Saat Menstruasi Tidak Boleh Minum Air Es, Benarkah?

Saat Menstruasi Tidak Boleh Minum Air Es, Benarkah? - Setiap wanita yang sudah memasuki masa puber, pastinya akan mendapatkan tamu setiap bulannya, yaitu menstruasi. Menstruasi ini merupakan siklus bulanan yang mesti dialami oleh para wanita yang sudah memasuki masa puber. Pada saat itu terjadinya reaksi suatu perubahan pada hormone, yaitu hormone estrogen dan progesterone. Biasanya menstruasi ini akan berlangsung sekitar 3-7 hari, setiap orang memiliki siklus yang berbeda-beda.

Baca Juga : Makan Mie Instan Saat Menstruasi, Bahayakah?


Bolehkah minum es saat menstruasi
Sumber : Google

Pada saat menstruasi atau sebelumnya, para wanita biasanya kan merasakan kram dan nyeri dibagian perut, punggung bagian bawah, dan beberapa gejala lainnya yang menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. Bahkan emosi dan nafsu makanpun pada saat menstruasi juga akan meningkat, sehingg tak heran jika kamu sering merasa sensistif dan ingin mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut memang suatu yang wajar, karena tubuh masih proses penyesuaikan diri. Terlebih pada tahap awal menstruasi, yang menyebabkan rasa nyeri atau kram hingga mengalami siklus menstruasi yang agak panjang.

Baca Juga : 1. 13 Makan yang Tidak Dianjurkan Saat Menstruasi 
                   2. 10 Cara Efektif Mengurangi  Nyari Menstruasi

Ketika sedang menstruasi kecenderungan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makananpun sering ada. Namun terdapat beberapa makanan atau minuman yang kurang baik dikonsusmi ketika sedang menstruasi. Misalnya saja makanan yang mengandung banyak garam dan juga minuman bersoda. Nah, bagaimana kalau minum air dingin atau es pada saat menstruasi, apakah juga kurang baik untuk kesehatan tubuh? Kalau mau jabawannya, kali ini ziesehat akan mengulas masalah bolehkah minum air dingin atau es ketika menstruasi.


Minum air es atau air dingin saat menstruasi, bahayakah?

Bolehkah minum es saat menstruasi
Sumber : Google


Banyak yang mengatakan bahwa minum air es pada saat menstruasi itu bisa mempengaruhi siklus menstruasi dan beberapa gangguan lainnya. Memang pada dasarnya, ketika kita meminum es terlalu banyak. Maka bisa saja akan menyebabkan perut terasa kembung dan penuh, yang dapat berujung pada sakit perut. Apalagi kalau kondisi lambung dan perut kita sensitive. Karena system pencernaan setiam orang itu berbeda-beda, yang yang mudah sekali sensitive dan juga pertahannya lebih kuat.

Baca Juga : Atasi Menstruasi Tidak Lancar dengan 10 Ramuan Herbal

Nah, mengenai larangan minum air es atau air dingin ketika menstruasi tersebut. Hal itu tentu tidaklah ada pengaruhnya terhadap siklus menstruasi dan gangguan lainnya. Karena siklus menstruasi wanita itu sebenarnya diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormone estrogen dan progesterone. Tingkat keseimbangan hormone tersebut sangat  dipengaruhi oleh kesehatan fisk dan psikologis. Memang ada bebrapa makanan tertentu yang tidak boleh dikonsusmi, tapi minum air es saat menstruasi itu boleh saja. Kalaupun setelah meminumnya perut terasa kembung, hal itu disebabkan oleh faktor dari system pencernaan yang sensitive, bukannya faktor menstrusi.


Bukannya mempengaruhi menstruasi, minum air es sebenarnya menyebabkan kembung!


Bolehkah minum es saat menstruasi


Sebenarnya minum air es itu akan membuat kamu terus-terusan merasa haus, sehingga sulit untuk membatasi jumlah minumanmu. Sehingga tanpa disadari kebanyakan minum dan perutpun terasa kembung. Sehingga otot-otot perutpun akan terasa kram, karena enzim dan cairan lambung akan bereaksi terhadap suhu yang dingin.

Bukan hanya itu saja, peradanganpun sebentar lagi akan mengahampiri kamu. Hal ini dikarenakan es atau es krim bisa menyebabkan proses pelepasan prostaglandin menjadi meningkat. Jika terlalu banyak prostaglandin yang keluar maka akan meyebabkan munculnya peradangan. Biasanya jika sudah mulai timbul peradangan, maka akan berlanjut pada munculnya sariawan dan tak heran jika tenggorokan kamupun akan semakin sakit. sebaiknya minum air es itu jangan terlau sering kalau tidak mau terkena permasalahn tersebut.

Nah, sekarang sudah tahukan bahwa minum air es atau air dingin ketika menstruasi itu tidak memiliki pengaruh apapun terhadap siklus menstruasi. Baik memperlancar maupun menghambat menstruasi itu sendiri.

Tetapi minum air es akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, baik yang meminumnya itu masih menstruasi ataupun yang tidak. Semua akan memiliki potensi terkena gangguan seperti perut kembung tersebut.

Ada baiknya jika minum air es itu dalam kadar yang wajar dan dapat menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginan. Nah, itulah yang dapat ziesehat sampaikan, semoga dapat menjadi info yang bermanfaat ya, buat kalian semua terutama para wanita.

Salam sehat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Menstruasi Tidak Boleh Minum Air Es, Benarkah?"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....