Menakjubkan! Inilah 10 Manfaat Berjemur Pagi Hari

Manfaat Berjemur pada pagi hari yang begitu menakjubkan - Mungkin kamu khawatir terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa mengakibatkan kulit menjadi gosong dan terkena kanker kulit?  Ya, ini hanya salah satu dari banyak penyebab dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, dibalik semua efek tersebut, ternyata sinar matahari menyimpan jutaan manfaat untuk kesehatan kita. kamu dapat mengambil manfaat dari sinar matahari tersebut pagi hari, biar sinar matahari tersebut dapat berfungsi secara maksimal tanpa menimbulkan efek samping.


Manfaat Berjemur Pagi Hari
Sumber : Google

Kalau kamu sudah mengetahui manfaat yang begitu menakjubkan dari sinar matahari tersebut, kamupun tidak akan membiarkan sinar matahari pagi itu menghilang sebelum kamu menikmatinya. Yuk simak ulasan berikut, dilansir dari laman lifehack tentang 10 manfaat kesehatan hebat yang seharusnya membuat Anda menghargai waktu ketika berada di bawah sinar matahari. Cek it out….

1. Sinar matahari sebenarnya bisa membantu mencegah kanker
Memang sinar matahari dapat menyebabkan kanker pada kulit, biasanya bahaya tersebut akan muncul pada siang hari. Dimana pada saat itu manfaat dari sinar amathari sudah menghilang dan akan mempengaruhi kesehatan kulit.

Baca Juga : 8 Kebiasaan sehat Yang Dapat Berakibat Buruk

Meskipun begitu, sebenarnya jika kita benar dalam memanfaatkan sianr matahari. Maka dapat membantu mencegah penyakit kanker tertentu, misalanya kanker usus besar. Biasanya sianra matahari tersebut bisa anda dapatkan pada pagi hari, sekitar jam 8 – 10 pagi. Pada saat itu, sinar matahari membantu kita menghasilkan vitamin D yang bisa membantu mencegah kanker tertentu.

2. Sinar matahari bisa mencegah masalah kesehatan

Kita harus ingat bahwa tubuh kita mampu memproduksi sebagian besar Vitamin D, bahkan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Hal ini dilakukan dengan proses yang kompleks, dimana kulit kita bereaksi terhadap sinar matahari. Jika Anda memiliki cukup vitamin D, Anda bisa menghindari segala macam masalah kesehatan yang bisa saja mengancam setiap waktu.

Jika tubuh kita kekurangan vitamin D, tentunya dapat menyebabkan demensia, kerusakan gigi, sistem kekebalan tubuh yang terganggu, dan osteoporosis. Menurut sebuah pengamatan, sekitar 77 % orang Amerika memiliki kekurangan vitamin D, ini tentu akan menjadi masalah kesehatan yang begitu mendesak. Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini tentunya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang kaya akan vitamin D, seperti ikan dan susu. Dan sangat penting juga untuk mendapatkan setidaknya satu setengah jam sinar matahari secara langsung setiap minggunya.

3. Sinar matahari bisa membantu mencegah depresi


Manfaat Berjemur Pagi Hari
Sumber : Google

Bahan kimia seeperti serotonin yang dapat mempengaruhi mood Anda, biasanya serotonin tersebut  dihasilkan oleh sinar matahari pada saat mencapai retina mata. Dimana proses ini akan mengirimkan sinyal melalui saraf optik yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan mood Anda.

Sudah diketahui dengan pasti bahwa kebanyakan anti-depresan (SSRI) bekerja berdasarkan prinsip artifisial untuk memastikan tingkat serotonin tinggi, sehingga dapat mencegah depresi. Nah, bukankah dengan memanfaatkan sinar matahari secara langsung itu lebih baik, bahkan tanpa mengeluarkan biaya sekalipun.

"Jaga wajah Anda ke sinar matahari dan Anda tidak bisa melihat bayangan." - Helen Keller

4. Sinar matahari bisa membantu membunuh bakteri

Percayakahkah Anda, jika sinar matahari juga mampu membantu membasmi bakteri yang biasanya dapat mengganggu kesehatan tubuh?

Nah, sebaiknya kita kembali ke karya Niels Finsen yang telah memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1903. Dia telah menemukan bahwa pengobatan penyakit tertentu (seperti lupus) dengan terapi ringan sangat mungkin untuk dilakukan.

Dia mengatakan bahwa sinar cahaya, bukan panas, memiliki efek antibakteri yang begitu kuat. Sinar matahari tersebut dapat ditemukan pada pagi hari, saat matahari mulai menampakkan wajahnya.

5. Sinar matahari bisa membantu Anda hidup lebih lama
Menurut Universitas Graz di Austria,  mereka menemukan bahwa adanya korelasi antara kematian dini dan tingkat vitamin D yang rendah. Studi tersebut menunjukkan bahwa kesehatan tubuh kita dapat dipengaruhi dengan mempertahankan tingkat optimal vitamin D.

Sehingga, cara terbaik dan termurah adalah dengan memanfaatkan sinar matahari secara langsung setiap pagi hari. Jika dilakuakn ssecara teratur, maka bukan tidak mungkin Anda dapat menikmati kesehatan lebih lama.

6. Sinar matahari juga dapat mengendalikan nafsu makan

Menjaga tingkat vitamin D agar tetap stabil, baik melalui suplemen atau dengan mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Ternyata benar-benar dapat membantu Anda dalam menjaga nafsu makan agar tetap terkendali.

Pernyatan inipun kembali dibuktikan oleh University of Aberdeen setelah mereka mempelajari 3.000 wanita untuk periode dua tahun. Merekapun menemukan bahwa, permasalahan obesitas yang banyak terjadi tersebut karena memiliki tingkat vitamin D yang rendah. 

Nah, cocok banget nih buat kamu yang ingin tetap sehat dan tubuh tetap ideal. Dengan mencukupi asupan vitamin D, tentunya dapat dilakukan dengan mendapatkan sinar matahari lebih banyak lagi.

7. Sinar matahari membantu Anda tidur
Tidur nyenyak sepertinya tidak berhubungan karena matahari sudah lama turun. Tapi siklus tidur-bangun normal Anda harus dijaga. Periset sekarang mengatakan bahwa satu unsur penting untuk mendukung produksi melatonin atau hormon tidur yang diproduksi di malam hari adalah mendapatkan sinar matahari pada waktu yang sama setiap hari.

8. Sinar matahari dan vitamin D dapat memperbaiki fungsi paru-paru

Manfaat Berjemur Pagi Hari
Sumber : Google

Sebagian besar perokok mengkompromikan tentang kesehatan dan fungsi paru-paru mereka, jika kebiasaan itu berlangsung selama bertahun-tahun. Apa jadinya dengan fungsi paru-paru mereka?

Sebuah studi di American Journal of Respiratory and Crucial Care Medicine telah menemukan bahwa,  kadar vitamin D yang cukup untuk tubuh dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Nah, jika Anda seorang perokok, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi asupan vitamin D dan tentunya Anda  dapat memanfaatkan sinar matahari pagi tersebut secara maksimal.

9. Sinar matahari bisa membantu tekanan darah
Tidak mengherankan bila mengetahui bahwa orang Denmark tidak mendapatkan banyak sinar matahari pada saat musim dingin. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa di bulan Februari, 80% orang Denmark memiliki tingkat vitamin D yang sangat rendah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menderita kekurangan vitamin D lebih mungkin menderita hipertensi lima belas tahun kemudian. Ini merupakan salah satu pesan yang dari sebuah konferensi baru-baru ini yang diselenggarakan oleh European Society of Hypertension.

10. Lakukan sendiri manfaat kesehatan
Karena kita memproduksi hampir semua vitamin D kita sendiri, maka keseluruhan proses menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Makanya, utnuk mendapatkan kesehatan tubuh tentu harus kita lakukan sendiri, bukan cuma wacana saja. Saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik untuk menjaga kesehatan kita. Kita hanya perlu mengingat untuk mengambil perlindungan yang memadai dan melakukan segala sesuatu secara moderat.


"Segalanya di moderasi, termasuk moderasi." - Oscar Wilde

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat dari sianr matahari tersebut, sekarang apakah masih mau mengabaikannya? Dan berpemikiran bahwa sinar matahari itu buruk ? Tentu tidakkan?

Yuk, mulailah aktivitas pagi hari dengan pancaran sinar matahari pagi yang begitu menakjubkan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menakjubkan! Inilah 10 Manfaat Berjemur Pagi Hari"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....