6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja

6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja - Sudahkah anda hari ini melakukan olahraga atau aktivitas fisik? Nah, kalau belum dan tak memiliki waktu untuk melakukannya karena sibuk bekerja. Kali ini kamu bisa melakukan olahraga hanya di ruang kerjamu, bahkan tanpa perlu meninggalkan meja kerja sekalipun. Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk istirahat dan berolahraga sebentar, aktivitas seperti ini cocok banget kamu lakukan. Demi menjaga kesehatan tubuh agar tetap bisa melakukan relaksasi meskipun sebentar dan tidak diruangan yang terbuka.

6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja
Sumber : Google
Apalagi diera digital seperti sekarang ini, pekerjaan seakan menuntut kita untuk bekerja seharian, bahkan untuk sejenak istirahatpun rasanya sulit sekali membagi waktunya. Sayang sekalikan, mengejar uang tetapi tingkat kesehatan berkurang hingga tak jarang tubuh kita mudah terserang virus dan sakit. Nah, buat kamu yang para pekerja kantor yang tidak punya waktu untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi, karena kamu bisa melakukan olahraga ringan tanpa meninggalkan meja kerjamu. Yuk simak tips berikut ini....

1. Usahakan untuk berdiri dan melakukan peregangan sesekali 

Duduk beberapa jam itu pastinya akan membuat penatkan? Bahkan pinggangpun terasa nyeri. Nah, dengan berdiri sesekali untuk menghilangkan penat dan melakukan peregangan ringan tentunya dapat membantu menghilangkan rasa penat kamu. Gerakan peregangan ini bisa kamu lakukan sebagai pemanasan dengan bolak-balik duduk dan berdiri. Tak perlu jauh-jauh dari meja kerja, kamu cukup duduk dengan tegak kemudian injakkan kaki kelantai seperti membentuk sudut 90 derajat, sementar kedua tangan lurus ke depan. Barulah kamu berdiri dan duduk, lakukanlah hingga 5-10 kali biar lebih releks. 

2. Meregangkan leher

6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja
Sumber : Google
Tak heran jika sering nunduk dalam menyelesaikan pekerjaan, leher akan terasa penat. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu melakukan peregangan pada leher. Caranya juga sangatlah mudah sekali, kamu cukup duduk dalam posisi tegap sambil menarik napas dalam dan hembuskan secara perlahan. Lanjutkan dengan menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah, kemudian ke kanan dan ke kiri secara perlahan. Ulangilah sampai beberapa kali dan nikmatilah olahraga ringan tersebut. 

3. Lakukanlah peregangan pada lengan 

Nah, dengan melakukan peregangan pada lengan, peredaran darah kamu akan semakin lancar meskipun terus bekerja di depan monitor. Tak perlu kemana-mana, kamu juga bisa melakukan peregangan ini di sambil duduk dan tentunya tidak akan mengganggu kerjaan kamu. cukup duduk dengan tegap sambil mengangkat kedua tangan secara lurus dan dikaitkan di atas kepala. Kemudian miringkan tubuh kamu ke sebelah kiri dan kanan, usahakan tangan tetap pada posisi seperti semula. Lakukanlah masing-masing sekitar 30 detik, agar peregangannya lebih terasa.  

4. Putar badan ke kiri dan ke kanan

Kalau tubuh sudah terasa penat, pastinya semua anggota tubuh akan terasa kaku. Dengan melakukan peregangan memutar badan ke kiri dan ke kanan tentunya dapat membantu menghilangkan rasa penat kamu itu. Kamu bisa melakukannya sambil berdiri atau tetap di posisi duduk kamu. usahakanlah untuk mengambil napas secara perlahan, kemudian lakukanlah peregangan tersebut secara berulang. 

5. Tekuk lutut hingga menempel di dada 

6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja
Sumber : Google
Meskipun kaki nggak banyak bergerak ketika menghabiskan waktu bekerja di depan layar. Tetapi bukan berarti kaki tak butuh yang namanya peregangan. Justru yang tidak banyak gerak itulah yang akan terasa penat dan kakunya. Makanyanya itu hal ini kamu butuh peregangan pada kaki secara bergantian untuk pelemasan otot kaki. Tanpa perlu berdiri dari kursi kerjamu, kamu bisa merengankan kakimu dengan mengangkat dan meluruskan kaki ataupun dapat menekuk lutt hingga mempel  ke dada. Lakukanlah secara berulang-ulang dan perlahan, ya! 

6. Lemaskan otot badan dengan menyentuh jari-jari kaki

Nggak perlu repot-repot untuk melemaskan otot badan, kamu bisa melakukannya sambil duduk manis di kursi kerjamu. Sentuhlah jari-jari kakimu untuk merilekskan anggota tubuh bagian atas dan bawah. Usahakan untuk tetap rileks dalam melakukan peregangan tersebut. 

Nah, itulah olahraga ringan yang dapat kamu lakukan meski hanya berada di meja kerja. Kalau kamu sudah mengetahui caranya ini, tak ada alasan lagikan untuk tidak melakukan olahraga. Bahkan diantara deadline yang padat sekalipun. Sesederhana melakukan gerakan olahraga ringan di sela-sela wakt kerja. 

Selama ada niat dan keinginan untuk melakukannya, kamu pasti bisa kho! 
Nah, sekarang jangan malas lagi ya olahraganya. 
Yuk wujudkan gaya hidup sehat di era digital sekarang ini! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Gerakan Ringan Atasi Penat Saat Bekerja"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....