Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal madu, sih! Madu berupa cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga. Agak menyerupai sirup, tetapi memiliki rasa yang lebih manis. Sebagian besar madu mengandung gula dengan jumlah vitamin atau mineral lebih sedikit. Selain itu, beberapa senyawa lain yang dianggap sebagai antioksidan seperti chrysin, pinobanksin, katalase dan juga vitamin C. Baca juga : Fakta Menarik Vitamin C yang Begitu Menakjubkan.

Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan
Sumber : Google

Madu yang dikenal memiliki rasa yang khas dan manis itu mengandung banyak khasiat. Selama ribuan tahun, madu sudah sering digunakan dalam pengobatan. Begitu juga sebagai pemanis dalam membuat makanan ataupun sebagai campuran minuman. Tak heran jika madu ini banyak digemari oleh orang-orang, hanya untuk dikonsumsi langsung ataupun dibuat menjadi berbagai makanan nan menggoda lidah.

Tak heran jika banyak yang menganggap bahwa cairan madu merupakan salah satu benda cair yang sangat ajaib dan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Cairan madu ini dapat digunakan dan dipakai untuk mengobati berbagai penyakit dan keluhan seperti menyembuhkan sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat dan masih banyak lagi. Berbeda dengan manfaat daun sirsak, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Selain yang telah disebutkan diatas tadi, manfaat madu untuk kesehatan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Menghilangkan Batuk
 
Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan
Sumber : Google

Batuk memang dapat mengganggu aktivitas keseharian pastinya. Misalnya saja, saat presentasi atau berbicara dengan orang lain. Tiba-tiba batuk datang menghampiri, pastinyakan sangat mengganggu. Nah, jangan khawatir ya guys! Cairan madu yang manis ini mampu menimalisir batuk kamu dan juga mampu mengurangi rasa gatal pada tenggorokan yang tak kunjung berhenti. Baca juga: 10 Cara atasi flu dengan cepat.

Menurut sebuah studi yang melakukan penelitian terhadap anak-anak yang mengalami batuk disertai pilek. Mereka telah menemukan khasiat madu yang begitu efektif untuk menghilang batuk dan meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak tersebut.

Nah, untuk menyembuhkan batuk yang tak kunjung berhenti tersebut Anda dapat mengonsumi madu secara langsung. Lebih baik lagi jika madu tersebut dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan air hangat. Lakukanlah 3 kali sehari hingga batuknya menghilang dan tenggorokan tidak gatal lagi. 

2. Mengurangi Gejala Asma
Seperti yang telah kita ketahui madu merupakan cairan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. termasuk dapat membuat gejala asma dan alergi menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan dalam cairan madu tersebut terkandung senyawa yang berperan sebagai anti-inflamasi. Anti-inflamasi yang terkandung tersebut merupakan obat alami untuk mengurangi gejala alergi dan juga asma. Ketika berada di dalam tubuh, cairan madu ini bekerja sanagt efektif untuk menangani permasalahan bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu hal.

Berdasarkan sebuah studi di Bulgaria yang telah melakukan penelitian terhadap 18.000 pasien penderita penyakit pernafasan. Menyatakan bahwa cairan madu mampu menyembuhkan berbagai penyakit pernafasan seperti bronkitis asma, bronkitis kronis, alergi serta sinusitis. Bukan hanya itu saja, cairan manis nan lezat ini juga sanagt efektif untuk pilek, flu dan infeksi saluran pernafasan.

3. Memberi Tambahan Energi
 
Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan
Sumber : Pexels.com

Tak dipungkiri jika cairan madu ini dapat memberikan tambahan energi pada tubuh kita. karena sebagian besar madu ini mengandung gula atau glokusa yang dapat menjadi sumber energi, bahkan mudah diserap oleh tubuh. Sehingga lebih cepat untuk menggantikan energi yang hilang.

Nah, jika tubuh merasa lelah karena pekerjaan yang cukup menguras tenaga. Cobalah untuk meminum madu dengan dibuat menjadi minuman teh madu yang menyegarkan.   Apalagi jika Anda adalah seorang atlet, tentu sering bergerak dan kelelahan itu sudah menjadi hal yang tak dipungkiri lagi. Glokusa alami yang terdapat dalam cairan madu tersebut dapat menggantikan energi dan juga memberiakn dorongan energi secra instan, sehinga kinerja tubuh pun juga akan semakin meningkat pesat.

4. Ampuh Menghilangkan Luka

Dalam berbagai penelitian madu telah dinyatakan efektif dalam menangani dan mengobati permaslahan luka. Menurut sebuah penelitian di Norwegia, terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan Norwegian Forest telah berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Hal tersebut dikarenakan cairan madu terkandung glukosa dan enzim. Tentunya kandungan tersebut berperan dalam mempercepat penyembuhan luka. Caranya mudah sekali, yaitu oleskan saja cairan madu tersebut pada luka dan diamkanlah. Lakukan secara rutin dan teratur, biar lukanya cepat sembuh.

5. Menghilangkan Alergi
Bukan hanya dapat menyembuhkan luka saja, cairan yang kaya akan glokusa ini juga dapat menghilangkan alergi. Bahkan telah dicoba diandalkan oleh banyak orang akan kemampuan cairan  madu ini dalam mengurangi gejala alergi musiman.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa cairan madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan juga dikenal sebagai penenang batuk. Sayangnya, manfaat madu untuk mengobati alergi dalam studi klinis belum terbukti Namun, beberapa para ahli telah mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang tentunya bekerja untuk memerangi reaksi alergi yang terjadi.

6. Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Gula dan pemanis buatan merupakan salah satu penyebab seseorang terkena diabetes. Sehingga mereka yang terdiagnosa diabetes akan lebih memilih untuk menghindari  makanan yang manis-manis, yang pasti gula. Tetapi jangan khawatir, penderita diabetes tetap bisa menikmati yang manis-manis kho, bahkan juga dapat menurunkan dan menyembuhkan diabetes.

Ya, cairan manis itu adalah madu. Meskipun lebih manis daripada gula, madu memiliki indeks  glikemik lebih rendah dibandingkan gula sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa itulah yang sebenarnya membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu, para peneliti juga mengaatakan bahwa cairan madu juga mengandung mineral dan vitamin yang dapat menurunkan kolesterol jahat yang terdapat dalam darah.

7. Menurunkan Berat Badan
 
Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan
Sumber : Google

Kalau manfaat madu yang satu ini, cocok banget untuk kamu yang ingin memiliki tubuh ideal dan sehat. Madu yang mengandung  banyak mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Kandungan yang terdapat dalam madu tersebutlah yang mampu mengontrol berat badan, sehingga membuat badan tetap ideal dan mencegah obesitas. Tapi, kamu juga harus membarenginya dengan olahraga yang rutin dan teratur, ya!

Sekarang sudah tahukan manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Apakah masih ragu untuk menikmati dan mengambil sejuta manfaat dari cairan nan manis ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....