Kandungan Nutrisi Pisang dan Khasiatnya

Kandungan Nutrisi Pisang dan Khasiatnya - Hayo siapa yang suka makan pisang? Sudah tahu belum, kalau buah pisang ini kaya akan vitamin, memiliki kandungan gizi yang lengkap, dan tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 


Kandungan Nutrisi Pisang dan Khasiatnya
Sumber : Google

Nah, buah pisang ini mengandung mineral, seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, dan kalsium. Kalau dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya, mineral yang terkandung dalam buah pisang ini hampir 100% dapat diserap oleh tubuh, terutama zat besi. Berdasarkan berat keringnya, kadar zat besi pada buah pisang ini mencapai 2 mikrogram per 100 gram, dan seng 0,8 mikrogram per 100 gram. 

Jika dibandingkan dengan buah apel yang hanya mengandung 0,2 mikrogram besi dan 0,1 mikrogram seng untuk berat 100 gram. Tentunya hal ini menyatakan bahwa buah pisang ini jauh lebih tinggi akan kandungan nutrisi dan gizinya. Selain itu juga, energi yang terkandung dalam pisang tersebut tentunya juga lebih tinggi kalau dibandingkan dengan buah apel. Yang mana buah pisang ini mengandung sekitar 136 kalori per 100 gram, sedangkan buah apel hanya mengandung 54 kalori per 100 gram.

" Selain itu, buah pisang juga mengandung jenis nutrisi dan gizi lainnya, yang tentunya akan menambah nilai kandungan pada buah pisang. Inilah beberapa kandungan buah pisang lainnnya, yaitu seperti kalori, karbohidrat, air, protein, zat gula, serat, lemak, vitamin A yang berupa betakaroten, vitamin B, viamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kolin, kalsium, zat besi, dan juga magnesium. "

Dari banyaknya kandungan buah pisang tersebut, terdapat mineral kalium yang begitu tinggi pada buah pisang ini. diperkirakan terkandung sekitar 440 mikrogram kalium ini. tentunya dengan kandungan kalium yang tinggi ini mampu meningkatkan manfaat dari buah pisang ini. seperti mampu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, menormalkan tekanan darah, dan juga membantu mengirim oksigen ke otak. Maka dari itu, buah pisang sangatlah tepat bila dikonsumsi oleh mereka yang ingin mempunyai jantung yang sehat, tekanan darah yang normal, serta otak yang cerdas.

Bahkan, karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang ini juga mampu menyuplai energi lebih cepat daripada nasi ataupun biskuit. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi pada saat menjalani program diet, juga sanagt baik untuk menambah energi yang hampir terkuras setelah beraktivitas. Biasanya buah pisang ini dikonsumsi sebelum makan, karena mampu menetralisir rasa lapar, sehingga membuat makan kita menjadi tidak berlebihan

Nah, setelah mengetahui kandungan nutrisi dan gizi dalam buah pisang tersebut. tentunya buah pisang ini menyimpan banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. 

 Kandungan Nutrisi Pisang dan Khasiatnya
 Sumber : Google

1. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyakit jantung ini merupakan penyakit yang paling mematikan. Dengan terus menjaga kesehatan jantung sejak dini merupakan hal yang sangat penting. 

Nah, menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa buah pisang ini kaya akan Potassium (Kalium) yang dapat menjaga kesehatan jantung dan dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi buah pisang yang terkandung asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari, tentunya dapat membantu menurunkan sekitar 26% risiko terkenanya penyakit jantung. 

Bahkan kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah pisang tersebut juga mampu berperan dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung. 

2. Melancarkan saluran pencernaan

Tak dapat dipungkiri lagi, jika buah yang kaya kan serat ini mampu membantu melancarkan saluran pencernaan. Bahkan dengan mengkonsumsi buah pisang ini juga dapat menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari sembelit.

3. Menjaga kesehatan mata

Sama seperti buah-buahan lainnya, buah pisang ini juga mengandung antioksidan, karotenoid, dan vitamin A yang tentunya dapat meningkatkan kesehatan mata. Juga dapat membantu mencegah munculnya gangguan mata, seperti katarak, rabun senja dan glaukoma. 

4. Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium dan potassium dalam buah pisang ini mampu membantu mengatur keseimbangan cairan dalm tubuh. Tentunya dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. 

Menurut sebuah penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang mengkomsumsi pisang 4 – 6 kali dalam seminggu dapat menurunkan 50% risiko terkenanya penyakit ginjal, kalau dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah pisang secara rutin tersebut.

5. Menjaga dan merawat kesehatan kulit

Kandungan Piridoksin atau Pyridoxine (Vitamin B6) yang tinggi pada buah pisang tersebut juga mampu membantu menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti ketombe, jerawat dan kulit kering. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C dan antioksidan tersebut juga mampu memberikan perawatan pada kulit agar terhindar dari radikal-radikal bebas. 

Itulah beberapa manfaat yang tersimpan dalam buah pisang. Kadang kita juga tidak mengetahui akan manfaatnya yang begitu besar terhadap kesehatan tubuh, sehingga sering mengabaikan manfaat yang bisa didapatkan tersebut. selain itu, manfaat yang terkandung dalam buah pisang itu masih banyak lagi. 

Nah, sekarang kamu sudah tahukan apa saja yang terkandung dalam buah pisang tersebut. juga manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita. Sekarang tidak ragu lagikan untuk mengkonsumsi buah yang enak ini? Yuk, guys cintai buah-buahan disekitar kita dan dapatkan manfaatnya yang begitu menakjubkan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Nutrisi Pisang dan Khasiatnya"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....