Bahaya Kebiasaan Bawa Tas Terlalu Berat

Bahaya Kebiasaan Bawa Tas Terlalu Berat - Tas memang dapat menjadi penyelamat ketika banyak barang yang harus dibawa. Biasanya tas banyak digunakan oleh anak sekolah atau untuk bekerja dan berlibur. Apalagi sekarang varian tas begitu beragam, hingga memakai tas sudah menjadi fashion yang harus dimiliki. Bukan hanya sekadar untuk sekolah saja, tapi juga untuk traveling. 


Bahaya Kebiasaan Bawa Tas Terlalu Berat
Sumber : Google

Memang sih dengan kehadiran tas bisa membantu kita dalam membawa beragam macam barang yang diperlukan. Tak heran jika tas ataupun ransel yang dibawa sering memiliki berat yang cukup membuat bahu pegal.  Namun, perlu kamu ketahui bahwa beban berat yang sering berada di punggungmu ataupun di bagian bahumu itu ternyata memiiki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya banyak yang belum mengetahui akan akibat buruk hal ini, atau mungkin juga mereka tidak mempedulikannya dan memilih mengabaikannya saja. 

Nah, kali ini ziesehat akan berikan info mengenai ahaya yang akan mengintai kamu yang suka memakai tas terlalu berat. Langsung aja cek it out....

1. Menyebabkan Kyposis atau bungkuk

Pada dasarnya, beban berat yang ditanggung oleh punggung dalam jangka waktu yang lama akan berakibat pada tulang belakang menjadi bungkuk atau yang disebut dengan kyphosis. Kyphosis itu sendiri yaitu  posisi dimana punggung terlalu bungkuk dan tidak normal. pada kejadian seperti ini, biasanya tulang punggung akan lebih melengkung ke bagian depan, sehingga punggung akan terlihat berbeda dari punggung yang normalnya. 

Memang pada dasarnya punggung kita itu melengkung, tetapi hanya beberapa derajat saja. kalau punggung yang tidak normal itu akan melengkung hingga lebih dari 45 derajat. Tak heran jika di usia muka kamu sudah bungkuk, karena beban tas yang terlalu berat. 

3. Kepadatan tulang akan terkikis 

Apa yang kamu rasakan ketika memakai tas yang isinya berat sekali, pastinya punggung ataupun bahu akan terasa pegal hingga kalau lama-kelamaan akan terasa nyerikan? Nah, jika sudah begini bisa saja hal tersbeut menandakan bahwa kepadatan tulang kamu semakin berkurang dan akan terkikis. 

Hal ini kebanyakan terjadi pada orang dewasa, karena pada kondisi tersebut kepadatan tulang sudah mulai berkurang dan tidak kuat lagi. Untuk itulah kamu perlu banyak mengkonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D, K. Agar kepadatan  tulang tetap terjaga dan tidak mudah keropos.

3. Menyebabkan Skoliosis 

Mungkin kamu mengira bahwa orang yang mengalami gangguan skiolosis itu merupakan kelainan sejak lahir. Tetapi perlu kamu tahu bahwa skilosis ini merupakan penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke kiri atau ke kanan, biasanya kelainan seperti ini banyak diakibatkan oleh seringnya membawa tas dnegan beban yang berat. Mau itu tas punggung tauapun tas selempang. 
Skoliosis merupakan penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke kanan atau ke kiri. Banyak hal yang menyebabkan kelainan ini terjadi, salah satu pemicu terbesarnya adalah sering membawa tas dengan beban berat hanya pada satu lengan. Biasanya dialami oleh mereka yang sering mengenakan tas selempang.

4. Osteoporosis Dini

Osteoporosis ini merupakan kerusakan pada tulang akibat keropos dan retak, karena kepadatan tulang sudah mulai berkurang, biasanya banyak dialami oleh orang tua. Namun bukan berarti yang masih muda tidak akan mengalami gangguan seperti ini. Osteoporosis pun bisa dialami pada waktu dini, biasanay diakibatkan oleh salahnya gaya hidup. 

Misalnya saja kettika kamu menggunaan tas ransel yang begitu berat dan dibebabnkan pada punggung ataupun bahu. Jika dilakukan secara berlanjut maka bukan tidak mungkin lagi tulang kamu akan mengalami sedikit demi sekikit pengikisan hingga akhirnya menyebbakan munculnya osteoporosis. Biasanya osteoporosis ini umumnya ditemukan pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan juga pada tulang belakang. 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui akibat dari menggunakan tas yang terlalu berat kan? Ternyata bahayanya tidak sedikit dan akan mengganggu aktivitasmu nantinya. 

Kalau sudah tahu begini, apakah masih mau menumpuk barang yang banyak dalam satu tas hingga keberatan untuk membawanya? Tentu tidakkan! 

Nah, makanya perhatikan dulu barang yang ingin kamu bawa dan bergunakah atau tidak. Biar tidak keberatan dalam membawanya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kebiasaan Bawa Tas Terlalu Berat"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....