8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa - Ketika puasa seringkali tubuh kita malas untuk melakukan segala aktivitas. Inginnya selalu bermalas-malasan sepanjang hari hingga beduk bersahutan. Apalagi sinar matahari seakan tidak mau menyingkir dari peradabannya, hingga membuat tubuh terasa semakin lemas dan lesu. Namun, kamu harus tahu jika bulan puasa itu bukan untuk bermalas-malasan, tapi tempatnya untuk menambah amal ibadah.

Baca juga : Inilah Bahaya Jika Sering Makan Gorengan Ketika Berbuka Puasa

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Google.com

Nah, ketika kita berpuasa seharian kita menahan lapar dan haus hingga membuat perut kita kosong. Bahkan sering kali kita kekurangan energi dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Tentunya hal seperti ini wajar saja terjadi dalam tubuh kita. Karena kebutuhan energi akan sangat bergantung pada zat gula atau glokusa dari makanan yang kita konsumsi pada saat sahur. Tetapi, makanan tersebut hanya dapat menyediakan energi untuk beberapa jam saja. Selebihnya tubuh akan sangat bergantung pada zat glukosa yang terdapat pada glikogen dan lemak. 


Makanya tak heran jika tubuh seringkali merasa lemah, lesu, hingga malas untuk beraktivitas, itu semua karena tubuh kita kekurangan energi. Setelah waktu berbuka tiba, maka kamu akan mengisi perut kamu dengan berbagai macam makanan. Tentunya makanan tersebut akan diolah dan diproses menjadi energi dan membuat kamu tampak segar kembali.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tubuh tetap merasa segar dan berenergi selama berpuasa. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat kamu terapkan setiap harinya, yuk intip apa saja sih tips-tipsnya. Cek this out ....

1. Konsumsi buah kurma ketika berbuka puasa dan saat sahur

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Google.com
Seperti sunah Rasullullah SAW. ketika berbuka puasa hendaklah membaca doa dan memakan buah kurma. Nah, dibalik itu semua ternyata buah kurma ini menyimpan jutaan manfaat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, terlebih ketika berbuka puasa. Buah kurma ini diketahui mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti kaya akan serat, potassium, magnesium, tembaga, dan Vitamin B.

Selain itu juga, kurma juga dikatakan mampu mengontrol gula darah, tekanan darah, menurunkan berat badan, mencegah kanker dan arthritis. Kurma juga dapat membantu menyalurkan oksigen ke otak dan dapat menjaga kesehatan kulit tentunya. Nah, memilih buah kurma sebagai makanan awal ketika berbuka puasa merupakan pilihan yang sangat bagus dan juga merupakan sunah Rasulullah SAW. Bahkan memakan buah kurma ketika sahur juga akan menambah energi kamu ketika siang harinya, membuat kamu tidak mudah lelah dan dehidrasi.

2. Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Menjalankan ibadah puasa pada saat cuaca panas ditambah lagi dengan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari yang mesti kamu lakukan, tentunya hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi. Sehingga tak bisa dipungkiri jika kamu akan merasa lemah, lesu, dan tidak berenergi lagi untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Baca juga : Fakta Menarik Vitamin C yang Begitu Menakjubkan

Nah, untuk mensiasi hal tersebut agar tetap berenergi selama berpuasa, tentunya kamu membutuhkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi baik saat berbuka puasa maupun pada saat sahur. Dengan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kandungan airnya tinggi tentu akan menambah nilai nutrisi pada tubuh kamu. juga air yang terkandung tersebut akan disuplai pada, sehingga kamu akan terhindar dari dehidrasi. Buah-buahan yang banyak mengandung air tersebut seperti semangka, mentimun, melon, nanas, berry, dan buah-buahan citrus yang dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi di saat cuaca terik.

3. Konsumsi madu ketika berbuka puasa dan saat sahur

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Seperti yang kita tahu, madu ini merupakan minuman alami yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selama berpuasa, madu ini dapat berperan sebagai sumber energi, vitamin, mineral, dan juga memelihara daya tahan tubuh, serta stamina tetap terjaga.

Baca juga : Manfaat Rutin Minum Madu Setiap Hari untuk Kesehatan

Nah, mengkonsumsi madu ketika sahur mampu memberikan suntikan energi yang dapat memenuhi kebutuhan energi kita hingga waktu berbuka tiba. Begitu juga ketika saat berbuka puasa, madu dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh kamu dan mencegah yang namanya sembelit. Kalau sudah begitu, mengkonsumsi madu ketika berbuka dan sahur itu sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, terlebih saat berpuasa.

4. Cukupilah asupan air putih untuk tubuhmu

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Pastinya hal yang paling penting ketika berbuka puasa itu minum sepuasnya, apalagi saat cuaca begitu terik membuat tenggorokan terasa begitu kering. Bahkan tanpa sadar sudah menghabiskan beberapa gelas minuman, terlebih jika minuman dingin sulit untuk mengontrolnya.

Memang saat menjalani ibadah puasa, tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Makanya dari itu kamu harus memastikan tubuh kamu mengkonsumsi cairan yang cuckup di waktu buka puasa dan saat sahur. Sebaiknya pilihlah air putih, agar racun-racun yang terdapat dalam tubuh bisa dibersihkan dan juga tentunya tubuh tidak akan dehidrasi berlebih.


5. Konsumsilah karbohidrat kompleks

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa, kamu tentunya harus memerhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Memang tak dapat dipungkiri jika godaan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis itu  sulit untuk dihindari. Namun, kamu perlu mengingat bahwa yang tubuh butuhkan adalah nutrisi yang seimbang.

Maka dari itu pilih makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, kacang rye, kacang barley, quinoa, buah berry, apel dan jeruk yang mengandung indeks glikemik rendah dan tidak membuat gula darah kamu melonjak.

Mengkonsumsi makanan kaya akan karbohidrat kompleks ini akan membuat tubuh kamu tetap energik selama puasa. Makanan-makanan tersebut akan memberikan kamu energi yang dapat bertahan selama berjam-jam. Kalu dibandingkan dengan makanan yang mengandung gula hanya bertahan dalam waktu singkat saja, selebihnya tubuh kamu akan kekurangan energi.

6. Penuhi asupan protein dalam tubuhmu

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, tak lengkap rasanya jika tanpa adanya protein. Kamu bisa mendapatkan makanan yang kaya akan protein ini pada ikan, daging ayam, telur, susu, dan juga jenis kacang-kacangan.

Makanan yang kaya akan protein ini mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok untuk kamu konsumsi pada saat berbuka dan sahur. Agar energi selama seharian berpuasa tetap terjaga dan tidak mudah merasa lemah ataupun lesu.

7. Jangan lupa sahur dengan makanan yang mengenyangkan

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Google.com
Makan ketika sahur tentunya akan memberikan kamu energi untuk tetap bertenaga sepanjang hari, meskipun melakukan berbagai macam aktivitas. Mungkin sebagian orang, bangun sahur untuk makan itu merupakan hal yang paling malas. Untuk itu kamu harus membiasakannya agar tidak mudah lemah dan lesu di siang hari. jika kamu melewatkan sahur, tubuh kamu akan dengan mudah merasa lapar hingga menyebabkan kamu nantinya makan secara berlebihan ketika berbuka puasa.

Sebaiknya pilihlah makanan yang ringan, namun tetap bergizi dan mudah diserap oleh tubuh, seperti halnya roti, nasi, kentang, telur rebus, dan lain-lain. Serta, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi 3 buah kurma dan kacang-kacangan agar energi selama berpuasa tetap terjaga.

8. Pilihlah kacang-kacangan sebagai camilanmu

8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa
Sumber : Pexels.com
Setelah shalat tarawih biasanya perut akan terasa lapar lagi, meskipun sudah makan saat berbuka puasa tadi. Kalau seperti kamu bisa memlih jenis kacang-kacangan sebagai cemilanmu. Mengkonsumsi makanan ringan seperti kacang-kacangan, keju, dan buah-buahan sebagai camilan malam harimu. Tentunya akan membantu menetralisir rasa lapar yang kamu rasakan. Dan jangan lupa juga untuk perbanyak minum, biar kamu tidak mudah dehidrasi ketika siang hari nanti.

Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa ini agar energi kamu tetap terjaga, sehingga berbagai macam aktivitaspun dapat kamu lalui dengan mudah. Memang puasa itu merupakan tantangan tersendiri bagi kita, namun kita bisa mensiasatinya dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tentunya.

Semoga kamu bisa mengambil manfaatnya ya guys!

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....