Benarkah Jeruk Mengandung Vitamin C Terbesar?


Benarkah Jeruk Mengandung Vitamin C Terbesar? - Selama ini jika ditanya tentang buah apa yang mengandung banyak vitamin C, pasti yang selalu menjadi jawaban utamanya yaitu buah jeruk. 

Kenapa  buah jeruk selalu menjadi jawaban utam jika ditanya buah yang mengandung vitamin C? Apakah karena jeruk berwarna kuning dan terasa asam manis? 

 
Vitamin C buah jeruk
Sumber : Google



Memang sih kalau buah yang mengandung vitamin C itu sellau diidentikkan dengan warna kuning keorangean. Tapi tidak sellau juga kho buah yang berwarna kuning itu banyak mengandung viatmin C, tapi yang jelas buah-buahan itu banyak mengandung vitamin 
 
Nah, gimana kalau ditanya mengenai buah yang paling besar kandungannya akan vitamin C? Mungkin kamu juga akan menjawabnya buah jeruk, kerena buah ini begitu populer akan kandungan vitamin C nya. Memang tak salah jika kamu mengatakan buah jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Tetapi yang perlu kamu tahu bahwa disamping buah jeruk ternyata kandungan vitamin C itu juga terdapat pada buah-buahan lainnya, bahkan terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. 

Buah jeruk ini mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per buahnya. Kalau dibandingkan dengan buah jambu biji yang mengandung vitamin C sekitar 206 mg, tentu jambu biji lebih kaya vitamin C nya dinadingkan jeruk. Coba kamu lihat jambu biji, yang tidak memiliki warna kuning ataupun orange juga tidak memiliki rasa asam seperti halnya yang kita asumsikan bahwa buah yang kaya vitamin C itu memiliki rasa asam. Tapi ketika diteliti lebih lanjut ternyata jambu bijilah yang mengadung vitamin C tertinggi didandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Meskipun mengandung vitamin C yang kurang tinggi, buah jeruk juga banyak mengadung vitamin lainnya. Tentunya vitamin yang terkandung dalam buah jeruk itu tidak akan kalah kalau dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Makanya tak jarang buah jeruk dijadikan sebagai buah yang menjadi pilihan ketika imun tubuh melemah, karena dapat berperan sebagai antioksidan dan mampu mengatasi peradangan. 

Mengingat manfaat vitamin C akan kesehatan tubuh itu sangat penting, makanya selain buah jeruk dan jambu biji, kamupun juga harus tahu bauh lainnya yang juga mengandung vitamin C. Tentunya buah-buahan ini tak kalah manfaatnya. Berikut beberapa buah lainnya yang juga mengandung vitamin C.

1. Kiwi

Buah kiwi juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, yaitu kurang lebih sebanyak 84 mg per satu buah.  Kandungan vitamin C tersebut tentu hampir sama dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk. Selain itu, buah kiwi juga terkandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Yang mana kandungan vitamin C tersebut terdapat senyawa antioksidan yang tentunya dapat membantu tubuh kamu dalam melawan infeksi dan juga radikal bebas dalam tubuh. 

2. Pepaya

Siapa sih yang tidak mengenal buah pepaya yang memiliki rasa manis dan enak dimakan langsung ini. Meskipun tidak terasa asam, tetapi buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin C nya. Setengah dari buah pepaya itu terkandung sekitar 94 mg vitamin C. 

Meskipun jumlah kadarnya lebih sedikit dibandingkan buah jeruk, tetapi buah pepaya ini juga banyak mengandung nutrisi dan vitamin lainnya. Seperti halnya vitamin A, vitamin B komples, kalium, dan juga kalsium. Tak heran jika buah ini mampu membantu mencerahkan kulit yang kusam, menutrisi dari dalam, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan dan juga dapat memperkuat tulang kamu.

3. Mangga

Hayo siapa yang suka buah mangga? Rasanya yang manis dan sedikit asam ini mampu menghipnotis lidah setiap orang deh, pokoknya. Buah mangga ini juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, meskipun kandunagnnya tersebut lebih sedikit. 

Akan tetapi, buah mangga ini sangat kaya akan nutrisi dan vitamin lainnya. Seperti halnya sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan juga tembaga.  Tak heran jika buah yang kaya akan serat ini mampu melancarkan sistem pencernaan dan juga sebgai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari hal-hal yang dapat membuat timbulnya penyakit. 

4. Nanas

Buah nanas ini dikenal sebagai buah yang selalu ada pada rujak buah. Rasanay yang agak asam dan manis ini tentunya mengandung banyak vitamin C untuk membantu menyehatkan tubuh kita. Kamu dapat menemukan sebesar 39-49 gram vitamin C dalam setengah gelas atau sekitar 125 ml buah nanas. Kandunagnnya ini hampir sama dengan buah stroberi.

Selain mengandung vitamin C, buah nanas ini dikenal dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga tak heran jika buah yang satu ini dianjurkan dikonsumsi saat melakukan program diet. Vitamin A dan vitamin B kompleks juga terkandung dalam buah nanas, meskipun dalam kadar yang sedikit. 

5. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang begitu digemari dan populer, karena sangat enak kalau dibaut menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Rasanya yang agak asam ini tentu dapat menambah kesegaran dari buah ini. Setengah gelas atau sekitar 125 ml buah stroberi itu mengandung sekitar 52 mg vitamin C. 

Meskpiun lebih sedikit dibandingkan buah jeruk kandungan vitamin C nya, tetapi kanduangn mineral dan vitamin lainnya juga membuat buah ini semakin banyak manfaatnya. 

Nah, sekarang kamu sudah tahukan? Bahwa buah jeruk yang selama ini kita kenal sebagai buah yang kaya akan vitamin ini ternyata bukanlah buah yang mengandung vitamin C terbesar. Bahkan selain buah jeruk pun, juga masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C dan tidak kalah dengan buah jeruk. 

Meskipun begitu, kamu harus tetap rajin mengkonsumsi buah-buahan. Biar kesehatan tubuh kamu dan nutrisi bisa terpenuhi, sehingga tak gampang sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Jeruk Mengandung Vitamin C Terbesar?"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....