5 Kebiasaan Buruk Yang Memperparah Mata Minus Kamu

5 Kebiasaan Buruk Yang Memperparah Mata Minus Kamu - Banyak orang yang berpikiran jika memakai kacamata minus, maka matanya sudah aman dan dapat mengurangi minus yang dirasakannya.

Satu hal yang mesti kamu ketahui mengenai penggunaan kacamata minus tersebut yang ternyata hanya bisa membantu penglihatan mata kamu. Tetapi tidak bisa menyembuhkan atau menormalkan lagi mata yang sudah terlanjur minus.

Tak jarang juga, terlalu sering menggunakan kacamata minus dan tanpa memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan mata juga akan menambah parah kondisi mata kamu.
 
5 kebiasaan buruk yang memperparah mata minus kamu
Sumber : Google

Mungkin kebiasaan-kebiasaan itu sering kamu lakukan, bahkan tanpa kamu sadari sebelumnya. Pantas saja mata minus kamu tidak membaik, malahan malah tambah angka minusnya. Nah, apakah kamu tahu kebiasaan-kebiasaan buruk apa saja yang dapat memperparah mata minus? 

Saya yakin kebiasaan-kebiasaan ini pasti sudah sering kamu lakukan deh! Biar tidak tambah penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1       1. Terlalu sering menatap layar handphone atau monitor

Kalau kebiasaan yang satu ini saya yakin, pasti kalian sering melakukannya kan? Bagaimana tidak, handphone dan layar monitor sudah menjadi sahabat yang selalu menemani dalam keseharian kita, bukan?
Bahkan sampai rela memaksakan mata untuk bekerja lebih ekstra, padahal kondisi mata sudah lelah dan butuh tentu istirahat untuk menormalkan mata kita. Hal inilah yang dapat memperparah mata minus kamu, yang belum minus aja bisa minus apalagi jika matamu sudah lebih dulu minus. Duh, jangan paksakan deh matamu! Kalau tidak ingin tambah parah minusnya.

2      2.  Terlalu dekat menatap layar monitor dan handphone

Sama halnya sering kebiasaan yan tadi, terlalu sering menatap layar monitor ataupun handphone bahkan dengan jarak yang terbilang sangat dekat. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan, karena akan membuat kondisi mata kamu melemah dan menyebabkan angka minus bertambah.
Meskipun sudah pakai kacamata, tetap saja jika melihat layar monitor ataupun handphone terlalu dekat akan menambah nilai minus mata kamu. Bahkan jika kamu menatapnya dengan jangka waktu yang lama, hingga  membuat mata lelah. Maka bola-bola matapun akan teregang-regang, deh!

3    3. Kebiasaan tidur dengan lensa kontak atau soflense

Memang jika sudah terbiasa memakai lensa kontak atau soflense, sulit untuk melepaskannya lagi. Sampai tidur pun juga pakai sofelense, karena lupa atau sudah terbiasa. Nah, jika kamu sering tidur tanpa melepas soflense atau lensa kontak terlebih dahulu. Sebaiknya hentikan deh kebiasaan yang satu ini, karena pada saat tidur matamu butuh istirahat dan agar lebih rileks nantinya. Jika kamu terus saja melakukan kebiasaan buruk yang satu ini, jangan harap mata kamu akan membaik dari minus, malahan minus mata kamu akan bertambah dan juga akan berakibat pada kebutaan.

Ubah kebiasaan yang satu ini, ya!

      4. Menatap layar monitor atau handphone di tempat yang gelap

Nah, buat kamu yang hobi menatap layar monitor ataupun handphone di tempat yang terbilang gelap ataupun remang-remang. Siap-siap deh dengan mata minusmu semakin parah. Meskipun belum minus, kebiasaan menatap layar apapun saat gelap perlu kamu hindari. Bisa saja mata kamu yang belum minus, akan menjadi minus nantinya. Karena pada saat gelap, otot-otot mata akan bekerja lebih keras sehingga jika terus dipaksakan jelas akan memperparah kondisi matamu.

5       5.  Terlalu mengabaikan sinar UV

Tentu kalian sudah tahukan bahwa sinar UV itu dapat merusak mata dan juga kulit. Nah, lebih baik ganti kacamata minusmu saat siang terik dengan kacamata sunglasses. Kacamata jenis ini akan melindungi mata kamu dari kerusakan dan juga tentunya tidak akan menambah angka minusmu. 
Jangan abaikan sinar UV lagi, ya!


Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menambah angka minus matamu. Bahkan mata yang belum minus pun akan berubah menjadi minus, jika terus saja melakukan kebiasaan seperti itu.  

Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti itu! 

Dan jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asupan nutrisi dan vitamin. Biar kesehatan mata kamu tetap terjaga, karena mata adalah organ tubuh yang sangat penting untuk melihat dunia.

So, tetap jaga kesehatan mata ya!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Kebiasaan Buruk Yang Memperparah Mata Minus Kamu"

  1. Mf mbk admin.. mau nanya. Itu yg nmr 3 knp bisa mempengaruhi ya ? Pdhl kan kacamatany ada d bagian luar mata sdngkn mata kita sdng mnutup (tidur)��. Hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya makasih mba sudah memberikan komennya. saya berterima kasih sekali karena mba sudah mengingatkan saya akan kesalahan yang telah saya lakukan itu pada poin ke 3. Nah, pada poin ke 3 itu bahaya kebiasaan memakai kacamata ketika tidur. Pada kata kacamata itu sebenarnya adalah lensa kontak atau soflense minus yang tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata jika masih dipakai ketika tidur. Jadi mba benar sekali jika menggunakan kacamata itu tidak akan beroengaruh terhadap mata kalau tidur, karena letak kacamata yang berada diluar mata. Maaf mba kalau artikelnya sudah membingungkan, nanti akan saya perbaiki.

      Delete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....