5 Ancaman Kesehatan Jika Sering Minum Es Teh Manis

5 Ancaman Kesehatan Jika Sering Minum Es Teh Manis  - Hayo siapa yang suka minum es teh manis? Kayaknya hampir setiap orang deh menyukai minuman yang satu ini. Entah sebagai teman makan atau hanya sebagai pelepas dahaga kala siang terik. Duh segernya itu, enak banget deh, bakalan kalah yang lainnya! Apalagi harganya yang begitu bersahabat dengan kantong, kalau mau buat sendiri itu juga bisa, nggak rebet yang cepat banget nyegerinnya. Ditambah lagi sekarang ini banyak teh dalam kemasan juga dalam berbagai macam rasa yang tak kalah menyegarkannya.

5 Ancaman Kesehatan Jika Sering Minum Es Teh Manis
Sumber : Google

Meskipun nikmat banget minum es teh manis disaat cuaca terik, tapi kamupun juga harus mengetahui akan gangguan kesehatan yang dapat menyerang kamu jika terlalu sering minum es teh manis tanpa dibarengi dengan minum air putih. Nah, seperti yang telah dilansir di Halo Sehat, ternyata ada beberapa gangguan yang dapat menyerang kesehatan tubuh kamu, jika terlalu sering mengkonsumsi es teh manis. Berikut ulasannya, cek it out.... 

1. Dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal 

Teh mengandung zat yang disebut asam oksalat yang juga bisa kamu temukan dalam bahan makanan lainnya, seperti bayam atau cokelat. Perlu kamu ketahui, bahwa Asam oksalat bisa menyerap mineral kalsium dalam tubuh dan membentuk senyawa tak larut yang sulit diserap tubuh. Senyawa ini berupa kristal, seperti jarum-jarum tajam yang menanamkan diri dalam jaringan dan dapat menyebabkan sakit yang luar biasa.

Nah, jika sampai kandungan oksalat dalam tubuh terlalu tinggi, maka kristal oksalat akan mengendap pada ginjal dan bisa menyebabkan  munculnya  batu ginjal. Karena zat kalsium dan kristal oksalat ini merupakan penyebab sekitar 80 persen penyakit batu ginjal pada orang dewasa.

2.  Tambah dehidrasi

Mungkin kamu akan berpikir setelah minum es teh manis akan membuat rasa haus kamu menjadi lega. Tetapi rasa haus kamu itu akan semakin bertambah, hingga membuat kamu minum berlebih. Perlu kamu ketahui, bahwa keseimbangan cairan dalam tubuh akan terganggu jika kamu selalu minum es teh manis sesudah makan, akibatnya kamu bakalan dehidrasi sepanjang hari.  Karena cairan yang masuk ke dalam tubuh nggak aka terserap dengan sempurna, sehingga tubuh akan mudah sekali kehilangan cairan. Gak heran deh, jika kamu terus saja merasa kehausan dan ingin tambah terus. Padahala sudah minum beberapa gelas.

3.  Dapat menyebakan obesitas dan perut buncit

Minum-minuman yang manis, bahkan terlalu sering akan menyebabkan kadar gula akan tinggi. Apalagi kalau minumnya bersama dengan es, bisa perut kamu tambah buncit deh. Memang sih minum air teh itu menyehatkan, tetapi akan berubah menjadi hal yang buruk jika sudah ditambahkan dengan es batu dan gula yang berlebihan, bahkan dengan pemanis buatan. Inilah sebabnya jika perut kamu tambah buncit dan berat badan bertambah. Karena pada saat proses pencernaan berlangsung, dibutuhkan bantalan lemak uuntuk menghangatkan es teh tersebut. Jika terlalu sering minum es tersebut, maka semakin banyak juga bantalan lemak untuk menghangatkan es tadi. Hingga akhirnya lemak akan menumpuk di dalam perut.

4. Terlalu manis bisa beresiko diabetes

Jelas sekali jika terlalu banyak mengkonsumsi zat gula akan berpotensi terserang diabetes, terlebih buat kamu yang memiliki riwayat keluarag diabetes. Nah, jika zat gual tersbeut dikonsusmsi secara berlebih, maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh mengalami gangguan hingga menyebabkan tidak terkonrol lagi. pada akhirnya akan berujung pada diabetes dan resiko lainnya. Apalagi jika es teh manisnya menggunakan pemanis buatan, maka efeknya pun akan lebih banyak lagi bagi kesehatan tubuh.

5.  Kandungan kafein membuat sulit tidur dan gangguan lainnya

Mungkin kamu mengira jika minuman yang mengandung kafein hanyalah kopi, tetapi minuman yang setiap pagi kita nikmati itu ternyata juga mengandung kafein, meskipun tidak sebesar kafein yang terkandung dalam kopi. Namun, di dalam teh hitam dan teh hijau terkandung cukup banyak kafein yang dalam meningkatkan tekanan darah dan bisa membuat kamu sulit tidur. Begitu juga jika kamu memiliki masalah pada lambung, maka terasa tidak nyaman dan mengganggu kan. Karena seperti yang telah kita ketahui, bahwa kafein itu dapat menimimallisir rasa kantuk. Makanya, tidak disarankan minum teh atau kopi kalau ingin tidur.

Memang sih kesegaran es teh manis ini tak akan pernah membosankan. Tetapi kamupun harus tetap bijak dalam mengkonsumsinya. Minum es teh manis boleh-boleh saja, tetapi janganlah terlalu sering ya! Karena rasa dan kesegaran yang dihasilkan nggak akan sebanding dengan manfaat yang didapatkan. Tetap bijak ya guys!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Ancaman Kesehatan Jika Sering Minum Es Teh Manis "

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....