7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi - Hampir semua orang beresiko mengalami yang namanya tekanan darah tinggi atau hipertensi ini. Menurut badan kesehatan dunia WHO mengatakan bahwa orang yang mengalami darah tinggi ini semakin meningkat secara global. Tak terkecuali di negara kita ini Indonesia.

 7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com

Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan bahwa sekitar 25,8 % penduduk Indonesia mengidap tekanan darah tinggi ini. Bahkan menurut survei indikator kesehatan nasional (Sirkesnas) menunjukkan angka pengidapnya meningkat menjadi 32,4 %. Hal ini menjelaskan bahwa terdapatnya suatu peningkatan sekitar 7 % setiap tahunnya. Namun itu bukanlah angka yang sebenarnya. Karena survei tersebut, masih banyak orang yang belum sadar akan mengidap tekanan darah tinggi tersebut.

Baca juga : Ciri-ciri Darah Rendah Kambuh

Sebenarnya hepertensi atau yang lebih dikenal dengan darah tinggi ini merupakan suatu kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah arteri. Kekuatan ini bisa berubah dari waktu ke waktu, biasanya dipengaruhi oleh aktivitas yang berat ataupun dikarenakan pola hidup yang kurang sehat.

Biasanya tekanan darah normal berkisar di antara 120/80 mmHG. Seseorang baru disa dikatakan memiliki tekanan darah tinggi jika tekanan darah tersebut menunjukkan angka 140/90 mmHG. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini bisa dikatakan sebagai pembunuh diam-diam. Karena penyakit ini tidak akan menyebabkan gejala jangka panjang, namun bisa memungkinkan terjadinya suatu komplikasi yang dapat mengancam nyawa seperti halnya penyakit jantung. Makanya, jangan terlalu mengabaikan yang namanya tekanan darah tinggi ini. deteksilah sedini mungkin dan cegahlah mulai dari sekarang.

Baca juga : Pantangan Makan untuk Penderita Darah Rendah

Tak banyak yang tahu, jika tekanan darah tinggi ini bisanya disebabkan oelh faktor hidup kurang sehat yang selama ini kita jalani. Pola hidup yang kurang sehat, dapat membawa kamu kedalam berbagai permasalahan kesehatan yang siap menerjang kapan saja salah satunya yaitu tekanan darah tinggi atau hipertensi ini. Nah, kali ini ziesehat akan berikan ulasan mengenai pola hidup yang seperti apa saja yang bisa mempengaruhi tingkat tekanan darah kamu. So, cek this out....

1. Merokok

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Google.com
Merokok bukanlah yang asing lagi ditelinga kita. berbahan dasar tembakau ini nyatanya begitu banyak mengandung zat kimia yang berbahaya. Salah satunya yaitu terdapatkan nikotin yang dapat memacu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia, yang nantinya dapat menyempitkan pembuluh darah  dan pada akhirnya berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Apabila anda sudah memiliki riwayat darah tinggi, diabetes, hingga  kolesterol tinggi sudah saatnya anda meletakkan batang rokok anda. Karena dengan setiap batangnya anda tidak hanya menambah sel-sel kanker dalam paru-paru anda, akan tetapi juga sedikit demi sedikit merusak sistem metabolisme anda dengan berbagai efek samping seperti darah tinggi, kolesteral, diabetes, hingga berujung pada penyakit jantung. Untuk itu hindarilah merokok, agar kesehatan yang kamu impikan bukan hanya sekedar bayangan saja.

2. Pola Makan yang Buruk

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com
Kopi bukanlah bukanlah makanan terpenting dalam keseharian kita, namun yang terpenting adalah sarapan penuh nutrisi. Sarapan tidak seharusnya dilupakan atau ditunda demikian pula makan siang dan makan malam. Jam makan pagi ideal sebelum jam 9, makan siang sebelum jam 2, dan makan malam sebelum jam 8. Terlambat makan akan menggangu proses penyerapan makanan dan mengganggu pencernaan. Bahkan di beberapa orang malah menyebabkan penambahan berat badan dikarenakan tidak dicerna sempurna. Pola makan tidak teratur akan menyebabkan kekurangan nutrisi, kekurangan gula ke otak, perusakan metabolisme dan maag.

3. Obesitas

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com
Obesitas atau yang sering disebut dengan kelebihan berat badan ini memiliki resiko untuk terserang tekanan darah tinggi lebih besar dari pada mereka yang memiliki berta badan normal. Walaupun tidak semua obesitas dan kegemukan mengidap darah tinggi. Namun, kelebihan berat badan tentunya mempunyai dampak buruk terhadap metabolisme badan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Kurang Olahraga

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com
Pola hidup di jaman sekarang tidak memberi kita kesempatan untuk berolahraga. Bahkan olahraga terkesan prioritas terakhir. Padahal olahraga adalah sebuah kebutuhan untuk menormalisasi metabolisme badan. Berolahraga mempunyai banyak keuntungan salah satunya memacu jantung sehingga dapat membantu menurunkan resiko darah tinggi. Meskipun begitu untuk orang yang  sudah mengidap darah tinggi sekitar 140 keatas tidak disarankan olahraga berat, namun jalan santai dan berenang bisa menjadi pilihan.

Olahraga selain mempunyai dampak positif mencegah darah tinggi, juga dapat membantu pola tidur lebih baik, meningkatkan sistem imunitas tubuh, menstimulasi hormon adrenaline, dopamine dan endorphine yang membantu menormalisasikan kinerja metabolisme, menambah stamina, membantu fokus ketika bekerja, memperbaiki penyerapan makanan, dan mengeluarkan racun lewat keringat. Begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga, terus kenapa masih malas untuk melakukannya? Yuk, mulailah gerakkan tubuhmu!

6. Garam

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com
Garam berlebih dapat menyebakan naiknya tekanan darah. Dikarenakan garam mengandung sodium, sehingga menghalangi pembuangan cairan di ginjal dari dalam darah, akibat dari cairan extra yang tak terbuang maka volume darah meningkat dan menaikkan tekanan darah. Untuk itu pakailah garam secukupnya saja ya!

7. Hormon Stres

7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi
Sumber : Pexels.com
Kira sering melupakan faktor yang satu ini. Tanpa kita sadari otak kita telah bekerja 24 jam sehar. Sewaktu kita tertidur, otak kita tidak sepenuhnya berhenti, dia tetap meregulasi detak jantung, pernapasan, dan sistem metabolisme lain termasuk pengaturan penyembuhan sel-sel yang rusak. Ketika kita tertidur otak kita juga bekerja mentransfer memori-memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang.

Pertanyaan nya adalah adakah hubungannya stress dengan darah tinggi? Menurut hasil penelitian oleh tim dokter yang di publish di “American Heart Association” mereka menemukan hubungan antara aktifitas jantung dan stres psikologis yang di derita oleh otak. Otak kita respon negatif terhadap stres psikologis. Respon negatif tersebut memproduksi hormon-hormon tertentu yang menciptakan dampak negatif terhadap organ dan salah satunya adalah memacu kinerja jantung. Memacu kinerja jantung dalam bentuk sementara dengan olahraga adalah Sehat. Akan tetapi apabila dalam bentuk akan tetapi terus menerus tanpa henti dapat menyebabkan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan tekanan darah kita menaik. Adanya pola hidup yang sehat tentunya mesti kamu lakukan mulai dari sekarang. Karena hidup sehat itu merupakan suatu kunci kesuksesan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....