8 Kebiasaan Sehat Yang Dapat Berakibat Buruk

Minum teh sebelum tidur? Atau memaksimalkan tidur di akhir pekan saja? 
 
Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan energi. Mungkin kebiasaan sehat ini sering kamu lakukan setiap harinya, tanpa sadar kamu sudah mengurangi tujuan dari hidup sehat tersebut. sehingga bukannya mendapatkan hidup yang lebih sehat, tapi malah terganggu dengan hal-hal itu dan mengurangi tingkat kesehatanmu.

Menurut para ahli gizi dan ahli kebugaran tubuh, mengatakan bahwa sering terjadi kesalahan umum yang membuat kebiasaan sehat itu menjadi tidak baik untuk dilakukan. Seperti halnya yang terdapat dalam permasalahan mengonsumsi makanan sederhana yang dapat meningkatkan energi tubuh, menurunkan berat badan, dan merasakan sesuatu hal yang begitu menakjubkan.

Seperti yang telah dilansir di womansday, mengungkapkan tentang kebiasaan sehat yang ternyata harus kamu hindari atau buruk untuk kesehatanmu menurut para ahli gizi dan juga ahli kebugaran tubuh. Biar kebiasaan sehatmu tak berubah menjadi suatu hal yang buruk. Simak baik-baik ya, ulasan berikut ini.

1. Mengganti sarapan dengan smoothie.

Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google
Anda, mungkin kegiatan seperti merupakan  ide yang baik. Tapi tahukah kamu, bahwa kegiatan seperti itu benar-benar dapat mengurangi manfaat dari tujuan hidup sehat yang kamu ingin lakukan selama ini.

Mungkin kamu berpikir jika mengganti sarapan dengan smoothie, maka kamu akan mendapatkan tubuh yang lebih ideal dan sehat. Smoothie biasanya terdiri dari berbagai macam buah, air, dan juga susu kacang. Yang mana, kandungan tersebut baik untuk kesehatan tubuh. disamping itu juga, kamu juga bisa mendapatkan lunjakan kadar gula darah atau insulin. Karena mengonsumsi smoothie tersebut dalam jumlah yang besar.

Menurut  ahli gizi, sebaiknya mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, susu kacang, dan protein yang tidak dijadikan satu seperti smoothie tersebut. Memang mengonsumsi smoothie itu baik, tapi jangan jadikan smoothie tersebut sebagai pengganti sarapan.

2. Tidur saat akhir pekan
 
Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Merasa bersalah? Kamu tidak sendiri kho!

Banyak memanjakan diri dalam kebiasaan yang satu ini, mereka lebih memilih menggunakan strategi ini sebagai upaya untuk mengejar waktu tidur yang ketinggalan sewaktu bekerja. Memang hal seperti tampaknya wajar dan tidak berbahaya!

Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan yang satu ini mesti dibuang jauh-jauh, karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu. Meskipun kamu sudah melengkapi waktu tidur diakhir pekan, tapi bukan berarti kamu akan terbebas dari berbagai permasalahan yang siap menghampirimu.

Daya tahan tubuhmu pun akan semakin melemah, sehingga kamupun lebih mudah terserang virus dan ujung-ujungnya kamu akan sakit. Manfaat yang didapatkan dari tidur yang konsisten setiap harinya sangat berbeda dengan tidur pada akihir pekan saja. Makanya cobalah untuk membiasakan diri meluangkan waktu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Mengambil kelas yoga yang lebih membutuhkan kekuatan, ketika baru memasuki dunia yoga 

Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Melakukan olahraga seperti yoga merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam yoga tersebut ada tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk menuju tingkatan yoga yang lebih membutuhkan ekstra tenaga.

Jika pada tahap ini kamu lebih memilih untuk langsung terjun ketahapan yang lebih tinggi, meskipun kamu tahu bahwa kamu baru dalam dunia yoga ini. Maka hal tersebut bukanlah hal yang baik untuk kamu lakukan, akan lebih banyak menimbulkan resiko daripada kesehatan yang kamu dapatkan.

Menurut Rebecca Weible, Direktur dan Pendiri Yoga Yo! di New York City. Mengatakan bahwa, umumnya kelas yoga yang lebih aktif atau membutuhkan kekuatan biasanya akan menggunakan pengulangan pose, kecepatan yang lebih cepat dan pose kadang-kadang lebih maju. Jika kamu tidak terbiasa dengan pose dan bagaimana melakukannya dengan benar, kamu pun tidak bisa mendapatkan manfaat dari yoga tersebut. Anda tidak akan menjadi semakin manfaat penguatan yang sama.

Jika kamu baru dalam yoga, maka kelas pemula cocok untuk memulai yoga kamu. Jangan heran jika pada kelas pemula ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai hal yang menantang dan mengajarkan Anda untuk melakukan pose dengan benar. Lakukanlah dengan tenang dan happy.

4. Mengurangi mengonsumsi asupan karbohidrat 

Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : pexels.com

Menurut para ahli gizi bahwa karbohidrat bukanlah musuh terbesar dalam menjalani diet. Memang, kebanyakan mengonsusmi karbohidarta akan berpengaruh terhadap program diet yang kamu jalani. Tetapi, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan asupan karbohidrat lagi saat diet. Karbohidrat ini tetap penting untuk dikonsumsi sebagai penyedia asupan energi, namun tetap harus dalam batasan yang diperlukan tidak berlebihan.

Menurut WHO, kadar asupan karbohidrat yang mesti dikonsumsi perharinya adalah sekitar 55-75%. Biasanya karbohidrat ini terdapat pada biji-bijian, buah , sayur, dan susu. Karbohidrat ini sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu karbohidrat komplek dan karbohidrat dari gula.

Nah, kalau mau program dietmu berhasil, maka kurangilah mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari gula karena dapat menghambat proses dietmu. Tetapi untuk karbohidrat kompleks tetap harus mencukupi kebutuhan tubuh. Meskipun begitu, olahraga merupakan hal yang penting dalam menjalani diet.

5. Mengonsumsi yogurt berlebihan
 
Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Mengonsumsi yogurt memang dapat menurunkan berat badan dan menjaga tubuh dari berbagai virus. Meskipun menyehatkan, bukan berarti kamu dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Bukannya menyehatkan dan badan ideal, malahan berat badan akan bertambah.

Bukan hanya itu saja, kesalahan dalam mengonsumsi yogurtpun seperti menambahkan banyak pemanis  juga sering orang lakukan. Katanya lebih enak manis, tapi kalau kebanyakan mengonsumsi zat gula akan berpengaruh juga terhadap kesehatanmu. Sebaiknya gantilah pemanis tersebut dengan buah-buahan yang segar. Agar lebih berasa, tambahkanlah bubuk vanili, kayu manis, ataupun biji kakao.

6. Melakukan nge-gym dengan begitu keras seminggu penuh 

Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Duh, capek-capek saja nge-gym seminggu penuh dengan begitu keras!

Bukannya menurunkan berat badan, malahan daya tahan tubuhmu akan berkuran dan ujung-ujungnya sakit, deh!


Mungkin, kalian kira bahwa dengan melakukan latihan gym seminggu penuh akan dengan cepat mendapatkan tubuh yang ideal. Padahal dengan terus memaksakan diri melakukan latihan selama satu jam sehari sampai satu minggu tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan atau meningkatkan sistem kardiovaskular Anda. Dengan melakukan hal ini, kamu mungkin akan menekankan tubuhmu lebih lanjut dan menyebabkan tingkat kortisol menjadi naik.

Menurut instruktur kebugaran Desirae Smith di TruFusion di Las Vegas, mengatakan bahwa lebih baik melakukan latihan dengan intensitas tinggi dan bervariasi jenis latihan yang dilakukan. Ingat, luangkanlah waktu sekitar 15 menit sehari untuk melakukan latihan tersebut. tetap harus dilakukan dengan teratur dan menjaga pola makan yang sehat.

7. Memilih untuk mengonsumsi salad setiap hari.
 
Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google

Menurut Lisa Hayim, MS, RD, pendiri The Well Kebutuhan dan TWN Collection, mengatakan bahwa banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi salad merupakan salah satu pilihan yang menyehatkan, karena rendah kalori. Hal ini memang benar, tetapi cara melakukannya harus benar juga. Meskipun baik untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi salad ini setiap hari. Karena kandungan gula dan lemak yang agak tinggi itulah mampu menggagu program diet dan kesehatanmu.

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi salad sebaiknya tambahkanlah perasan lemon atau jeruk nipis dengan sedikit minyak zaitun dan percikan cuka. Hal ini dapat mengimbangi kandungan zat aditif, zat gula, dan agar bebas dari lemak. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sedkit sentuhan bersama dengan rempah-rempah kering seperti bubuk cabe, paprika, oregano, dan juga lada.

8. Minum teh sebelum tidur
Kebiasaan Sehat Yang Ternyata Buruk Yang Untuk Kamu
Sumber : Google


Minum teh sebelum tidur memang nikmat! Tapi tahukah kamu bahwa runitinas kamu yang satu ini akan berpegaruh terhadap waktu tidurmu?

Menurut The Gizi Twins, Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, dan penulis The Nutrition Twins' Veggie Cure. Mengatakan bahwa,  teh memang dapat melindungi tubuh dari penuaan dan penyakit karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang begitu tinggi. tetapi jika meminum teh sebelum tidur, maka akan mengganggu waktu tidurmu. Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein tetapi agak sedkit. Meskipun begitu, tetap dapat mempengaruhi waktu tidurmu.

Mengingat bahwa istirahat pada malam hari itu sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. meskipun hanya dalam jumlah yang kecil kafeinnya, tetap harus dihindari mengonsumsi minum tehsebelum tidur. Seperti halanya the hitam, the hijau, the oolon, apalagi kopi. Hindari ya, biar waktu istirahat dan tidurmu tidak terganggu!

Nah, itulah kebiasaan sehat tetapi malahan berubah menjadi buruk, ketika kamu sudah salah melakukannya atau menerapkannya. Biar kebiasaan sehat itu tidak berubah menjadi hal yang menakutkan, perbaiki pola hidup sehatmu mulai sekarang ya! Biar tidak menyesal nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 Kebiasaan Sehat Yang Dapat Berakibat Buruk"

  1. Gimana Kak kalau minum cpoy sehabis tidur atau sebelum tidur,,apa ada dampak pada ksehatan tubuh,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meminum kopi sebelum ataupun ketika bangun tidur, tentunya hal tersebut kurang baik untuk kesehatan tubuh. Ketika ingin tidur, kamu mengkonsumsi kopi terlebuh dahulu, maka akan membuat rasa kantuk kamu menghilang. sehingga tak heran jika akan menganggu dalam kualitas tidur yang baik.
      Begitu pula kalau minum kopi sesudah bangun tidur, ketika perut masih dalam keadaan kosong. Kopi yang diminum itu akan meningkatkanjumlah asam klorida dalam pencernaan, sehingga akan memunculnya gangguan pada lambung atau yang biasa disebut dengan maag. Kalau kamu punya gangguan maag, sebaiknya jangan minum kopi saat bangun tidur. Nah, itu sebagian dampaknya bagi kesehatan. Semoga dapat membantu....

      Delete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....