Bahaya Minuman Panas

Di musim penghujan seperti ini pasti nikmat sekali jika santai-santai ditemani dengan secangkir kopi atau teh nan panas. Duh pasti enak sekali, bukan! Ets, jangan terlalu dibayangkan deh, nanti ngelir lagi! Mending langsung buat aja, tapi jangan diminum dulu ya! Simak ulasan info berikut ini dulu.

Bahaya minuman panas
Sumber : Google
Baca juga : 10 Manfaat daun sirsak untuk kesehatan.
Nah, buat penikmat minuman yang panas sekarang perlu pikir lagi deh untuk meminumnya. Bukannya tidak boleh untuk diminum, namun minuman yang panas tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi tenggorokan dan mulut, Lho ! Bahkan yang lebih parahnya juga dapat menyebabkan kanker tenggorokan (esophagus), meskipun penyebab terbesarnya adalah merokok. Selain itu juga dapat menimbulkan bahaya terhadap bagian tubuh yang lainnya. Pokoknya minum-minuman yang terlalu panas itu tidak baik dan berbahaya deh untuk kesehatan tubuh kita! Untuk lebih jelasnya lanjut deh bacanya.

Apakah Anda masih yakin, jika minuman yang panas itu memang nikmat diseruput selagi panas?

Bahaya minuman panas
Sumber : Google

Apasih nikmatnya minum-minuman yang panas? Minum saja susah, apalagi untuk menikmatinya! Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, bahwa minum-minuman yang panas itu berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bayangkan saja ketika tak sengaja terminum atau terkena air yang panas, pasti kulit akan terasa terbakar dan tentunya akan membuat luka, pastinya sakit kan! Nah, begitu juga ketika meminum air yang panas, pasti mulut dan tenggorokan akan terbakar dan tentunya tidak akan merasakan kenikmatan deh! Baca juga : 5 Cara mudah atasi sulit tidur yang mengganggu.

Tapi, bagi orang yang sudah terbiasa minum-minuman yang panas tersebut pasti tidak akan merasakannya. Namun jangan sampai membiasakan hal tersebut, ya! Karena berbahaya sekali deh untuk kesehatan tubuh.

Meskipun begitu, kopi ataupun teh lebih baik diseduh dengan air yang mendidih!

Bahaya minuman panas
Sumber : Google

Pastinya kalian setuju bukan! Jika kopi dan teh itu lebih enak diseduh dengan air yang mendidih. Hal tersebut akan membuat kopi atau teh itu matang dengan sempurna dan membuat minuman kopi ataupun teh tersebut semakin enak. Makanya banyak orang yang memilih untuk menseduh kopi ataupun teh dengan air mendidih. Bahkan hal itulah yang memungkinkan para penikmat kopi dan teh ini untuk langsung menseruputnya selagi masih panas, tanpa berpikir ulang lagi untuk meminumnya.

Memang minum kopi atau teh yang panas akan merasakan suatu kenikmatan yang berbeda dari yang lainnya. Tapi bagi penikmatnya minuman yang panas perlu kalian ketahui nih, bahwa hal tersebut akan melukai mulut. Bukan hanya itu saja tapi juga nantinya akan berujung kepada kanker tenggorokan. Baca juga : 7 Buah yang sangat cocok dikonsumsi saat diet.

Menseduh kopi, the ataupun minuman lainnya dengan air yang mendidih itu jelas lebih baik dan tentunya akan mendapatkan rasa yang lebih enak. Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan langsung meminumnya selagi masih panas. Sebaiknya tunggulah sebentar, baru di minum.

Memaksakan untuk minum-minuman yang panas akan membuat mulut terbakar, bahkan juga akan menimbulkan kanker


Bahaya minuman panas
Sumber : Google

Menurut WHO dalam sebuah penelitiannya, bahwa minum air yang panas lebih dari 65 derajat Celsius akan menyebabkan mulut terbakar, bahkan yang paling parah akan berujung kepada kanker tenggorokan. Biasanya hal ini dimulai dengan adanya iritasi konstan dari lapisan mulut dan tenggorokan akibat dari air yang panas tersebut.

Memang pada dasarnya kopi dan teh itu memiliki antioksidan dan bisa mencegah kanker. Jika pengolahannya benar dan juga cara meminunya yang perlu sekali diperhatikan. Meminum kopi atau teh selagi panas, bukannya akan mendapatkan manfaat malahan akan membuat suatu permasalahan baru. Karena minuman yang diminum selagi panas akan langsung menyerang mulut, tenggorokan, hingga lambung. Yang akan menyebabkan timbulnya suatu masalah pada bagian tubuh tersebut.

Sebaiknya minumlah minuman kopi, teh, ataupun minuman lainnya dalam keadaan hangat atau dibawah 65 derajat celcius. Walaupun menseduhnya dengan air yang mendidih, tapi jangan langsung diseruput dulu, ya! Tunggulah sebentar hingga agak hangat atau bisa juga mencampurnya dengan air dingin.

Lalu, berapakah suhu minuman yang aman untuk diminum?


Bahaya minuman panas
Sumber : Google

Sebenarnya suhu minuman yang aman untuk diminum itu adalah berkisar di bawah 65 derajat celcius, karena suhu tersebut sudah bisa dinetralisir untuk keadaan mulut dan bagian lainnya. Sedangkan di atas 65 derajat celcius itu sudah berada di zona berbahaya. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO.

Akan tetapi banyak penjual minuman yang menyajikannya dengan kisaran suhu 75 derajat celcius. Karena pelanggan banyak yang menyukai suhu seperti itu. Semuanya terserah pada kalian saja, sepanjang layak untuk diminum. Tapi lebih baik tunggulah sebentar, biar tidak tergesa-gesa dan merasakan nikmatnya minum kopi ataupun teh.

Memang pada dasarnya, minu-minuman yang terlalu panas itu tidak baik terutama untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya untuk mendinginkannya terlebih dahulu, daripada langsung diseruput yang masih sangat panas. Bukan hanya akan menyebabkan mulut melepus dan terbakar juga beresiko terkena kanker tenggorokan.

Nah, setelah mengetahui itu semua. Apakah masih yakin untuk minum-minuman yang panas? Sebaiknya piker ulang deh untuk meminumnya!

Dalam hal ini, mungkin bijaksana untuk mendinginkan minuman terlebih dahulu sebelum meminumnya. Bukannya begitu, lebih baikkan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Minuman Panas"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....