5 Cara Atasi Sulit Tidur

Pernahkah Anda mengalami kesulitan saat ingin tidur? Kalau iya, berarti Anda bisa saja terkena gangguan insomnia. 


Cara mengatasi insomnia
Sumber : Google

Sebelum melangkah lebih lanjut, apakah Anda sudah tau apa sebenarnya insomnia itu?
Insomnia itu merupakan ketidakmampuan seseorang untuk tidur dalam waktu yang seharusnya. Dimana saat orang-orang terlelap tidur malam hari penderita ini malah tidak bisa tidur sesuai waktu yang ideal, meskipun dia memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Dalam dunia medis, insomnia ini dikaitkan dengan adanya gangguan psikis yang juga akan berpengaruh terhadap faktor fisiknya. Insomnia ini dapat diobati melalui bantuan medis atupun melalui psikologis. Baca juga : Manfaat tidur yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, penting Anda ketahui!

Terus, apa sih yang menjadi penyebab terjadinya gangguan insomnia itu?

Sebenarnya insomnia itu bukanlah suatu  penyakit, namun suatu gejala yang disebabkan oleh berbagai permasalahan. Seperti adanya kelainan emosional, kelainan fisik, maupun juga disebabkan oleh pemakaian obat-obatan. Kadang orang yang mengalami sulit tidur ini merasakan kecemasan, kegelisahan, ketakutan, bahkan depresi. Insomnia ini tidak mengenal usia, baik itu muda ataupun yang usia lanjut. Karena semua bisa terkena gangguan sulit tidur ini!

Lebih baik mencegahnya deh terlebih dahulu sebelum terjadikan? Bye-bye insomnia….

Benar sekali, lebih baik mencegah dari pada menanganinya! Nah, untuk itulah penting sekali diketahui cara agar terhindar dari insomnia. Tapi bagi yang sudah mengalaminya, juga bisa kho mengatasinya dengan cara-cara berikut ini:

1. Dengan melakukan relaksasi, bukan hanya membuat diri lebih tenang tapi tidurpun juga lebih nyeyak!


Cara mengatasi insomnia
Sumber : Google

Banyak orang mengatakan jika sedang emosi, sebaiknya ambil nafas deh banyak-banyak biar lebih tenang. Memang benar demikian, dengan mengambil atau mengatur pernafasan dengan sebaik mungkin maka bisa mengurangi emosi atau rasa cemas yang dirasakan. Menurut sebuah penelitian, mengatakan bahwa dengan mengatur teknik pernapasan yang baik akan berpengaruh terhadap suasana hati, detak jantung, dan juga dapat mengurangi ketegangan pada otot. Untuk itu, sebelum tidur atur pola pernapasan dulu deh, biar lebih cepat tidurnya dan lebih nyaman. 

Melakukan relaksasi dengan mengerjakan shalat sebelum tidur juga terbukti ampuh banget deh untuk usir perasaan kalutmu. Dengan shalat kita akan merasakan suatu ketenangan, sehingga tidurmu pun akan semakin berkualitas.

Cara ini cocok sekali untuk penderita insomnia yang disebabkan oleh permasalahan emosional, kecemasan, stres, ataupun depresi. Coba deh mulai sekarang dan lakukanlah dengan rutin serta harus konsisten dalam melakukannya.

2. Jangan malas deh untuk berolahraga, jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas


Cara mengatasi insomnia
Sumber :www.pexels.com

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang sarat akan manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Bahkan tanpa Anda sadari, olahraga juga dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Pada dasarnya semakin banyak Anda melakukan aktivitas fisik, maka kebutuhan tubuh untuk istirahatpun juga semakin banyak. Baca juga : Olahraga yang cocok untuk para cewek, Anda perlu tahu nih!

Biasakanlah untuk melakukan olaharaga minimal 15 menit perhari, lebih baik jika dilakukan pada pagi hari. Berolaharaga di pagi hari itu memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan melakukan olahraga pada sore ataupun malam hari. Selain mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut, juga dapat merelaksasikan pikiran kita, Lho!

3. Benar banget! Dengan berpikiran positif terus maka suasana hatipun akan lebih indah, tanpa dihantui oleh rasa takut


Cara mengatasi insomnia
Sumber :www.pexels.com

Dengan berpikiran positif terhadap apapun, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap suasana hati. Penting sekali untuk menjaga suasana hati agar tetap terkendali. Jika suasana hati sedang buruk atau tidak dapat terkendali, bukan tidak mungkin akan berakibat kepada sulitnya tidur. Karena suasana hati yang tidak terkendali tersebut dapat membuat perasaan menjadi lebih cemas, takut, khawatir, stres, bahkan berujung hingga depresi. Maka dari itu, penting sekali untuk dapat mengendalikan suasana hati agar tetap normal. dengan terus berpikiran positiflah bisa membuat Anda lebih mampu untuk menangani suatu permasalahan yang kadang-kadang bisa berujung pada insomnia atau sulitnya tidur. Baca juga : 8 Cara agar tidak stres di pagi hari.

Nah, jika Anda saat ini sedang mendapatkan masalah. Alangkah baiknya untuk curhat kepada keluarga dan juga sahabat dekat. Ataupun bisa juga menumpahkan semua masalah tersebut dengan tulisan dan mencari jalan penyelesannya. Dengan begitu, suasana hatipun akan menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

4. Ada baiknya untuk tetap memperhatikan jenis makanan yang kamu makan sebelum tidur


Cara mengatasi insomnia
Sumber :www.pexels.com

Penting nih untuk tetap memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi sebelum tidur, agar tidur tetap nyeyak. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada malam hari yaitu makanan ataupun minuman yang mengandung kafein. Biasanya kafein ini banyak terdapat dalam kopi, teh, soda, ataupun alcohol.

Pastinya kalian sudah tahukan, bahwa minuman yang mengandung kafein tersebut dapat mencegah rasa kantuk dan akan membuat tidur kalian terganggu. Karena dibutuhkan waktu yang lama agar kafein dalam tubuh itu terproses hingga habis. Makanya, hindarilah mengonsumsi makanan atupun minuman yang mengandung kafein, ya!

5. Kalau sudah begini, tinggal tidur lebih awal dengan pencahayaan yang redup


Cara mengatasi insomnia
Sumber : Google

Memang sih berbanding terbalik, padahal dengan memulai tidur lebih awal maka akan lebih mudah terlelap. Ditambah lagi dengan pencahayaan yang redup akan semakin mudah membuat Anda untuk mengantuk dan tidur dengan nyeyak deh. Sebaiknya jika ingin tidur jangan memainkan laptop atau nonton telivisi dan pastikan juga handphone di non aktifkan, karena hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Nah, itulah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ataupun mencegah kesulitan dalam tidur. Bagaimana, mudah sajakan untuk melakukannya? Cobalah sekarang, semoga tidur Anda nyeyak sampai pagi, ya!

Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan saja sobat tanyakan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah ini, saya akan berusaha untuk merespon dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung di halaman ini, etss….jangan lupa ya untuk di like, follow, dan komentarnya….ditunggu. Salam sehat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Atasi Sulit Tidur"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....