dari daun sirsak?

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....