Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan

Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan - Memang tak bisa dipungkiri, jika saat puasa berbagai macam gorengan siap menggoda lidah kita. mungkin ini sudah menjadi suatu kebiasaan juga menyantap berbagai macam gorengan ketika buka puasa. Gorengan seakan menjadi menu wajib ketika waktu berbuka telah tiba. Rasanya yang enak dan membuat tak pernah cukup ketika sudah bertemu dengan jajanan yang satu ini.

Baca juga : 7 Kebiasaan Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi

Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan
Sumber : Google.com

Namun, dibalik kenikmatan yang dirasakan. Ternyata keseringan makanan gorengan, terlebih ketika berbuka puasa akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan kita. seperti yang telah kita ketahui, jika gorengan itu pasti mengandung yang namanya minyak. Hal ini tentunya akan berdampak pada tenggorokan kita terasa sakit. Nah, selain itu terlalu sering mengkonsumsi gorengan ini terlebih jika saat berbuka puasa, akan menjadi hal yang tidak menyehatkan. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini tentang dampak buruk yang bisa saja kamu rasakan ketika berbuka puasa dengan gorengan.

Apa saja sih yang bisa terjadi jika sering makan gorengan saat berbuka puasa ?

Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan
Sumber : Pexels.com
Pernahkah kamu merasakan ketika selesai makan gorengan, tenggorokan kamu terasa kering dan kurang nyaman ketika menelan lagi? Nah, tahukah kamu jika hal tersebut merupakan salah satu efek yang bisa kamu rasakan ketika makan gorengan, terlebih jika gorengan yang menggorengnya menggunakan minyak yang terbilang sudah tak layak untuk dipakai lagi. Selain itu juga, kandungan lemak dalam minyak yang terdapat dalam gorengan membuat makanan tersebut sulit dicerna oleh tubuh kita. Terlebih lagi jika kamu menjadikan gorengan tersebut makanan awal saat berbuka puasa.

Baca juga : Inilah Beberapa Ciri-ciri Jika Darah Rendah Kamu Kambuh

Ketika perut kita kosong setelah berpuasa seharian, tiba-tiba perut kita mesti mencerna lemak yang terdapat dalam gorengan. Tentunya, akan membuat saluran pencernaan kita bekerja lebih keras untuk mencerna lemak tersebut. Bahkan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga nantinya akan mengganggu dan menghambat proses pencernaan zat gizi lainnya. Makanya tak heran jika kamu sering merasakan sembelit.

Selain itu juga, tenggorokan akan terasa gatal dan agak kering terus. Hal ini tentunya dikarenakan terdapatnya kandungan akrolein pada gorengan yang menjadi penyebab muncul rasa gatal pada tenggorokan. Zat akrolein ini biasanya terbentuk dari minyak yang sudah digunakan berkali-kali hingga memasuki masa minyak yang tak bisa digunakan lagi. Untuk itu, sebaiknya kamu membuat gorengan sendiri di rumah dengan bahan yang terjamin kualitasnya. Namun, jika kamu malas untuk membuatnya dan lebih memilih untuk membelinya saja. hendaknya kamu melihat dulu proses pembuatannya dan dinyatakan baik untuk dikonsusmi.

Bahkan saat kamu memakan gorengan, tanpa sadar kamu ingin menambah lagi dan lagi. hingga membuat kamu banyak mengkonsumi makanan jenis gorengan tersebut. nah, kenaoa hal seperti ini bisa terjadi, apalagi saat perut kita lapar dan ingin segera makan ? tentunya hal ini tidak akan jauh dari yang namanya pencernaan. Padaa saat kita mengkonsumsi gorengan tersebut, proses pencernaan kita tidak dapat bekerja dengan cepat. Sehingga akan membuat kita merasa kenyang saat berhenti makan. Makanya, sering tanpa sadar perut kita sudah penuh dan terasa kekenyangan. Untuk itu, kontrol dirimu ketika makan dan sadari ketika sudah dirasa cukup berhentilah. Jangan sampai berhenti setelah merasa kekenyangan, tentunya nanti juga akan berefek pada kesehatan tubuh dan tidak nyaman yang mengganggu.

Nah, terlebih dari semua itu tentunya setiap orang akan memiliki keluhan masing-masing dan tidak mesti tiap orang akan merasakannya. Namun tidak ada salahnya kalau kita lebih memperhatikan lagi apa saja yang baik untuk kita konsumsi, terlebih saat bulan puasa ini.

Apa jadinya ya jika kita sering makan gorengan dalam jangka panjang ?

Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan
Sumber : Pexels.com
Nah, seperti yang telah kita ketahui bahwa makan gorengan teralu sering bisa menyebabkan kenyamanan tenggorokan terganggu hingga sembelit. Tentunya jika kita konsumsi terus-menerus dalam jangka panjang akan berefek pada gangguan kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu akan berdampak pada penyakit jantung dan stoke. Bahkan sering makan gorengan juga dapat memicu munculnya sel jaringan kanker. Jenis-jenis penyakit itu merupakan suatu ancaman yang sangat besar untuk kesehatan kita, bahkan menjadi penyakit yang paling ganas merenggut kebebasan kita untuk hidup sehat.

Inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit berbahaya tersebut bagi kesehatan tubuh kita. seperti yang kita tahu bahwa seringkali gorengan itu mengandung mengandung lemak jahat bagi tubuh. Jenis lemak trans dalam gorengan dapat meningkatkan kadar lemak jahat dan juga menurunkan kadar lemak baik yang terdapat dalam tubuh. Selain itu juga, lemak jenuh dan lemak trans yang ada dalam gorengan akan menumpuk dan menyebabkan pembentukan plak pada arteri di tubuh. Tentunya plak ini dapat menghambat aliran darah, sehingga dapat berkembang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung dan stroke.

Bukan hanya itu saja, perubahan struktur kimia yang terjadi pada minyak digoreng juga dapat mengubah struktur zat gizi dalam makanan. Maka, zat vitamin dan mineral yang etrkandung dalam makanan akan larut bersama minyak goreng tersebut. Sehingga makanan yang digoreng akan berubah menjadi agak cokelat karena mineral karbon terbakar ketika menggoreng. Jika menggorengnya dalam temperatur yang tinggi akan cepat gosong dan dapat memicu pembentuka sejumlah zat karsinogen yaitu zat yang berhubungan dengan kanker.

Meskipun begitu, makan gorengan tetap aman kho! Jika kamu mengetahui caranya

Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan
Sumber : Pexels.com
Setelah mengetahui semua itu, tentunya tak akan menyurutkan kita untuk berhenti makan gorengan. Karena gorengan itu memang tak bisa kita hindari dan sudah menjadi budaya bagi kita suka makan gorengan. Nah, sebenarnya makan gorengan itu aman-aman saja jika kamu tetap memperhatikan cara yang terbaik untuk menggoreng.

Kalau ingin merasa lebih aman, sebaiknya membuat gorengan sendiri agar bisa memastikan kualitas gorengan tersebut dan tentunya lebih aman untuk kamu konsumsi. Biasanya gorengan-gorengan yang di jual bebas itu menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang kali. Namun ada juga penjual yang peduli akan kesehatan makanannya, untuk itu bisa menjadi alternatif untuk kamu kalau lagi malas membuatnya sendiri.

Memang sih grengan ini sangatlah nikmat, rasa yang kreks-kreks makyus bisa bikin semua orang ketagihan. Ak apa jika sesekali makan gorengan ketika berbuka puasa, namun disitu kamu harus melengkapinya dengan mangkonsumsi buah-buahan penyegar tenggorokan.

Itulah guys yang bisa kamu rasakan ketika hobi mengkonsumsi gorengan, apalagi ketika berbuka puasa. Tetap jaga pola makan dan selamat berpuasa !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa Dengan Gorengan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....