Perut Mual Setelah Makan Mie Instan, kenapa ya?

Perut mual setelah mengkonsumsi mie instan - Mungkin kamu juga pernah merasakannya kan, tapi apakah tahu kenapa perut bisa mual? Nah, simak terus artikel ini sampai tuntas ya, biar tahu penyebabnya.

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Selain nikmat juga sangat mudah dibuatnya. Tak perlu menunggu lama, mie nan lezatpun sudah siap untuk dikonsomsi. Bagi kalangan pelajar ataupun mahasiswa, makanan ini bisa menjadi penyelamat perut mereka saat sudah mulai keroncongan. Jadwal yang sibuk dan tuntutan akan kehidupan mereka yang kebanyakan hidup mandiri dan tidak adanya waktu untuk memasak.

Perut mual setelah makan mie instan
Sumber : Google

Memang, kenikmatan mie instan ini sudah melegenda di lidah para penikmatnya. Tak ayal membuat mereka mengkonsumsinya setiap hari, bahkan setiap mau makan. Tahukah kamu, bahwa mie instan ini bukanlah makanan yang baik untuk dikonsusmis terlalu sering. Karena kandungan zat pengawet dan MSG dalam mie instan tersebut terbilang cukup banyak. makanya, mie instan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Takutnya system pencernaan akan mengalami gangguan, seperti sakit perut, mual, dan juga kembung.

Selain orang tua, anak-anak pun juga tidak luput dari makanan ini. Karena rasanya yang enak di lidah dan tidak membosankan saat memakannya. Tapi, system pencernaan anak-anak masih lemah tidak seperti orang tua. Kalau dibiarkan mengkonsusminya dalam jumlah yang banyak, bisa saja, perut mereka akan terasa sakit dan kembung hingga mual. Makanya, disinilah peran orangtua agar memperhatikan asupan makan dan kesehatan yang dikonsumsi oleh buah hati. 

Tahukah kamu, makanan yang praktis ini terbuat dari karbohidrat olahan yang kurang serat dan bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang begitu tajam. Hal ini tentunya akan menyebabkan penambahan berat badan dan juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan lainnya. Campuran aditif seperti pengawet, warna, dan rasa juga akan berkontribusi terhadap efek yang merugikan bagi tubuh.

Kandungan-kandungan inilah yang akan mengganggu system pencernaan kita. yang menyebabkan perut terasa mual dan perih setelah mengkonsumi mie instan. Biasanya orang yang mengalami gejala seperti ini memiliki lambung yang sensitive atau memiliki penyakit maag .

Mie yang kita konsumsi tersebut akan mengembang dilambung, sehingga akan menyebabkan rasa penuh pada perut. Biasanya orang menyebutnya dengan begah, yang mana akan menimbulkan sensasi tidak menyenangkan pada perut. Seperti sakit perut, mual, hingga membuat nafsu makan hilang. Bisa saja perut mual setelah makan itu disebabkan oleh kebanyakan mengkonsumsi makanan hingga perutpun terasa penuh, akibat keracunan makanan, ataupun dikarenakan asam lambung meningkat. Baca juga : Penyebab Sering Merasa Kembung.

Nah, buat Anda yang sering merasakan mual dan perut agak tidak enak setelah mengkonsumsi mie instan. Maka sebaiknya hindarilah mengkonsumsinya, kalaupun masih mau mengkonsumsi mie instan tersebut, sebaiknya jangan terlalu sering. Selain itu perhatikanlah juga cara pembuatannya, jangan digunakan lagi air rebusan mie tadi, gunakanlah air panas yang baru. Usahakan untuk selalu mencek tanggal kadaluarsa pada kemasan dan bungkusnya pun masih dalam keadaan baik.

Baca Juga : Manfaat Rutin Minum air Putih Setelah Bangun Tidur.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami mual dan sakit perut, coba tips berikut ini:

1. Cobalah untuk minum segelas air dingin dengan campuran air perasaan lemon atau bisa juga dengan minum jus buah. Gunanya untuk mengontrol dan menimalisir perasaan mual yang dirasakan tersebut.
2. Minum the hangat herbal, the hijau, ataupun the lemon juga dapat membantu mengontrol mual Anda. Selain itu juga dapat menambah cairan tubuh Anda.
3. Konsumsilah buah-buahan yang segar, seperti jeruk, mangga, dan juga anggur.
4. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehta dan kaya akan gizi, sehingga asupan nutrisi pada tubuh tidak berkurang
5. Beristirahatlah dan tidur dengan teratur

Nah, itulah alasan kenapa setelah mengkonsumsi mie instan perut menjadi mual dan terasa sakit. Kalau sudah begini, apakah masih mau mengkonsumsi mie instan setiap hari?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan bermanfaat buat semuanya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Perut Mual Setelah Makan Mie Instan, kenapa ya?"

  1. Absolutely correct. I believe that having all these things in same way, we will be able to have some positive things in our life.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for commenting, follow the progress of the article ziesehat

      Delete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....