7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang - Berbagai macam olahan makanan dari udang ini, memang dapat membuat siapa saja tergiur akan kelezatannya. Mulai dari udang asam manis, udang saus tiram, ataupun udang goreng sekalipun memang sangat enak untuk dimakan. Namun, bagi kamu yang memiliki alergi pada udang tentunya akan sangat menghindari olahan yang berbahan dasar udang ini. Kalau tidak ingin mengalami alergi yang dapat mengganggu kenyamanan tubuh kamu.

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com

Nah, apakah kamu tahu kenapa tubuh kamu itu alergi terhadap udang ? Apakah bawaan dari gen lahir atau suatu kondisi yang belum kamu ketahui ? Sebenarnya alergi udang ini sama seperti alergi pada umumnya, alergi udang ini disebabkan oleh adanya reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.

Hal ini pun juga dijelaskan oleh praktisi kesehatan sekaligus direktur medis Mayo Clinic Organization, Sandhya Pruthi. MD, yang mana mengatakan bahwa saat terjadi alergi sistem kekebalan tubuh mengelurkan reaksi yang berlebihan. Dari yang awalnya makanan tersebut aman utnuk dikonsumsi, akan berbalik menjadi asupan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Dr. Sandhya juga mengatakan bahwa sumber dari penyebab alergi udang ataupun makanan yang berasal dari laut itu terletak pada proteinnya. Ketika itu tubuh akan mengira bahwa protein udang tersebut berbahaya, sehingga tubuh akan langsung memproduksi antibodi sebagai reaksi dari penolakan. Sehingga akhirnya akan muncul yang namanya alergi. Meskipun setiap orang memiliki gejala alergi yang berbeda-beda, namun tetap saja yang namanya alergi itu sangat menggagu dan membuat tidak nyaman.

Setiap penderita alergi udang memiliki tingkat gejala atau keparahan yang tidak sama. Ada penderita alergi yang reaksinya termasuk ringan, namun juga sebaliknya akan mengalami anafilaksis atau suatu reaksi alergi yang begitu fatal sehingga dipastikan butuh bantuan medis untuk penanganannya. Meskipun begitu, untuk mengobati alergi udang ini dapat kamu lakukan secara alami dengan bahan tradisional dan mesti kamu coba. Nah, inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengobati alergi terhadap udang secara alami.

1. Meminum Ramuan Jahe

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Bumbu dapur yang satu ini memang sudah dipercaya sejak dahulu, sebagai obat alami yang dapat menghangatkan suhu tubuh dan membuat tenggorokan menjadi nyaman. Mungkin kamu hanya mengenalnya itu saja akan manfaat jahe, terlebih dari itu jahe ini mampu membantu mengobati alergi kamu terhadap udang atupun jenis makanan laut lainnya.

Baca juga : 8 Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan

Tak perlu repot untuk membuat ramuan jahe, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas jahe dan menggepreknya. kemudian masukkan air hangat secukupnya ke dalam gelas, setelah itu tambahkan madu atau gula 1-2 sendok makan saja. minumlah ramuan jahe ini untuk meredakan alergi kamu terhdapa udang.

2. Meminum Air Perasan Lemon

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Bagi sebagian orang yang mengalami alergi akan terdapat gejalanya seperti munculnya ruam-ruam pada kulit yang tentunya terasa tidak nyaman. Nah, kali ini kamu bisa menghilngkan ruam pada kulit tersebut dengan air perasan lemon. Namun, disini lemon bukan berperan sebagai penyembuh alergi yang dirasakan, tapi dapat membantu memudarkan ruam pada kulit karena kaya akan vitamin C nya tersebut. Selain itu juga, lemon ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Nah, untuk membuat ramuan lemon ini kamu cukup mengambil memeras buah lemon ini bersama dengan air hangat. Untuk lebih nikmatnya dan khasiatnya bertambah, kamu bisa menambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan lemon iniketika kamu merasa sudah terserang alergi, dan rutin mengkonsumsinya. Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsusmi lemon ini. takutnya maag yang kamu derita bisa muncul dan bertambah penyakit kamu.

3. Mengkonsumsi Madu Setiap Hari

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi madu setiap harinya mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dibalik semua fakta itu, madu ini ternyata juga mampu berperan dalam membantu mengobati alergi yang terjadi akibat udang. Banyaknya kandungan zat baik pada madu ini mampu membuat rasa gatal yang terjadi di kulit kamu akan menjadi lebih baik.

Baca juga : Manfaat Rutin Minum Madu Setiap Hari

Kamu tinggal mencampurkan sesendok madu murni bersama dengan segelas air hangat, aduklah hingga menyatu dengan air. Kalaupun kamu ingin meminumnya langsung tanpa tambahan apapun itu lebih baik, cukup satu sendok satu harinya. Konsumsilah ketika gejala alergi itu mulai muncul hingga alergi yang dirasakan sudah menghilang sepenuhnya.

4. Meminum Perasaan Jeruk Nipis

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Sama halnya seperti buah lemon, jeruk nipis ini juga memiliki manfaat  yang tak jauh berbeda. Mungkin selam ini kamu mengenal jeruk nipis ini sebagai obat batuk ataupun merawat kulit. Nah, kali ini kamu bisa menggunakan jeruk nipis ini sebagai alternatif untuk membantu meringankan alergi akibat makan udang. Selain kaya akan vitamin C nya, jeruk nipis ini juga dipercaya mengandung zat asam sitrat dan antioksidan yang mampu mengobati alergi udang.

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa langsung mengambil air perasaan jeruk nipis ini. kemudian campurkan dengan air hangat, kalu ingin tambah nikmat tambahkan madu secukupnya. Konsumsilah sampai alergi kamu membaik sepenuhnya. Sama seperti mengkonsumsi lemon, kamupun juga mesti berati-hati dalam mengkonsumsinya kalau memiliki penyakit maag atau asam lambung.

5. Meminum Teh Chamomile

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Teh chamomile merupakan jenis teh yang diyakini mampu membuat pikiran kita kembali relaks dan strespun menghilang. Bukan hanya dapat menenangkan pikiran, teh chamomile ini juga mampu meredakan reaksi-reaksi alergi yang terjadi pada tubuh. Terdapatnya zat antu histamin dan zat alergen inilah yang berperan dalam meredakan alergi yang terjadi.

Minumlah 2-3 gelas setiap hari teh chamomile ini dengan air hangat, apalagi jika ditambahkan dengan madu secukupnya akan menambah nilai khasiat dari ramuan teh ini.

6. Mengkonsumsi makanan kaya Vitamin E

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Memperbanyak mengkonsumsi vitamin E saat reaksi-reaksi alergi udang sudah mulai muncul di tubuh kamu, merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan di dalam vitamin E ini terdapat sifat anti alergen, maka vitamin E itu mampu membantu menawarkan kemampuan untuk mengatasi reaksi alergi setelah makan udang. Bukan hanya dapat mengobati saja, makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin E juga mampu mencegah alergi yang dapat terjadi jika salah mengkonsumsi makanan, terlebih udang.

Baca juga : Jus Buah dan Sayur Pencerah Kulit Kusam

Nah, makanan yang kaya akan vitamin E bisa kamu dapatkan pada sayur bayam, minyak nabati, tomat, kiwi, mangga, paprika merah, brokoli, pepaya, kacang almond, mangga, gandum, alpukat, pepaya, biji-bijian, serta hazelnut. Konsumsilah buah dan sayuran tersebut setiap harinya agar kebutuhan vitamin E kamu terpenuhi dan juga alergi udang dapat terobati.


7. Meminum Jus Wortel

7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang
Sumber : Pexels.com
Mungkin selama ini kamu mengenal wortel baik untuk kesehatan mata, karena kaya akan vitamin A nya. Namun, perlu kamu tahu bahwa wortel yang dibuat menjadi jus ini dapat membantu meringankan alergi kamu terhadap udang atau jenis makanan laut lainnya. dalam wortel ini bukan hanya kaya akan vitamin A nya saja, namun merupakan jenis sayuran atau makanan yang rendah purin. Kandungan inilah yang berperan membantu mengobati alergi yang terjadi pada tubuh kamu akibat makan udang.

Kamu dapat mengolah wortel ini menjadi jus atau minuman lainnya yang menyegarkan, tentunya untuk menambah rasa boleh ditambahkan gula atau madu. Minumlah jus wortel ini ketika reaksi-reaksi dari alergi udang tersebut kamu rasakan, hingga alergi yang dirasakan sudah menghilang sepenuhnya.

Beberapa cara untuk mengobati alergi terdapat udang ini nyatanya dapat kamu buat sendiri, bahkan bahannya pun sangat mudah untuk didapatkan. Nah, semoga dengan tips kali ini yang ziesehat berikan bisa membantu kamu dalam menangani suatu masalah dalam kesehatan tubuh kamu. Jangan lupa untuk tetap ikuti perkembangan artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Baik untuk Atasi Alergi Udang"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....