Ketahui Fakta Baik Buruknya Keju Untuk Kesehatan

Ketahui Fakta Baik Buruknya Keju Untuk Kesehatan - Siapa yang suka makan keju? Rasa yang asin dan agak mirip dengan susu gitu, tak heran jika keju memiliki banyak penggemar. Selain enak untuk dibuat berbagai macam topping, keju juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan kalsium. Tentunya kandungan tersebut baik untuk memenuhi asupan nutrisi yang
diperlukan oleh tubuh.

Ketahui Fakta Baik Buruknya Keju Untuk Kesehatan
Sumber : Google

Tapi kenapa orang yang melakukan program diet tidak dibolehkan mengkonsumsi keju dulu, katanya untuk mengurangi makanan yang berkalori dan lemak tinggi. Nah, dalam hal ini sebenarnya keju itu menyehatkan atau tidak sih untuk kesehatan tubuh? 


Disisi yang satu keju kaya akan protein dan kalsium, tetapi juga memiliki kalori serta kandungan lemak yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, yuk ketahui fakta baik buruknya keju yang selama ini sudah menemani lidah kita. Cek it out....

Sebenarnya kandungan keju ini hampir sama dengan susu

Tak heran jika rasa keju agak mirip dengan susu, karena keju ini berasal dari susu yang difermentasikan dan melalui proses yang agak panjang. Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu, yaitu seperti kandungan protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak, dan juga kolestrol.

Untuk keju yang dibuat dengan susu murni ditambah dengan krim, akan memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan kalori yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengganggu kesehatan tubuh. Tetapi, keju yang kaya akan protein ini sangat baik utnuk anak kecil. Karena pada tahap itu mereka sangat membutuhkan protein yang lebih banyak kalau dibandingkan dengan orang yang dewasa.

Kandungan laktosa pada keju sangatlah kecil

Ketahui Fakta Baik Buruknya Keju Untuk Kesehatan
Sumber : Google
Buat kamu yang memiliki intoleransi laktosa dan penderita diabetes, keju merupakan makanan alternatif yang dapat kamu pilih. Karena keju ini mengandung zat laktosa yang sangat kecil, yaitu sekitar 4,5 – 4,7 %. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatan keju, sebagian besar laktosa dalam susu akan keluar bersama denga air didih dan yang tersisa akan diubah menjadi asam laktat ketika proses pematangan.

Tetapi, jika dikonsumsi berlebih keju akan berubah menjadi hal yang mengerikan

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa apapun yang dilakukan secara berlebiha itu akan berdampak pada hal yang buruk atau tidak baik. Sama halnya dengan mengkonsumsi keju ini. Jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, maka manfaat yang ada pada keju tersebut akan berubah menjadi suatu permasalahan yang terbilang serius.

Nah, jika kamu sering mengkonsumsi keju dalam porsi yang berlebihan. Buka tidak mungkin berat badan kamu akan semakin bertambah hingga dpaat dikatakan dengan obesitas. Jika kamu sudah terlanjur obesitas, biasanya juga akan berlanjut pada kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi atau hipertensi, hingga akan merambat pada permasalahan jantung kamu.

Gimana nih menurut para ahli, tentang keju?

Menurut Kelly Pritchett seorang ahli diet Academy of Nutrition and Dieteticsmengatakan, mengatakan bahwa "Keju memang mengandung nutrisi penting termasuk kalsium dan protein juga seng. Tapi kalori yang ada di dalamnya juga tinggi."

Bukan hanya itu saja, keju juga punya kandungan lemak jenuh tinggi sehingga sangat bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) tubuh, menurut US Diet.

Bahkan beberapa penelitian juga mengatakan bahwa keju berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah karena kandungan sodium atau garam pada keju.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan fakta baik buruknya keju. Dalam hal ini berarti dalam dikatakan bahwa keju itu sehat karena kaya nutrisi jika dikonsumsi dalam porsi kecil, tetapi akan menajdi buruk jika sudah berlebihan.

Dalam hal ini, tentu saja kamu tetap boelh mengkonsumsi keju asalkan tidak banyak dan tidak setiap hari. Karena meski punya kandungan nutrisi sehat, kandungan lemaknya juga perlu diperhatikan. Jadi, jika kamu pecinta keju tapi ingin diet, kamu tetap harus membatasi untuk mengkonsumsi keju, ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui Fakta Baik Buruknya Keju Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....