Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil - Buah naga, siapa sih yang tidak mengenalnya? Buah yang memiliki bentuk unik dan berkulit merah berlapis-lapis ini tentunya membuat orang mudah untuk mengenalinya. Bukan hhanya memiliki keunikan dari bagian luarnya saja, tetapi ketika sudah dibelah daging buahnya itu memiliki warna yang berbeda-beda. Sekarang ini, buah naga lebih mudah untuk kita temukan. Sudah tersedia di toko buah, supermarket, ataupun pasar biasa. Meskipun buah ini bukan asli Indonesia melainkan berasal dari belahan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Sumber : pexels.com
Namun, sekarang ini jangan ditanya lagi akan kepopuleran buah naga ini. Hampir setiap orang pastinya sudah pernah mencicipi buah nan unik ini. Selain untuk dimakan secara langsung, juga sangat menyegarkan jika dibuat menjadi smoothie ataupun jus dengan campuran lainnya. Bahkan tak jarang juga sering kali menjadi tambahan dalam pembuataan kue.

Mungkin kamu hanya mengetahui jika buah baga ini bisa dijadikan berbagai macam makanan dan minuman yang tak takah menggiurkan dan menyegarkan dengan buah yang lainnya. dibalik semua itu, buah asli Amerika ini ternyata juga menyimpan sejuta manfaat terlebih untuk kesehatan tubuh. Bahkan buah naga ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Dimana saat mengandung itu tentunya sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang lebih banyak. Agar kandungan bisa tetap sehat dan terbutuhi akan nutrisi yang diperlukannya.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Sumber : pexels.com
Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil, sebaiknya kamu mengetahui dulu kandungan yang terdapat dalam buah naga tersebut. Buah naga ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Ketika kita membelas buah ini terdapat air, itu membuktikan bahwa buah naga ini mengandung kadar air yang tinggi, begitu juga dengan kandungan serat yang banyak. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan lainnya juga terdapat protein, lemak yang rendah, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, asam folat, dan juga zat besi.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Sumber : pexels.com
Sekarang kamu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam buah naga ini. Yuk, kita lanjutkan pembahasan kita mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil. Let’s cek this out ....

1. Membantu Mencegah Anemia

Nah, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa buah naga ini mengandung zat besi. Di dalam buah naga tersbeut bisa mendapatkan kandungan zat besi sebanyak 0,65 mg per 100 gram. Tentunya zat besi ini berfungsi dalam pembentukan sel darah merah sehingga akan mengurangi resiko terkena anemia pada saat hamil ataupun menstruasi.

Mungkin gangguan anemia ini bukan suatu hal yang serius, namun tidak untuk ibu hamil. Di mana  bisa membuat seseorang merasakan lemas, lesu, bahkan tidak bertenaga. Bahkan juga akan berdampak terhadap janinnya, yang mana nantinya akan lebih rentan untuk mengalami kelainan darah, berkurangan kecerdasan, dan masih banyak lagi. makanya, dengan mengkonsusmi buah naga ini entunya dapat membantu kamu mengatasi kekurangan zat besi.

2. Memberikan Sumber Energi 

Biasanya pada saat hamil , tubuh kita tentunya membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang jauh lebih besar sebelum mengandung. Sehingga tak jarang, ibu hamil akan meraskan kurang berenergi karena asupan nurisi yang masuk dalam tubuh tidak cukup. Nah, untuk mengatsi hal itu, kamu bisa mengkonsumsi buah naga ini. meskipun kandungan karbohidratnya tidak terlalu besar, tetapi mampu memberikan asupan nutrisi lainnya. tak perlu repot membuat buah naga ini menjadi enak, kamu bisa membuatnya menjadi smoothie ataupun jus yang menyegarkan.

3. Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin

Buah naga juga memiliki kandungan asam folat. Asam folat merupakan suatu nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Asam folat ini mampu membantu pertumbuhan janin dan perkembangan janin menjadi lebih baik. Saat berada di dalam kandungan, janin perlu tumbuh dan berkembang. Jika janin tidak bisa tumbuh ataupun tidak bisa berkembang pada normalnya, janin tersebut akan lenih rentan untuk keguguran dan juga rentan terkena kecacatan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Buah yang kaya akan serat ini tentunya sangat baik untuk dikonsumsi agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan lebih lancar. Tentunya jika sistem pencernaan lancar, maka sistem yang lainpun juga ikut berjalan dengan baik.

5. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi tentunya membuat buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Seperti halnya dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Misalnya seperti gangguan batuk, flu, dan berbagai gangguan lainnya.

6. Membantu Mencukupi Asupan Gizi 

Seperti yang kita ketahui bahwa selama masa kehamilan itu tubuh kita tidak boleh kekurangan nutrisi dan juga gizi. Hal itu tentunya untuk pertumbuhan dan perkembangan janin menajdi lebih baik dan tercukupi. Asupan nutrisi berupa protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang terdapat dalam buah naga merupakan nutrisi kompleks yang sangat baik untuk ibu hamil dan janinnya.  Dengan mengkonsumsi buah naga ini maka kebuuhan tubuh akan berbgaai macam nutrisi dan vitamin terpenuhi, meskipun kamu juga perlu membarenginya dengan berbagai macam makanan yang sehat dan banyak mengandung nutrisi tentunya.

7. Mencegah Dehidrasi

Buah naga ini merupakan buah yang kaya akan air dan juga serat. Cocok sekali dikonsumsi untuk menambah asupan air dalam tubuh. Bahkan air yang terdapat dalam buah naga ini memiliki banyak vitamin, yang juga dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Apalagi ketika sedang hamil, kebutuhan akan air juga semakin bertamabah. Nah, memilih buah naga ini sebagai penghilang dehidrasi tentunya merupakan hal yang tepat sekali. Selain dapat menghilangakn dehidrasi juga mendapatkan banyak nutrisi dan viamin lainnya. yang tentunya sangat ebrguna untuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah tadi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah naga tersebut. terlebih lagi untuk wanita hamil, buah naga ini tidak salah untuk dikonsumsi secara rutin. Selain enak juga memiliki banyak manfaat yang tentunya sangat untuk kesehatan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....