7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut - Ketika sakit perut melanda, bukan tak mungkin aktivitas yang sedang kamu lakukanan akan terganggu. Sakit perut ini biasanya terjadi karena permasalahan pada sistem pencernaan ataupun ketika asam lambung meningkat. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut. Namun penyebab dari munculnya sakit perut itu berbeda-beda, ada yang dikarenakan salah memilih makanan, kebanyakan makan yang terlalu pedas dan asam, hingga disebabkan gangguan maag sedang melanda kamu.

 Baca juga : Sering Merasa Kembung, Mungkin Ini Penyebabnya!

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Google.com

Nah, apapun itu penyebabnya. Tentu sakit perut itu tidak akan mengenakkan. Bahkan tak jarag pula biasanya dibarengi dengan rasa mual, pusing, hingga diare. Kalau sudah begitu kamupun mesti memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Namun, jika sakit perut kamu itu hanya sakit perut yang biasa kamu alami, misalnya karena masuk angin, kebanyakan makan yang pedas ataupun asam, dan karena lagi PMS. Kamu bisa menggunakan pengobatan alternatif rumahan yang tentunya sangat efektif untuk mengatasi sakit perut yang melanda kamu. Nah, di bawah ini adalah 13 cara sederhana dan efektif untuk mengatasi sakit perut meski hanya di rumah saja. 

1.  Minumlah Campuran Cuka Sari Apel dengan Madu

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Cuka sari apel ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cuka sari apel ini, salah satunya yaitu dapat mengobati sakit perut. Meskipun begitu, untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya jangan mengkonsumsi cuka sari apel ini. Karena seperti yang kita ketahui bahwa cuka itu bersifat asam, jelas kandungan asam dalam cuka sari apel itu banyak.

Baca juga : Manfaat Rutin Minum Madu untuk Kesehatan

Nah, untuk mengatasi sakit perut dengan cuka sari apel tersebut tentunya sangatlah mudah. Kamu cukup melarutkan satu sendok makan cuka sari apel tersebut bersama dengan segelas air hangat dan untuk menambah rasa khasiatnya bisa ditambahkan madu secukupnya. Minumlah secara rutin minimal 2x sehari agar sakit perut yang dirasakan cepat membaik.

Baca juga : 7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi

2. Coba Berikan Pijatan Hangat Pada Perutmu

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Memberikan pijatan lembut dan hangat pada bagian perut yang terasa sakit diyakini mampu menetralisir rasa sakit yang ada. Sambil memijat cobalah berikan olesan minyak kayu putih atau balsem untuk memberikan rasa hangat pada bagian perut.

Baca juga : Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Lambung

Terlebih jika sakit perut yang kamu rasakan tersebut dikarenakan sembelit, dengan memberikan pijatan pada perut secara lembut maka dapat membantu sistem pencernaan kamu menjadi lebih lancar dan meringankan penyumbatan yang mungkin menjadi penyebab sakit perut.

3. Perbanyaklah Minum Air Putih

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Seringkali sakit perut itu disebabkan oleh konstipasi dan kram pada usus. Kontributor besar adalah dehidrasi. Dimana tubuh kita kekurangan air, yang dapat berpengaruh terhadap sistem pencernaan hingga menimbulkan rasa sakit di bagian perut. Air tidak hanya membantu menghidrasi usus besar dan mempercepat eliminasi, tetapi juga sebagai nutrisi penting dalam lapisan mukosa yang mendukung bakteri usus kecil untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih tepat.

Baca juga : Manfaat Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Tentunya jika tubuh kita kekurangan air, maka bukan tidak mungkin sembelit akan menghampiri kamu dan akan menimbulkan sakit perut yang mengganggu. Agar sakit perut tidak menghampiri kamu, cukupilah minum air putih setiap harinya. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, agar sembelit dan sakit perut dapat kamu atasi.

4. Konsumsilah Yoghurt

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Siapa sih yang tidak kenal dengan yang nama yoghurt ini? minuman kesehatan yang diyakini sebagai minuman probioitik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan BAB, dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena itulah, yoghurt ini sangat baik untuk kamu konsumsi ketika sakit perut sedang melanda kamu.

Baca juga : Inilah Bahaya Mengkonsumsi Makanan Terlalu Pedas

Apapun penyebab sakit perut yang sedang kamu alami itu, biasakanlah untuk mengkonsumsi yoghurt ini sebanyak 4-5 sendok makan sebelum sarapan ataupun sebelum tidur. Konsumsilah secara rutin dan teratur ya, agar sakit perutnya lekas sembuh dan tidak datang lagi.


5. Hangatkan Tubuhmu dengan Ramuan Jahe

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Biasanya sakit perut itu bisa disebabkan karena masuk angin, lagi menstruasi, kebanyakan makanan yang pedas, hingga disebabkan gangguan maag. Seperti yang kita ketahui, bahwa jahe ini sangat baik untuk menghangatkan suhu tubuh dan mengusir masuk angin. Makanya, jika kamu sakit perut apalagi disebabkan masuk angin, tak salah jika kamu meminum ramuan jahe ini. Perlahan kamu akan merasakan kehangatan dan sakit perutpun akan terasa lebih lega.

Nah, untuk membuat ramuan jahe tersebut cukuplah mudah. Kamu tinggal mencampurkan jahe secukupnya bersama dengan gula aren, masak hingga mendidih. Kalau ingin tambah nikmat kamu bisa menambahkan madu secukupnya. Minumlah secara rutin setiap hari dengan teratur.

6. Oleskan Minyak Esensial ke Bagian Perut

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Minyak esensial atau minyak kayu putih ini memang sangat dipercaya mampu memberikan kehangatan pada pada bagian tubuh yang telah dioleskan. Selain itu juga aroma yang diberikan mampu memberikan rasa nyaman dan fress pada bagian pernapasan.

Untuk itu, kamu bisa mengoleskan minyak esensial ini pada bagian perut yang terasa sakit, sambil diberikan pijatan-pijatan lembut. Rasa hangat yang dirasakan mampu mengurangi sakit perut yang tengah kamu rasakan. Barengilah dengan beristirahat yang cukup dan usahakan untuk makan-makanan yang hangat. Tentunya untuk memberikan rasa nyaman pada bagian perut.

7. Konsumsilah Makanan yang Hangat nan Bergizi

7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut
Sumber : Pexels.com
Tak  dipungkiri jika sakit perut sedang melanda, pasti makanan yang hangat-hangat itu akan menjadi penyelamat kamu. makanan yang hangat itu mampu memberikan rasa nyaman di bagian perut dan mengurangi kram yang ada.

Untuk itu cobalah kamu mengkonsumsi makanan yang hangat juga bergizi. Kamu bisa mencoba pilihan makanan seperti jenis sop ayam ataupun daging. Selain dapat menghangatkan tubuh, juga dapat menyegarkan tenggorokan kamu. di dalam masakan sop tersebut kamu bisa menambahkan berbagai macam jenis sayuran, yang tentunya sarat akan nilai gizi juga vitamin untuk menunjang kesehatan kamu. Dan yang lebih pentingnya meredakan sakit perut yang sedang melanda kamu.

Selain itu juga, kamu mesti memperhatikan penyebab dari munculnya sakit perut yang tengah kamu rasakan tersebut. Mungkinkah itu dari makanan ataupun dari faktor lainnya. agar kamu bisa menghindari untuk mengkonsumsi dan mulai mengubah pola hidup yang lebih sehat lagi.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai hal sederhana nan efektif yang bisa kamu terapkan langsung di rumah untuk mengatasi sakit perut yang melanda kamu. Tidak sulitkan untuk melakukannya? Namun, perlu kamu perhatikan jika sakit perut yang kamu rasakan tidak kunjung reda juga. Sebaiknya periksalah ke dokter ahlinya, agar mendapatkan penanganan yang benar. Karena sakit perut itu bisa disebabkan oleh banyak faktor dan jangan pernah mengabaikan yang namanya sakit perut ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatsi Sakit Perut"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....